Mengenal sakit kepala...!!

Anda sering sakit kepala…? check this out. :afro:

Secara umum sakit kepala terbagi dalam 2 bagian :

  1. Sakit kepala primer tipe tegang dan migraine
  2. Sakit kepala sekunder yang disebabkan oleh suatu proses dalam otak (tumor atau perdarahan)
    Perlu diketahui bahwa, ada beberapa makanan yang bersifat merangsang timbulnya sakit kepala, misalnya makanan yang mengandung; MSG, kafein atau zat nitrat yang banyak terdapat pada daging sapi olahan, ham atau sosis.

Klasifikasi sakit kepala berdasarkan penyebab :

  1. Sakit kepala muscular
    Terjadi karena adanya ketegangan atau kontraksi otot terus-menerus pada otot wajah dan leher. Nyeri yang timbul bisa ringan sampai berat, dan terasa seperti ada sesuatu yang menekan kepala atau leher. Sakit jenis ini diatasi dengan minum obat penghilang rasa sakit, seperti; paracetamol, aspirin.
  2. Sakit kepala vascular
    Terjadi karena ketidak normalan aliran darah otak, seperti; migraine dan toxic headaches (sakit kepala toksik) yang disebabkan karena demam, terpapar zat kimia (MSG, insektisida, pelarut organic) dan cluster headaches (sakit kepala yang menyerang secara berkelompok selama beberapa minggu hingga 1 bulan). Sakit kepala jenis ini terasa nyeri yang intens atau hebat seperti tertusuk-tusuk pada salah satu atau kedua sisi kepala. hal ini berlangsung selama 15 menit sampai 4 jam.
  3. Traction Headaches
    Terjadi karena serabut syaraf tertarik, teregangkan atau terpindahkan. Misalnya mengerenyitkan wajah akibat berkurangnya daya penglihatan. Traction headaches dapat disebabkan oleh adanya tumor otak karena tumor tersebut menekan dinding pembuluh darah yang sensitive terhadap nyeri. Rasa sakit kepala jenis ini adalah adanya sensasi tekanan yang kuat pada kepala.
  4. Sakit kepala akibat pembengkakan/ inflamasi
    Karena adanya iritasi atau infeksi pada pembuluh darah arteri atau syaraf di kepala, sinus-sinus, tulang belakang, leher, telinga atau gigi. Meningitis (inflamasi pada membrane selaput otak) juga dapat merupakan pencetus rasa sakit kepala ini. Nyeri yang timbul umumnya ringan sampai sedang dan bisa terjadi secara periodic atau berkesinambungan.

Sakit kepala yang berkepanjangan bisa jadi merupakan tanda-tanda adanya tumor otak. Pada meningitis sakit kepala umumnya disertai demam, mual dan rasa kaku pada leher. Pada stroke, sakit kepala terjadi tiba-tiba dan intens dan dapat mengalami masalah penglihatan, kesulitan bicara dan diikuti mati rasa.

Ha-hal pencetus sakit kepala:
a. Terlalu banyak tidur atau tidur siang terlalu lama
b. Menunda waktu makan
c. Bau parfum yang terlalu menyengat
d. Cahaya yang terang (sinar matahari, computer,TV)
e. Garam
f. Daging olahan (burger, hotdog)
g. Kacang-kacangan

Mengurangi sakit kepala:
• Rileks
Sebagian besar sakit kepala disebabkan karena ketegangan, maka dianjurkan untuk berbaring selama 20 menit dan melakukan teknik relaksasi seperti; meditasi dan yoga atau melakukan hal yang menyenangkan diwaktu luang, seperti; membaca atau melakukan hobi.
• Mengubah kebiasaan makan
Misalnya; alkohol, kafein, coklat, keju (tyramin), sosis serta makanan yang mengandung MSG. Karena itu, kita harus menghindari atau membatasi asupan zat-zat makanan pemicu sakit kepala.
• Olahraga
Olahraga rutin 15 menit perhari (4 x seminggu) merupakan salahsatu cara untuk terbebas dari sakit kepala. Selain itu Jogging atau aerobic bisa menambah aliran oksigen ke otak dan sakit kepala dapat disembuhkan.

wah, baru tau nih kalo hot dog, keju n burger bisa sebabkan sakit kepala… wah, harus dikurangi nih… tx y bro…

You’re welcome bro…!! sebenarnya gw sendiri juga baru tau…!! pantesan selama ini gw sering mengeluh sakit kepala. :mad0261:

ada info lagi gK ttg sakit kepala . . . ? :char15:

yaa…kecuali yg dsebabkan oleh “tanggal tua” :ashamed0004: :ashamed0004:

hehehe sekarang dah tanggal tua neh berarti sakit kepalanya lagi kumat yah? ;D

mo tambahin juga ya…

ini kejadian udah dialami orang lain juga selain my lovely dad…

sebelum mereka meninggal dunia, mereka sama2 mengalami pusing tapi di bagian belakang kepala, dan merasakan suasana “mengantuk” luar biasa… kalau ada yang mengalami gejala ini aku menyarankan bisa dilakukan cek ke dokter yah… kalo diagnosa dokter dari ayahku beliau terkena penyempitan pembuluh darah di otaknya…

semoga membantu
GBU

. . . weleh, serius ne am gejala2na? kLo ke dokter, benice takut euy am hasilny, soalna gK tiap hari jg se sakit. Tp kLo dah kumat wuidihhhh…ap lagi suka tiba, obat yang ampuh cuman bisa b’doa :ashamed0004:

eRZet link=topic=2525.msg37708#msg37708 date=1223250957 mo tambahin juga ya...

ini kejadian udah dialami orang lain juga selain my lovely dad…


TRIM’s atas SHARING Experiencenya Sis…gimana San Diego ?Aman Terkendali ?Terachir saya main ke sana Oktober 2009 …lihat2 Aquarium Besar dan Pantai antara San Diego ke LA gitu terus ke Camp Pendleton deh jenguk Mariner2 disana…BESAR BANGET deh Camp Pendleton itu…

sebelum mereka meninggal dunia, mereka sama2 mengalami pusing tapi di bagian belakang kepala, dan merasakan suasana "mengantuk" luar biasa... kalau ada yang mengalami gejala ini aku menyarankan bisa dilakukan cek ke dokter yah... kalo diagnosa dokter dari ayahku beliau terkena [u][b]penyempitan pembuluh darah[/b][/u] di otaknya...semoga membantu GBU

Saya CUMA mau mem BUMI kan kalimat2 si Dokter biar agak gampang DICERNA…
Suasana “MENGANTUK” pada ayah anda karena berkurangnya / menurunnya supply Oksigen yg dibawa DARAH ke daerah OTAK akibat adanya “penyempitan pembuluh darah” di otak beliau…sehingga Metabolisme pembentukan energy di OTAK ANJLOK lalu Organ Otak mengalami FATIGUE alias KELELAHAN atau Loyo Otak…jadi si Otak Lemas dan kita menyebutnya NGANTUK deh…
Hal ini bisa juga terjadi dalam keadaan Aliran Darah ke Otak LANCAR2 saja tetapi Kandungan Oksigen di Atmosfir sekitar kita MENURUN Konsentrasinya…misalnya Keadaan Ini sering dialami para Pemanjat Gunung…karena Hukum Alamnya …“Makin Tinggi, maka Kadar Oksigen itu makin TURUN”…kalau yg suka BEPERGIAN naik Plane…sang Pramugari suka kasih Khotbah Singkat sebelum Planenya Take Off melayang…katanya …" Para Penumpang yg terhormat, bila mendadak Kadar Oksigen mengalami Penurunan, maka akan keluar Pensupply Oksigen dari bagian atas Kepala anda dan segera Lingkarkan kekepala anda dan letakkan bagian yg berupa Mangkuk ke Hidung anda sehingga Supply Oksigen akan tetap anda dapati"…katanya sih biar gak jadi Almarhum atau Almarhumah alias MENDIANG kata orang Awam…
Hal lainnya yg bisa menyebakan aliran darah ke otaknya TERGANGGU ADALAH KARENA TERJADI HAEMORRHAGIA ATAU PERDARAHAN DI DAERAH OTAK AKIBAT
ada salah satu Capiler disana PECAH karena mengalami HYPERTENSI (Tek Darahnya Naik “Over” 200mmhg )…maka bagian Otak yg seharusnya mendapat aliran darah dan supply Oksigen plus Nutisi…jadi Lack of Oksigen (sempat mengalami Keadaan HYPOKSIA) deh, dan akibatnya dalam Hitungan Menit kalau gak cepat2 diatasi dan ditolong…timbul kelanjutannya yg disebut STROKE alias Kelemahan Syaraf di daerah itu yg berdampak akan terjadi KELUMPUHAN pada Organ dan OTOT (Musculus) yg di Persyarafinya…GITU Tuh…

Ya sekedar bagi2 Sharing Ilmu Kedokteran dan Ilmu FAAL/Physiology saja deh…

kalau makan kepiting yang nelungsungi (kepiting ganti kulit) dua tiga ekor saja, enak tapi abisnya jadi pusing

Thanks for this info

:slight_smile: