Menghafal dan mengucapkan mazmur 91 supaya selamat

Baru2 ini ada ajaran baru di grj pimpinan pak Niko, bhw hari2 terakhir umat Tuhan harus sering menghafal dan mengucapkan ayat2 dlm mazmur 91 supaya selamat.
Di dukung oleh bbrp kesaksian ajaib dari org2 yg berangkat berperang dan pulang dg selamat krn menghafal dan mengucapkan mazmur 91 ini.
Apakah mazmur ini di tulis Daud utk menjadi jimat bagi org kristen, seperti halnya doa novena, atau utk apa yg lain?
Bagaimana tanggapan tmn2 ttg ajaran ini?
Trims.

Percuma kalu cuma hapal tapi tidak mengimani Dia yg berfirman,
Tidak ada ayat2 yg merupakan jimat, gak tahu kalo doa novena saya gak ngerti
Semua ayat merupakan janji Tuhan untuk semua org yg percaya & berserah kpd Dia.
Barangkali itu hanya ulah seseorang saja yg kebetulan bernaung dlm org gereja pak Niko

bukan jimat… ttp ada kuasa perkataan , ada iman ketika mulut itu memperkatakan Firman …
klo percaya ikuti saja … bagus

sekalipun saya bukan jemaat bapak Niko … saya pun melakukan hal yang sama

Apakah daud menulis mazmur tsb utk menjadi jimat bagi umat kristen?

Itu keyakinan Dia sbg orang percaya,
sama sekali bukan utk jimat2an

untuk menjawab pernyataan anda saya kutip dari:

2Ti 3:16 Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran.

2Ti 3:16 All Scripture is breathed out by God and profitable for teaching, for reproof, for correction, and for training in righteousness,

JADI tidak ada satupun Firman Tuhan yang lebih menonjol dari yang lain, maka bila kita memperlakukan salah satu ayat Firman Tuhan dengan penghargaan yang melebihi dari yang lain, maka kita menjadikanNya sebagai JIMAT dan membuatNya jadi BERHALA KITA

Secara konstekstual, AFAIK, mazmur itu kan pada dasarnya lagu alias puji-pujian yg dinyanyikan oleh daud dan beberapa biduan lainnya. Jadi “perlakuan” terhadap kitab mazmur, IMO, bisa dianggap sama dengan “perlakuan” sebuah lagu. Dihafal dan diucapkan berulang-ulang atau dilagukan.

Atau biar lebih afdol dan ga dianggap “mantera atau jimat” bikin aza lagu dari mazmur 91 tersebut sama seperti sidney mohede yg lirik-lirik lagunya banyak mengutip dari kitab mazmur.

tidak.
dalam Kristen tidak ada jimat2an…saya curiga km bukan Kristen…knp ngomong jimat klo km Kristen…ngaco!!

Jadi km anggap kalo kita mempercayai Ayat Firman Tuhan dan itu menjadi rhema dalam hidup kita, itu jg km sebut berhala??? kesimpulan kayak apa itu? ajaran itu km dapat darimana? apakah dengan membubuhkan ayat Firman Tuhan pada 2 Tim 3:16 itu kemudian seenak perut km menyatakan jika salah satu ayat dalam Firman Tuhan yg menjadi Rhema itu adalah termasuk Berhala? Itu Firman Tuhan lho…km jangan menghakimi!!

Mazmur 91
1 Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa
2 akan berkata kepada TUHAN: “Tempat perlindunganku dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.”
3 Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk.
4 Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya ialah perisai dan pagar tembok.
5 Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang,
6 terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.
7 Walau seribu orang rebah di sisimu, dan sepuluh ribu di sebelah kananmu, tetapi itu tidak akan menimpamu.
8 Engkau hanya menontonnya dengan matamu sendiri dan melihat pembalasan terhadap orang-orang fasik.
9 Sebab TUHAN ialah tempat perlindunganmu, Yang Mahatinggi telah kaubuat tempat perteduhanmu,
10 malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu;
11 sebab malaikat-malaikat-Nya akan diperintahkan-Nya kepadamu untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
12 Mereka akan menatang engkau di atas tangannya, supaya kakimu jangan terantuk kepada batu.
13 Singa dan ular tedung akan kaulangkahi, engkau akan menginjak anak singa dan ular naga.
14 “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku.
15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya.
16 Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.”

Dengan membaca dan menghafalkan berulang-ulang, maka diharapkan akan timbul iman. Roma 10:17 “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.” Dan iman ini lah yang 1 Yohanes 5:4 katakan, “Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.”

Maksud selamat adalah dari malapetaka, dari bencana dan keadaan yang berbahaya, bukan selamat artinya diselamatkan masuk surga. Ini adalah tentang hidup kita didunia ini. Bacalah ayat tersebut kamu akan paham…

Mengapa harus kawatir dengan sesuatu sehingga ada gerekan menghafalkan ayat bersama? Mungkin berkaitan dengan kalender Yahudi tahun depan dan sirklus tradisi Yahudi. Kekawatiran akan memasuki masa yang berat tahun depan.

Bukan jimat atau mantera, tetapi agar timbul iman. Penjelasan lihat diatas…

Sipp…
Bagus sekali penjelasannya,bro.

