mengenai hari sabat, boleh ga si org kristen tetep kerja hari minggu?

karena sya baca di keluaran 31:15 enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yg ketujuh haruslah ada sabat, hari perhentian penuh, hari kudus bagi Tuhan: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari sabat, pastilah ia dihukum mati

keluaran 34:21 enam harilah lamanya engkau bekerja, tetapi pada hari yg ketujuh haruslah engkau berhenti, dan dalam musim membajak dan menuai haruslah engkau memelihara hari perhentian juga

keluaran 35:2 enam hari lamanya boleh dilakukan pekerjaan, tetapi pada hari yg ketujuh, haruslah ada perhentian kududs bagimu, yakni sabat,hari perhentian penuh bgi Tuhan: setiap orang yang melakukan pekerjaan pada hari sabat, pastilah ia dihukum mati

pertanyaan nya…
apakah ayat itu sudah usang atau masih berlaku?
krn dlu sya kerja sama org atau sebagai karyawan…dan harus masuk pada hari minggu
tetapi tetap sya sebelum ke kantor sya ke gereja dlu
tolong bila ada yg mengerti tlg bantu jelaskan ke sya
tq…Gbu

Mrk. 2:23 Pada suatu kali, pada hari Sabat, Yesus berjalan di ladang gandum, dan sementara berjalan murid-murid-Nya memetik bulir gandum.
Mrk. 2:24 Maka kata orang-orang Farisi kepada-Nya: “Lihat! Mengapa mereka berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?”
Mrk. 2:27 Lalu kata Yesus kepada mereka: “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat,
Mrk. 2:28 jadi Anak Manusia adalah juga Tuhan atas hari Sabat.”
Mrk. 3:2 Mereka mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang itu pada hari Sabat, supaya mereka dapat mempersalahkan Dia.
Mrk. 3:4 Kemudian kata-Nya kepada mereka: “Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membunuh orang?” Tetapi mereka itu diam saja.

Luk. 6:1 Pada suatu hari Sabat, ketika Yesus berjalan di ladang gandum, murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan memakannya, sementara mereka menggisarnya dengan tangannya.
Luk. 6:2 Tetapi beberapa orang Farisi berkata: “Mengapa kamu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada hari Sabat?”
Luk. 6:5 Kata Yesus lagi kepada mereka: “Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.”
Luk. 6:6 Pada suatu hari Sabat lain, Yesus masuk ke rumah ibadat, lalu mengajar. Di situ ada seorang yang mati tangan kanannya.
Luk. 6:7 Ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi mengamat-amati Yesus, kalau-kalau Ia menyembuhkan orang pada hari Sabat, supaya mereka dapat alasan untuk mempersalahkan Dia.
Luk. 6:9 Lalu Yesus berkata kepada mereka: “Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?”

Luk. 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: “Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat.”
Luk. 13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman?
Luk. 14:1 Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.
Luk. 14:3 Lalu Yesus berkata kepada ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi itu, kata-Nya: “Diperbolehkankah menyembuhkan orang pada hari Sabat atau tidak?”
Luk. 14:5 Kemudian Ia berkata kepada mereka: “Siapakah di antara kamu yang tidak segera menarik ke luar anaknya atau lembunya kalau terperosok ke dalam sebuah sumur, meskipun pada hari Sabat?”

Kol. 2:16 Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;

tidak ada Tuhan seperti Yesus… betapa aku mengagumi-Nya^^

Peraturan Hukum tauratsudah di batalkan Yesus
dan masa berlakunya sudah ditetapkan hanya sampai zaman yohanes, maka sekarang sudah tidak berlaku lagi

P. Baru: Efesus

2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia(YESUS) telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya,

P. Baru: Lukas: 16
16:16 Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku sampai kepada zaman Yohanes;

Tuhan yesus memberkati

Han

Ada salah kaprah di antara orang Kristen tentang hari Minggu dan hari Sabat. Dalam Alkitab, baik PL maupun PB, yang namanya hari Sabat adalah hari Sabtu, hari ketujuh dalam satu minggu/pekan. Bahasa Indonesia/Melayu mengadopsi nama2 hari dari bahasa Arab, dan hari ketujuh dalam bahasa Arab adalah yawm al-Sabt, yang pada gilirannya berasal dari bahasa Ibrani yom ha-Shabbat (hari Sabat). Jadi hari Minggu bukan hari Sabat.

Hari Sabat adalah hari perhentian bagi orang Israel. Bangsa lain tidak pernah diperintahkan untuk memelihara Sabat. Hari Sabat juga bukan dimaksudkan sebagai hari peribadatan, dalam arti berkumpul dalam suatu gedung untuk beribadah bersama2, seperti kebaktian di gereja yang kita kenal sekarang.

Hari Minggu adalah hari yang dipilih sebagian besar denominasi sebagai hari peribadatan. Hari ini melambangkan kebangkitan Kristus. Dalam PB tidak pernah dikatakan kalau hari Sabat dialihkan menjadi hari Minggu. Seringkali ada yang menyerukan agar tidak bekerja pada hari Minggu dengan berkata,“Kuduskanlah hari Sabat.” Ini menunjukkan konsep tentang hari Sabat dan hari peribadatan masih tidak dipahami secara benar.

Jadi hari Minggu lebih tepat disebut hari peribadatan, bukan hari Sabat/perhentian. Dengan demikian, tidak relevan melarang orang Kristen bekerja pada hari Minggu. Hanya saja karena ibadah umum di gereja dilaksanakan pada hari Minggu, maka sangat wajar kalau pada hari Minggu kita tidak melakukan aktivitas yang dapat mengganggu jadwal ibadah kita.