Merokok itu dosa

Sudah hampir 43 kali saya jika bertemu dengan hamba Tuhan atau bukan, mereka mengatakan kalau merokok itu dosa [Padahal saat bilang begitu saya sedang merokok en kemebul hehe…], dasar dari doktrin tersebut adalah :

“ Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adlah bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu. ROH KUDUS yang kamu peroleh dari Allah,- dan bahwa kamu bukan milikmu sendiri?” 1 Kor. 6:19-20

I Kor 3:16-17 “Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?
Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.”

Kemudian saya baca I Korintus semuanya tanpa terkecuali dan ternyata pada saat itu orang-orang di Korintus tidak pada merokok tapi jatuh dalam dosa perzinahan maka Tuhan berfirman seperti itu. Kenapa yang sebenarnya tidak diberitakan tapi justru yang tidak ada malah di gembar gemborkan?

Merokok itu hanya masalah etika, jadi menurut saya merokok itu tidak berdosa tapi sarat mendatangkan dosa…klo ga percaya coba aja kamu merokok trus bara pada rokok itu kamu colokan ke mata orang hehehe…, trus klo semua orang tidak merokok bagaimana nasib para buruh dan petani tembakau? bagaimana juga nasib anak² mereka?

Hai mahkluk² mohon pencerahannya agar saya juga lebih jelas lagi ya…hehe Tengkyu
“Tuhan YESUS Memberkati kalian semua dan saya”


Sebenarnya kembali kepada diri dan pribadi saudara, dan bagaimana saudara mengujinya, membandingkan dan memahaminya seturut dengan pengenalan saudara akan ilmu pengetahuan, kedokteran dan membandingkan dengan kebenaran dan Firman (Firman tertulis yang kita miliki “Alkitab”)

Salam :happy0062:

kalau anda menolak peringatan FT, judulnya salah Tuh hrsnya: MEROKOK ITU TDK BERDOSA.
peringatan pd iklan dan bungkus rokok itu bkn sekedar aturan tuh, tapi mengacu pd kebenaran yg Tuhan taruh dlm hati manusia spy tdk celaka.
GBU

1 Kor. 6:19-20
I Kor 3:16-17

kalo menurut saya, ayat diatas tidak berhubungan dengan rokok, ada hal yang lebih penting yang harus dipersiapkan tubuh ini agar Roh Kudus mau bersemayam didalamnya… :slight_smile:

saya tadinya perokok. pernah berhasil berhenti hampir 1 tahun, tetapi kambuh lagi. tetapi syukurlah kini saya sudah kehilangan ketertarikan sedikitpun pada rokok.

istri saya seorang yang gemar memelihara kembang baik di pot maupun di halaman rumah. ada 2 buah pot kembang ditaruhnya di dekat kran di sudut rumah. ia paling rajin menyirami kembang pagi dan sore. tetapi si kecil senang main air. jika saya sedang mencuci motor dekat mata kran itu, dede ini akan mengambil air sabun dan menyiraminya ke kembang yang dengan tekun dirawat istri saya. hasilnya? sudah beberapa kali kembang di situ diganti istriku, karena setiap kali dede menyiram air sabun ke tanahnya, kembang itu perlahan akan sakit dan mati.

moral ceritanya adalah, Tuhan memelihara kesehatan kita, memberikan kita kehidupan, menyembuhkan kalau kita sakit karena kita juga berdoa minta kesembuhan, tetapi pada saat yang sama dengan kesadaran akan efek sebaliknya, para perokok (termasuk saya dulu) secara tak merasa bersalah terus menaruh asap beracun ke dalam sistem pernafasan, sebuah sistem paling vital bagi kesehatan manusia.

dosa?
nggak usah dulu sejauh itu. tapi ke tingkat tanggung jawab kita untuk pemeliharaan Tuhan.

apakah Dede anak saya yg kecil itu bertindak baik ketika ia dengan senangnya menyirami kembang istriku? untuk seorang bocah kecil, itu masuk akal dan dapat diterima. tetapi untuk seorang dewasa yang sadar dan dewasa, apakah ia seorang yang bertanggungjawab pada dirinya di hadapan Tuhan? entahlah. Setahu saya sebagai perokok, saya membangkang pada pemeliharaan Tuhan. saya sedang menentang kebaikan Tuhan yang terus memberi saya kesehatan, tetapi saya terus memberi racun pada paru2 ini.

jadi dosa?
ntar dulu, ambil yang lebih rendah aja. ketyika istri berhemat uang belanja, dan saya menghabiskan 10.000 sehar untuk sebungkus GEPE, apakah saya merasa bersalah?entahlah, saya menghiburt diri “ah, lagian gaji saya juga, berhak dong menikmati nya” iya sih, tapi menkimati rokok?

