Minta penjelasan ya.

  1. Adakah ciri tertentu atau khusus atas diri seseorang yang bertobat karena diprakarsai terlebih dahulu oleh Tuhan?

(Yoh 6:44 Tidak ada seorangpun yang dapat datang kepada-Ku, jikalau ia tidak ditarik oleh Bapa yang mengutus Aku, dan ia akan Kubangkitkan pada akhir zaman.)

(Yoh 14:6 Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.)

  1. Dan Apakah sso yang telah bertobat pada poin 1, maka hidupnya akan selaras/tidak melenceng dengan Firman Tuhan?

(Efe 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.)

(Ibr 7:25 Oleh karena itu untuk selama-lamanya Yesus dapat menyelamatkan orang-orang yang datang kepada Allah melalui Dia, sebab Ia hidup selama-lamanya untuk mengajukan permohonan kepada Allah bagi orang-orang itu.)

  1. Dan bila ini jawaban poin 2 adalah tidak.
    3.1. Apakah itu berarti org tsb bukan org pilihan?
    3.2. Keselamatannya jadi Hilang?
    3.3. Tuhan tidak menjaga org tsb?

Mohon minta penjelasan yang gampang dimengerti ya. Mksh & shalom

Apakah ciri2 orang yang bertobat?

coba lihat beberapa bukti berikut ini (bertebaran di Alkitab) :

  1. perumpamaan tentang Penabur. Tau dari mana bahwa tanahnya subur? Yaitu ada buah, tiga tanah lainnya ‘mati’, sedangkan tanah yang subur = berbuah.
  2. Ingat analogi ini, bahwa buah itu tergantung dari pohonnya? (Mat 7:8-10, 12:33) Dengan demikian, jika mau lihat kita orang pilihan atau ngak, bukti eksternalnya adalah buahnya bagus.
  3. Inget buah Roh? Konteksnya adalah di Galatia 1-5, yaitu tentang jangan ada Injil yang lain. Konteks dekatnya adalah Kristus telah ‘set us free’. Karena itu orang yang telah dibebaskan Kristus berjalan berdasarkan Spirit. Dengan demikian, orang yang berjalan berdasarkan jalan ROH KUDUS memiliki buah-buah Roh. (Galatia 5)
  4. dll

Jadi, salah satu bukti nyata bagi orang percaya adalah mereka berbuah. Tapi kapan?
Yang penting adalah berbuah pada musimnya, karena pohon yang gak berbuah ketika buah itu diexpect untuk ada, akan dikutuk untuk gak berbuah lagi. (Cerita Kristus mengutuk pohon ara)

2. Dan Apakah sso yang telah bertobat pada poin 1, maka hidupnya akan selaras/tidak melenceng dengan Firman Tuhan?

(Efe 1:4 Sebab di dalam Dia Allah telah memilih kita sebelum dunia dijadikan, supaya kita kudus dan tak bercacat di hadapan-Nya.)

(Ibr 7:25 Oleh karena itu untuk selama-lamanya Yesus dapat menyelamatkan orang-orang yang datang kepada Allah melalui Dia, sebab Ia hidup selama-lamanya untuk mengajukan permohonan kepada Allah bagi orang-orang itu.)


Ini saat teduhku pagi ini. Kudus jelas artinya di Alkitab, lebih sering diartikan sebagai ‘terpisah’. Dengan demikian, artinya kita kudus adalah kita itu dipisah oleh Allah dari orang-orang lain, dan dengan demikian, kita menjadi umat Allah.
Salah satu frase yang paling indah di Alkitab adalah ‘You Shall be My People, and I Will be Your God’. Ini artinya kudus.

Yang blameless (tidak bercacat), lihat sebagai harapan di masa depan, dalam konteks di kitab Wahyu, di mana Gereja dipandang sebagai pengantin wanita yang tak bercacat.

Karena tidak ada seorang pun yang boleh mengaku dia tidak berdosa. Jika ia mengaku tidak berdosa, ia adalah pembohong. (1 Yohanes 1)

3. Dan bila ini jawaban poin 2 adalah tidak. 3.1. Apakah itu berarti org tsb bukan org pilihan? 3.2. Keselamatannya jadi Hilang? 3.3. Tuhan tidak menjaga org tsb?

