Mengenai Makanan dalam Kekristenan

All. Saya baru bergabung dengan FK hari ini.

Saya cuman ingin bertanya.

Adakah makanan / minuman yang tidak boleh diminum atau dimakan oleh kita sebagai umat Kristen?

Thanks.

Menurut http://pusatbahasa.diknas.go.id/kbbi/index.php
ma·kan·an n 1 segala sesuatu yg dapat dimakan (spt penganan, lauk-pauk, kue); 2 ki segala bahan yg kita makan atau masuk ke dl tubuh yg membentuk atau mengganti jaringan tubuh, memberikan tenaga, atau mengatur semua proses dl tubuh; 3 rezeki;

mi·num·an n barang yg diminum: di depot itu dijual -, rokok, dan obat-obatan;

@Cloud yang saya tanya tuh apa yang ga blh kita makan sebagai org kristen

jawaban cloud dah jelas kan saudara Detheroc

@Exia sejujurnya blm. Kalo jawabannya seperti itu, berarti semua makanan boleh dimakan? Ga ada yg namanya haram? Pernah saya ketemu ttg ayat dimana Petrus disuruh Tuhan buat makan segala binatang-binatang yang dianggap haram oleh hukum Taurat. Ayat berapa yah? Saya lupa. Cmn confirm aja

Silahkan tanyakan ke denom anda bro.
Karena setiap denom di Kristen punya aturan masing2.
Kalau saya mah…apa yang patut saya konsumsi ya saya konsumsi. :smiley:

Makanan & minunaman basi , berbahaya buat kesehatan :smiley:

tepat ^^ semua halal , yang haram adalah yang keluar dari mulut ^^

yup… agree…

Darah adalah haram untuk dikonsumsi.

[email protected]

kayanya pertanyaan kamu terlalu luas…ga spesifik…Jadi kalau aku bantu di spesifikasikan, maka semua orang bisa mengarahkan…apa itu makanan yang berasal dari hewan…?? dari tumbuh-tumbuhan…?? dari air-airan atau dari produk pengolahan seperti coca-cola kah…?? beer…??..anggur,vodka…?? susu…??
atau minuman yng mengandung alkohol…kah…??

Nah semuanya itu boleh dimakan / diminum kok…yang penting dalam takaran cukup/wajar sehingga mengenyangkan dan berguna bagi tubuh dan kesehatan…Jangan berlebihan kalau memakannya/ meminumnya…kerena akan merusak tubuh dan kesehatan.

yang ga boleh dimakan /diminum tuh darah…karena sama saja makan nyawa makhluk hidup…karena darah pusat segala bakteri dan virus dan makhluk kecil hidup. Walupun darah tsb sudah di olah sedemikian rupa dengan panas sepanas apappun.

Salam damai…

yang ga boleh dimakan /diminum tuh darah..karena sama saja makan nyawa makhluk hidup..karena darah pusat segala bakteri dan virus dan makhluk kecil hidup. Walupun darah tsb sudah di olah sedemikian rupa dengan panas sepanas apappun.
kalau seperti itu, maka nggak boleh minum susu+produk derivatifnya, dan makanan2 hasil fermentasi. darah hewan yg dimasak dengan matang benar cukup aman untuk dikonsumsi karena bakteri2 patogen/berbahaya sudah dipastikan mati. sama seperti daging yg harus dimasak matang (dan di daging itu sendiri tentu ada paling tidak sedikit darah bukan?).

dan gw pikir “nyawa” bukanlah di darah, hewan kehabisan darah tentunya pulang ke rumah Bapa, tapi hewan jg bisa pulang ke rumah Bapa tanpa harus kehabisan darah terlebih dulu.

memang ada tertulis demikian (nyawa di darah), di kitab Kejadian, yg kemudian dijadikan juga rujukan bagi para Rasul yg tertulis di KisRul, tapi, menurut gw, tidak berarti harus diterima secara literal bulet2.

