Menurut kalian gue harus bagaimana?????

Gue baruuuu aja dipercayakan Tuhan untuk menjadi ketua departemen anak, gue sih merasa ini adalah kasih karunia yg besar dari Dia karena masih dipercaya bisa melayani…
tapi gue yakin dalam setiap pelayanan, pasti ada aja gesekan sama pemimpin lah, atau mungkin sama temen satu pelayanan…
nahhh… masalah gue adalah: dalam dept anak ada yg jadi bendahara, dia bertanggung jawab untuk uang kas SM.
memang selama masa kepemimpinan sebelom gue, uang kas SM itu ga pernah transparan… semua serba ditutup2in… dari permasukan berapa, pengeluaran berapa ga pernah guru2 SM yg lain di kasih tau, atau kalao pun mau tau ga pernah boleh tauu…
jujur sebenernya gue kga setuju dengan cara yg seperti itu, menurut gue, yg namanya uang kas itu kan milik bersama, kita gunakan untuk kepentingan pelayanan anak… sudah sewajarnya lah guru2 yg terlibat dalam pelayan itu pun setidaknya tau mengenai keberadaan uang kas yg sebenarnya…
nah, setelah gue ungkapin masalah ini sama si bendahara… dia langsung tersinggung. merasa dicurigai, merasa tidak dipercaya, dll…
langsung aja hari itu juga uang kas dia kga mau pegang lagi…
karena menurut dia, uang kas itu yg boleh tau ya cuma dia dan gue sebagai ketua. guru2 yg lain tidak punya kepentingan sama sekali…
hanya karena masalah itu, dia langsung lepasin tanggung jawab dia begitu aja…
gue sempet bingung, apa gue salah ngomong???////
atau cara pemikiran gue yg salah???
memang yg bener duit kas itu kga boleh diketahui oleh siapa2 selain bendahara dan ketua yah???
gue cuma mau ada keterbukaan dan rasa saling memiliki antar guru2 yg lain… itu doankkk…
emang salah ya???
plisss I need your input :’( :’(

yang kamu lakukan ga salah koq, memang gesekan harus terjadi, sebab besi menajamkan besi,manusia menajamkan sesamanya. nah kalau sikap dia seperti itu berarti hatinya belum beres.
aku kasih contoh di gereja tmpat aku ibadah saja ada guru skul minggu yg masih menyimpan kepahitan sampai sekarang kami sudah doakan dia dan menyuruh dia buka hati untuk mengampuni, dia bilang udh mengampuni tapi kami tahu bahwa dihatinya masih ada kepahitan sebab ketika didoakan tersebut ada teman saya yg diberi penglihatan bahwa ada sebuah pohon yang akarnya tertancap sangat dalam lalu teman saya tanya Tuhan arti dari penglihatan itu lalu Tuhan memberi tahu kalau itu adalah kepahitan dihati orang tsb yg belum lepas. kemudian ada satu guru skul minggu lagi dia punya karunia bahasa roh yang bukan dari Tuhan. wah pokoknya ngeri deh…saya takutnya saat orang ini doain guru/anak2 skul minggu yg lain terjadi transfer roh kepada guru2/anak2 skul minggu yg lain.

intinya sih, tidak semua orang yg melayani digereja itu sempurna dan terkadang ada hal-hal yang tanpa kita sadari ada beban yg mengikat seseorang, maka yg harus kita lakukan adalah minta kepekaan kepada Tuhan agar kita dapat membereskan semua hal yg tidak berkenan dari gereja. mungkin peristiwa yg kmu alami itu adalah salah satu agenda Tuhan untuk memberitahu kamu bahwa orang tersebut perlu ada pemberesan. nah sebagai ketua dept anak maka kamu bisa dibilang punya tanggung jawab untuk mengayomi dia, usul saya mulai pelan2 cari tahu masalah dia apa? karena setiap masalah harus dituntaskan dari akarnya. mungkin saja orang tersebut mengalami masalah ekonomi, atau bisa juga terikat dengan roh cinta akan uang atau bisa banyak hal. nah jangan lupa minta bimbingan Tuhan untuk menyelesaikan masalah tersebut

Tankyuuu riannn…
sebenernya ini juga lg aq bawa doa terus… minta kehendak Tuhan apa…
dan siapa selanjutnya yg Tuhan percayain buat pegang kas ini…
ga mau salah ambil keputusan lg…
muda2 han sih dia ga punya kepahitan sama sapa2…

Btw, aq mau tanya…
mang ada ya bahasa Roh yg bukan dari Tuhan??
ciri2 nya apa?

oke,sma-sama selvy

ada, ciri-cirinya ga da bedanya sebab itu bahasa roh.bukan bahasa lain seperti yg dialami rasul di kisah rasul pasal 2. yang jelas sih arti dari bahasa roh yg bukan dri Tuhan itu bukan memuliakan Tuhan. saya memang belum dikasih karunia menafsirkan bahasa roh namun seingat saya ketika dia berbahasa roh itu, berbarengan dengan orang lain yg sedang berdoa. maksudnya begini, dalam penyembahan misalnya pemimpin doa berdoa pakai bahasa indonesia, nah disaat yg sama dia berbahasa roh jg entah nadanya,titik komanya sama persis dengan yg pemimpin doa itu lakukan dengan berbahasa indonesia. nah pertama saya kira itu karunia bahasa roh lalu yg pemimpin doa itu menafsirkan bahasa roh tersebut, ternyata bukan. itu pun saya ketahui ketika orang itu sharing ttg hal-hal yg dia alami saat penyembahan tadi. dari ceritanya semuanya ngawur dan bertolak belakang dengan apa yg lainnya dapatkan. jika Roh Tuhan jelas sekali adanya persatuan bukan? tapi yg dia dapat dan lihat dan rasakan itu semuanya bertolak belakang. setelah dia tidak ada saya bilang ke teman sya yg lain, “saya rasa ada yg aneh dengan orang itu” trus tman saya juga bilang hal yg sama. disitu saya baru tahu kalau ketika orang tersebut berkata-kata dengan bahasa roh ternyata yg dia lakukan adalah mengacak-acak atmosfer dan doa dari pemimpin doa.
begitu kira2 pengalaman saya, inilah perlunya kita minta karunia membedakan roh agar tidak terjebak dlm penyesatan dari iblis.

oic…
thx bro ^^

km bener,
sebaiknya semua dana harus transparan, namanya bendahara kan tugasnya memang begitu. selain menyimpan duit, dia jg harus melaporkan dan mempertanggungjawabkan uang yang ada pada dia.

Kalau membaca penjelasan kamu sih, kmu benar…
Semua harus transparan, jelas pemasukan dan pengeluarannya.
Bila perlu minta laporan berkala dari bendahara dan dipasang di papan pengumuman yg ada

Tapi tidak jelas bagaimana cara kamu mengkomunikasikan itu dengan dia.
Coba aja refleksi, kalau2 ada kalimat/ cara kamu ber-kata2 yang mungkin perlu kamu koreksi di masa depan.

:slight_smile:

cara kamu dah bener bro… namanya aj uang kas yah semua harus transparan, kalo ga nanti akan timbul kecurigaan satu sama lain.
cuma mmg mungkin tu bndahara prnah kcewa atau gmana sampai sikapnya sprti itu. Doakan dan jelaskan aja baik2 bgaimana prlunya ktrbukaan itu :afro:

Da btul koq ><
klo dya emng gak da slah apen dya tkut…
n klo mmg dya gak da slalh n dya btul2 trsnggung tu nujikkin dya lum dwasa…
perbendaharaan emng harus terbuka atu :slight_smile:
ngmng ja baek ap msalah si bndhara tu sbnarna dya gak mw ngmng am amu cba tmen2 yg laen :smiley:
mga msalah na bisa slesai >
< amin Gbu