Menikah tanpa orangtua

Halo, saya orang baru di sini yang sedang kebingungan. Kalau diijinkan untuk share dan bertanya, saya mohon bantuannya.

Apakah dalam kristen, bisa menikah tanpa orang tua?
Apakah dalam kristen, bisa menikah dengan wali dari pihak keluarga saya (saudara mungkin) ?
Apakah dalam kristen, bisa menikah dengan wali bukan dari pihak keluarga saya? (tetua / yang dituakan)

Atas jawabannya, saya ucapkan terimakasih.

setahu saya bisa…
tapi lihat jawaban temanteman lain y, mungkin ada yg bisa menjelaskan lebih lengkap…

Bisa…intinya sudah 21 th (spt hukum negara)
dianggap bisa mengambil keputusan untuk menikah.

hanya pertanyaannya… mengapa tidak menghadirkan orang tua /keluarga/tetua untuk menyaksikan hari yang bahagia?
Apakah mereka sudah meninggal semua??

ayah tidak mengganggap anak lagi
ibu tak rela melepaskan anaknya

:’( :’(
Kalo kejadian itu nimpa saya… saya akan merendahkan diri (sungkeman) minta maaf dan menangis sejadi jadinya di hadapan kedua orang tua saya

Kalo demikian adanya
Kenapa sodara mau nikah tanpa restu mereka… terlebih membiarkan mereka melepaskan status sodara sbg keturunannya.

Kalo boleh saya sarankan :
Mending pernikahan itu ditunda dulu smp mendapat restu dr mereka.
berat loh menikah tanpa restu orang tua…krn bgm pun juga mereka adl alat yang dipakai Tuhan untuk menjaga hidup kita.

Siapa tau… apa yang mereka larangkan itu suara Tuhan :coolsmiley:

Kalo boleh tau… kenapa orang tua sodara melarang hubungan kalian ( tidak harus di jawab kalo sodara keberatan)

bukan yang pertama kali saya menangis di depan mereka

tunggu sampai hati mereka lumer
Batu yang keras banget kena tirisan air hujan… bisa terkikis …

Doakan… orang tua sodara
jika jodoh itu kehendak Tuhan ngga lari kemana…
Tuhan pasti buka jalan…

Ttp kalo jodoh itu memang bukan jodoh sodara … Tuhan bisa tutup
dengan jalan …
misal: orang tua sodara melarang (bukan satu satunya tanda… ttp tanda ini bisa Tuhan pakai)

Sodara … cari kebenaran Tuhan terlebih dahulu… hormati mereka, kalo sodara sbg anak tidak bisa menempatkan mereka untuk dihormati calon sodara … bgm bisa calon sodara besok akan menghormati orang tua sodara .
Betul2 berat menikah tanpa restu orang tua…

ngga ada bekas ayah /ibu
ttp di dunia ini ada bekas isteri … atau bekas suami

Ini hanya saran saja… silahkan sodara bisa pilih…

kalau saya boleh tau, apakah beratnya menikah tanpa restu?

Sbb… tidak ada pribadi yang berkesinambungan mendoakan spy pernikahan sodara langgeng.

Taat kepda orang tua… itu indah dlm pemandangan Tuhan :afro:

kalau gak dapat restu pasti mereka punya alasan yang tepat untuk itu kan…

maaf apakah orang tua kristen juga?

ya kristen

alasannya sangat sepele

mungkin seperti tidak merestui karena dia gemuk, dan ayah ga suka orang gemuk tapi walau dia jadi kurus, ayah tetap tak merestui karena dulunya dia gemuk.

ya harus berdoa bro, memang perlu waktu, kalau Tuhan memang menghendaki pernikahan ini, pasti Tuhan juga bekerja meluluhkan hati orang tua…

Koq mungkin?? :mad0261:

kalo masalah gemuk kurus… orang yang tadinya kurus menikah …melahirkan bisa jadi gemuk :smiley:

alice sudah punya anak?
Gemuk ga? :smiley:

ya udah kalao cuma masalah itu, coba aja turutin ikutin aja program ngurusin…spy nunjukin, taat ama ortu, nggak tau kalo alasan itu cuma alasan…

aerobik & fitnes dulu… ntar kalo sudah langsing dijaga … :monkeys19:

dia sudah kurus sekarang
sudah 2 tahun dia kurus
tapi ayah tetap tak mau krn dahulu dia pernah gemuk (waktu awal berpasangan)

walau sudah lewat 2 tahun tetap tidak ada perubahan akan restu
terakhir ditanya, jawabannya masih sama, tak merestui karena itu

Apakah sodaranya ada yang meninggal/sakit berat krn masalah obesitas?

Bicarakan dengan gembala dimana sodara menggereja,
Kemukakan masalahnya… minta tolong Bapak gembala memberi pengertian kepada orang tua sodara.

Kiranya… bisa diketahui lagi,
Kenapa sampai tidak merestuai hubungan kalian,
sbb saya berpikir ada sesuatu yang lain … (faktor lain) yang menyebabkan mereka tidak merestui hubungan tersebut …
ttp mereka sangat berat untuk menyampaikan kepada sodara.

Jadi… kemungkinan via gembala sodara … bisa diungkapkan.