Mengendalikan suasana hati

Ada waktu untuk berdoa dan ada waktu untuk bertindak. Kadang konfrontasi itu penting, jika kamu ingin menghadapi seseorang atau sesuatu dalam hidupmu, pastikan kamu melakukannya. Jika seseorang memperlakukan kamu dengan tidak baik, kamu tidka harus membiarkan mereka terus menerus tidak menghargai kamu, hadapi orang ini. Mungkin juga yg harus kamu hadapi bukan seseorang melainkan sesuatu yg kamu biarkan menyelinap dalam kehidupanmu, seperti pikiran negatif, sifat buruk, atau kebiasaan2 yg mengarah pada perbuatan dosa. Kamu tidak harus membiarkan ini mengontrol kamu jika kamu neghadapi masalah ini. hadapilah suasana hati mu.
Banyak orang membiarkan suasana hati yg tidak stabil mengendalikan hidup mereka. Mereka berpikir bahwa tidak ada satupun yg baik yg terjadi dalam kehidupan mereka. Jika yang perlu kamu hadapi adalah dirumu sendiri mulailah dengan hari yg baru hari ini dan katakan setiap hari “aku akan melakukan sesuatu yg luar biasa dalam hidupku!” singkirkan semua pikiran2 negatif dan mulailah dengan berpikir sesuai dengan firman Tuhan.
Ketika kamu tetap tenggelam dalam suasana hatimu pertama kamu harus belajar mengendalikan dirimu sendiri. seperti dalam Yakobus 4:7 disebutkan “Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu!” walaupun seseorang bersalah padamu, maafkan mereka lebih dulu atau kamu akan tenggelam lebih dalam kedalam suasana hati yg buruk, dan akan lebih sulit untuk mengatasinya dan melupakan kesalahan mereka. Kamu tidak harus merasa benar dengan melakukan ini tetapi memilih untuk melakukannya.
Kestabilan menghasilkan kemampuan, kestabilan sering didefinisikan sebagai usaha untuk mengembalikan suasana hati menjadi tenang pada saat terganggu, kecewa atau sedih, kekuatan untuk berdiri atau menghadapi segala situasi dan berusaha tenang. salah satu hadiah yg berharga yg bisa kita berikan ke orang lain atau diri kita sendiri adalah kestabilan, atau bisa diandalkan. Ini adalah tanda tanda yg muncul saat kita memilih untuk percaya kepada Tuhan. Sekali kita stabil, kita akan memiliki kemampuan untuk melakukan apa yg Tuhan kehendaki untuk kita lakukan.
Bersandar kepada Tuhan, Percaya kepada Tuhan adalah kunci untuk melangkah maju kedalam kehendak Tuhan bagi kita. Banyak kesempatan yang mungkin muncul dan bisa membuat kamu tersinggung atau mengatakan sesuatu yg tidak seharusnya kamu katakan. hal2 yg bagaimanapun kamu rasakan akan membuat kamu marah, kamu masih mempunyai pilihan misalnya memilih untuk emosi atau untuk berdoa kepada Tuhan dan memohon pertolongan Tuhan untuk mengubah suasana hatimu.
Ketika kamu memutuskan untuk berdoa, tiba2 sesuatu akan berubah dalam hatimu. sekali kamu terbiasa melakukan ini kamu akan mulai bisa melihat suasana hatimu. suasana hati yg buruk akan tetap berusaha kembali tapi karena kamu memutuskan untuk tidak mengijinkannya maka kamu akan bisa hidup lebih tenang dan damai.

So inspiring… :afro: :happy0062:
Nimbrung lagi ya sis ckphillips4… :angel:

Every pain we suffer emotionally and psychologically is come from control…
What is ANGER ?
The need to control.

What is WORRIES ?
The fear of losing control.

What is FRUSTATION ?
“Im not getting control that i need, i frustate it… i begining out of control.”

What is DEPRESSION ?
Feels lose of control… feel helpless and hopeless.
and you can stand it… and then you go into bad mood.

Sebab itu, apabila kita merasa harga diri diremehkan, diperlakukan tak adil, dijahati… pertama2 hendaknya kita tetap berada dibawah pimpinan Roh Kudus untuk mengontrol suasana hati kita… dan kemudian kita dengan tulus memaafkan juga orang yang bersalah kepada kita, lalu kita tegur mereka…

:afro: good one! :slight_smile:

mencerahkan sekali bagi umat kristen utk dikuatkan hari-hari ini.