Saya pernah dengar hotbah seorang pendeta di radio RPK sekitar 10 tahun yang lalu dan mengatakan mengkultuskan Mazmur 91 sebagai ayat yang manjur untuk tujuan 2 tertentu dan saya juga sempat mencoba untuk membaca berulang ulang dan menghafalnya saat saya mau mangharapkan sesuatu mukjizat terjadi dalam kehidupan saya. Namun karena harapan itu tidak tercapai atau gagal saya mulai ragu dan meninggalkan pemahaman tersebut.
Saya mulai berfikir betapa sempitnya pemahaman tentang mazmur Daud secara keseluruhan bukankan mazmur Daud hampir semua ayatnya hampir sama dan berisi kerinduan kepada Allah,permohonan kepada Allah ,minta pertolongan ,perlindungan ,penghiburan, ungkapan perasaan kepada Allah yang maha tinggi.
Jadi kesimpulan saya semua ayat2 dalam mazmur sama tujuan dan manfaatnya ,begitu juga dengan ayat2 dalam PB dan PL .

anda ko bisa ngomong gagal?apakah menurut anda Firman Tuhan itu bekerja otomatis?? faktanya banyak ko org yang mengaku Kristen seperti anda ini kemudian ragu dan bahkan merasa gagal atas Firman Tuhan, pada akhirnya merekapun meninggalkannya, sangat disayangkan… bukankah harusnya anda koreksi dulu kenapa gagal? menurut saya Maz 91 tsb menumbuhkan iman ko, memberi semangat dan nyata kuasaNya.

Anda membaca seperti sebuah mantera ajaib, jelas TUHAN tidak akan mendengarkan doa anda dan juga anda tidak akan memiliki iman akan janji-janji Allah sebab yang anda harapkan bukan apa yang anda baca, tetapi udang dibalik yang anda baca. Allah itu bukan robot, juga bukan pembantu kita, bukan juga jinnya aladin. Ia adalah Allah, Ia adalah Raja, Ia adalah pengasa segala sesuatu, pemilik segala sesuatu, dan segala sesuatu ada didalam diriNya. Ia hidup memiliki pribadi dan bukan sebuah system dimana jika kita A maka secara otomatis Tuhan akan B, jika kita C maka secara otomatis D.

Hormatilah Allah dan milikilah iman, maka anda akan selamat.

Saya hanya ingin mengatakan bahwa jangan menjadikan salah satu ayat sebagai ayat yang paling ampuh seusai dengan judul diatas “Menghafal dan mengucapkan mazmur 91 supaya selamat”. karena saya yakin bahwa semua ayat dalam mazmur sama ampuhnya hanya tergantung iman kita masing2. jadi saya heran kenapa banyak orang bahkan ada 1 pendeta yang mengatakan Mazmur 91 harus dihafal dan dibaca berulang ulang dan harapan anda pasti terkabul.hehehe . Karena penasaran saya coba demonstrasikan ayat tsb 10 tahun lalu waktu iman saya masih anak2 dan ternyata gak ada perubahan hehehe.

Wong TS aja yg bertanya dah mengerti ko atas penjelasan yg sudah ada kenapa anda tampaknya sewot?setahu saya gerakan menghafal ayat ini gada salahnya dan inipun tercetus baru bbrp bulan yg lalu, tidak sampai setahun, dan anda langsung mempraktekkannya itu bagus tp anehnya baru beberapa bulan saja anda dah kelabakan, pengen sesuatunya instan…ikut dunia aja boss biar segala sesuatunya instan, benar kata saudara krispus :

anda katakan saya “sewot?setahu saya gerakan menghafal ayat ini gada salahnya dan inipun tercetus baru bbrp bulan yg lalu, tidak sampai setahun”, sudah saya tulis sebelumnyabahwa ide tersebut sudah saya dengar 10 tahun yang lalu bro. saya hanya mau katakan jangan mengkultuskan 1 ayat saja seperti judul diatas seolah olah ayat lain tidak penting dan tidak perlu dihafalkan. titik cuma itu, anda jangan berkesimpulan yang negatif dan gak jelas arahnya. jangan menghakimi saudaramu bro…
Ams 30:5
Semua firman Allah adalah murni .Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung pada-Nya.

10 tahun yg lalu?yg bener lo… dari siapa km dengar 10 thn yg lalu itu?
trus alasan km ga setuju mengkultuskan 1 ayat Firman Tuhan apa? apa menurutmu sama semua penerapannya Firman Tuhan itu? ya jelas beda, apalagi yg dituliskan di PB itukan sejarah perjalanan iman dan hidup para rasul…trus kalo dalam suatu perkara saya mau hafal Firman Tuhan 1 ayat aja, apa salah menurut km? Bagimu sih ga penting menghafalnya tp bagi beberapa org termasuk saya butuh untuk menghafal apa salah menurutmu?bila mampu kenapa tidak?
saya bukan menghakimi…hanya saya ga setuju bole aja kan? …dan saya juga ga memaksakan apa yg saya tahu dan lakukan itu supaya km lakukan jg bukan? jd silahkan aja berargumen atas dasar Firman Tuhan dan tentunya tidak offense.

Apa anda tidak baca tulisan saya sebelumnya bahwa saya mendengar dari radio RPK 10 tahun lalu. kok anda tidak percaya sih apa untungnya saya bohong di forum ini dan saya heran kalau anda tidak percaya apa yang saya dengar 10 tahun yang lalu ,apa ada yang aneh … dan tidak mungkin hehehe

Shalom,
Ayat alkitab yang dibaca berulang2 dan dihafal TIDAK AKAN menghasilkan apa2, malah lama2 mirip dukun yang sedang membaca mantera sihir (mantera harus dibaca berulang2, khan ?). Bila ada pendapat yang mengatakan bahwa dengan menghafal dan membaca berulang2 akan menimbulkan iman, ini salah juga.
Iman TIDAK TIMBUL dari menghafal dan membaca firman Tuhan berulang2, melainkan timbul dari PERBUATAN.
Bukankah dalam alkitab banyak ayat yang mengatakan bahwa IMAN TANPA PERBUATAN ADALAH MATI ?
(Yak 2:17, 2:20, 2:26)