menyalahkan orang tua

Halo mau cerita & minta pendapatnya:
Sy pny kakak perempuan umur 31,dulu dia pernah gagal menikah (persiapan sudah jalan setengah), dan skrg sdg mencoba kembali berhubungan dgn seorang cowok (br jalan sktr 4 bln),dan mereka sdg merencanakan pernikahan. Akhirnya tanggal pernikahan pun ditentukan, setelah itu keluarga pihak cowok ingin bertemu dengan pihak cewek, lalu bertemu lah kami kedua keluarga untuk perkenalan. Pada wkt itu semua berjalan dgn lancar. Sampai 2 hr kemudian, cowok kakak sy berkata kalo menikahnya di undur menjadi tahun dpn, dikarenakan hubungan mereka br brjln singkat & papa nya br meninggal blm sampai 3 tahun. Kakak sy pun mengabari sy, dia berpikir kl smua ini krn orang tua sy yg tidak nyambung ngobrol pd saat pertemuan kemarin dan krn ortu sy beda kelas jd pihak cowok kurang sreg. Jd intinya dia menyalahkan orgtua dia sendiri krn orgtuanya tdk kaya shingga dipandang rendah org lain lalu tidak jd menikah. Sy pun mencoba meluruskan pikiran negatif dia,tp tidak bs. Sifat dia dirumah selalu jutek sm ortu, pdhl ortu kami tdk kekurangan apapun & tdk membebankan dia, dia selalu merasa dirinya benar, tdk bs menerima pendapat org lain. Papa sy smp skrg tdk ngmg sm dia krn sikap dia dirumah sprt itu, cm mama sy yg bs mengalah. Ortu sy skrg blm tau mslh ini. Yg sy takutkan kl dia ngoce2 dirumah & menyalahkan org tua sy, apalg papa sy prnh terkena stroke jd orgnya rada sensi.

Bgmn yah menghadapi org sprt ini? Sy hrs melakukan sesuatu krn berhubungan dgn keluarga sy. Mohon masukannya. Thanks

saran saya, ingetin aja kakakmu itu

kl yg namanya orangtua itu ga ada kata ‘mantan’
masa cuma faktor ‘pacar-menikah-cinta’ dia lupa, kl selama ini orangtua kalianlah yg paling care

bahkan, mungkin pacar kakakmu yg sekarang itu juga hasil doa dr orangtuamu, who knows?

ya kan??? umumnya orang yg sdh jatuh cinta suka lupa sm cinta orang laen yg lebih tulus karena faktor “kan sudah terbiasa”

kl mau disambungin sama alkitab, org2 yg tdk memelihara kaum keluarganya disamakan dengan orang yg murtad… nah, bahaya ga tu? (bagi saya perasaan jg hrs dipelihara) kl ga percaya silahkan cari dlm PB

semoga berhasil, JB

Thx gara89 masukannya. Pas prtemuan keluarga itu, papa sy udah ga mau dtg, itu dtg krn sy bujuk. Papa sakit hati krn liat kelakuan dia dirumah ga respek sm ortu. Kita udah berusaha se maksimal mgkn buat dia, tp msh mikir ky gt.
Sy sdh blg sm dia mikir ky gt aja udah dosa & durhaka, ga bs bela keluarga. Trs dia jwb utk apa bela keluarga? Emg dpt apa?

Sy kehabisan kata2… Berserah pd Tuhan

…okeh sekali lagi bukti bahwa love is blind, pdhal God is love… dimana God =/= blind… hehe

kecurigaan saya pribadi sih, mungkin kakakmu itu ada masalah lain diluar peristiwa pertemuan keluarga… barangkali, sakit hati sm Mama/ Papa mu

yg akhirnya seperti sekarang, kalau sis/bro (?) cahamomile sependapat sama saya… coba benahin dulu masalah kakakmu itu

caranya: bukan dijudge… tapi ajarin ttg pengampunan (bagaimana caranya dan manfaatnya), krn saat dia benci kelakuan Papa/Mama mu itu juga yg akan dia lakukan pada keluarganya nanti… ckckck

semoga berhasil ^^

Setau sy sbgai org yg serumah sama dia selama 25tahun (sy cm 2 sodara), ortu sy memperlakukan dia dgn baik tanpa kekurangan apa pun, bahkan lebih dimanja dr pd saya. Jd ga mgkn kl dia sakit hati sm mama papa…

Sy sis… Hehe… Sy udah merried duluan langkahin dia, krn pacaran jg udah lbh dr 3thn, kel suami ku jg uda suruh merrid. Jd skrg dirumah mama sy cm ber 3 (papa,mama,kakak sy).

Caranya sy ajarin ttg pengampunan gmn?
Sy ksh cth perumpaman aja dia ga mau dgr, diksh contoh crt org lain, dia jwb itu org lain jgn disama2in… Help

kalau begitu Sis chamomile harus jadi ‘temen’ dulu… minimal jd pendengar yg baik supaya clear masalah dia itu sebenernya apa…

coba pancing dia supaya bisa biaca ‘hati ke hati’ (saya bukan pakarnya… tapi biasanya berhasil)
krn kalau org sdh mau terbuka (membuka pintu) maka jalan untuk masuk lebih gampang, ga perlu ketok2 pintu semaleman… hehe

nah, setelah denger mungkin Sis sendiri bisa mengidentifikasi masalah utama kakak mu itu apa sebenernya…

berhubung sama2 cewek nih, jadi kl nanti ternyata ada sangkut pautnya sama Sis chamomile… jangan ebawa emosi ya… ntr makin runyam

JB

Iya itu bro masalahnya adalah krn kakak sy ga terima orgtua sy apa adanya ( tdk menerima kenyataan hidup ), kenyataan keadaannya sprt skrg ini, berkecukupan. Sdgkan yg dia mau itu hidup yg berkelimpahan, dia ga prnh memandang ke bawah tp selalu ke atas, kl sy nasihatin dia, dia balik sy suruh byk gaul sama org atas spy pny pandangan luas…
Kata dia keluarga cowok itu pst lihat bibit bebet bobot keluarga cewek, bkn liat anaknya, tp liat org tuanya mampu atau tidak. Biarpun anaknya udah baik bgt tp kl keluarga nya ga bs nyambung krn materi yah ga cocok.
Buntut2 nya balik lg nyalahin ortu sy yg dia blg krg mampu. Parah bgt pdhl ortu dia sndiri jg…

Thx bgt yah bro sarannya, next sy cb lg tgg suasana hati dia adem dl… Skrg sy cm bs doa…

sekedar mau ingetin… berdoa itu bukan jalan terakhir, tapi yg harus diutamakan.

semoga selesai runtutan maslahnya. JB :slight_smile:

wuihhhhh… beranian sang kakak begitu… apa dah ga ada rasa takut lagikah…??? berhati hatilah… jangan sampai banyak berkat yang ditarik oleh TUHAN dan digantikan dengan kutuk… saya sendiri pernah menyaksikannya… yang namanya murka TUHAN karena tidak menghormati orang tua… seremmmm…

Ya mgkn karena itulah sampai umur 31 taun baru nikah, itu pun diundur… =/ karena kurang bersyukur wkkwwkkw

orang tua adalah yg paling bertanggung jawab terhadap “seperti apa” anak mereka saat besar nanti oleh didikan.
dalam hal ini, mereka memetik apa yg mereka tabur…
namun kakak anda sudah dewasa berhak menentukan pilihan dan wajib bertanggung jawab terhadap pilihan hidupnya.

personal advise, pria yg menunda pernikahan yg telah disepakati pasti ga 100%. he just not that in to your sista.
kalau dia benar2 100%… nikah skrg juga jadi. well, better think again…

setuju… menurut aq kata “diundur” itu bisa jadi cuma bahasa penghalus aja. Yaa…paling tidak sekarang ini keluarga sist bisa bersyukur coz mungkin dia bukan jodoh yg Tuhan persiapka buat kaka sist. Mengenai pola pikir kakak sist yg mungkin kebanyakan bergaul sama high class hummm…mungkin sist bisa sekali-kali ajak dia jalan2 kasi dia liat orang2 yg nasibnya jauh dari berkecukupan n ga seberuntung kalian biar kakak sist gak melulu liat ke atas. Dimana sist bisa bilang ke kaka sist " beruntung ya kita masih punya orang tua, n hidup kita berkecukupan" sapa tau hatinya jd tergerak . n jangan lupa sambil didoakan biar kaka sist sadar, menysukuri kehidupan keluarga n menghormati ortu.

sesuatu yang salah silahkan di perbaikin, yg keliru silahkan diluruskan…mumpung msh ada waktu loh

ini kasus yg sulit karena menyangkut polafikir manusia apalgi yg bersangkutan gak ada disini cuma adiknya.
ketika menempatkan materi lebih dari orang tua menurutku dia tuh manusia ajaib dan uda 30n thn umurnya tentu pola fikirnya tu uda berakar kuat bgt, jika dia org percaya ajaklah utk rutin mengikuti kegiatan rohani spy Tuhan mengubah dia jadi manusia normal hehehehe

berdasarkan ceritanya TS sih saya asumsikan klo kakaknya TS bisa masuk kategori cewe matre(maaf yah),jadi mungkin dari keluarga si cowo juga mendapatkan impresi/kesan serupa ttg kakaknya TS sehingga mereka memutuskan utk membatalkan pernikahan.

Setelah kubaca lagi ternyata sang kakak masih nebeng di rumah ortu padahal dah 30 taun :x masih nebeng aja udah komplain dan menyalahkan ortu, padahal makan tidur dll ditanggung ortu.

Coba suruh ortu nya usir die dari rumah, nanti mgkn jadi sadar sendiri kalau selama ini dia itu seharusnya bersyukur :stuck_out_tongue: