meragukan gereja lokal yg mulai menjadi bidat?

Shalom smuanya!! Salam kenal dgn bro en sista in Christ…

     Saya bener2 sedang dalam pergumulan berat, saat ini saya dan suami sedang diperhadapkan utk menimbang keputusan yg tdk mudah. Apakh qta hrs stay di gereja lokal qta atau tidak, sedangkan hati nurani saya terus bergejolak. Kami terus berdoa dan mencari kehendak Tuhan spy kami tdk salah mengambil keputusan berdasarkan emosi. Kami berada dlm gereja lokal di bawah sinode JKI, perlu diketahui kami tidak bermaksud mendiskreditkan sinode ini krn kami percaya sinode ini adalh tubuh Kristus juga. Yg jd permasalahan adalah pemimpin/gembala dimana sy berjemaat, yang merupakan salah satu dr sekian gereja lokal di bwh JKI.

      Jujur saya sgt diberkati dan bertumbuh dlm gereja ini. Sdh 7 thn lamanya sejak sy msh single, menikah, dan akhirnya dianugrahiTuhan seorg anak perempuan. Gereja ini begitu luar biasa, kami jemaat dididik utk mencintai Tuhan lbh dr segalanya yg ada di dunia. Hanya saja akhir2 ini, sekitar 1-2 thn belakngan ini ada bnyk keanehan dan kejanggalan dr setiap keputusan yg diambil oleh gembala sy. Scr singkat gembala sy dan anaknya mendpt visi dr Tuhan mendirikan grj ini dan sdh diteguhkan oleh hamba2 Tuhan lainnya. Tp sejak 3 thn lalu gembala sy mulai bnyk bersebrangan dgn pemimpin lainnya, dan atas nama Tuhan dan anaknya yg sdh diklaim selalu mendapat penglihatan dr TUHAN, gereja ini terus berjalan. 

        Kejanggalan yg sgt mengganggu hati nurani sy adalah setiap org yg keluar dr grj pasti diklaim pemberontak, sudah jatuh, bahkan yg mengerikan mrk berada di antrian neraka! Dan qta tdk diwajibkan menginjili krn qta adalah pelayan tahta, krn ibdh qta menggambarkan apa yg ada di Surga (7 Roh Allah, 4makhluk, 24 tua2). Boleh menginjili asal tanya Tuhan dulu. Awalnya sy msh blm sadar, tp ketika ada salah satu pemimpin di grj melakukan kesalahan fatal, akhirnya diputuskan bhw dia hrs kembali ke ortunya. Yg membuat sy heran ibu yg dikeluarkan ini memiliki suami dan anak, en gembala sy mengatasnamakn Tuhan bhw mrk hrs pisah alias CERAI! Sy sungguh tercengang, krn sy percaya Tuhan tdk pernah mengingkari firmanNya. Kalau ada yg bersalah atau melakukan kesalahan sy msh maklum krn disiplin mmg perlu dlm gereja. Tp kl sampai dipisahkan oleh Tuhan itu yg membuat sy terheran-heran. Dan lucunya gembala sy mengatakan bhw mmg "apa yg dipersatukan Tuhan tdk bs dipisahkan oleh manusia", TAPI Tuhan bs memisahkan jika mrk melanggar kekudusan Tuhan. OMG!!

         Dan keputusan ini hanya bs diketahui oleh pasukan menara (pelayan2 yg dipanggil khusus utk berdoa di menara). Dan sy sbg jemaat tdk pernah tau, itupun sy tau krn sy yg bertanya. Ada bnyk hal2 yg dirahasiakan kpd jemaat spy tdk terjadi gosip dan kebocoran thd Iblis. Jujur sy tdk bs menerangkan satu per satu hal2 yg membuat sy resah. Apalagi smkn hari qta diajari spy tdk boleh pake asuransi jiwa, dgn alasan menghindari RFID, anak tdk boleh sekolah tinggi krn spy tdk terkontaminasi dgn sistem dunia. KPR, cicilan dihindari spy jika RAPTURE tdk ada hutang. Skrg qta diwajibkan utk merayakan 7 hr raya Israel dgn tdk boleh bekerja di hr itu. Jika pekerjaan menghalangi ibdh hr Mgg dan tengah minggu lbh baik qta keluar dr pekerjaan. Makan pun tdk boleh sembrgn, jgn mkn di tmpt yg ada berhala (utk hal ini sy sdkt setuju walaupun tdk smuanya). Tdk boleh mkm Mc D, Yoshinoya, Starbucks, tmpt2 yg ada patungkucing, gmbr naga/okultisme,dsb.