Mohon minta penjelasan yang gampang dimengerti ya. Mksh & shalom

Hmm… Mungkin lebih tepatnya gini. Apakah dengan tidak adanya buah, maka orang tersebut bukan orang Kristen? JAwabannya, kalau selama hidupnya dia hidup terus di jalan dunia, maka iya, itu orang bukan orang pilihan dari awal.
Tetapi penekanan saya adalah di musimnya, jadi justru lihat di waktunya. Uda berapa lama jadi orang Kristen? Kalau 1 tahun yah… Masi terlalu muda.
Inget ini, “Paulus menanam, Apolos menyiram, tapi Tuhan yang beri pertumbuhan?”

Di post sebelumnya, saya berbicara tentang buah.

Banyak bukti-bukti lainnya tentang siapa orang percaya itu, beberapa di antaranya adalah :

  1. Apakah kita mengenal Tuhan lebih dalam? (Yoh 17:3)
  2. Apakah kita membenci dosa? (Maz 97:10)
  3. Apakah tujuan utama jadi orang Kristen? Apa cuma mau surga? (Efe 1:1-14)
  4. Apakah kita sensitif terhadap dosa? (1 Yoh 1:5)
  5. Apakah kita mengasihi Tuhan? Well, mereka yang mengasihi Tuhan adalah mereka yang ‘keep His commandments’. (gak suka terjemahan Indo, ‘menuruti perintahNya’, karena keep His commandments itu lebih dari itu) - 1 Yoh 2:3
  6. Apakah kita hidup untuk uang? Karena Alkitab jelas, kita gak bisa melayani dua tuan, Tuhan dan uang. (Mat 6:24)
  7. Apakah kita mengasihi saudara seiman? Karena barangsiapa yang membenci saudara seiman secara terus-terusan seumur hidup, gak mungkin orang Kristen. (1 Yoh 3:10)
  8. Apakah basis keselamatan kita? Kita megang apa buat keselamatan kita? Adakah hal lain selain pekerjaan Kristus yang sempurna dan selesai? (Efesus 2:8, seluruh kitab Galatia, Roma 4)

banyak banget tes-tes lainnya. Gak semuanya kita bisa lakukan dengan sempurna, atau bahkan semuanya kita gak bisa lakukan dengan sempurna.
Tetapi ketika kita gak lakukan sama sekali, atau gak ada progress sama sekali dalam kehidupan Kristen kita, well, tandanya jelas, itu tanda orang dunia (orang yang gak diselamatkan).

1. Adakah ciri tertentu atau khusus atas diri seseorang yang bertobat karena diprakarsai terlebih dahulu oleh Tuhan?

Fil 2
2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Titus 3 : 5
3:5 pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
Yoh 3
3:8 Angin bertiup ke mana ia mau, dan engkau mendengar bunyinya, tetapi engkau tidak tahu dari mana ia datang atau ke mana ia pergi. Demikianlah halnya dengan tiap-tiap orang yang lahir dari Roh."

Lukas 24
24:31 Ketika itu terbukalah mata mereka dan mereka pun mengenal Dia, tetapi Ia lenyap dari tengah-tengah mereka.

24:34 Kata mereka seorang kepada yang lain: "Bukankah hati kita berkobar-kobar, ketika Ia berbicara dengan kita di tengah jalan dan ketika Ia menerangkan Kitab Suci kepada kita?"

Ada 2 hal yang Alkitab jelaskan :

  1. mata terbuka , dapat mengenal Yesus sebagai Tuhan
  2. hati yang berkobar2 ketika mendengar tentang Firman Tuhan.

Selebihnya dari pengalaman kita masing2 :

  1. mulai tidak menyukai apa yang dulu kita anggap tidak apa2, padahal bertentangan dengan Firman Tuhan.
  2. seluruh pandangan kita berubah tentang dunia ini.
  3. kita mulai dapat menilai dunia dan perbuatan2 dunia yang bertentangan dengan Firman Tuhan atau kehendak Tuhan.
  4. lebih peka dengan dosa.
  5. ingin menyenangkan Tuhan.
  6. mulai hati hati dengan segala tindakan kita.
  7. mulai dibawa ke Tuhan apa yang akan kita lakukan.
    dll
2. Dan Apakah sso yang telah bertobat pada poin 1, maka hidupnya akan selaras/tidak melenceng dengan Firman Tuhan?

Orang yang sudah lahir baru :

  1. Statusnya atau beingnya , kudus Ef 1 : 4
  2. perbuatan atau doingnya, masih dapat jatuh kedalam dosa.

Hidup orang percaya tetap akan jatuh bangun, dengan pertolongan Tuhan, makin hari makin baik.

Perjuangan dan pertandingan dan proses pengudusan itu tidak gampang penuh air mata dan kepahitan.

Pengudusan adalah pemisahan sifat2 lama kita yang tidak berkenan dengan kehendak Tuhan.

Roma 6:19
Aku mengatakan hal ini secara manusia karena kelemahan kamu. Sebab sama seperti kamu telah menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kecemaran dan kedurhakaan yang membawa kamu kepada kedurhakaan, demikian hal kamu sekarang harus menyerahkan anggota-anggota tubuhmu menjadi hamba kebenaran yang membawa kamu kepada pengudusan.

3. Dan bila ini jawaban poin 2 adalah tidak. 3.1. Apakah itu berarti org tsb bukan org pilihan?

Itu wilayah Tuhan, hanya Tuhan yang tahu.

3.2. Keselamatannya jadi Hilang? 3.3. Tuhan tidak menjaga org tsb?

Keselamatan kita tidak pernah hilang

Kalau kita pelajari Alkitab dengan teliti dan tekun, akan menemukan bagaimana Allah Tritunggal memelihara dan menjaga sampai kesudahan hidup kita, yaitu mati.

Apa yang direncanakan Allah Bapa didalam kekekalan bagi Umat PilihanNya, yang diperuntukan bagi diriNya, tidak mungkin gagal, mlik Allah, kepunyaan Allah.

Perjanjian Lama

Kej 2 : 16,17 Perintah Allah kepada Adam dan Hawa yang tidak boleh dilanggar, dan konsekwensinya.

Kejatuhan Adam dan Hawa menyebabkan dosa menjalar keseluruh umat manusia.

Akibatnya betapa jahatnya manusia
Kej 6
6:5 Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,

Sampai Sodom dan Gomora yang dibasmi oleh Allah atas kejahatan yang luar biasa.

Pengharapan bangsa Israel adalah Mesias yang dijanjikan di Kej 3 : 15, keselamatan mereka.

Mereka mempersembahankan pengorbanan binatang atas dosa mereka setiap tahun, untuk meredakan murka Allah atas dosa mereka dan mengingatkan dosa mereka.

Ibr 10
10:1 Di dalam hukum Taurat hanya terdapat bayangan saja dari keselamatan yang akan datang, dan bukan hakekat dari keselamatan itu sendiri.
Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus-menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.

Perjanjian Baru

JAMAN KASIH KARUNIA ALLAH YANG MERUPAKAN PEMBERIAN CUMA CUMA DARI ALLAH, BAGI UMAT PILIHANNYA, MILIK ALLAH, KEPUNYAAN ALLAH.

Ibr 6 : 4 - 6 adalah peringatan Allah bagi orang percaya.

Penggenapan akan kedatangan mesias digenapi.
Pengorbanan binatang dihapuskan, dan Tuhan Yesus mempersembahkan diriNYa, satu kali unutk selamanya.

Karena korban binatang tidak dapat menghapus dosa manusia.
Ibr
10:4 Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa.

Ibrani 10:
10:9 Dan kemudian kata-Nya: “Sungguh, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.” Yang pertama Ia hapuskan, supaya menegakkan yang kedua.

Pengorbanan binatang Perjanjian Lama dihapuskan, sehingga pengorbanan Kristus dilakukan.
10 : 10 Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.

10:14 Sebab oleh satu korban saja Ia telah menyempurnakan untuk selama-lamanya mereka yang Ia kuduskan.

10:15 Dan tentang hal itu ROH KUDUS juga memberi kesaksian kepada kita,

PERINGATAN TUHAN
10:38 Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."

10:39 Tetapi kita bukanlah orang-orang yang mengundurkan diri dan binasa, tetapi orang-orang yang percaya dan yang beroleh hidup.

Demikian juga di Ibr 6 : 4-6 jangan hanya membaca sebagian ayat saja, bacalah seluruh perikop seperti Iberani 10

Ibr 6 : 4 -6 adalah PERINGATAN PADA ORANG PERCAYA

6:9 Tetapi, hai saudara-saudaraku yang kekasih, sekalipun kami berkata demikian tentang kamu, kami yakin, bahwa kamu memiliki sesuatu yang lebih baik, yang mengandung keselamatan.

PENULIS NERUSAHA MENULIS BAHWA ORANG PERCAYA MEMILIKI SESUATU YANG LEBIH BAIK DARI AYAT 4 - 6 , YANG MENGANDUNG KESELAMATN, BUKAN MURTAD.

