Mengenal Lebih Dalam Pengkritis Katolik

jujur, saya terkesan banget dengan debat antar se-Ketuhanan Yesus di forum ini. ternyata lebih seru drpd debat Kristen lawan non-Kristen soalnya sekepahaman. saya jd tertarik nieh mengenal lebih mendalam para pengkritis Katolik ini:

  • Bagaimanakah asal-usulnya kamu jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih yg menjadi motivator kamu buat jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih motivasi/tujuan kamu mengkritisi Katolik ?
    Dan beberapa pertanyaan lainnya yg bakal menyusul nantinya. kl ada yg mau tambahin ya silahkan.

NB: saya gak menuduh denom manapun baik itu Protestan, Kharismatik, Ortodoks, dll yg jd pengkritisnya karena yg saya tulis adlh “Pengkritis Katolik” saja yg artinya siapapun yg jd pengkritis Katolik dgn tak mengenal denom manapun

Mungkin komentar saya berikut ini sudah menjawabnya :

Perbedaan Katolik dan Protestan - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com replay 57

KOREKSI kpd saudara seiman: Mem-BETUL-kan & Me-NYADAR-kan KEKELIRUAN L.R.K - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com replay 64

Shalom

Sejujurnya dulu bbrp tahun yang lalu saya salah satu pengkritis Katolik… namun sekarang saya tidak pernah memperdulikan denominasi apapun bahkan agama apapun sampai yang tidak beragama pun tidak masalah… yang saya nilai adalah orang per orang… dan saya belajar menilai seseorang dari perkataan dan perbuatannya… Intinya adalah tidak ada hasil apapun dengan mempertajam perbedaan… sebab akhirnya adalah sia sia… maaf agak OOT hanya ingin mengingatkan yang masih hobi mengkritis… ^^

Yang biasanya dikritisi adalah ajaran yang tidak sesuai kitab suci :smiley:

GBU

Sayangnya kebanyakan diterima sebagai mengkritik orangnya.

Justru inilah sikap seorang Kristen sejati my Bro. Tuhan memberkati dirimu dan doaku menyertai kamu.

Siapa yang mengankat diri menjadi guru atas yang lain? Anda mengatakan ajaran agama lain tidak sesuai denagan kitab suci, sementara pihak yang anda tuding jg mengatakan andalah yang tidak sesuai dengan kitab suci. Lantas siapakah yang akan menjadi juri disini? Justru sikap2 mencoba menjadi guru dan mengkritik iman orang lain adalah sikap sombong sebagai dosa paling utama dari semua dosa yang kemudian melahirkan dosa dosa lain. Jadi lebih baik bersikap rendah hati. Saya sangat setuju dengan sikap sdr lbmagi, perkataan dia menunjukkan seperti itulah seorang Kristen tanpa harus mengaku2 diri Kristen sikapnya saja sudah bisa menunjukkan dirinya adalah seorang Kristen sejati.

Jika kita beriman dengan mengkritik iman orang lain justru sangat tidak Kristen, merasa menjadi diri yang paling benar dan paling paham Kitab Suci justru malah menjauhkan kita dari kebenaran itu sendiri. Oleh karena itu janganlah kita bersikap menjadi seorang guru bagi orang lain.

Saudara-saudaraku, janganlah banyak orang di antara kamu mau menjadi guru; sebab kita tahu, bahwa sebagai guru kita akan dihakimi menurut ukuran yang lebih berat.(Yak 3:1)

Karena setelah saya mendalami kitab suci maka saya jadi amat sangat yakin bahwa katolik menyimpang dan perlu diluruskan

Tentu saya termotivasi oleh para rasul yang berkata bahwa kita harus saling menegur dan menelanjangi segala macam ajaran yang tidak sesuai dengan kitab suci

Ada tertulis seluruh sorga akan bersukacita jika satu orang bertobat , tentu saya termotivasi untuk itu . Saya hanya kasihan pada jiwa-jiwa yang terhilang

Sekian :coolsmiley:

Bukan anda saja yang begitu, umat moslem pun bisa melakukan klaim bahwa karena mereka mendalami Alkitab dan mempelajarinya justru membuat mereka sangat yakin bahwa Yesus itu bukan TUHAN. Lantas tolak ukur yan dipakai untuk menyatakan ini benar dan tidak apa? Sebab masing2 orang punya tafsir sendiri2 dan sesuka hati. Sebaliknya dengan Katolik tidak pernah ada tafsir pribadi, semua umat selalu bersandar pada ajaran Gereja, sebab Gereja adalah tiang penopang dan dasar kebenaran (1 Tim 3:15).

