MENJADI SEORANG KRISTEN ITU SEPERTI APA SIH?

Yesuslah pokok anggur yg benar dan Allah Bapa pengusahanya…
Dan pengikutnya yg menjadi cabang2nya…
Didalam Yesus tentu akan menghasilkan buah yg lebat…

YESUS adalah pribadi yg rendah hati…

Bukankah kerendahan hati itu juga sbg panutan bagi pengikutnya?

Topik yang menarik, tidak adanya kerendahan hati, tampak jelas dan ditemukan di Forum ini (termasuk saya yg juga sering jatuh). Kerendahan hati adalah salah satu dari nilai-nilai dasar Spiritualitas Kristiani. Kerendahan hati adalah lawan dari kesombongan yang menjadi dosa pertama dari manusia pertama.

Tuhan YESUS menghendaki agar kita belajar daripadaNya kelemahlembutan dan kerendahan hati (Mat 11:29). Ia juga mengajarkan pada kita untuk mengejar kesempurnaan, yaitu kekudusan (Im 19:2; Mat 5:48).

Soal kekudusan saya mengajak kita semua masuk di diskusi ini:

Kembali ke soal kerendahan hati,

Kerendahan hati adalah sikap yang diperlukan untuk menerima karunia Allah. Alkitab berkata, “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihi orang yang rendah hati” (1 Pet 5:5). Kerendahan hati ini begitu penting bagi Allah, sehingga menempati urutan pertama dari Delapan Sabda Bahagia: "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Sorga.(Mat 5:3; KGK 2546).

Mereka yang rendah hati, yang dimurnikan dan diterangi ROH KUDUS, adalah orang-orang yang siap untuk menerima karunia-karunia ROH KUDUS untuk maksud perutusan.(lih. Katekismus Gereja Katolik 716).

Kerendahan Hatri adalah Jalan menuju Kekudusan.

Untuk mencapai kekudusan, atau ‘kesempurnaan kasih’, kita harus menggunakan kemampuan kita sebagai karunia dari KRISTUS. Kita harus meniru teladan-Nya dan mencari kehendak Tuhan dalam segala sesuatu. Semua sikap ini adalah bentuk kerendahan hati!

“Kita tidak dapat mengasihi kecuali melalui kerendahan hati.“ Sebab segala pertentangan/ konflik antar manusia selalu melibatkan kesombongan di kedua belah pihak. (St. Agustinus)

GBU

SBAB perang karena amarah dan kemarahan… akan brhenti bila ada pihak yg telah jatuh dan mati…!!!

tp kesombongoan dan keangkuhan akan benar2 ribuan kali lebih imbasnya dari kebinalan kebinatangan, yg takkan berhenti sampai keangkuhan orang tersebut di tegakkan …!!!

WALAU dasar alibi nya bilang demi kebaikan…!!

salam

bro yg benar bukannya miskin dihadapan Tuhan,bukan miskin hatinya.

takut akan Tuhan…^^

Menjadi seorang Kristen adalah membesarkan pekerjaan-pekerjaan Kristus Yesus yaitu mengerjakan kegenapan hukum Taurat.

menjadi seorang Kristen itu seperti apa sih?

menurut chrisma:
memiliki karakter seperti Kristus (–> masih dalam proses :smiley: )

Menjadi seorang kristen berarti mengikut Kristus, spt sebutan pertamanya di anthiokia. Di awal disinggung tentang pokok anggur. Kita sebagai carang/ cabang nya mempunyai satu tugas pokok yaitu berbuah. Tidak ada yg lain, carang dari pokok anggur tdk bisa untuk yg lain, tdk untuk bangun rumah, tdk untuk soko guru, tapi hanya untuk berbuah. Inilah panggilan kita semua stl percaya Kristus. Berbuah lebat dan buahnya tetap. Mari kita melipatgandakan Kristus yg adalah talenta kita. Karena biji gandum yang satu itu harus jatuh ketanah dan mati supaya didapatkan banyak biji gandum yg lain. Kini biji gandum itu telah sampai pada kita, mari kita kembangbiakan lg. Gbu

Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.
Maka jika matamu yang kanan menyesatkan engkau, cungkillah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa, dari pada tubuhmu dengan utuh dicampakkan ke dalam neraka.
Dan jika tanganmu yang kanan menyesatkan engkau, penggallah dan buanglah itu, karena lebih baik bagimu jika satu dari anggota tubuhmu binasa dari pada tubuhmu dengan utuh masuk neraka.
Telah difirmankan juga: Siapa yang menceraikan isterinya harus memberi surat cerai kepadanya.
Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.

Ada seorang perempuan diceraikan oleh suaminya. Boleh tidak perempuan ini menikah lagi?

Aneh kan kalau kita bilang perempuan ini boleh menikah lagi, sebab seseorang yang menikah dengan perempuan yang diceraikan jelas menjadi seseorang yang sedang berbuat zinah.
Kalau kita bilang tidak boleh menikah lagi, berarti seolah-olah tidak ada pengampunan dalam hal ini.

Kalau kita bilang perempuan ini harus kembali hidup bersama suaminya atau ia tidak boleh menikah seumur hidupnya.
Kedengaran baik kan?
Masalahnya mau tidak suaminya menerima kembali isterinya yang jelas-jelas bagi dia berzinah?
Kita tidak mungkin mengatakan padanya bahwa setiap manusia berdosa, karena pernah melihat dan menginginkan perempuan dalam hatinya saja itu sudah dosa.
Ini akan membuat suami perempuan itu membanding-bandingkan dosa besar dan dosa kecil.