6:10 Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.

6:11 Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya,

PENGHARAPAN SUATU YANG PASTI, SAMPAI PADA ACHIRNYA

1 Kor 1
1:8 Ia juga akan meneguhkan kamu sampai kepada kesudahannya, sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus.

1:9 Allah, yang memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita, adalah setia.

Roma 1:16
Sebab aku mempunyai keyakinan yang kokoh dalam Injil, karena Injil adalah kekuatan Allah yang menyelamatkan setiap orang yang percaya, pertama-tama orang Yahudi, tetapi juga orang Yunani.

1 Korintus 1:18
Sebab pemberitaan tentang salib memang adalah kebodohan bagi mereka yang akan binasa, tetapi bagi kita yang diselamatkan pemberitaan itu adalah kekuatan Allah.

2 Tesalonika 1:11
Karena itu kami senantiasa berdoa juga untuk kamu, supaya Allah kita menganggap kamu layak bagi panggilan-Nya dan dengan kekuatan-Nya menyempurnakan kehendakmu untuk berbuat baik dan menyempurnakan segala pekerjaan imanmu,

1 Petrus 1:5
Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.

PERCAYAKAH ANDA AKAN KEKUATAN ALLAH YANG MEMELIHARA ANAK ANAK ALLAH , SAMPAI TUHAN MEMANGGIL KITA, PADA KESUDAHAN KITA ???

IMANILAH YANG TERTULIS DIALKITAB, JANGAN DIOMBANG ANBING OLEH MANUSIA.

Yer 32 : 40 Perjanjian kekal Allah dalam jaminan keselamatan.
32:40 Aku akan mengikat perjanjian kekal dengan mereka, bahwa Aku tidak akan membelakangi mereka, melainkan akan berbuat baik kepada mereka; Aku akan menaruh takut kepada-Ku ke dalam hati mereka, supaya mereka jangan menjauh dari pada-Ku.

Yes 46 : 4
46:4 Sampai masa tuamu Aku tetap Dia dan sampai masa putih rambutmu Aku menggendong kamu. Aku telah melakukannya dan mau menanggung kamu terus; Aku mau memikul kamu dan menyelamatkan kamu.

Fil1 : 6
1:6 Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

Yes 14 : 24
14:24 TUHAN semesta alam telah bersumpah, firman-Nya: "Sesungguhnya seperti yang Kumaksud, demikianlah akan terjadi, dan seperti yang Kurancang, demikianlah akan terlaksana:

Yes 14 : 27 Rencana Allah tidak pernah gagal.
14:27 TUHAN semesta alam telah merancang, siapakah yang dapat menggagalkannya?Tangan-Nya telah teracung, siapakah yang dapat membuatnya ditarik kembali?

mencari kehendak Allah …

2. Dan Apakah sso yang telah bertobat pada poin 1, maka hidupnya akan selaras/tidak melenceng dengan Firman Tuhan?
bisa seirama ... bisa pula ngga seirama ... namanya juga belajar orang belajar bisa jatuh... bisa pula lulus naik next level ..

@mlequi say tergantung buah roh dan pada musinmya.

Kalo mengacu pada buah roh yg disebut di alkitab bukankah hal tsb dapat ditiru?
Kalo mengacu pada musimnya, apakah memang tergantung lama atau baru menjadi org kristen?

@ RITA RATINA say Itu wilayah Tuhan, hanya Tuhan yang tahu.

wah…saya setuju sekali dan sangat suka dengan jawaban ini :afro:
Kalo gitu yang suka blg itu bukan org pilihan/orang pilihan menilai sendiri ya? :huh:

@ esther1 say bisa serirama, bisa pula tdk seirama, namanya juga belajar. Orang belajar bisa jatuh, bisa pula lulus naik next level.

Kalo jatuh, apakah jadi org dunia lagi alias tidak mencapai kekudusan. :huh:
Kalo lulus naik ke level apa ya?

maaf banyak tanya, dan makasih semua yang udah kasih masukan.

Ikut jawab ya, semoga ga bikin makin bingung,

  1. Cirinya ya ada buah pertobatan, tingkah lakunya berubah (bisa dilihat oleh orang lain) ada hubungan pribadi dengan Tuhan (yang ini ga bisa dilihat orang).

  2. Hidupnya semestinya selaras dengan Firman Tuhan, tapi ga mungkin secara ekstrim berubah. Jadi ada tahapannya juga bro/sist, hehehe… Tuhan Yesus menebus dosa orang tersebut, tapi pola pikirnya masih duniawi, tingkah lakunya masih belum berubah di awal-awal pertobatan. Oleh karena itu mesti terus diperbaharui oleh Firman Tuhan (hubungan pribadi dengan Tuhan).

Pada intinya, tingkah laku nya lah yang akan berubah juga sikap hati (memaafkan, rendah hati dsb). Tapi tingkah laku ini berubah bukan karena ingin selamat masuk surga, tapi sebagai ucapan syukur atas kebaikan Tuhan. :slight_smile:

Kalo gitu yang suka blg itu bukan org pilihan/orang pilihan menilai sendiri ya? :huh:

Roma 8 :
8:14 Semua orang, yang dipimpin Roh Allah, adalah anak Allah.

8:15 Sebab kamu tidak menerima roh perbudakan yang membuat kamu menjadi takut lagi, tetapi kamu telah menerima Roh yang menjadikan kamu anak Allah. Oleh Roh itu kita berseru: “ya Abba, ya Bapa!”

8:16 Roh itu bersaksi bersama-sama dengan roh kita, bahwa kita adalah anak-anak Allah.

Alkitab yang menjawab kamu, apakah orang pilihan mengetahui bahwa dia adalah orang pilihan , YA

Hanya orang yang bersangkutan yang telah dilahirkan oleh Roh Kudus yang mengetahui bahwa dia adalah orang pilihan Allah,

DAN TUHAN, karena namanya tertulis dikitab kehidupan.

Wahyu 21:27
Tetapi tidak akan masuk ke dalamnya sesuatu yang najis, atau orang yang melakukan kekejian atau dusta, tetapi hanya mereka yang namanya tertulis di dalam kitab kehidupan Anak Domba itu.

  1. Hmmm… begini… setiap orang siapapun itu setiap saat sudah pasti selalu TUHAN panggil… hanya karena manusia lebih mementingkan kehendak pribadinya… yang menjadikan itu benteng pemisah antara TUHAN dan kita… sehingga suara TUHAN tidak kita dengar lagi… biasanya orang yang benar2 bertobat… pernah mengalami suatu kejatuhan besar dalam hidupnya… disitulah ketika manusia sudah tidak memiliki jalan lagi dan satu2nya jalan… mereka mulai mencari TUHAN… dan ketika mereka mulai memiliki kesadaran keTUHANAN… dan TUHAN berkenan akan pertobatan mereka… dan mereka berserah pada TUHAN… maka TUHAN akan memberikan berkatnya yang besar pada mereka yang bertobat… masalah kejatuhan manusia itu ada peranan TUHAN… kadang kala itu dibutuhkan agar manusia sadar… ^^

  2. Setelah bertobat… manusia bisa saja kembali pada keduniawiannya jika mereka merasa hal duniawi lebih menarik bagi mereka… untuk itu, bergaul dengan TUHAN… harus selalu dilakukan… kapanpun dan dimanapun… agar kekudusan itu tetap terjaga…

  3. Orang pilihan … yang sudah dipilih sebelum dunia dijadikan… bagi saya… itu ditujukan untuk alat2 pilihan TUHAN(nabi) yang bertugas untuk membimbing manusia dari setiap generasi…
    3.1. Jd setiap orang itu memiliki kehendak bebas untuk menentukan mau ikut TUHAN atau dunia…
    3.2. Keselamatannya bukan hilang namun ditukar atau dilepaskan karena keinginannya akan neduniawian…
    3.3. TUHAN selalu memanggil manusia walaupun manusia itu sudah bertobat dan kemudian kembali jatuh… bentuk panggilan TUHAN itu berbagai macam… dan bentuk komunikasi TUHAN itu juga berbagai macam… hanya jika manusia tetap mengabaikannya sampai masa waktunya selesai di bumi… maka mereka akan kehilangan keselamatannya… dan menunggu untuk diputuskan secara adil… oleh TUHAN…

Semoga bisa menjadi masukkan…
TUHAN YESUS memberkati…

hmm…
Alkitab jelas tentang ini, pohon yang jahat hasilin buah yang jahat.
Pohon baik hasilin buah baik.

Bisa ditiru sih, cuma kan kalau dalam kasus menilai diri, kita bisa jujur sama diri sendiri.
Hmm… kalau pada musimnya, itu tergantung waktu Tuhan sebenernya. Yang pasti, tugas kita adalah mengerjakan keselamatan dengan takut dan gentar.