Tetap rendah hatilah kita dan jangan menganggap diri lebih unggul dalam iman dibandingkan orang lain. Ada cara2 lain dalam mengabarkan kebenaran yaitu dengan perbuatan Kasih. Mother Theresia contoh kongkrit dari orang yang menampakkan Kasih Allah atas dunia, tanpa harus menyelidiki Alkitab dan membuat tulisan bahwa agama ini menyembah patung atau pimpinan agama ini adalah anti kristus!!!

Yah kasihanilah terlebih dahulu dirimu sebelum kamu mengasihani orang lain. Kamu menyangka bahwa kamu beroleh rahkmat lebih dari orang lain sehingga mereka semua perlu kamu pertobatkan.

http://img849.imageshack.us/img849/9393/bible31sunsethome.gif

Sebenarnya cuma semangat utk berbagi kebenaran Alkitab
Supaya semua bisa tahu secara langsung bukan hanya kata org2 ttt
kebenaran Alkitab itu terbuka bagi setiap orang, jadi semua bisa berperan aktif
jangan sampai kebenaran Alkitab ditutup2i dan disembunyikan
Bukankah kita harus saling berbagi dgn saudara seiman?
yang berkecukupan harus berbagi dgn yg masih kekurangan
Bukankah dikalangan GK pemberitaan FT sangat terbatas?
dan kewenangan utk terlibat dlm menafsirkan dgn berbagai alat bantu juga sangat dibatasi?
Kalau sampai ada yg merasa disudutkan dsb gak masalah, yg penting kebenaran sdh disampaikan.
GBU all

Dengan kata lain: Tutuplah mulutmu rapat-rapat dan carilah keselamatanmu sendiri. Kalau kelak YHWH menuntut pertanggungjawabanmu katakanlah, “Kan Engkau sendiri yang mengajarkan supaya aku ‘jangan menghakimi’?”

hahahahahahaha…

Cuma mengatakan kebenaran mas :smiley:
Apakah dengan mengatakan kebenaran lalu aku menjadi musuhmu ? :onion-head29:

GBU

Tergantung dia di pihak siapa, sis. Sebab kebenaran pun punya musuh, bukan?

wah, ini menarik bro. kl gitu jelasin:

  • Bagaimanakah asal-usulnya dulu kamu jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih yg menjadi motivator dulu kamu buat jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih motivasi/tujuan dulu kamu mengkritisi Katolik ?
    karena mungkin penjelasan mantannya akan lebih riil daripada kebanyakan yg masih menjadi pengkritis yg ngomongnya terlalu dibesar2kan & dilebih2kan (panggilan lah, apa lah)

gw awalnya pun sama spt bro Ibmagi, kl ajaran yg bertentangan dengan apa yg gw tahu, gw akan coba memperbaikinya tp lihatlah apa yg terjadi…yg terjadi hanyalah perdebatan yg tiada akhir…

n skrg ini, gw lbh prefer bagaimana org kristen bs lbh berdampak dan menjangkau jiwa…menggali potensi…

mari think big, jgn masih berputar2 di gereja lokal …

teman2 yg terkasih,
apakah kalian ga lelah dengan kondisi skrg ini?
sudah bukan saatnya gereja2 saling memperdebatkan ajaran2 masing2

gw punya pola pikir kyk gini
If you argue with an idiot, there are two idiots. (Robert Kiyosaki)
bukankah yg terpenting seseorang itu percaya Yesus dan menjadikan Yesus sbg Tuhan dan juru selamat pribadi… ttg liturgi, ttg aturan ibadah, dll itu mah urusan masing2 bro…ga usah diperdebatkan krn ga akan dapet titik temunya

yg Tuhan mau yaitu kita pergi jadikan semua bangsa muridKU (yg gw bold ini mksdnya, murid Tuhan bukannya jemaat gereja A, B, dan C)

ayo jgn terperdaya ama tipu daya si iblis, bukankah si iblis mau gereja terpecah2 dan gak bersatu, krn dia tau kl gereja2 Tuhan bersatu dan berdampak maka hasilnya WOW

saatnya gereja entah dari denominasi manapun saatnya bergandengan tangan, kita bersatu berdoa dan berdiri bagi jiwa2 yg terhilang, bagi kotanya, bagi bangsa ini…

maap OOT

informasi yang saya dapat kurang lebih hampir sama sih seperti teman2 yang lain…
sebenarnya saya mencari informasi itu bukan untuk menyalahkan atau digunakan untuk mengkritik Katolik hanya sebagai tambahan pengetahuan akan kesalahan2 Katolik… namun karena dahulu saya mempercayainya… maka dalam tulisan disini saya masukkan sebagai pihak pengkritis katolik…

