menjauhkan diri dari seorang hamba Tuhan

mohon masukan saudara seiman. beberapa bulan lalu saya bertemu dengan seorang pendeta (dari salah satu gereja besar di Indonesia) , setelah kenalan, dia mulai bicara (khotbah) kepada saya. "khotbah"nya (menurut saya) sepertinya isinya tentang betapa menakutkannya Tuhan dan hukuman2Nya. saya merasa kok dasar kekristenan yang diajarkan pendeta ini adalah ketakutan, bukan kasih. setelah itu dia memberi saya barang yang telah didoakan oleh tim doa dari gerejanya untuk jemaatnya agar terlindung dan diberkati, saya dalam hati merasa aneh karena kok memberi saya semacam “jimat”. kemudian di akhir pembicaraan, dia memberi beberapa file khotbah2nya dan tulisan2nya yang kebanyakan tentang akhir zaman, iblis dan neraka.
dalam beberapa bulan pendeta tersebut sering menelepon saya untuk tanya khotbah dan tulisan2nya sudah didengarkan dan dilihat apa belum, saya selalu jawab lupa karena sedang sibuk berpikir tentang usaha saya, tidak sempat dengarkan dan liat. saya tidak berani mendengarkan dan membaca khotbah dan tulisan2nya karena dari pertemuan pertama itu kok sepertinya ajarannya agak melenceng.
mohon masukannya, apa yang harus saya lakukan? saya ingin menghindar dari pendeta ini, tapi apakah benar kalau saya menghindari pendeta ini? apakah perbuatan saya ini termasuk menghakimi orang lain? maaf, tidak bermaksud menyinggung gereja atau denominasi tertentu

Menurut saya kalau memang tidak sejahtera dengan “pengajaran” yang diberikan pendeta itu, harus tegas katakan bahwa Gusgus sudah ada kepercayaan sendiri dan jangan memberi kesempatan (menolak,… secara halus tentunya) kepadanya untuk meneruskan pengajarannya tsb.

Dari awal sebenarnya apa yang Gusgus lakukan sudah keliru dengan menerima “jimat” itu pendeta beserta bacaan dan file khotbah dsb. Kesalahan kita kaum awam biasanya karena rasa penasaran, dari penasaran terus coba-coba dan akhirnya jadi terpedaya oleh ajaran “lain” . Oleh karenanya untuk selanjutnya kalau ketemu kasus-kasus serupa sebaiknya menghindar. Kalau tidak bisa menghindar, katakan bahwa kita sudahpun bergereja di gereja anu misalnya, yang sudah punya doktrin dan pengajaran sendiri dimana kita sudah sejahtera di dalamnya.

Salam

terima kasih. saya bukan penasaran, saya sungkan menolak, karena waktu itu ada banyak orang dan dia bersama istrinya dan beberapa jemaatnya, kalau saya tolak, saya takut akan merendahkan pendeta itu dihadapan banyak orang. esoknya setelah pertemuan pertama itu saya mau hapus file2nya, tapi kemudian saya ditelepon, dia tanya apakah sudah mendengarkan khotbahnya dan apakah barang yang sudah didoakan itu sudah ditaruh di tempat usaha atau rumah, saya jadi sungkan mau membuangnya sampai sekarang karena sering ditelepon. bagaimana cara bicara ke pendeta itu setelah saya buang file dan barangnya, saya bukan orang yang pandai bicara?

Dalam hal doktrin jangan sungkan-sungkan, karena sangat prinsipil. Kalau sungkan maka itu “pendeta” atau siapapun dia akan menganggap Gusgus tertarik akan ajarannya, dan otomatis akan berusaha lebih untuk membuat Gusgus menjadi bagian dalam denom kalau itu denominasi atau sekte atau alirannya dst , sementara Gusgus sudah punya denom sendiri. Kalau keterusan begini, jelas yang keliru adalah Gusgus. Maka saya saran sebaiknya kalaupun tidak pandai bicara untuk menolak cobalah pakai media lainnya seperti menulis surat atau tulis e-mail secepatnya, supaya sama-sama baik. Sang pendeta itu tidak nunggu-nunggu Gusgus, dan Gusgus juga tidak terombang-ambing pengajaran yang tidak sesuai dengan hati nurani Gusgus.

Salam

barang seperti apa sih??? gw penasaran nih :smiley: kali aja benda berharga klo di jualnya mahal kan lumayan buat modal bikin usaha wkwkwkwkwk…

niat pendeta itu mungkin caranya kurang tepat, karena pengajaran yg mendasar adalah kasih karunia/ pengenalan akan Yesus Kristus sebagai Tuhan & Juruselamat manusia…

klo barangnya pemberian pendeta itu mendingan di balikin aja deh…
dr pd itu jadi alasan pendeta utk tlp mas bro terus
mungkin bisa datang langsung kerumahnya…tapi ingat;
datang ke rumah pendeta itu jgn sendirian,bawa teman 1-2 org
setelah itu berbicaralah dengan baik dan jgn berlama2 biasanya pendeta itu suka ceramah ;D :char11:
bisa2 mas bro malah terpengaruh lagi… :azn:
kasi alasan ada keperluan/acara/janji di tempat lain…jadi bisa lebih cepat pergi dari situ

selamat mencoba mas bro :afro:

Klo susah bicara tinggal minta aja ke gereja bro ceritain semua dan minta didampingi untuk ngebalikin brg pemberiannya…

tinggalin aja bro…^^

barangnya berupa stiker salib dan bintang daud.

terima kasih masukannya.

barangnya berupa stiker salib dan bintang daud toh…yaudah nanti gw kasi deh pendetanya salib sama paku :happy0025:
kayak di film2 itu… :smiley: