minat masuk STT... Tapi....

Saya minat sekali masuk STT…
dan kalau Tuhan ijinkan, saya mw jd Pendeta.

Tapi saya hanya punya Biaya yg minim untuk masuk STT…

Ada Saran di mana STT yang bagus dan biaya minim… ?
Atau beasiswa STT…

DAERAH JAKARTA SAJA…

:’(

:afro: :onion-head25: :onion-head30:

domisili bro dimana?

JAKARTA…

ada saran ?

mungkin bro bisa tanya ke bpk/ibu Gembala atau majelis di gerja bro
supaya bisa lebih “pas” pengarahan ilmunya :slight_smile:

Hmmm…pastinya…

tapi tau STT yg bagus dan biaya minim ga ?

Saya ada beberapa referensi STT terbaik di Indonesia… boleh klik aja ke situs saya http://www.garrytengker.co.cc/search/label/Daftar%20STT%20Terbaik%20Indonesia

Tapi saran saya adalah, ada beberapa hal yang harus dipikirkan, nanti saya akan bantu. (Saya juga alumnus dari sekolah theologi)

Pertanyaannya adalah:

  1. Apa latar belakang denominasimu?? (Protestan, Pentakosta, Karismatik, baptis)
  2. Tujuan kamu masuk sekolah Teologi untuk menjadi seorang apa?? (Pengkhotbah, Theolog, Dosen). Ingat tidak semua sarjana teologi adalah seorang pengkhotbah.
  3. Kamu mau sekolah inter-denominasi (biasanya tidak ditempatkan atau lebih sering buka gereja sendiri) atau sekolah dari denominasi tertentu (langsung ditempatkan)??
  4. Yang kamu maksud dengan murah itu berapa??? Kl apa 3 atau 4 atau 5 juta per semester, harus detail!!!
  5. Domisili dimana??
  6. Siap di asrama ga???

Kalau sudah dijawab, saya akan kasih beberapa pilihan STT terbaik…

STT aq kurang tau dimana… bener kt Geri tergantung denominasinya apa dl…

kalo aq pantekosta, yg ada cuma sekolah Alkitab. Kata anak2 yg pernah Sekolah Alkitab sih biaya ga mahal, trus di asrama. Dan Pantekosta berat, aturannya jg ketat.
Pendeta Pantekosta harus siap ditempatkan dimana saja setelah lulus.

o iya, 1 lagi… Jadi pendeta harus bener2 panggilan lho…, krn jadi pendeta tu ga gampang… berat, apa lagi kalo org itu ga bener2 yakin dg kputusannya.

uang masuk sekolah STT berapa ya?

Bukannya semua lulusan STT belum pasti ditempatkan di mana ya?
Nanti setelah lulus baru melamar kerja di gereja mana gitu…
Setau saya ga langsung bisa melayani… Harus melamar juga toh?
CMIIW

Coba ke STT ini http://graphe-ministry.org/bahasa/gits.html

Biayanya tidak mahal, karena memang tujuan mereka mendirikan STT bukan mencari keuntungan tapi mengajarkan kebenaran Firman Tuhan.

Selain itu kamu juga boleh mencoba dulu kelasnya, sehingga bisa mengetahui pengajaran nya benar atau salah. Berdasarkan pengalaman & pengkajian saya di lapangan, saat ini sudah banyak STT yang ajaran nya kacau, biaya masuknya mahal, mengejar akreditasi, dan hal duniawi lainnya.

Di STT GITS biayanya :

Pendaftaran untuk D1 / D2/ D3 / S1 = Rp 100.000
SKS = Rp 25.000 per SKS
Seragam Rp 150.000
Tidak ada biaya lainnya

Pengambilan jumlah SKS nya juga bebas, ada kelas extension. Namun walau kelas extension kualitas tetap diutamakan. Minimal nilai kelulusan beberapa materi doktrinal utama adalah 80, klo kurang harus mengulang :slight_smile:

Ajaran di STT ini sangat bagus, saya sering ikut seminar yang diadakannya dan bertanya jawab. Kamu juga bisa ikut seminarnya. Seminarnya gratis, sudah termasuk konsumsi dan lainnya. Konsumsi disediakan karena memang waktu seminarnya biasanya cukup panjang berkisar 7 jam. Namun sangat bagus sekali.

Buku - buku terbitan STT ini juga bagus, bahasa nya ringan namun pembahasan nya mendalam.

Semoga berguna
GBU

tergantung denominasinya bro…
setiap denominasi pny aturan sndiri

kalo di gereja aq, majelis yg tentukan… sebelum ditentukan, dia harus bekerja sbg pembantu gembala di gereja dimana sekolah Alkitab yg tentukan… setelah itu dia bisa buka pelayanan sendiri kalo sudah ditentukan oleh majelis daerah…

kalo di denominasi greja lain mungkin agak berbeda…

GRRR…

pusing mau masuk mana !
ada Pentakosata lah, protestan, calvin, karismatik, baptis…

beda2 gerejanya !

Lho, emang TSnya gereja di mana sih? Koq pake bingung segala??

Gerejanya sih Protestan, tpai mau masuk karismatik…

Jadi sebenarnya kl Protestan itu ada beberapa referensi:

  1. STT Jakarta (paling bagus dr sisi kualitas dan diakui dunia, tapi cukup mahal.)
  2. STT Reformed (Ini bagus tp biasanya berafiliasi langsung dengan gereja Reformed Injili-Pdt. Stephen Tong)
  3. STT Amanat Agung (Bagus dan sangat murah tapi berafiliasi dengan GKY)

sedang kalau untuk Karismatik harus diingat bahwa tidak ada penempatan, pilihan terbaik adalah

  1. Seminari Bethel (Ini sekolah Karismatik terbaik-versi saya lho)
  2. Harvest Theological Seminary (Cukup bagus tapi untuk mata kuliah seperti doktrin kurang, dan letaknya aga jauh - Karawaci)
  3. STT Bethel The Way (Cukup Bagus dan berafiliasi dengan GBI Pak Niko)

Yah saya pikir itu saja, ada banyak sih STT lain, tapi kl Anda ada pertanyaan mengenai STT, sebutkan saja nama STT-nya dan saya akan bantu kasih info…(Maklum saya pernah sibuk cari kampus untuk S-2, makanya saya hampir tahu semua STT di JKT, hehehehehe)…

Terakhir, selamat ya krn Anda sudah mau merespons panggilan Tuhan untuk melayani lebih dalam lagi

STT amanat agung ato STTRII…
dua-duanya dijkt…
coba aj km kunjungi website ny, setauku STTRII ada Boardcasting Ministry yg bisa didownload, gratis…km dengerin dulu aja… cocok gak dengan km…

  1. protestan
    2.pendeta
  2. dibawah 10juta
    5.jakarta
  3. siap

boss,

emang kalo mo jadi pendeta harus sekolah dulu ya? kalo emang harus, apa ga mendingan mulai sebagai pengerja digereja anda dulu… nantikan sama senior2 dibimbing… naik jadi pdp pdm, pdt deh…
kalo udah jadi pdp gitu nantikan bisa tanya2 sama pdt sekolah mana yg rekomended… yg visinya sesuai ama visi gereja anda…

ato ga apa ga mending jadi evangelis aja… sekalian lsg praktek…digereja ;D ,
kalo sekolah teologi apa ga cape banyak belajar doktrin2 gitu ?
kalo istilah martial art sih… semacam street fight skill / mma gitu… hehehe … maaf ya agak vulgar perbandingannya … belum lama ini nonton acara TV yg berantem bebas gitu deh… :char11:

tapi itu sih pendapat saya

kalo saya bilang mending kamu cari pak pendeta kaya raya… yg benar2 tulus hatinya :slight_smile:

hwhwhw john robert power mahal bos! mending ikutan nongkrongin Jakarta Lawyers club dulu!!! siapa tau bro teguh nanti bisa melayani di KPK, atau tersangka khusus koruptor… enak tuh… gampang dapet apel malang n washington. wkwkwk

seriusnya nih ya:
Mending bro teguh ikut pelayanan dulu, digereja yg akan dituju… nanti dri situ baru direferensiin… biar "style"nya sama dengan gereja tersebut.