Mesias Palsu Siapakah Dia?

Banyak orang beranggapan Mesias Palsu dan Antikristus adalah dua hal yang berbeda.

Markus 13:22-27 jo Matius 24:24-27

Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan. Hati-hatilah kamu! Aku sudah terlebih dahulu mengatakan semuanya ini kepada kamu."

"Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit.

Ayat diatas adalah ayat yang menyebutkan tentang peringatan akan datangnya Mesias Palsu. Mesias Palsu seperti arti katanya mudah dipahami, yaitu sosok yang menjadi Mesias tetapi sebenarnya palsu. Ia menempati kedudukan atau jabatan Mesias yang sebenarnya agar menyesatkan banyak orang. Tentang Mesias Palsu berhenti juga sampai di ayat-ayat ini saja yang ditulis oleh Matius maupun Markus.

Yohanes juga menyebut sosok yang namanya Antikristus, yang juga istilah tersebut hanya ada di dalam tulisan-tulisan Yohanes saja. Markus dan Matius dan juga Lukas tidak menulis sosok yang disebut Antikristus.

Ada dua sosok misteri, di akhir jaman nanti yang disebutkan dalam nubuatan tetapi tidak semua penulis Injil menyinggngnya, yaitu Antikristus dan Mesias Palsu. Apakah mereka sama atau sosok yang berbeda.

Jika kita melihat arti kata Antikristus, sepintas seperti sosok yang digambarkan dalam arti kata ANTI bahasa Indonseia berikut copas dari KBBI, arti kata anti = tidak setuju; tidak suka; tidak senang: contoh ia sangat – thd rencana itu. Sering kali kita menghambarkan Antikristus sebagai sosok yang tidak suka atau benci dengan KRISTUS dan pengikutnya. Dalam KBBI kata anti dengan bentuk terkait (anti-) seperti kata anti-KRISTUS (antikristus), kata anti- memiliki arti yaitu melawan, menentang, memusuhi: contohgerakan antipolusi; obat antialergi

Antikristus dari bahasa Yunani, mencuplik dari Wikipedia (Inggris) untuk membantu memahami bahasanya, Antikristus diterjemahkan dari bahasa Yunani, ἀντίχριστος (bunyinya [anˈtikʰristos]). Terdiri dari dua kata: αντί + Χριστός (anti + Christos). “Αντί” dapat diartikan bukan saja “against” dan “opposite of”, tetapi juga “in place of”, sedangkan kata “Χριστός”, artinya “CHRIST” atau KRISTUS. Jadi secara bahasa arti anti itu bukan tidak suka atau alergi sama YESUS dan pengikutNya, tetapi sesuatu yang berusaha untuk menggantikan posisi Mesias atau hadir sebagai Mesias tandingan melawan Mesias yang dari Allah. Dalam kitab Markus dan Matius sosok yang sama disebut dengan sebutan Mesias Palsu.

Jadi kesimpulannya kata Antkristus dengan Mesias Palsu adalah menunjuk pada sosok yang sama. Jadi sebenarnya bukan Yohanes yang menceritakan Antikristus sendirian saja, tetapi Markus dan Matius juga menyebutkan kehadiran Antikristus dengan sebutan Mesias Palsu. Demikian sebaliknya Mesias Palsu bukan tidak ditekankan pentingnya walau Tuhan YESUS sendiri menyatakan dengan keras “Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu.”, hal ini dijelaskan panjang lebar dalam kitab Wahyu dan juga kitab sebelumnya yaitu kitab Daniel.

Bagaimana pendapat anda?

  1. Kalau Antikristus sama Mesias palsu memang sama, tetapi yang tidak sama sosok adalah Nabi palsu.
    Antikristus berarti berlawanan, atau bertentangan, namun Mesias palsu berarti sebagai “penganti” atau penganti Kristus.

  2. Nabi palsu atau guru palsu sama. Salah satu metode utama dari pekerjaan Iblis adalah merusak pesan Tuhan yang sesungguhnya melalui nabi-nabi palsu.

  3. Iblis berusaha menyerang konsep kekristenan dengan meniru Tritunggal Allah dengan menciptakan trinitas yang palsu.

pertama. Naga yang disebut juga ular tua dan juga disebut iblis (wahyu 12:9)

kedua. Antikristus juga disebut binatang (Wahyu 13:1-9; 17:3,8).

Ketiga. Nabi palsu Wahyu 13:11-18; 16:13; 19:20; dan 20:10.

Iblis menandingi dan ingin menyamai peran Allah Bapa. Antikristus ingin menandingi dan menyamai peran Tuhan Yesus. Nabi palsu ingin menandingi dan menyamai peran Roh Kudus…
Keinginan semacam ini ditularkan iblis kepada Hawa yang tadinya hidup Kudus, tetai ketika ia menawarkan bahwa “Engkau akan menjadi sama dengan Allah” (Kej. 3:5) menyebabkan Hawa terpikat ingin sama seperti Allah dan akan terulang lagi pada zaman Antikristus. Menjadi trinitas palsu. Amin.

Salam.
Salam

MESIAS2 PALSU SUDAH MULAI BERMUNCULAN DI DUNIA INI CONTOHNYA: JIM JONES; KORESH; SIBUEYA; LIA EDEN.
NAMUN TOLOK UKUR YANG MEMBUAT KITA MENGETAHUI BAHWA SESEORANG ADALAH SEORANG MESIAS PALSU DINYATAKAN RASUL PAULUS DALAM:
Gal 1:6 Aku heran, bahwa kamu begitu lekas berbalik dari pada Dia, yang oleh kasih karunia KRISTUS telah memanggil kamu, dan mengikuti suatu injil lain,
Gal 1:7 yang sebenarnya bukan Injil. Hanya ada orang yang mengacaukan kamu dan yang bermaksud untuk memutarbalikkan Injil KRISTUS.
Gal 1:8 Tetapi sekalipun kami atau seorang malaikat dari sorga yang memberitakan kepada kamu suatu injil yang berbeda dengan Injil yang telah kami beritakan kepadamu, terkutuklah dia.
Gal 1:9 Seperti yang telah kami katakan dahulu, sekarang kukatakan sekali lagi: jikalau ada orang yang memberitakan kepadamu suatu injil, yang berbeda dengan apa yang telah kamu terima, terkutuklah dia.

INI ADALAH TOLOK UKUR YANG TIDAK DAPAT DITAWAR2, JADI SEBENARNYA TIDAK SUKAR UNTUK KITA MENGETAHUI APAKAH SESEORANG ITU SEORANG MESIAS PALSU ATAU BUKAN YAITU DENGAN MENGUJI PENGAJARANNYA DENGAN Firman Tuhan YANG KITA KENAL DI DALAM ALKITAB; DAN INI MERUPAKAN HARGA MATI!!!