anyway, gw bukan penggemar masakan darah, karena preferensi lidah aja. :slight_smile:

jika sudah menjadi orang kristen jangan jadi kristen abal abal,ikutilah apa yang dikatakan dalam Alkitab…itulah petunjuk panutan bagi hidup keimannan kita dalam mnengikuti aapa yang dimaui oleh
TYK…jangan ikutin lagi kebiasan opung opung kita di kampung yang makan darah…walaupun sudah diolah seemikian rupa…soal darah itu lateral atau bukan lateral…?? ya dilarang dalam Alkitab.Jangan dibantah lagi perintah Tuhan…sebagaimana pikiran orang dunia demi kesenangannya sendiri.

jika sudah menjadi orang Kristen jangan jadi Kristen abal abal,,ikutilah apa yang dikatakan dalam Alkitab.itulah petunjuk panutan bagi hidup keimannan kita dalam mnengikuti aapa yang dimaui oleh TYK..jangan ikutin lagi kebiasan opung opung kita di kampung yang makan darah..walaupun sudah diolah seemikian rupa...soal darah itu lateral atau bukan lateral..?? ya dilarang dalam Alkitab.Jangan dibantah lagi perintah Tuhan..sebagaimana pikiran orang dunia demi kesenangannya sendiri..

Kristen abal2? mungkin saya lebih buruk dari abal2. :slight_smile:

saya cuma mau komen soal argumen kenapa darah dilarang, yg menurut pendapat anda karena ada bakteri dan lain sebagainya. secara ilmu pengetahuan, itu kurang benar. berdasar ilmu pengetahuan lho, bukan berdasarkan tradisi opung/ompung.

soal menafsirkan Alkitab, itu penting untuk menarik makna. bukan untuk membantah, tapi untuk menarik maksud dan tujuan. kita diberikan otak oleh Tuhan bukan untuk tidak dipakai.

kalau kita main telan saja apa jadinya kalau kita baca, yg sederhana saja, Matius 5:29-30? :smiley:

[quote author=Detheroc link=topic=34574.msg411120#msg411120 date=1301457087]

silahkan baca KP 10:1-48,untuk lebih jelasnya.
Salam

Bergantung kepada denominasi.
Denominasi SDA makan ikan yg bersisik saja. semua hidupan laut yg tidak bersisik, ada kaki, ada cengkerang adalah haram. Babi, monyet, anjing, kuda, dan banyak lagi adalah haram. Minuman beralkohol juga adalah haram…

kp apaan ya detheroc???

gimana dgn minum darah sungguhan di perayaan ekaristi, boleh ga fren. :happy0025:

