menjawab tentang "ayat miras"

Shalom

Di treat ini saya akan membuat suatu pernyataan mengenai treat dari Forum Murtadin Kafirun yang satu ini:

[url=http://murtadinkafirun.forumotion.net/t11137-kristen-agama-cabul-penyembah-CD-amis-dan-mabok]kristen agama cabul penyembah CD amis dan mabok[/url]

[b]Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada orang yang susah hatinya. Biarkanlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya. (Amsal 31: 6-7).

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi; (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.” (QS. Al-Maaidah: 90). [/b]

Jawab:

setelah saya cek, ternyata coba deh lihat ayat sebelumnya:

Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras, jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas. (Amsal 31: 4-5)

dan jika digabungkan maka akan menjadi seperti ini:

Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras, jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas. Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada orang yang susah hatinya. Biarkanlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya. (Amsal 31: 4-7).

disitu bisa disimpulkan bahwa kata “minuman keras” hanya perumpanaan dari “kesenangan” dalam artian “harta”.

dikatakan pada ayat 4 yang berbunyi:

Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,

artinya adalah seseorang yang memiliki harta yang melimpah tidak diperbolehkan memiliki sifat ke-duniawi-an karena hartanya yang melimpah

dan dikatakan pada ayat 5 yang berbunyi:

jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.

artinya adalah jika seseorang yang memiliki harta yang melimpah mempunyai sifat ke-duniawi-an karena hartanya yang melimpah maka sama saja dengan merampas hak hidup bagi orang-orang yang membutuhkan.

dan dikatakan pada ayat 6 yang berbunyi:

Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.

artinya adalah sumbangkan kekayaanmu untuk orang yang membutuhkan

dan dikatakan pada ayat 7 yang berbunyi:

Biarkanlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya.

artinya adalah jika kamu sumbangkan kekayaanmu untuk orang yang membutuhkan maka kesusahan mereka pun bisa teratasi.

Sekian dari saya

Maranatha

(sumber: http://laskarislam.indonesianforum.net/t1446-pembela-kristenmenjawab-tentang-ayat-miras#9707 )

Ikutan sharing ya Bro comicers,
Ayat2 dlm Amsal 31 itu dpt dipecah menjadi dua bagian spt berikut:
1)Amsal 31:4 Tidaklah pantas bagi raja, hai Lemuel, tidaklah pantas bagi raja meminum anggur, ataupun bagi para pembesar mengingini minuman keras,
31:5 jangan sampai karena minum ia melupakan apa yang telah ditetapkan, dan membengkokkan hak orang-orang yang tertindas.
>>>> Tidaklah pantas bagi raja/pemimpin/imam (jangan lupa org percaya adalah imam dlm keluarganya) utk meminum anggur (yg memabukan), krn bisa melupakan tugas2nya dan akan mengakibatkan dia bertindak tdk adil.

31:6 Berikanlah minuman keras itu kepada orang yang akan binasa, dan anggur itu kepada yang susah hati.
31:7 Biarlah ia minum dan melupakan kemiskinannya, dan tidak lagi mengingat kesusahannya
>>>> minuman keras/anggur itu hanya pantas utk org2 yg akan binasa (yg tdk percaya Tuhan) krn mereka tdk punya pengharapan lagi.

Jadi maksud ayat2 diatas bukan utk membenarkan org utk bermabuk2an utk melupakan masalahnya, karena sebesar apapun masalah kita org2 yg percaya Tuhan, maka kita masih punya pengharapan bahwa DIA sanggup meluputkan kita dari segala masalah kita.
GBU all.

ada yang masih banyak lagi loh

lihat selengkapnya disini: WorldPeace8281: "ayat-ayat miras"

Minum anggur bukan dosa, minum minuman beralkohol juga tidak dosa. Menjadi dosa saat anda mabuk olehnya dan melanggar hukum Taurat atau menyimpang dari kebenaran, keadilan, kesetiaan dan kebaikan.

Apakah Allah menyalahkan manusia dengan apa yang dimakan? Binatang haram telah kita makan padahal tertulis dalam hukum Taurat, tetapi anggur dan minuman beralkohol kita tetap menolaknya. Mengapa ada hukum berat sebelah soal makan dan minum? Bukan apa yang masuk melalui mulut yang membuat kita berdosa, tetapi apa yang kita perbuat dan ucapkanlah yang membuat kita berdosa. Orang bijak akan menghindari mabuk, karena mabuk akan membuatnya melakukan kejahatan, karena itulah mereka menghindari alkohol. Tetapi bukan karena alkoholnya maka kita berdosa.

Di negara barat atau negara dengan 4 musim, minuman beralkohol sudah biasa diminum, bukan untuk mabuk-mabukan (walau tetap ada yang tujuannya untuk itu), tetapi untuk menghangatkan badan atau sebagai bagian dari dinner. Misalkan wine, beer dll. Hal itu bagi mereka sebagai bagian dari budaya. Anggur juga diminum YESUS dan murid-miridnya. Ada yang mengatan itu juice, tetapi jelas banyak perumpamaan YESUS tentang anggur adalah anggur yang mengandung alkohol. Juice baru populer abad belakangan, tetapi jaman YESUS, orang tidak menjadikan air dari setumpuk buah untuk diminum, melainkan mereka memakan buah itu langsung. Jika dijadikan cair, hanya satu tujuannya, mereka akan menyimpannya untuk difregmentasikan. Sekedar diketahui saja, anggur perjamuan yang biasanya kita minum adalah anggur yang mengandung alkohol, itu bukan juice, juice tidak bisa disimpan lama. 5 hari akan membusuk (terfegmentasi) jika telah dibuka dari kemasan hampa udara.

Kita tinggal di negara muslim, sehingga sering kali nilai-nilai dan norma tercampur dengan ajaran Islam. Dalam ajaran Islam meminum alkohol walau dalam bentuk tape singkong adalah dosa. Titik beratnya adalah pada alkohol, bukan pada mabuk yang menyebabkan kita lepas kendali. Akhirnya gereja juga ikut-ikutan mengambil bentuk hukum alkohol dan menyatakan minum beer walau segelas adalah dosa, entah kamu mabuk atau tidak, entah kamu dengan mabukmu kamu mengumbar hawa nafsu dan melanggar semua hukum Tuhan, asal dengar kata beer atau spirit lainnya sudah dianggap maksiat mengikuti nilai-nilai islami di negara kita.

Jadi bagaimana sekarang, apakah kita dapat membedakan antara kulit dan isinya, antara perintah jasmani dengan perintah didalam roh? Akhir kata, janganlah jadi batu sandungan. Walau kamu tahu alkohol atau anggur bukan dosa, tetapi masih banyak umat Kristiani yang menganggapnya dosa. Lebih baik tidak usah minum minuman beralkohol demi saudara seiman lainnya yang imannya lemah dan membutuhkan perintah-perintah jasmani.

Efesus 5
5:18 Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

Roma 14
14:21 Baiklah engkau jangan makan daging atau minum anggur, atau sesuatu yang menjadi batu sandungan untuk saudaramu.

I Timotius 5
5:23 Janganlah lagi minum air saja, melainkan tambahkanlah anggur sedikit, berhubung pencernaanmu terganggu dan tubuhmu sering lemah.

Ayat2 di atas dapat menjelaskan tentang anggur, saya tidak ada mendapat ayat yang melarang minum anggur/minuman keras, yang ada adalah janganlah ikut dalam pesta pora dan kemabukan yang membuat kita kehilangan kendali atas diri kita. Kalau ada saudara kita seiman yang tidak suka minum anggur dan tidak suka melihat kita minum anggur, lebih baik jangan minum, karena dapat menjadi perselisihan, dan hilanglah kasih dan damai sejahtera.

trima kasih atas masukannya Krispus

silahkan lihat-lihat yang lainnya: http://worldpeace8281.blogspot.com/

terutama pada bagian ini: WorldPeace8281: Answering Christology - Alkitab

dan juga bagian ini: WorldPeace8281: Answering Christology - Berita

Ga paham dengan maksudnya menyertakan link diatas? Mohon diperjelas maksud dan tujuannya…

[b][shadow=green,right]apapoen jang berlebihan akan tidak baik…
djangankan miras madoe sahadja djika berlebihan makan peroet akan mendjadi eneg

amsal 25:16
Kalaoe engkaoe mendapat madoe, makanlah setjoekoepnja, djangan sampai engkaoe terlaloe kenjang dengan itoe, laloe memoentahkannja. [/shadow][/b]