Masalah kedua adalah mau tidak perempuan ini kembali kepada suaminya. kalau mau, kapan?
Paulus berkata kalau ada suami-isteri pisah sebaiknya jangan lama-lama. Jadi kapan?

Kalau jawabnya percaya Yesus Kristus saja cukup dan akan mengampuni dosa perempuan itu, kalau jawab seperti ini aku malah bingung itu diatas bagaimana.

Boleh tidak menceraikan seseorang dengan alasan orang tersebut telah melihat lawan jenisnya dan menginginkannya dalam hatinya?
Apakah jawabannya boleh memilih antara boleh dan tidak tergantung pribadi masing-masing?

Bro kawabaki, memang sulit dan membingungkan sih, cerei tp ga boleh nikah lg. Tapi prinsip hidup bersama Kristus adalah Dia kini yg menjadi isi kita, mula2 roh kita kemudian ke jiwa kita dan akirnya ke tubuh kita. Dia yg menjenuhi seantero kita. Bila sudah demikian kita berfikir berkehendak seturut dengan maunya Tuhan bukan kita lg. Termasuk dalam hal cerai ini. Apakah yg menjadi maunya Tuhan? Tanyakan Dia yg kini ada dalam setiap kita. Gbu

Salam damai sejahtera

Harus kita simak baik-baik, hidup Kristus itu mengikuti hukum Taurat, jadi tidak bisa kita ikuti sepenuhnya. Contoh disunat, mati di kayu salib.

Yang harus kita ikuti dan teruskan dalam hidup kita yang telah diperbaharui dalam Kristus adalah pengajaranNya.

Mau tidak mau akan kita sadari terlihat hampir sebagian pengajaran ditujukan bagi laki-laki dahulu, baru kepada perempuan.

Jadi ucapan seperti, kita berserah saja di dalam Kristus, itu terdengar seperti orang yang tidak menerima pengajaran.
Disini aku mengajak semua untuk mendalami kebenaran firmanNya, dan menggunakan kebenaran yang didapati untuk menunjukkan kasih kepada sesama.

Sesungguhnya didalam perjanjian lama juga banyak tersimpan kekayaan kebenaran dalam dua kasih terutama, begitu juga sebaliknya dalam perjanjian baru juga banyak tersimpan kekuatan hukum Taurat.

kristen itu “status” yaitu status pengikut Yesus

jadi jika ingin menjadi kristen berarti harus mengakui bahwa Yesuslah Tuhan dan Juru Selamat serta menuruti ajaran-ajaranNya.

salam ^0^

menjadi seorang Kristen berarti menjadi pengikut Kristus yang tidak hanya mengekor dan kebanyakan berseru-seru minta2 pertolongan kepadaNya hampir seperti parasit. Tetapi berusaha menjadi seperti Kristus lewat mendalami kisah hidupnya dan mengamalkan ajarannya.

bro mendungsenja

mengekor gimana bro maksudnya??

salam :slight_smile:

hahah…kata “mengekor” mungkin terdengar aneh, tapi ya sudahlah… :smiley:
mengekor itu maksudnya mengikut Kristus hanya untuk mengatasi dan memecahkan masalah2 hidupnya, cenderung hanya meminta dan meminta, baik itu masalah duniawi maupun keselamatan jiwanya nanti sehingga yang dihasilkan justru pribadi2 egois dan cenderung pasrah menerima nasib.

Menurut saya pribadi, mengikut Kristus itu adalah menjalani kehidupan dengan meneladani kisah hidup Kristus dan mengamalkannya bagi dunia. :slight_smile:

ow begitu…

saya juga bingung istilah “mengekor”…
sebab kita sendiri mengekor pada Yesus :smiley:

jadi jelas pemahamannya

Thks bro mendungsenja penjelasannya bagus :afro:

thx bro kawabaki…

Seperti apa saja sih membesarkan pekerjaan2 Kristus?
Khususnya jg di jaman sekarang ini?

Dan boleh minta penjelasan tidak, tentang melakukan kegenapan hukum Taurat?

Seperti apa saja sih “ACTION” melakukan kegenapan hukum taurat?

Sbab di hukum taurat ada 10 perintah…?
Bgaimanakah melakukan kegenapan disana?

sory saya penggal bro?

Yg menjadi pertanyaan ,
bgaimanakah cara mengembangbiakkannya? (he he trasa memugar kelestarian hewan yg mulai punah)

khususnya dijaman skrang ini?

Lagi…

Apakah stelah kita berhasil mengembang biakkannya, apakah stlh itu kita boleh disebut Sbgai KRISTEN Yg benar…?

Jadi intinya pekerjaan pengembang biakan itukah sbg keseluruhan tentang KRISTEN YG BENAR?

Trims

trims sis chrisma…

Mengembangbiakan berarti menambah jumlah. Tentunya tidak dengan paksaan, namun kebenaran harus disampaikan untuk mendapatkan lagi orang2 yg mutlak dan murni kepada Tuhan. Caranya senantiasa memperhidupkan Kristus yg kini berhuni dalam batin kita. Ijinkan dia mengambil alih kita untuk selalu dipimpin oleh Dia. Sehingga apa adanya kita boleh mengekspresikan Dia.