Menurut Andrea Andrade PENDETA = KAFIR (part 2)

Bukan kesan sis. Kalo menurut logikanya si Andrade itu ya jadi kafir. ;D
Mana dia? Diam aja seribu bahasa?
;D

Silakan minta si Andrade itu menjelaskan bagaimana gelar KAFIR bagi PENDETA itu tidak menjadikannya kafir?
;D

Memang sebaiknya jangan pakai istilah Pendeta, mungkin bisa pakai istilah Rabbi atau Imam/Imam Kepala/Imam Besar/Imam wilayah atau mau pakai istilah Abuna seperti Bp. Jusuf Roni (kata Bro Rod, Abunawas????). He he he....... :char11: :char11: :char11:
Tidak masalah pake istilah pendeta kalo logikanya tidak mengikuti alurnya si Andrade itu.

BTW, bukan saya yang bilang “abunawas” sis, tapi Bambang Noorsena. Dan memang gelar “abuna” itu kalo di orthodox koptik tidak sembarangan aja dipake.

Lalu istilah Patriarkh atau Paus bagaimana ??? Bahasa apa ya ini ???? :mad0261: :mad0261: :mad0261:

Patriarch:
late 12c., from O.Fr. patriarche “one of the Old Testament fathers” (11c.), from L.L. patriarcha (Tertullian), from Gk. patriarches “chief or head of a family,” from patria “family, clan,” from pater “father” + archein “to rule.” Also used as an honorific title of certain bishops in the early Church, notably those of Antioch, Alexandria, and Rome.

Paus: bentuk Indonesia dari Pa+us.

Pope:
O.E. papa, from M.L. papa “bishop, pope” (in classical L., “tutor”), from Gk. papas

“patriarch, bishop,” originally “father.” Applied to bishops of Asia Minor and taken as a title by the Bishop of Alexandria c.250. In Western Church, applied especially to the Bishop of Rome since the time of Leo the Great (440-461) and claimed exclusively by them from 1073. Popemobile, his car, is from 1979. Papal, papacy, later acquisitions in English, preserve the original vowel.

1Co 4:15 Sebab sekalipun kamu mempunyai beribu-ribu pendidik dalam Kristus, kamu tidak mempunyai banyak bapa. Karena akulah yang dalam Kristus Yesus telah menjadi bapamu oleh Injil yang kuberitakan kepadamu.

Jangan lantas membabi buta mengutip

Mat 23:9 Dan janganlah kamu menyebut siapapun bapa di bumi ini, karena hanya satu Bapamu, yaitu Dia yang di sorga.

Dulu sebelum betul-betul serius belajar memahami Kitab Suci, susah bagi saya bahkan untuk memanggil “Romo” kepada seorang imam katolik, hanya dengan modal ayat perkataan Kristus diatas. Kini, setelah mendapat pemahaman yang lebih lengkap, ternyata sama sekali tidak ada beban dalam memanggil “Romo” kepada presbiter saya dan juga menunjukkan hormat dan memohon berkat kepadanya dengan cara meletakkan tangannya di dahi saya atau dengan mencium tangan beliau.

Ibr 13:17 Taatilah pemimpin-pemimpinmu dan tunduklah kepada mereka, sebab mereka berjaga-jaga atas jiwamu, sebagai orang-orang yang harus bertanggung jawab atasnya. Dengan jalan itu mereka akan melakukannya dengan gembira, bukan dengan keluh kesah, sebab hal itu tidak akan membawa keuntungan bagimu.

kata ‘paus’ dalam bahasa indonesia berasal dari bahasa belanda - ‘paus’ - pope - papa

Shalom Mas Bro,
Masih urusan Pendeta = Kafir part II yah hehehe … ;D aku keingat waktu kecil di jawa ikut GKI manggil pendetanya " Boksu" lah kan lebih kafir lagi tuh = Biksu hahaha :cheesy: Ampyuuun dah … :mad0261:

Btul tuh, sampai sekarang panggilan Boksu masih dipakai terutama oleh generasi tua, dan di gereja yg berbahasa mandarin/tionghoa

ramasyalah :slight_smile:

Matius 5:22 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yang berkata kepada saudaranya: Kafir! harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala.

:slight_smile:

sayangnya MA Indo gak ngurusin ginian . . . hehe

dah serahin ke TUHAN aja lah. .