@Exia,maaf ralat salah ketik
KISAH PARA RASUL 10:1-48
Salam

10:10 Ia merasa lapar dan ingin makan, tetapi sementara makanan disediakan, tiba-tiba rohnya diliputi kuasa ilahi.
10:11 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah.
10:12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung.
10:13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: “Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!”
10:14 Tetapi Petrus menjawab: “Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir.”
10:15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: “Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram.”
10:16 Hal ini terjadi sampai tiga kali dan segera sesudah itu terangkatlah benda itu ke langit.
10:17 Petrus bertanya-tanya di dalam hatinya, apa kiranya arti penglihatan yang telah dilihatnya itu. Sementara itu telah sampai di muka pintu orang-orang yang disuruh oleh Kornelius dan yang berusaha mengetahui di mana rumah Petrus.
10:18 Mereka memanggil seorang dan bertanya, apakah Simon yang disebut Petrus ada menumpang di rumah itu.
10:19 Dan ketika Petrus sedang berpikir tentang penglihatan itu, berkatalah Roh: “Ada tiga orang mencari engkau.
10:20 Bangunlah, turunlah ke bawah dan berangkatlah bersama-sama dengan mereka, jangan bimbang, sebab Aku yang menyuruh mereka ke mari.”
10:21 Lalu turunlah Petrus ke bawah dan berkata kepada orang-orang itu: “Akulah yang kamu cari; apakah maksud kedatangan kamu?”
10:22 Jawab mereka: “Kornelius, seorang perwira yang tulus hati dan takut akan Allah, dan yang terkenal baik di antara seluruh bangsa Yahudi, telah menerima penyataan Allah dengan perantaraan seorang malaikat kudus, supaya ia mengundang engkau ke rumahnya dan mendengar apa yang akan kaukatakan.”
10:23 Ia mempersilakan mereka untuk bermalam di situ. Keesokan harinya ia bangun dan berangkat bersama-sama dengan mereka, dan beberapa saudara dari Yope menyertai dia.
10:24 Dan pada hari berikutnya sampailah mereka di Kaisarea. Kornelius sedang menantikan mereka dan ia telah memanggil sanak saudaranya dan sahabat-sahabatnya berkumpul.
10:25 Ketika Petrus masuk, datanglah Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur di depan kakinya, ia menyembah Petrus.
10:26 Tetapi Petrus menegakkan dia, katanya: “Bangunlah, aku hanya manusia saja.”
10:27 Dan sambil bercakap-cakap dengan dia, ia masuk dan mendapati banyak orang sedang berkumpul.
10:28 Ia berkata kepada mereka: “Kamu tahu, betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk ke rumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir.
10:29 Itulah sebabnya aku tidak berkeberatan ketika aku dipanggil, lalu datang ke mari. Sekarang aku ingin tahu, apa sebabnya kamu memanggil aku.”
10:30 Jawab Kornelius: “Empat hari yang lalu kira-kira pada waktu yang sama seperti sekarang, yaitu jam tiga petang, aku sedang berdoa di rumah. Tiba-tiba ada seorang berdiri di depanku, pakaiannya berkilau-kilauan
10:31 dan ia berkata: Kornelius, doamu telah didengarkan Allah dan sedekahmu telah diingatkan di hadapan-Nya.
10:32 Suruhlah orang ke Yope untuk menjemput Simon yang disebut Petrus; ia sedang menumpang di rumah Simon, seorang penyamak kulit, yang tinggal di tepi laut.
10:33 Karena itu segera kusuruh orang kepadamu, dan dengan senang hati engkau telah datang. Sekarang kami semua sudah hadir di sini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu.”
10:34 Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya: “Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang.
10:35 Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya.
10:36 Itulah firman yang Ia suruh sampaikan kepada orang-orang Israel, yaitu firman yang memberitakan damai sejahtera oleh Yesus Kristus, yang adalah Tuhan dari semua orang.
10:37 Kamu tahu tentang segala sesuatu yang terjadi di seluruh tanah Yudea, mulai dari Galilea, sesudah baptisan yang diberitakan oleh Yohanes,
10:38 yaitu tentang Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia, yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia.
10:39 Dan kami adalah saksi dari segala sesuatu yang diperbuat-Nya di tanah Yudea maupun di Yerusalem; dan mereka telah membunuh Dia dan menggantung Dia pada kayu salib.
10:40 Yesus itu telah dibangkitkan Allah pada hari yang ketiga, dan Allah berkenan, bahwa Ia menampakkan diri,
10:41 bukan kepada seluruh bangsa, tetapi kepada saksi-saksi, yang sebelumnya telah ditunjuk oleh Allah, yaitu kepada kami yang telah makan dan minum bersama-sama dengan Dia, setelah Ia bangkit dari antara orang mati.
10:42 Dan Ia telah menugaskan kami memberitakan kepada seluruh bangsa dan bersaksi, bahwa Dialah yang ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati.
10:43 Tentang Dialah semua nabi bersaksi, bahwa barangsiapa percaya kepada-Nya, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-Nya.”
10:44 Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu.
10:45 Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga,
10:46 sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu kata Petrus:
10:47 “Bolehkah orang mencegah untuk membaptis orang-orang ini dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?”
10:48 Lalu ia menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian mereka meminta Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama dengan mereka.

jelas sekali^^

Mat. 15:11 “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”
Mat. 15:17 Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu yang masuk ke dalam mulut turun ke dalam perut lalu dibuang di jamban?
Mat. 15:18 Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang.

jelas sekali^^