MENGHAKIMI ATAU MENASIHATI

MENGHAKIMI ATAU MENASIHATI/MENEGUR

Setelah seminggu saya membaca diskusi di forum ini menurut pengamatan saya ada satu persoalan yang urgen untuk didiskusikan yaitu :

  1. Kalau kita berusaha menunjukkan kekeliruan orang apakah kita dapat dikatakan menghakimi ?
  2. Kalau kita merasa terpojok apakah jalan keluar langsung menuduh lawan diskusi kita arogan ?
  3. Apakah sebagai orang kristen kita diam saja walaupun kita tahu saudara kita memiliki konsep yang tidak Alkitabiah ?
  4. Kalau kita sudah memiliki standar kebenaran yang absolut yaitu Alkitab,mengapa sulit mencapai kata sepakat ?

“ Orang orang kristen tidak selamanya sepakat akan segala hal.Kadang kita menghadapi suatu realitas seperti rasa gula,tetapi kadang kadang terasa cuka.Satu hal yang perlu kita ingat adalah “apa yang anda rasa sebagai gula mungkin terasa cuka bagi yang lain,demikian juga dengan sebaliknya.Ini tidak berarti bahwa anda benar 100% dan orang lain salah 100%. Hanya Alkitablah benar 100%.Ini berarti bahwa keyakinan dan pengalaman berbeda antara satu dengan yang lain. Apabila anda merasakan cuka,janganlah anda menganggap hal itu harus ditolak,demikian juga apabila anda merasakan gula,tidak selamanya hal itu merupakan kebaikan bagi anda.Oleh karena itu kita harus belajar dari orang orang percaya di Berea .”

Kis. 17:10,11 Tetapi pada malam itu juga segera saudara-saudara di situ menyuruh Paulus dan Silas berangkat ke Berea. Setibanya di situ pergilah mereka ke rumah ibadat orang Yahudi.Orang-orang Yahudi di kota itu lebih baik hatinya dari pada orang-orang Yahudi di Tesalonika, karena mereka menerima firman itu dengan segala kerelaan hati dan setiap hari mereka menyelidiki Kitab Suci untuk mengetahui, apakah semuanya itu benar demikian.

Semoga kiranya bermanfaat,Shalom


Ada tipe orang kristen yang seolah olah berada didalam lemari (christian in the box),mereka berdoa secara rahasia,membaca Alkitab pada waktu sedang sendirian dan secara sembunyi sembunyi,mereka menghindar dari percakapan percakapan tentang iman,seksualitas, homoseksualitas,nabi palsu,evolusi dll karena takut mengutarakan pendapat nya secara kekristenan atau alkitabiah. Mereka takut dicap tidak toleran,membosankan, ketinggalan jaman,exklusif serta suka menghakimi.Kalau mereka memakai kaos bergambar Michael Jackson dianggap sebagai penggemarnya tetapi kalau bergambar Yesus lalu dicap sebagai fanatik agama.
Orang kristen yang terbelenggu seperti ini sangat memerlukan pembebasan . Orang yang menyembunyikan kebenaran Tuhan adalah soatu dosa.

Banyak orang kristen seolah olah terbelenggu oleh semacam ketakutan sehingga tidak berani bersaksi bagi kebenaran Tuhan,mereka telah membungkam kesaksian mereka sendiri. Mereka lebih suka mengkompromikan iman ketimbang mempertahankan kebenaran, lebih suka berdamai dengan masyarakat yang tidak bermoral ketimbang berdiri teguh didalam kebenaran dan integritas .Mereka tidak bisa melepaskan diri dari belenggu gaya hidup modern masyarakat sekitarnya,dan enggan untuk melakukan tugas tugas kristen yang bersifat kenabian atau kerasulan.Toleransi sudah menjadi kebaikan terakhir dari masyarakat modern.

Yesus mengatakan bahwa kita harus menjadi terang dunia,apakah maksudnya terang disini ?

  1. MAKSUD DARI TERANG ADALAH UNTUK DILIHAT
    Kekristenan adalah sesuatu yang untuk dapat dilihat secara nyata,didalam kekristenan tidak ada istilah mengikut Yesus secara sembunyi sembunyi.Ketersembunyian itu hanya akan menghancurkan kekristenan,membuatnya menjadi kerdil tidak berkembang.kekristenan harus menghancurkan ketersembunyian,kalau seseorang menjadi kristen,maka kekristenannya haruslah dapat dilihat secara nyata didalam kehidupannya.Kekristenan tidak boleh hanya terlihat didalam gereja belaka karena Tuhan Yesus tidak mengatakan kamu adalah “terang gereja” melainkan menjadi terang dunia.

  2. TERANG ADALAH PEMBIMBING ATAU PENUNJUK JALAN
    Terang adalah sesuatu yang menerangi jalan atau ruangan,terang menjadi pembimbing pada jalan yang aman dan baik. Orang kristen haruslah dapat menjadi jalan dan terang bagi orang lain dalam arti menjadi contoh tauladan bagaimana seharusnya hidup didunia yang fana ini.

  3. TERANG YANG MEMBERI PERINGATAN
    Setiap orang kristen mempunyai tugas untuk memberikan peringatan dini kepada sesamanya akan bahayanya atas penyimpangan dari Firman Tuhan.
    Jadi sebagai kesimpulan,orang kristen harus menjadi terang yang dapat dilihat,terang yang memberi petunjuk serta pengarahan dan terang yang dapat memberikan peringatan akan adanya bahaya.

menghakimi kamu sesat…kamu silap…kamu ngawur…
menasihati… jangan lah!!.. ngga boleh kita melakukan itu …krn itu dosa

Kalau : jangan sesat, jangan silap, jangan ngawur…nasihat/penghakiman? :onion-head33:

Roh Kudus bilang apa sama santo??

Nasihat dong, kan penekanannya pada kata “JANGAN”, buktinya kata “JANGAN” lebih dulu daripada kata “SESAT”… :onion-head25:

Fungsikanlah Roh Kudus dengan sebenarnya…ini juga salah satu nasihat loh :smiley:

Iya, Roh Kudus bekerja pada manusia melalui pembaharuan akal budi. ^-^

Alkitab mengatakan bahwa segala sesuatu harus diuji :

• Efesus 5:10 dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan
• 1 Tes. 5:21 Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik
• 1 Yoh. 4:1 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Satu satunya alat pengujian yang sempurna adalah Alkitab,bukan pengalaman,perasaan,akal budi,naluri,ilusi,tradisi,dll. Semua itu boleh saja dipakai karena merupakan bagian dari kodrat manusia,tetapi tetap pemakaiannya tidak bertentangan dengan kebenaran Alkitab.

Sebelum kita menguji orang lain kita harus terlebih dahulu menguji kedalam diri kita agar tidak dituduh munafik dan menghakimi :

• 1 Tim.4:16 Awasilah dirimu sendiri dan awasilah ajaranmu. Bertekunlah dalam semuanya itu, karena dengan berbuat demikian engkau akan menyelamatkan dirimu dan semua orang yang mendengar engkau
• 2 Kor. 13:5 : Ujilah dirimu sendiri, apakah kamu tetap tegak di dalam iman. Selidikilah dirimu! Apakah kamu tidak yakin akan dirimu, bahwa Kristus Yesus ada di dalam diri kamu? Sebab jika tidak demikian, kamu tidak tahan uji
• Galatia 6:4 :Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain

Shalom

:mad0261:Fungsikan Roh Kudus dengan yang sebenarnya?

Siapakah Roh Kudus? Dia adalah Allah oknum ke 3, Allah tidak dapat di fungsikan oleh manusia manapun,Allah bekerja menurut kehendakNya sendiri,tanpa dicampuri oleh siapapun,kedaulatan Allah tidak dapat di ganggu gugat,Allah bekerja dengan misterius,tidak ada satu menusia dapat mencampuri atau mengfungsikan Allah Roh Kudus. :cheesy:

APAKAH KITA BOLEH MENGHAKIMI SELAIN TUHAN ?

Ada dua macam jawaban Alkkitab.

AFIRMASI – Manusia tidak dilarang untuk menghakimi

• Allah menyuruh Yehezkiel menghakimi orang Israel (Yeh.20:4)
• Orang benar dan saleh menghakimi ( Yeh.23:45)
• Menghakimi menurut Hukum Tuhan ( Yeh.44:24)
• Menghakimi oleh orang yang tidak bersunat ( Roma 2:27)
• Menghakimi didalam jemaat (1 Kor.5:12)
• Orang kudus menghakimi dunia (1 Kor.6:2)
• Kita menghakimi Malaikat ( 1 Kor.6:3)
• Menghakimi harus secara adil ( Yoh.7:24)

NEGASI – Jangan menghakimi

• Mat. 7:1 "Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
• Roma 14:10 Tetapi engkau, mengapakah engkau menghakimi saudaramu……
• Roma 14:13 Karena itu janganlah kita saling menghakimi lagi!..
• 1 Kor. 4:5 Karena itu, janganlah menghakimi sebelum waktunya

BAGAIMANAKAH MENJELASKAN PARADOX INI ?

Shalom

Saat sedang memutuskan perkara , kita berada pada puncak pimp organisasi
(membawahi bbrp orang) …ketika salah satu anggota berselisih dengan anggota yanga lainnya ( mereka ada masalah )
kita berada di atas harus memutuskan perkara mereka …itupun kita bertindak sbg hakim atas mereka.

Ketika kita harus memeberikan sanksi …berilah sanksi yang adil, jangan berat sebelah …krn itu dikatakan …
Joh 7:24 Janganlah menghakimi menurut apa yang nampak, tetapi hakimilah dengan adil."

IX ILMU KUDU YG HRUS DIMILIKI ORANG KRISTEN.

  1. Sebelum ngomong KUDU dipikir heula atuh
  2. Sebelum diskusi KUDU doain dulu
  3. KUDU mlihat hati kita sendiri apakah kau MENGASIHInya atau sekedar
    untuk memojokkan dan mpermalukan ?
  4. Makanya sebelum diskusi teh KUDU melihat situasi kondisi. Apakah
    kesalahan bersifat umum, jelaskan secara umum. Tapi kalau kesalahn
    pribadi spt sy lupa bayar utang jangan tegur didepan umum
  5. KUDU tenang, ga emosian atau terpancing emosi (kalau kita yg
    mancing emosi ? )
  6. KUDU minta hikmat dari Roh Kudus