Dulu ketika saya sedang gemar2nya mencari rahasia tentang akhir jaman melalui kitab DANIEL dan WAHYU akhirnya ketemulah tentang hubungan ini… atau lebih banyak disebut teori konspirasi… sampai ke tingkat kedudukan vatikan di dalam illuminati serta kelompok2 lainnya dan perusahaan2 yang berhubungan yang menguasai dunia sekarang… sampai melihat rekaman video2 mantan anggota di dalam vatikan yang bersaksi… sampai yang menceritakan perkumpulan2 gelap yang kadang didatangi oleh salah satu petinggi malaikat yang jatuh yang dikatakan sangat cantik sempurna…

Namun yang pasti setelah saya memfokuskan diri mencari TUHAN dan KEBENARANNYA… seakan semua itu sudah tidak berarti lagi… segala simbol2, segala mantra2, segala teori2 ini semua tidak akan ada gunanya jika kita tidak menganggapnya itu berarti(inilah rahasianya)…

contohnya : Sunday yang katanya hari pemujaan matahari… kadang orang terlalu terfokus bahwa hari minggu itu untuk memuja dewa matahari jadi tidak boleh kita beribadah di hari minggu harus diganti atau kembali ke hari sabtu atau sabat… pastinya ada lah denominasi yang demikian… namun jika anda sudah mencari dan mendapatkan TUHAN dan mengerti apa arti ini semua… mungkin anda sendiri akan tertawa… intinyaa… seperti ada tertulis “Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan” jadi jika kita takut untuk beribadah dihari minggu berarti kita mengakui bahwa dewa matahari itu ada… jika begitu kita telah menduakan TUHAN… jelas2 di ayat itu hanya tertulis takut akan TUHAN saja tidak termasuk dewa2 lain, allah2 lain, atau kelompok2 orang lain… TUHAN sendiri sudah berkata bahwa TUHAN adalah TUHAN segala hari… jadi mau hari apapun kita beribadah ya silahkan… TUHAN sudah pasti menerimanya bukan… ini juga berlaku untuk hari perayaan lainnya seperti hari natal yang katanya kelahiran dewa matahari…^^

jadi kesimpulannya lebih baik cari kerajaan ALLAH dulu dan KEBENARANNYA daripada sibuk mencari informasi untuk menjatuhkan tata cara ibadah agama ataupun denominasi lain apalagi mencari2 setan segala heheheh … sebab jika kita sibuk untuk mencari kesalahan orang lain bukankah kita itu tidak berbeda dengan si pendakwa itu dan itulah yang menyebabkan dia jatuh(disini ego terlalu menguasai)…???

@Imbagi

iya bro, saya nieh juga udh eneg dgn yg namanya teori konspirasi. pokoknya nyerangnya tuh gak nanggung2. entah itu Amerika lah, Freemason lah, NWO lah, Zionis lah, sampe yg plg baru Gereja Katolik yg kena

jika seorang pendukung teori konspirasi menggugat, yg digugat menjawab, si pendukungnya tetep keras kepala & cmn bilang nutup2in

yg jd pertanyaannya gimana bisa sih org tau tentang cerita konspirasi tersebut padahal katanya ditutup2i. aneh kan ? Nieh, renungan jg bagi yg percara kek gituan. Lagipula kebanyakan penganut teori konspirasi tuh kebanyaksn org2 yg pd gak mau disalahin mengenai kronologinye kek Neo-Nazi, Wright Wighter, White Supremacist, dll

@alamak, Dya, & pa_ul

udh deh gak usah dakwah kritis gitu. itu namanya gak nguasain bahasan trit. belum lagi pertanyaan dr gw belum kalian jawab:

  • Bagaimanakah asal-usulnya kamu jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih yg menjadi motivator kamu buat jd pengkritis Katolik ?
  • Apa sih motivasi/tujuan kamu mengkritisi Katolik ?

Salah alamat kaleee… :smiley:
Saya cuma mengatakan kebenaran, lalu apa yang saya katakan dikritisi oleh katolik. ;D

GBU

memang susah BRo,
kalau jawaban yg ditunggu yg udh diskenariokan ternyata tdk muncul,

kalau mau menyetir ke arah jawaban yg diharapkan gak usah tanya,
kami2 ini tdk dlm perintah & bayang2mu
cuma mau memuaskan hawa nafsu mu sbg penggagas?
itu yg anda sendiri sebut sbg Teori Konspirasi, gak sadar?
Thx, GBU

kl saya omongin yg Anda katakan tentunya tak netral
lagian apakah yg namanya njelekin org lain tuh kebenaran ?
kl misalnya cmn mengatakan kebenaran tentunya digunakan sebagai saran utk menjadi lebih baik BUKANNYA njelek2in.
kl masih ngomong ngawur terus mendingan gak usah ngejunk deh disini. trims