Tuh khan bro Roderick juga emosian ??? He he he…

Coba deh bro sabar dikit napa ? Sementara tokoh-tokoh aliran kami seperti Teguh Hindarto, Benyamin Obadiyah, Yakub Sulistyo, Lukas, Kristian Handoyo, Jusuf Roni, dsb sering juga anda jelek-jelekkan sewaktu saya berdiskusi dengan anda.

Shalom.

Entah berapa kali musti dijelaskan, saya tidak mengatakan agama Konstantin sebelum bertobat adalah agama berhala karena gelar Pontifex Maximus yang disandang oleh Kaisar Konstantin. Sekalipun Konstantin tidak menjabat sebagai Imam tertinggi/ Pontifex Maximus, tetap saja tidak merubah keadaan Konstantin yg memeluk agama Roma Kafir yang menyembah dewa dewi. Wong yang ditanyakan kedudukan Konstantin dalan agama berhala Roma kafir, kok ya bisa dikatakan Roderick kalau Konstantin jadi pemeluk agama Roma Kafir gara2 gelar Imam Tertinggi Pontifex Maximus. Kalau punya tradisi manipulasi saya masih bisa maklum, namun memamerkannya di depan publik tanpa rasa malu sedikitpun cukup membuat saya terheran-heran dengan bro Roderick.

Mas bro, diseret ke Mahkamah Agama ! di negeri ini yang ada kayaknya KUA hehehe :cheesy: ;D emang suruh Polygami :mad0261:

Ya udah lah.

Bodo jangan dipelihara.

Para pembaca bukannya dungu, mereka mengerti muslihat kamu itu.

Kalu Pontifex Maximus ngga bisa seharusnya gelaran Pendeta juga ngga bisa!

Sis Endang,

saya mendengar bahwa gereja nya Pak Yusuf Roni sangat diberkati pelayanannya dimana mereka saat ini melayani banyak ex-muslim karena pendekatan yang menyentuh budaya mereka dan kedekatan budaya Timur Tengah dengan kepercayaan lama mereka menjadi faktor mereka mudah berasimilasi dengan iman Kristen …

boleh disharing mbak ??? :slight_smile:

Thanks sebelumnya

Petra9

hmmm…

Jangan lebar2 waktu ternganga, entar dikira kamu ini orang yang tidak sehat loh. Mengenai teori anda kalau pendeta adalah kafir, tentunya yang harus memberi penjelasan adalah anda. Jadi gak perlu menganga menunggu penjelasan dari orang lain, karena andalah yg mengangkat topik tersebut. Begitu juga dengan Konstantin biang kerok agama ROMA kafir masuk kekristenan juga anda yang mengangkat topiknya. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bro Roderick malah mengacaukan sendiri topik buatannya itu. Tapi gak masalah, nanti saya bikin ulang permintaan bro Roderick untuk membahas Konstantin biang kerok Roma kafir masuk kekristenan. Setidaknya bro sudah memberi kesaksian ajaran PATRIAKH/ gereja orthodox mengenai tidak ada berhala. Juga agama Konstantin sebelum ajal, yaitu agama pendeta. Mungkin thread pendeta= kafir ini anda buat untuk menjawab agama Roma yg dipeluk Konstantin? Yaitu agama pendeta = agama Roma kafir?

Biarpun kau kesenangan,

tapi gaya kau tetap membosankan…

Maaf bro Cosmic, apakah terdapat kesenangan ketika melihat Roderick ternganga lebar2 setelah membuat 2 thread, yg mana dalam 2 thread yg dibuat Roderick tersebut, kedua2nya tidak mampu dijelaskan oleh Roderick selaku TS selain hanya ternganga-nganga? Saya tidak melihat sisi kesenangan sama sekali dari apa yang dilakukan Roderick. Mungkin bro Cosmic bisa menjelaskan kesenangan yg bro Cosmic dapat ketika melihat Roderick dari Orthodox ini ternganga-nganga?

@andrea

Bro, menurut anda, ada ngga sih kontribusi Kaisar Constantine bagi Kekristenan yang anda anut sekarang ini ?

“Maling” teriak “maling”, trik yang bagus sih, masalahnya banyak orang udah tau siapa “malingnya”, jadi mending ganti strategi mas bro Andrea. :smiley:

Lagu lama yang terus di mainkan oleh kelompok antikatolik…

serius deh.

mending kau gabung saja sama heretics, jericho, MAXIM, zb…dan T REX…

sama-sama ke laut mancing.

dari pada di sini mengganggu orang yg lagi diskusi.

Betul juga, jangan sebut2 kafir kepada sesama mu donk… rasis banget tu,… :ashamed0004: