Menyoal Santo/a dgn spesialisasinya

Pernah satu kali di forum ini seorang member menyebutkan nama2 Santo/a utk berbagai macam keperluan.
Ketika iseng2 googling, ternyata memang ada daftar Santo/a dgn berbagai spesialisasinya tsb.
Atas dasar apa, dan siapa yang berhak mengangkat org2 tsb sbg Santo/a dgn spesialisasinya tsb?
Kalau saja benar spt itu pastilah banyak dokter spesialis yang gak laku,
bencana kebakaran yang terutama marak di Jakarta tdk akan terjadi, ataukah para korban kebakaran itu bukan dari kalangan pemercaya Santo/a?

Berikut adalah nama2 Santo/a yang berhasil saya kutip:
1.Anak sakit keras : St. Kunigunde
2.Sakit mata : St. Lusia, St.Klara, St.Rosa de Lima, St.Tekla
3.Penderita cacat perang :St.Sebastianus
4.Gigitan anjing gila :St. Hubertus, St.Ubald
5.Gigitan ular berbisa :St.Hubertus, St.Paternus, St. Paulus
6.Dari bahaya kebakaran : St. Florianus, St.Laurensius
7.Luka Bakar : Rasul Yohanes
8.Kelumpuhan : St. Paternus, St. Wolfgang
9.Penyakit dan infeksi kulit :St.Antonius Abbas
10.Sakit dada :St.Agatha, St.Benardinus dari Siena
11.Epilepsi :St.Bibiana, St.Vitus, St.Dymphna, St.Willibrord
12.Sakit Ginjal :St. Lambertus
13.Sakit jiwa :St.Laurensius, St.Dymphna
14.Sakit leher :St. Blasius, St.Sixtus II
15.Penyakit menular :St.Roch, St.Sebastian
16.Sakit telinga :St.Pankrasius, St.Paulus
17.Sakit tenggorokan :St.Blasius
18.Sukar melahirkan :St.Anna, St.Margareta dari Antiokhia
19.Penderita AIDS :St.Aloysius Gonzaga, St.Peregrinus Laziozi,
St.Teresa Lisieux
20.Sakit Kanker :St.Peregrinus Laziozi
21.Sakit Kolera :St. Roch
22.Penderita tuna rungu :St.Fransiskus de Sales
23.Penyakit saraf :St.Dymphna
24.Demam :St.Genoveva
25.Pendarahan :St.Lusia
26.Sakit kepala :St.Teresa Avila
27.Hernia :St.Cathal
28.Cacat fisik :St.Giles
29.Keracunan :St.Benedictus Abas, St.Yohanes Rasul, St.Pirminus
30.Penyakit Rematik :Rasul Yakobus (James the Greater)

Barangkali ada teman2 yang berkenan memberikan penjelasan dan mendiskusikannya,
atau mau menambahkan/mengoreksi nama yang tertera di atas.
Thx, JBU

Apakah di FK ini tidak ada yg percaya tugas para Santo/Santa tsb?
Apakah daftar di atas itu cuma karangan seseorang saja?

yang paling kontroversial pasti paling terkenal : saint malachy dengan prophecy of the popes nya.
yang sering aktif di forum kristen kebanyakan dari kalangan protestan sedangkan yang layak membahas topik ini adalah dari kalangan katolik.

Jika anda bukan seorang Katholik tidak pantas anda mempermainkan pahlawan iman yang mereka teladani. Allah menyelidik sampai hati manusia dan tahu isi hati dan niat orang dalam mempositng sesuatu. Saya manusia tidak memahami isi hati orang, tetapi masih dapat menasihati anggota forum ini. Allah juga ada disini! jaga mulut kita (maksud saya jari anda dalam mengetik postingan).

Santo dan santa adalah gelar pahlawan iman yang diberikan oleh gereja Katholik, anda bisa mencari dari google juga sebenarnya tidak terlalu sukar bagi anda untuk mengetahuai siapa dan apa itu gelar santo dan santa.

Lalu utk apa gelar santo/santa itu?
apakah memang mereka memiliki kuasa di bidang2 tsb?
siapa yg memberikan kuasanya? kok manusia bisa memberikan kuasa spt itu?
atau apakah kuasa itu sdh dimiliki sejak mereka masih hidup?
Bisa anda membantu jawab hal2 tsb?

terimakasih mas Krispus… dengan demikian terlihat wawasan anda…

salam hormat saya…

buat rekan2 protestan non iman ABK… jika ingin info bisa baca disini: http://katolisitas.org/2949/kriteria-seorang-diberi-gelar-santosanta/comment-page-1

Mungkin dispesialisasi supaya mereka bisa memilih siapa yang paling tepat untuk dimintai bantuan doanya.

Kalau salah memilih bantuan santo/santa, mungkin kurang bermanfaat.

Tetapi umumnya mereka lebih memilih bantuan doanya Santa Maria. Alasannya karena Santa Maria ibunya Yesus (orang terdekat). Jadi kemungkinan doanya terkabul itu sangat besar.

Kalau doa langsung kelamaan sampainya. Jadi sebaiknya pakai perantara supaya doanya cepat sampai.

Santo-santa juga bisa menjadi pelindung sekolah, yayasan, diri anda.

Saya bisa tahu banyak tentang hal-hal diatas, karena teman-teman saya banyak yang Katolik.

Saya coba bantu jawab ya.

Berdasarkan informasi yang saya dapat, kalau sudah ditetapkan oleh gereja Katolik, maka orang tersebut sudah tidak diragukan lagi pasti memiliki kuasa pada bidang-bidang tersebut.

Mereka percaya kalau yang memberikan kuasa adalah Tuhan. Tetapi yang menetapkan adalah gereja Katolik.

Pertanyaan berikutnya, apa saat masih hidup? Sesudah meninggal.

Terakhir saya pernah baca, beberapa orang mengalami kesembuhan karena saat berdoa menyebut nama Paus Yohanes Paulus II.

Mereka banyak pilihan bantuannya, tinggal pilih saja, mana yang paling cocok dimintai bantuan.

nah itu dia, darimana dan pakai kriteria apa pemberian gelar itu?, penerawangan, wahyu atau apa?
coba baca prolognya lagi supaya jelas yg ditanyakan
jadi jangan suruh lari2 ke situs2 yg penjelasannya ruwet

kaya kalo macet di jakarta, terus nerobos jalur bus way gitu kali kira2nya ya? :slight_smile:
ada2 saja, emang Tuhan itu terbatas jalur komunikasi-Nya, kuasa-Nya?
mungkin saja Tuhan nya beda karena dibawah kekuasaan Maria

Lengkap banget ya mas… :smiley:
Mungkin patungnya harus ditempatkan di hutan-hutan Indonesia karena sering kebakaran.

GBU

eh… saya udah nemu lho …
beberapa patung-nya…

itu di jerman ada beberapa patung-nya yang menggambarkan Santo Spesialis pelindung para “Tukang Membantah”

bagus euy patungnya… kayanya aliran pemahat-nya realisme yah…

lah ini orang mau minta penjelasan atau mau apa sih ? he he he , lanjut bos

ruwet apa “ga nyampe” ??? ;D

Kok ada santo yang bisa menyembuhkan AIDS mungkin gelar santonya baru tahun 80 an ya.

Menurut artikel ini AIDS baru dikenal tahun 1983 Memang tahun 1959 sudah ada orang mati karena penyakit ini, tapi waktu itu orang belum tahu adanya virus ini, hanya darah orang ini disimpan dan ketika penyakit ini terindentitas darah orang ini diperiksa dan ternyata dia terkena Aids.

Direct quote from http://aidshistory.nih.gov/discovery_of_HIV/index.html

In 1984, research groups led by Dr. Gallo, Dr. Luc Montagnier at the Pasteur Institute in Paris, and Dr. Jay Levy at the University of California, San Francisco, all identified a retrovirus as the cause of AIDS. Each group called the virus by a different name: HTLV-III, LAV, and ARV, respectively. As has happened many times in scientific history, contention emerged about who had been first.

Dr. Luc Montagmier of the Pasteur Institute reported isolating a new retrovirus, LAV, in May of 1983. While stating that LAV was associated with AIDS, no claim was made that LAV was the cause of AIDS.

The oldest confirmed case of AIDS is of an African tribesman died of a mysterious disease in 1959 in a clinic in Leopoldville, Belgian Congo - what is now Kinshasa. The African man had first turned up at the clinic with symptoms somewhat resembling sickle cell anemia. Doctors kept samples of his blood - and decades later, Ho’s team carefully analyzed it. The genetic analysis of the blood shows clear signs of the AIDS virus.

Iya betul mau minta penjelasan,
kenapa Jakarta banyak kebakaran kalu ada santo yg ngaturnya?
apa di jakarta itu tdk ada yg percaya santo ?
Itu cuma satu contuh, banyak yg lainnya kan?

memang kok,
kalo pake santo2 itu bakalan jd ruwet & gak nyampe

nyampe si, cuma salah sambung…

gak nyambung ke Tuhan yak

GBU

tanya tuhan langsung yok…

gimana…

atau masih ngeles lagi bahwa sekarang bukan jamannya tanya tuhan langsung…
tapi sedang mepertanyakan santo yang di-KIRA-nya dan di-ANGGAP-nya sebagai Calo-Iman alias Perantara Iman antara domba dgn Tuhannya?

tinggal di-doakan yang konsekuentif aja…
tunggu jawaban Tuhan…

beres kan?

hehe… yok… mari…