merendahKan hati Dan melunaKan hati

plen, aku lagi belajar cara merendahkan hati dan melunakan hati

tapi selalu gagal

gimana sih cara merendahkan hati dan melunakkan hati??

butuh tips
saran
masukan

thx alL

ego kita akan bereaksi ketika ada perlakuan orang lain terhadap diri kita

ketika perlakuan orang lain tersebut menyinggung ego kita maka ego kita akan meningkat
dan tidak mau menerima perlakuan tersebut

ego kita hanya menginginkan perlakuan yang menyenangkan ego kita tersebut

nah hanya kita yang tahu apa yang bisa meyenangkan hati kita bukan… :slight_smile:

nah dari sinilah kita harus belajar untuk merendahkan hati dan melunakkan hati kita yaitu

Matius 7:12 "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

lakukan terlebih dahulu hal tersebut kepada orang lain… :slight_smile:
pasti kita bisa belajar merendahkan hati kita dan melunakkan hati kita dengan kita melakukan hal tersebut

Tuhan YESUS memberkati… :slight_smile:

tips?
hum doa minta Tuhan bimbing… minta Tuhan mampukan kita. minta RohKudus ingatkan kalau kita tidak bersikap rendah hati…

berusaha. ga bisa instan. semua butuh proses… pelanpelan. n tantangana makin sulit tiap waktunya.

jd inget seseorang (lupa) pernah bilang rendah hati sesuatu yg kita tak sadar memilikinya. begitu kita sadar kita punya, kita kehilangannya…

sukses ya…
kita belajar bersama…

Minta tolong Tuhan… :smiley:

@lL : makasihh

[quote="murukh murhing

nah dari sinilah kita harus belajar untuk merendahkan hati dan melunakkan hati kita yaitu

Matius 7:12
"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

lakukan terlebih dahulu hal tersebut kepada orang lain… :slight_smile:
pasti kita bisa belajar merendahkan hati kita dan melunakkan hati kita dengan kita melakukan hal tersebut

Tuhan YESUS memberkati… :slight_smile:
[/quote]
ini yang susah sist. kadang kita nda dapet apa yang kita lakukan ke dia.malah dapet tuduhan2

Wkwkwk
om murmur dipanggil sis…
:o

mengharapkan sesuatu dari apa yang kita lakukan untuk orang lain itu namanya = pamrih dong…
:o

ya mau dipangil apa juga gpp ladesh, asal jangan kau pangil aku oppung aja heheheheh

maksudnya bukan pamrih disini ladesh, justru kita berbuat dulu kepada orang lain tidak perduli orang lain itu berbuat yang kita sdh kita perbuat

kita hanya diperinyahkan segala sesuatu yang kita ingin orang lain berbuat kpd kita agar kita melakukannya kpd orang lain, hanya itu :slight_smile:

ini yang susah sist. kadang kita nda dapet apa yang kita lakukan ke dia.malah dapet tuduhan2
[/quote]
nah disinilah kita bisa belajar untuk merendahkan hati kita kan, dimana kita langsung mendapat pelajaran untuk merendahkan hati kita :coolsmiley:

saya beri contoh nyata :

misalnya murukh berdoa “Tuhan ajari aku boleh untuk mengasihi murhing hari ini, aku tidak mau lagi berbantah2 an dengan dia”

trus setelah murukh selesai berdoa, dia keluar kamar, lalu murhing datang kepadanya dan membentaknya serta memarahinya :slight_smile:

bukankah ini jawaban doa sist andrea :slight_smile:

peace… :slight_smile:

Hmmmm dr awal ak sudah d suruh mentorku merendahkan dan melunakan hati…tapi masi lum isa

hal tersebut memang gak bisa instan

tapi ketika kita mau belajar, maka itu bertumbuh sedikit demi sedikit :slight_smile:

tidak ada orang di dunia ini yang lulus ( tammat ) dalam kerendahan hati
so jangan kecil hati, semuanya masih terus kok belajar dalam hal itu :slight_smile:

doa minta Tuhan berikan masalah yg bisa menguji merendahkan hati dan melunakan hati…ini doa ampuh neh…

gw dapet satu ilustrasi, ketika kita ingin sabar trus kita berdoa, “Tuhan ajar saya utk sabar AMIN…” trus Tuhan jawab apa? Tuhan akan menjawabnya dengan masalah2 spy kita berlatih utk sabar…

*jawabannya sama kyk murhing neh…hehe
well, kamu pasti bisaaaa…

wah… soal ini ga bisa pakai usaha sendiri bro…
saya pecandu rokok… setiap kali pengen usaha lepasin rokok, berhasil sih 1-2 hari…
tapi hari ke 3 balas dendam, sedot nya makin banyak… hahaha…

jadi selamat bergumul dan berdoa :smiley:

makasih

huaaaaaaaaaaahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh mesti deeehhh di ungkit2 soal merendahkan hati dan melunakan hati. kesannya aku tu nda bisa merendahkan dan melunakan hati. padahal hari ini lagi sedih, pengen nangis, sms sama mentor malah semakin parah

ya itulag sist, kejadian2 disekitar itulah yang menajamkan kerendahan hati kita :slight_smile:

selagi kita hidup, kita masih perlu belajar untuk merendahkan hati kita, dan guru yang sanggup mengajari kita adalah Roh Kudus

nah dengan berusaha menyadari Roh Kudus ada dalam diri kita, maka kita pasti bisa belajar terus :coolsmiley:

Tuhan Yesus memberkati :slight_smile:

aku juga lagi belajar menyadari adanya ROH KUDUS :char16:

Tuhan ajari aku melunakan dan merendahkan hati.aku beneran nda tau harus gmana.ak beneran nda ngerti…tuhan aku nda mau kak yo mengundurkan diri jd mentorku cuma krn ak nda bs melunakan dan merendahkan hati…aku sdh tuhan.pengen nangis

yach kalau diajarkan memang susah…karena masalah hati…

Tapi lebih baik baca alkitab saja andrea :smiley:
jgn yang susah2…

yang cerita aja…
“Seorang wanita yang menderita pendarahan 12 thn”
“Anak bungsu kembali ke Bapanya”
dsb

lalu renungkan kebaikan Tuhan…

Kalau andrea tersentuh… nangis… itu berarti “normal” ;D

(hati yang keras, sekeras apa pun… pasti akan luluh oleh RK)

yach kalau diajarkan memang susah…karena masalah hati…

Tapi lebih baik baca alkitab saja andrea :smiley:
jgn yang susah2…

yang cerita aja…
“Seorang wanita yang menderita pendarahan 12 thn”
“Anak bungsu kembali ke Bapanya”
dsb

lalu renungkan kebaikan Tuhan…

Kalau andrea tersentuh… nangis… itu berarti “normal” ;D

(hati yang keras, sekeras apa pun… pasti akan luluh oleh RK)

Mana tu FT yang cerita2???gimana supaya ak bisa merendahkan dah melunakan hati??