Menurut Protestan, manusia-Nya Yesus dilahirkan dan mati, kalu disembah, siapa?

Menurut Protestan, manusia-Nya Yesus dilahirkan dan mati, kalu disembah, siapa? Apakah cuma keilahian-Nya atau kedua-dua-Nya (Ilahi-Nya dan Manusia-Nya)?

Bidat Nestorius yang memisahkan dualisme Yesus sekarang banyak diikuti oleh Protestan2 yang terkontaminasi Agama Yahudi… Protestan2 - yahudi ini sudah melenceng dari Protestan Awal (Calvin, Luther dll)

gw pernah tanya ke pendeta, kenapa yang dia kutip hnya perjanjian lama saja? kenapa tidak perjanjian baru atau sejarah kekristenan? Pendeta gw menjawab karena topicnya memang dari perjanjian lama… ;D

berbeda dengan katolik yang menyandingkan Nubuat pada bacaan pertama (dari PL) dan pengenapan pada bacaan kedua (dari PB) dan bacaan Injil…

Bagian tulisan kamu yg saya boldkan.

Sebagai dosen sejarah, saya sangat setuju.

@CosmicBoy
menurut cosmicboy yang disembah siapa?

Yang disembah ialah satu Pribadi YESUS yang sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia, menyatu secara kekal tak terpisahkan saat inkarnasi (penjelmaan-Nya), jadi bukan cuma Ilahi-Nya saja melainkan kedua2-Nya.

Karena itulah saya menolak pendapat yang sama yang mengatakan bahwa hanya Manusia-Nya saja yang dilahirkan dan hanya Manusia-Nya saja yang mati dikayu salib.

Menurut saya, yang dilahirkan Maria ialah satu Pribadi YESUS, sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia. Memang natur Allah tidak dilahirkan makanya Allah membuat diri-Nya dilahirkan dalam rupa manusia-Nya. Jadi yang dilahirkan Maria ialah Allah dalam rupa manusia-Nya.

Begitu juga dengan penyaliban dan kematian-Nya. Memang natur Allah tidak bisa mati karena itulah Allah membuat diri-Nya mati dalam rupa manusia-Nya. Jadi yang mati dikayu salib ialah satu Pribadi Yesus, sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia, dua hakikat yang menyatu secara kekal tak terpisahkan saat inkarnasi.

Semoga kalian dicerahkan pengertiannya agar mengenal YESUS lebih sungguh. Amin.

Ini yang membinggungkan dari ajaran trinitas. Ini forum kristen khan, so sah aja donk koment di sini.

Allah “terdiri dari” Bapa, Anak dan Roh Kudus (3 person"s") tapi satu hakekat.
Yesus (Sang Anak) terdiri dari dua hakekat yaitu 100% Keilahian dan 100% Kemanusiaan.

Total Allah itu berapa hakekat dan berapa persen?

Salam.

tipe pertanyaan matematis seperti pak hans ini nggak usah dijawab, karena SALAH KATEGORI :smiley:

oke lanjut bro cosmic

Betul bro,

KGK 129 Jadi umat Kristen membaca Perjanjian Lama dalam terang KRISTUS yang telah wafat dan bangkit. Pembacaan tipologis ini menyingkapkan kekayaan Perjanjian Lama yang tidak terbatas. Tetapi tidak boleh dilupakan, bahwa Perjanjian Lama memiliki nilai wahyu tersendiri yang Tuhan kita sendiri telah nyatakan tentangnya (Bdk. Mrk 12:29-31). Selain itu Perjanjian Baru juga perlu dibaca dalam cahaya Perjanjian Lama. Katekese perdana Kristen selalu menggunakan Perjanjian Lama (Bdk. 1 Kor 5:6- 8; 10:1-11.) Sesuai dengan sebuah semboyan lama Perjanjian Baru terselubung dalam Perjanjian Lama, sedangkan Perjanjian Lama tersingkap dalam Perjanjian Baru: “Novum in Vetere latet et in Novo Vetus patet” (Agustinus, Hept. 2,73, Bdk. Dei Verbum 16)

Syalom

Kalu kamu mengertikan tiga ‘person’ itu dalam pengertian ‘personnya’ manusia ya pasti bingung.

Yang namanya Allah jangan disamakan dengan manusia.

Kata ‘person’ dipakai karena Bapa, Anak dan RK ialah oknum2 hidup, real, nyata dan relational.

Ini sejalan dengan ajaran Alkitab.

Beda dengan kata ‘fungsi, peran, cara berada dan mode’ yang dipake kalian (Gereja YESUS Sejati asal Tiongkok itu) yang menganggap Bapa, Anak dan RK bukan oknum2 hidup, real, nyata dan relational melainkan cuma lakonan seorang Allah yang bernama YESUS. Ini sama sekali tidak sesuai dengan ajaran Alkitab.

Bagaimana satu Peran (misalnya Bapa) bisa berkomunikasi dengan Peran lain (misalnya Anak)? Bagaimana satu Peran (misalnya Bapa) mengasihi Peran lain (misalnya Anak) lawong cuma Peran-peran abstrak dan bukan oknum2 real, hidup dan nyata, bagaimana?

Shalom. Pertanyaan anda kok bisa aneh ya?

Yesus kan nyuruh kita menuruti perintah Bapa di Sorga Kalau bro gak percaya Yesus, gak ada yang maksa kok bro.

Yesus sendiri gak pernah gila hormat minta disembah. Itu pikiran manusia yang duniawi dan gila kekuasaan.

Ini jawapan dari pertanyaan saya atau apa…ngga nyambung nih.

Pertanyaan apa yang aneh? Monggo…

coba baca judulnya dulu mas, itu pertanyaan aneh apa bukan?

@apples

ga usah di komen kenapa bertanya. tp jawab dolo pertanyaan nya.

menurut saya pertanyaan dari CosmicBoy tuh cuma untuk diskusi, malahan dari jawaban cosmicboy sendiri bisa membantu teman2 untuk mengenal Allah lebih sungguh. amin

kamu dibaptis dalam format apa…? itu dulu yang kamu harus jawab…! :mad0261:

====

utk memahami Pribadi ada baiknya kamu memahami Pribadi Bapak Kamu ketika dia di rumah, dan Pribadi ketika dia dikantor…!

pribadi yang kamu kenal tentang Bapak kamu kepada kamu tidak sama dengan pribadi yang dikenal oleh rekan kerjanya…!

simpel utk memahami trinitas itu…!

Justru semua Yesus yang tidak Alkitabiah…!

kamu sebaiknya baca2 di trit lain, banyak protestan2 yang memisahkan Kemanusiaan dan ke-Allah-an Yesus…!

t

masalahnya, pertanyaan mas cosmic bener-bener aneh

keanehannya:

  1. menurut Protestan. kenapa gak menurut Yesus atau Alkitab saja?

  2. manusianya Yesus kalu disembah siapa? pertanyaan soal minta disembah dan gila hormat, apalagi menyembah mayat Yesus seperti ini jelas aneh dan perlu jawaban aneh juga kalau dijawab heheheheh

Yesus dalam Alkitab minta agar kita nyembah Bapa di Sorga, bukan mencari perkara2 yang tidak berguna seperti “manusia-Nya Yesus dilahirkan dan mati, kalu disembah, siapa?”

;D ;D ;D

belom pernah diskusi panjang dengan denom2 protestan lain yah mas…?

coba dulu deh, ntar kamu claim penafsiran kamu bener… tetapi ada ribuan bahkan puluhan ribu denom yang mengatakan penafsiran alkitab kamu salah…!

mungkin yang dimaksud TS, hanya protestan2 yang ke-bablasan dari visi misi protestan itu sendiri…! ;D ;D ;D

Pertanyaannya tidak aneh kok.
Tidak bisa menurut Alkitab, bro…
Karena menurut pengertian Alkitab penafsiran-nya berbeda2, makanya ditanyakan menurut Protestan.
Katolik & Protestan awal sudah sama. Nah…klo menurut Gereja anda,bro?

wah kalu di FK punya orang pinter seperti bro pasti diskusinya aman dan nyaman…monggo.

@ apples,

Saya mengerti maksud kamu tetapi thrend ini saya buat dalam konteks diskusi saya antara netter2 Protestan, para bidat dan Katolik.

Sebagian netter Protestan (jadi bukan semua, saya tidak masuk itungan, hahaha) mengatakan bahwa Maria tidak melahirkan YESUS yang sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia sebaliknya hanya melahirkan Manusia-Nya. Begitu juga dengan penyaliban dan kematian-Nya, bukan YESUS yg sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia yang disalib dan mati melainkan Manusia-Nya.

Pemahaman sebagian netter Protestan diatas akan melahirkan dua Pribadi YESUS yang terpisah-pisah yakni Pribadi Allah-Nya dan Pribadi Manusia-Nya sehingga muncul 2 YESUS yakni Yesus Allah dan Yesus Manusia yang memiliki entitas terpisah2 padahal yg benar alkitab mengajar satu Pribadi Yesus yg memiliki dua hakikat yg menyatu secara tak terpisahkan tetapi juga tak bercampur-baur. Mereka secara tak sadar telah melakukan kesalahan yang pernah dilakukan oleh bidat2 pada awal Kekristenan misalnya Monofisik dan Nestorian. Thrend ini saya buat untuk meluruskan pemahaman mereka itu.

Lain lagi dengan para bidat. Jangan kan inkarnasi (Allah menjadi manusia), bahkan kesatuan dua hakikat YESUS (YESUS yg sungguh2 Allah dan sungguh2 Manusia) juga disangkal mereka. Lebih parah lagi ialah YESUS cuma seorang makhluk yang fana, entah manusia (Unitarian, ajaran bro zb) entah malaikat (ssy) maka yang lahir, disalibkan dan mati tidak lebih dari seorang makhluk yg fana yang bernama YESUS. Pengertian mereka tidak jauh beda dari netter2 Protestan di atas.

Jadi itu bukan masalah penyembahan apa ya…

Itu masalah kesalahan pemikiran mereka terhadap YESUS yang perlu diluruskan.

Semoga memberi pencerahan.