jadi dosa?
ntar dulu. ketika ke klinik atau rumah sakit, dipaparkan mengenai bahaya merokok, dan akal sehat saya bekerja. wah merokok ternyata “bahaya ya”, tetapi hasil pencerahan ilmu pengetahuan kedokteran secerah itu kulawan saja dengan “nagih enaknya rokok”. jadi saya sudah mengalahkan akal sehat yang jernih yang diberikan Tuhan, dengan “asal puas narik asap” itu tadi. apakah saya seimbang dalam soal ini? jelas tidak ya. saya mengutamakan kesenangan ketimbang pengetahuan yang jernih.

jadi dosa?
ntar dulu

udah ah
jadi merokok dosa?

apa sih artinya dosa?

ketahuilah kehendak TUHAN, dan kita tahu apa itu dosa.

jadi merokok dosa?
ntar dulu

apakah anda sudah tahu kehendak Tuhan?

jadi merokok dosa?

semakin anda dekat dengan kehendak Tuhan, banyak hal yang akan anda lihat dengan jernih dan pada akhirnya anda dan saya tahu jawabannya.

salam kasih :slight_smile:

Jika dilihat dari pandangan “menjaga tubuh sebagai bait Allah” yang dihubungkan dengan menjaga kesehatan, sebenarnya banyak tindakan lain, seperti pola makan sehari-hari, yang dapat menjadi “dosa” setara atau lebih besar dari merokok.

Logika ini juga tidak dapat menjawab para hermit dan monk yang malah tidak makan dalam tingkat relatif ekstrim untuk membangun spiritualitas mereka. Resiko kesehatan mereka terganggu jauh lebih besar, apakah dengan logika ini, kita dapat menuduh bahwa para hermit dan monk telah berdosa juga?

Industri kretek Indonesia sebenarnya adalah mafia yang memaksa golongan petani tembakau dan buruh penggulung kretek untuk terus-menerus bekerja di bidang tersebut, sementara para pemilik modal yang diuntungkan dari industri tersebut secara perlahan-lahan mulai keluar dari industri kretek. Ini sebenarnya tergolong pembodohan. Bahkan ketika ada koyo nikotin muncul sebagai solusi, industri kretek bereaksi bahwa koyo nikotin merupakan skandal farmasi multinasional untuk menghancurkan industri kretek Indonesia.

Terlepas dari banyaknya kepentingan ekonomis, rokok memang menganggu bagi yang tidak merokok. Perokok cukup sadar diri untuk tidak merokok di ruang publik sekalipun dalam lingkungan tersebut perokok adalah mayoritas. Solusi paling bagusnya adalah menganti rokok dengan koyo nikotin yang tidak menganggu lingkungan sekitar.

Pertanyaannya adalah mengapa industri kretek Indonesia tidak mau mulai ber-diversifikasi memproduksi koyo nikotin juga? Tentu alasan utamanya adalah, rokok kretek tetap memiliki margin keuntungan yang relatif sangat besar dibandingkan koyo nikotin.

Saya setuju dengan Bro Petra,

well, jika merokok adalah berdosa, maka secara fair kita juga harus “mengharamkan” makanan yang memberikan dampak buruk pada tubuh.

Dan tentu saja, junk food demikian banyak ditemui, apalagi di zaman ini.

well, further, dosa, hamartia, adalah suatu sikap hidup yang melenceng dari yang Tuhan maksud dalam penciptaan kita

dosa bukanlah sekedar melanggar a, b, c, atau d

Salam

ini HAL mengelitik bagi saya, walaupun saya bukan perokok tetapi alakah baiknya ‘barang dagangan’ ini jangan terlalu dikoar2kan di gereja…!

Jika Merokok => Dosa, Maka Makan Jeroan juga => Dosa…!
makan kuning telor juga dosa, makan santen juga dosa karena Tubuh kita adalah Bait Allah… :smiley:

====

Imho, Rokok berdosa jika si bapak tidak menafkahi keluarganya dan hanya menhambur2kan uang utk beli rokok…!
sehingga anak istri kelaparan…

Imho yang paling jago hal2 beginian biasanya rekan2 adventis lengkap dengan ayat2 kitab sucinya …:slight_smile:

Nah rekan2 dari Gereja Adven gimana nih …merokok dosa atau tidak ?

wanita hamil merokok dosa gan, membahayakan kesehatan jabang bayi :happy0025:

setuju…
Wanita hamil makan kerang dari teluk jakarta juga dosa… karena kerang teluk jakarta memiliki kadar Timbal yang tinggi… :smiley:

minum obat yang membayakan janin juga tidak boleh… :smiley:

====

Imho, wanita hamil merokok tidak beririsan dengan dosa… tetapi supaya anak dalam kandungan dapat berkembang dengan normal…

Saya baru tahu Bro, benarkah memang demikian?

haha…boleh juga sih…tapi harus diingat yang membahayakan kesehatan terlebih untuk wanita hamil bukan cuma rokok sis…

tapi juga alkohol, terlalu capek beraktivitas, terjatuh dll…

imho saya setuju kalau dikatakan untuk gaya hidup yang lebih sehat atau mungkin seperti saya yang pas2an lebih baik dibelikan susu anak saya hehe…tapi kalau untuk berdosa saya belum menemukan pembenarannya :slight_smile:

salam :slight_smile:

mantab analoginya :afro:

akoor gan kalo udah tau beresiko masih ngelakuin juga bayi bisa cacad gan :’( :’(

Akoor gan , temen ane parah gan anaknya cacad akibat lagi hamil masih terus merokok :’( :’(

sulit dibuktikan anak yang cacat hanya disebabkan dari ibu yang perokok…
karena banyak faktor yang mempengaruhi cacatnya anak, faktor genetik lebih tinggi daripada faktor ibu perokok atau lainnya…

lalu ada ayat yg berbunyi demikian:

[i]Markus 7:15 Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya."

Markus 7:18 Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya,

yg saya garis bawahi disini adalah: Apapun yang dari luar, ya apapun…

namun justru yg paling berbahaya untuk menajiskan adalah yg dari dalam tubuh…

Markus 7:20 Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya,

Markus 7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang."[/i]

lalu jika membinasakan bait Allah di ayat korintus itu dimaksudkan pada bahaya merokok yg dapat membinasakan… maka seperti teman2 tulis… bahwa ada banyak hal yg lebih berbahaya dari pada rokok yg lebih berpotensi membinasakan.

tapi jika dianggap bahwa rokok dapat menajiskan sesorang tentu saja tidak… merokok sama dengan mengotori bait Allah? tentu saja tidak…
kalau pemikiran bahwa merokok dapat mengotori bait Allah oleh karena nikotin bersarang di paru2… tentu saja debu2 itu juga termasuk mengotori bait Allah… namun apakah mengotori bait allah yg dimaksud adalah demikian?

zinah, iri, dengki, cabul, dan perbuatan jahat lainnya adalah dari dalam… dan itu jelas mengotori bait Allah, selain mengotori, perbuatan itu tentu saja membinasakan… tidak hanya binasa fisik namun juga jiwa. binasa jiwa dan raga… :slight_smile:

rokok dikaitkan secara ekslusif dengan ayat2 korintus tersebut tentu saja adalah penarikan kesimpulan yg kekanak2kan, dan tentu saja tidak bisa secara konsekwen dan konsisten dipertanggungjawabkan.

lucunya di denom2 anti rokok ini… justru lebih mencap jelek si perokok ketimbang sipenggosip yg penuh iri dan dengki… dan denom2 ini biasanya tidak menempatkan pada klasifikasi yg sama antara nikotin dan zat2 berbahaya lainnya seperti; bahan2 pengawet, pewarna, zat radikal bebas pencetus2 kanker, kolesterol dan lainnya… kok hanya nikotin yg diharamkan?

jelas gereja ini tidak bermaksud yg keliru atau jahat… namun gereja ini jelas hanya “ngetrend” saja… :slight_smile:

bicara masalah rokok seharusnya tidak sampai pada ranah keimanan…
karena memang yg sangat membahayakan kehidupan adalah yg keluar dari manusia.

rokok punya konsekwensi tersendiri…, penyakit, dan itulah “hukuman” bagi si perokok.

tergantung nya merokok lah

klo merokok itu sudah menyusahkan org lain = orang brengsek alias berdosa :stuck_out_tongue:

gara gara rokok = uang kantong jadi tipis = anak istri kekurangan makan = merokok ditempat umum = merokok membayakan nyawa orang lain bahkan keluarga sendiri :stuck_out_tongue:

cm saran saya klo bisa dihindari aja pembahasan rokok dalam gereja hi7

merokok itu dosa, ga beda jauh sama drugs. Bisa merusak pikiran, nikotin langsung ke otak merangsang dopamin

jelas rokok bisa bikin orang punya pikiran sembrono, kaya orang narkoba pikiran najis akan keluar dari dalam diri seseorang. Karena efek dopamin, bikin orang ngerasa “nge-fly”