       Sejujurnya ada bnyk hal yg baik, krn qta dididik utk terus menantikan kedtgn Tuhan, krn qta adalah kelompok Anak Laki2 yg ada di kitab Wahyu. Tp semakin lama sy merasa gembala sy jd menyebarkan ketakutan dan keputusan2 yg blm diuji kebenarannya. Sy mohon bantuan saudara/i utk bantu sy dlm doa, krn gembala sdh mulai mengintimidasi sy dan suami. Kami dianggap mulai salah ambil keputusan krn pekerjaan suami yg mmg tdk bs rutin dtg ibdh tiap Mgg, sy selalu bs dtg krn sy ibu rmh tgg. Kami heran krn dr dulu gembala kami tdk pernah mempermasalahkan pekerjaan suami sy. Tp skrg justru suami dianggap memilih hal2 duniawi. Sy dan suami terancam tdk diberikan tgs dlm grj jika msh lbh berta ke pekerjaan.

       Hati sy benar2 hancur dan syok, sy sbnrnya sdh mantap utk keluar dr grj ini krn Tuhan semakin menyingkapkan hal2 yg tdk beres. Tp suami sy menyarankan spy qta jgn buru2 keluar, spy qta tetap berhubungan baik dgn mrk. Jika ada saudara /i yg bs bantu sy utk menyelesaikan mslh ini, sy mohon doa smuanya... Krn sy percaya qta smua di sini adlh satu tubuh Kristus yg sama2 menyembah TUHAN yg sama.

GOD BLESS U ALL!!

Sis kanaphia,

Menurut saya, siapapun gembala sidangnya dan apapun track recordnya, kita tetap harus senantiasa menguji segala sesuatunya dengan Firman Tuhan. Check and cross-check with Holy Bible.

Cerita mengenai gembala sidang/pendeta yang corrupt, bidat, bahkan kriminal sudah cukup banyak.
Ada yang diekskomunikasi oleh sinodenya, ada yang dibiarkan merajalela begitu saja, ada juga yang ‘kebal’ karena dialah pendiri gereja tersebut.

Tapi semoga kiranya Sis kanaphia dan keluarga senantiasa memandang pada Tuhan Yesus, karena pendeta juga manusia yang bisa berubah. Dan semoga jangan akibat manusia tersebut kita ikut-ikutan terseret mundur dalam iman kita kepada Tuhan.

Pastinya, keheranan Sis bisa saya maklumi jika memang benar “fatwa”-nya yang cukup fundamental adalah: keluar gereja (dalam artian sinode gereja lokal) hukumannya masuk neraka, dan perintah untuk bercerai.

Saat ini tidak ada salahnya bertahan dulu.
Namun jika sambil berjalan tidak ada damai sejahtera dan tidak merasakan pertumbuhan rohani lagi, carilah lingkungan lain yang bisa membangun.

Tetaplah berdoa bukan hanya bagi pergumulan pribadi Anda, tapi juga bagi gereja tersebut agar kiranya Tuhan Yesus yang jaga dan pulihkan.

Thanks atas saran dan doa dr bro TGUNAWAN,

      Sejujurnya qta sangat mengasihi gembala qta, ada bnyk teladan yg beliau berikan bagi kami. Kami bahkan rela sampe utk tdk membeli rmh selama 4 thn krn saran beliau lbh baik qta kontrak, spy tdk terikat dgn dunia dan sebentar lg kedtgn Tuhan sdh sgt dkt. Tp kmrn kami berdoa dan kami sepakat utk beli rmh krn kontrakan qta sdh habis dan rmh yg qta kontrak akan dijual. Km merasa sejahtera krn km sdh bw dlm doa, en segala sesuatu sdh diperhitungkan dgn baik dr kondisi financial kami. Kami pcy jika Tuhan yg membuka pintu tdk ada yg bs menutupi. 
       
       Sampai saat ini puji Tuhan kami tdk mau kecewa dan tetap bersandar kpd Gembala Agung tertinggi qta. Benar yg dikatakan bro bhw jgn sampai qta mundur dr iman qta. Kami bersyukur Roh Kudus menguatkan dan meneguhkan kami sampai saat ini.

       Sbnrnya sdh ada bbrp keluarga yg keluar krn menemukan hal2 yg tdk beres, antara lain krn mrk merasa gembala kami terlalu mengkultuskan anaknya yg memiliki karunia kenabian, penglihatan, mimpi. Walaupun beliau slalu mengatakan nhw Tuhan yg memimpin grj ini, tp sbnrnya qta smua mendpt pewahyuan lbh bnyk dr karunia2 anaknya. Sbnrnya sy tdk menentang krn sy jg diberkati, tp ada bnyk hal yg tdk bs sy jelaskan scr detail di sini, krn gembala sy mengatakan,"dia (smbl menyebut nama anaknya) melihat, dia bermimpi, dia merasakan..... Dsb" dan dr situlah qta dpt firman.

      Ada jg yg keluar krn anaknya mau studi ke luar negri. Pdhl saat itu anaknya sdh berdoa dan yakin Tuhan mengijinkan, namun justru gembala dan penatua mengintimidasi bhw jika anak ini nekat pergi maka dia akan binasa (scr rohani). Dan keluarga ini berdoa dan berpuasa utk mencari konfirmai, dan mrk tet damai sejahtera utk menyekolahkan anaknya di luar negri. Akhirnya gembala sy mengatakan bhw Tuhan murka kpd mrk, dan keluarga ini dikatakan tdk tunduk thd instruksi gembala. Sy heran krn justru gembala yg mendidik kami utk selalu bertanya kpd Tuhan dlm segala sesuatu, tp ketika jawaban yg diterima berbeda dgn peraturan grj, maka dgn cpt mrk dpt "fatwa", binasalah, seperti Lucifer, masuk dlm antrian neraka (jika anak gembala mendapt penglihatan org yg keluar dr grj), keluar dr destiny journey gereja ini, dsb.

        Jujur sy kadang msh merasa takut apa yg dikatakan gembala jika kami memutuskan keluar dr grj ini. Krn kami sdh lama berjemaat di situ, sdh sering kami mendgr hal2 yg "mengerikan" spt td. Tp kami bersyukur bhwa Tuhan tdk pernah tinggalkan kami. Ketika sy dan suami berdoa kami merasakan damai sejahtera bhw hidup kami sepenuhya berada dlm tangan-Nya. Dan Roh Kudus mengingatkan kami bhw Allah qta yg sesungguhnya adlh kasih dan adil. Tdk pernah Ia mau setiap manusia binasa. Walaupun manusia mengecewakan, tp Dia Gembala Agung tertinggi kita selalu dgn penuh kasih mau membimbing kami.

       Maaf kl curhat sy sgt panjanggg, hehehe.... GBU bro

Begitu ya sist, memang saya mendapati ada yang dilebih2kan dalam menyikapi akhir zaman dari pengajarannya jika ditilik dari sharing sist dan “perceraian” yang malah disarankan oleh hamba Tuhan tempat sist kurang pantas. Kekristenan tidak menjadikan seorang robot, kita diberi Tuhan keleluasan untuk mengambil sikap dan bertindak sejauh itu tidak bertentangan dengan Firman Tuhan. Tapi saran-saran yang diberikan serasa melebih-lebihkan.

Minta petunjuk dan berdoa kepada Tuhan agar dibukakan jalan, jika memang harus keluar dr gereja tsb keluar dengan baik-baik dan tentunya hati penuh damai sejahtera. Smoga sist menemukan pencerahan oleh Tuhan Yesus, doa saya :slight_smile:

Adakah situs resmi JKI, spy bisa tahu bagaimana sebenarnya pengajarannya?
kalau lihat motonya : “MENJANGKAU YANG BELUM TERJANGKAU”,
memang ada pengajaran yg keliru yg disampaikan oleh gembala anda

Waktu baca2 di blog bengcu (hai hai) menggugat kok kebetulan ketemu topik tentang hamba tuhan JKI yg di gugat oleh penulisnya.
Apakah ini jki gereja TS atau bukan mungkin harus diperiksa terlebih dahulu, siapa tahu bisa jadi tambahan referensi.
.
Pada artikel yg lainnya di sabda.org penulis (hai hai) mengupas tentang ilah jaman ini yg salah satunya adalah Gnosisisme / Gnostikisme yg gejalanya mirip2 dgn yg dialami oleh anak hamba tuhan (mendapatkan penglihatan dan pewahyuan) spt yg di ceritakan TS sehingga pengajaran2nya jadi terasa aneh / menyimpang. Semoga ini juga dpt jadi tambahan referensi bwt membuat keputusan.

Thanks atas perhatian bro en sist!!

        Sedikit saya luruskan bahwa ini tidak ada hubungannya dgn sinode JKI pusat ato yg berkaitan dgn blog "bengcumenggugat". Dlm sinode JKI ada bnyk setiap gereja yg bergabung rata2 sistemnya otonomi (mohon koreksi jk sy salah), bahkan grj JICC yaitu dmn True Worshipper pun di bwh JKI. Jd sangat luas, dan sy tdk tau persis peraturan sinode JKI. Dan sy pun pernah membaca blog bengcu ini, menurut sy blog ini lbh bnyk memghakimi tanpa diuji scr roh. Org ini mmg pintar dlm mengupas ayat2 dan bukti2 yg ada, tp sy melihat ada kesombongan di dlmnya. Ini menurut sy pribadi loch, koreksi sy jika sy salah ;-)

         Di sini sy hanya sharing apa yg menjadi kerisauan hati sy, itupun tetap dlm penundukkan thd ROH KUDUS dan terus diuji  dgn berpatokan kpd firman Tuhan, krn sy sadar sy msh ada sdkt emosi. Sy sgt percaya bhw tubuh Kristus saling melengkapi, dan selama sy berjemaat tdk diwajibkan utk menginjili, boleh asal tanya Tuhan lbh dahulu. Krn fokus qta ttg hal2 yg rohani saja, dgn kata lain lbh mengikuti apa yg Tuhan mau melalui pesan gembala kami dan anaknya, dan gembala sy mengakui bhw dirinya rasul, dan anaknya nabi, so qta hrs taat dan tunduk jika mau tetap berada dlm destiny grj pasukan ini. Jd sbnrnya sy bertumbuh, tp sy jd krg persekutuan dgn sodara2 lainnya, en tdk ada semangat menginjil spt dulu. Berbeda dgn grj2 lain yg di bwh sinode JKI yg justru getol dlm penginjilan.

         Qta ditekankan utk terus fokus kpd kedtgn Tuhan dgn melepaskan hal2 duniawi, spt yg telah sy jelaskan di atas. Mmg hal ini benar krn Tuhan mau kita utk teus berjaga-jaga. Tp smakin lama sy merasa smakin berlebihan, krn mulai mengontrol sampai ke kehidupan pribadi setiap org. Dlm hal menikah seorg single di grj DISARANKAN utk tdk menikah (walaupun tdk mutlak), spy tdk kehilangan destiny, tdk boleh sekolah tinggi, yg bkrj tdk boleh berambisi dan menghalangi ibdh, tdk boleh ada hutang (kpr, cicilan, dsb), dll. Pokoknya sgt kompleks, shg sy jd merasa gerah, walaupun gembala terus meyakinkan bhw grj ini dpimpin oleh Tuhan sendiri, tp sy melihat beliau mulai mengontrol atas nama Tuhan.

          Hal ini yg membuat sy bingung, krn Yesus yg saya kenal tdk seperti ini, Dia Allah yg penuh kasih. Walaupun Dia jg menegur dlm keadilan, pastilah Dia mau memulihkan dan merestorasi umat-Nya yg jatuh. Di sini sy melihat lbh bnyk penghakiman, spt yg sy ceitakan di atas.

           Thx atas sharing dr bro en sist sekalian, jgn sungkan jika kalian mau menegur sy jika ada kata2 sy yg salah. JBU

Umumnya setiap gereja beradai dlm sinode gereja ttt,
dan setiap sinode harus memiliki ijin pendirian sendiri:
JKI Injil Kerajaan terhisap dalam Sinode Jemaat Kristen Indonesia ( JKI ), terdaftar sebagai anggota PII (Persekutuan Injil Indonesia). Sinode JKI tercatat dalam Akte Notaris No. 74 ( 25-9-87 ), SK Dirjen Bimas (Kristen) Protestan No.4 Tahun 1989 Departemen Agama Jakarta. Dalam Skala Internasional, JKI termasuk dalam kelompok Mennonite.Mau tahu tentang Injil Kerajaan ??? « Welcome to the Youth 2a’s site !!!

Sejarah berdirinya GJKI yg saya temukan adalah sbb:
“Sinode Jemaat Kristen” was founded by Adi Sutanto. The fellowship began as an evangelistic association called Yayasan Keluarga Sangkakala “trumpet.” It differs from most Anabaptist denominations within Indonesia because it was not started as a movement from the United States or Europe. Instead it was an internal split due to a evangelistic revival. [1] Sutanto Adi started a small prayer group with 8 people in 1977 that grew to large formal gatherings in 1979. Sutanto saw the beginning of a congregation forming and went to the GKMI (Gereja Kristen Muriah Indonesia), where he was a member at this time, and asked to join with the GKMI. Sutanto’s fellowship had a unique and evangelical worship style (speaking in tongues, faith healing, prophetic words and visions) that the GKMI did not support.[2] The GKMI and Sutanto met, but the GKMI required the charismatic worship style to be dropped in order to be part of the church. This led to a split within the GKMI church and the formation of a new group–the GKMII–under the leadership of Dr. Lukas, a relative of Sutanto. The GKMII joined Sutanto’s fellowship and in 1985 the “Jemaat Kristen Indonesia” (JKI) was officially formed. [3]Sinode Jemaat Kristen Indonesia - Anabaptistwiki

True Worshiper bukan dari JICC tapi JPCC ( Jakarta Praise Community Church),
dlm Our storynya JPCC tdk menyatakan keterkaitannya dgn JKI, silakan lihat:
http://jpcc.org/id/about

saya juga sudah baca gembala model seperti ini, beberapa tahun lalu, kalau tidak salah dibandung, umat udah pada jual rumah,tapi ngga jadi kiamat.

ada juga di amerika, salah nebak kiamat taon 2012 lalu, banyak yang jadi parno :slight_smile:

dulu sekali, malah ada bunuh diri masal (seluruh umat) …

pindah gereja saja sist. saya baca anda sudah memahami keanehan gembala anda.
yang pentingkan bukan fokus kedatangan Tuhan, tetapi Kita yang datang Kepada Tuhan, seperti awal bacaan injil(3 orang majus). GBU.

Halo Sista… kisahnya menarik, baru tau juga ada Gereja yang seperti ini… beberapa yang janggal dari cerita Sista:

“Setiap org yg keluar dr grj pasti diklaim pemberontak, sudah jatuh, bahkan yg mengerikan mrk berada di antrian neraka! Dan qta tdk diwajibkan menginjili krn qta adalah pelayan tahta, krn ibdh qta menggambarkan apa yg ada di Surga”

Statement ini ngeri juga ya, artinya semua yang ga bergereja di sana berada dalam antrian neraka (gw juga dong?)… dan aneh nya ga boleh menginjili, padahal Tuhan menyuruh kita untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya.

apa yg dipersatukan Tuhan tdk bs dipisahkan oleh manusia, TAPI Tuhan bs memisahkan jika mrk melanggar kekudusan Tuhan

Yang ini juga artinya melegalkan perceraian. Kalau begitu semua pasangan suami istri bisa saja “legal” cerai asal salah satunya selingkuh… hmmm… rasanya memang ga biblical.

tdk boleh pake asuransi jiwa, dgn alasan menghindari RFID, anak tdk boleh sekolah tinggi krn spy tdk terkontaminasi dgn sistem dunia

hahaha… ini mirip dengan “anti-Amerika” nya beberapa oknum sepupu kita (muslim), kalau ga mau ber-RFID, ga usah ke supermarket, mini market… RFID dan barcode dimana-mana tuh… Well, RFID dan barcode diciptakan manusia untuk mempermudah pekerjaan, walau memang akan ada efek negatif dengan teknologi itu. Sama kayak teknologi mobil, mempermudah tranportasi tapi di sisi lain ada efek negatif ke lingkungan.

Tdk boleh mkm Mc D, Yoshinoya, Starbucks, tmpt2 yg ada patungkucing, gmbr naga/okultisme,dsb.

Yang ini mirip juga ama anti-Amerika.

Intinya, ada banyak pengajaran yang keliru dan dibuat-buat. Jangan saja menurut Alkitab, bahkan sama akal sehat pun ga masuk…

But anyway, kalau Sista dna suami sudah ga nyaman, saya sih nyaranin cari jemaat lain aja yang bisa membuat sista dan suami bisa lebih bertumbuh dalam kebenaran. Ga ada Gereja yang sempurna, tapi carilah Gereja yang bisa membuat kita bertumbuh dan melayani Dia dengan damai sejahtera.

Statement terakhir dari Sista ini saya setuju banget,

“Krn sy percaya qta smua di sini adlh satu tubuh Kristus yg sama2 menyembah TUHAN yg sama.”

Pahamilah bedanya antara
orang gereja yg punya agama (kristen) dan
orang yang memiliki kasih Kristus.