Menghapus Eksistensi Anda Dari Internet

JustDelete.Me

Di jaman sosial-media spt sekarang ini, tentunya bukan hal yg aneh kalo para netter memiliki akun berapa situs sosial media spt facebook, twitter, tumblr, skype, flickr, yahoo dan masih banyak lagi. Satu kesamaan dari sekian banyak situs-situs sosial media tersebut adalah meminta kita mengisi informasi pribadi pada saat kita melakukan registrasi/create new account/signup. Tentunya kita bisa mengisi apa saja (sembarang informasi) dalam form pendaftaran tersebut karena toh pada dasarnya tidak akan ada pengaruhnya tetapi bagi para netter yg benar-benar serius memanfaatkan situs sosial media tersebut untuk pertemanan, bisnis atau bahkan ketenaran, sudah pasti akan mengisinya dengan data-data pribadi yg sedetil mungkin. Beberapa situs juga menyediakan fasilitas untuk upload foto, audio atau video sehingga lambat laun akun-akun tersebut telah menjelma menjadi “lemari besi” kita. Masalahnya adalah “lemari besi” itu tidak berada dalam rumah kita dan jika satu saat kita tidak membutuhkannya lagi, bagaimana cara kita “menghancurkannya”?

Robb Lewis dan rekannya, Ed Poole, mahasiswa Jurusan Teknologi Web, Universitas Portsmouth Inggris, menyadari bahwa seharusnya situs-situs sosial media tersebut juga menyediakan fasilitas unregister/delete used account/sign down untuk “menghancurkan” akun yg oleh pemiliknya memang ingin untuk dihilangkan beserta dengan seluruh informasi yg ada bersamanya. Karena itulah mereka berdua membuat sebuah situs yg diberi nama : JUSTDELETE.ME, sebuah situs yg akan membimbing kita untuk menghapus akun-akun sosial media yg dianggap sudah tidak berguna lagi.

Sampai saat ini ada sekitar 240-an lebih situs sosial media yg masuk dalam daftar JUSTDELETE.ME. Namun dari total tersebut ada beberapa situs yg sampai saat ini belum bisa dilakukan “pen-delete-an” dikarenakan kebijakan yg empunya situs. Untuk memudahkan proses, Robb Lewis & Ed Poole memberikan guide dengan kode warna yaitu

Hijau untuk easy “simple process”
Kuning untuk medium “some extra steps involved”
Merah untuk hard “cannot be fully deleted without contacting customer services”
Hitam untuk impossible “cannot be deleted”

Untuk pengguna browser Google Chrome, salah seorang netter bernama Mike Rogers telah membuat sebuah extension untuk JustDelete.me. Cara kerjanya adalah, ketika kita sedang ada di situs yg terdaftar di JUSTDELETE.ME, extension tersebut akan menambakan sebuah “ikon titik” pada omnibar. Dengan mengklik ikon ini, kita akan dibawa ke akses halaman unregisterasi yg terkait.

info yng menarik dan menantang…!!

Lanjoot broo/[email protected]…!!!

Salam…

Thanks infonya ya. Baru tahu ada cara seperti itu.

Informasi yg berguna sekali
thx.

husss okre okre maknyuss