Btw, jangan dilihat sebagai ‘kriteria’, tapi lihat sebagai sense. Susah dijelasinnya sih.

ketika jatuh…tetap jadi orang dunia…(orang masih tinggal di dunia) he…he…
orang yang bertobat itu bisa jatuh ke dlm dosa… krn masih dibungkus daging…
daging itu yg membuat roh yang bertobat…jatuh…

Kalo jatuh yang bangkit lagi… minta ampun sama Tuhan …
minta anugerah Tuhan … orang yang bertobat harus hidup dalam pertobatan setiap hari…

Kalo lulus naik ke level apa ya?

ya naik posisinya di hadapan Tuhan

saat orang baru bertobat : posisinya sbg anak atelah itu hamba… naik lagi jadi sahabat Allah
spt itu… makin tinggi levelnya …tuntutan Tuhan makin tinggi

sewaktu jadi bayi… ya klo berdosa…Tuhan masih dengan ramah bisa berkata… bangkit nak… Aku mengasihimu …
bayi beranjak kanak kanak… Tuhan pake sentilan2 kecil… kanak2 tumbuh jadi remaja … ya mulai dpt hajaran dr Tuhan kalau berdosa… spt itu

dari anak2 menjadi hamba… di sini Tuhan sudah mulai utus … pergi ke sini…pergi ke situ…
saat jadi hamba , jika dosa… kadang Tuhan biarkan iblis menyerang nya … kalau berbuat dosa,

next level terus, di dlm Tuhan ada pertumbuhan …
baik secara rohani maupun iman…

Kirain saya klo naik kelas, Bisa minta apa saja dan pasti dikabulkan… :’( :’( :ashamed0002:

Tapi gpp, tetap semangat :cheesy:

Banyak Input dan Masukan dari Rekan2 se Iman yg BAGUS2 sudah diberikan untuk Anda !
Saya cuma mau memperdalam saja agar anda mempunyai PERSEPSI yg BENAR dan BETUL sebagai Ciptaan-Nya yg diberi Free Will oleh-Nya !

Perhatikan kata2-Nya :

MINTALAH, maka engkau akan DIBERI.
CARILAH , maka engkau akan MENDAPATKAN
KETUKLAH, maka engkau akan DIBUKAKAN!”

Apa yg anda rasakan TERSIRAT dalam Perintah-Nya yg TERSURAT diatas ?
Bukankah ada INISIATIF dari HATI anda SENDIRI sebagai PEMULA dan PENGGERAK nya ? :mad0261: :coolsmiley: :happy0062:

Siapa yg menggerakkan INISIATIF itu, kalau bukan FREE WILL anda sendiri ?! Kita bukan HIDUP di Dunia ALADIN, semua bisa datang SENDIRI oleh Jin Aladin ! :coolsmiley: :happy0062:

Selamat di RENUNGI, ya Bro Asung ?! Ngomong2 kalau lagi bikin Baso Afung, panggil2 ya Bro ! Soalnya … Maknyosssss, sip Oke’ punya sih ! :afro: ;D

tambahin ini juga, sebenernya very simple.
Tugasmu hanya mengerjakan apa yang harusnya kamu kerjakan, yaitu ‘mengerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar’, sehingga ‘kamu bisa yakin bahwa kamu adalah orang yang terpilih’.

Karena ada tertulis “barangsiapa yang mengaku dengan mulutnya dan percaya dalam hatinya akan dibenarkan dan diselamatkan oleh Allah”.
Jadi saya uda bicara panjang lebar tentang ciri-cirinya yang ‘lebih eksternal’. PErtanyaan paling simpelnya adalah, kamu desire Kristus yang sudah mati itu, menjadi Tuhan atas kamu?
Jika iya, then gunakan test-test itu sebagai peneguh iman :slight_smile:

Huss jangan berhenti sampai HANYA atuh dong … lanjutkan dengan BERBUAH BANYAK (Bagi2 dan TULARKAN Keselamatan yg sudah kamu dapat itu kepada orang2 disekitarmu !) , siapa tau dapat mahkota di Kerajaan 1000 tahun, 'kan BANGGA dong !

seperti yang saya bilang di bagian sebelumnya, buah itu reward → pemberian Tuhan.
bagian ‘hanya’ itu susah sekali dilakukan btw ;D

Bro kalau sudah melewati HANYA , maka kitalah yg akan memberikan dan mengeluarkan BUAH, bukannya TUHAN Langsung … Tuhan mah gak serakah, semua mau dikerjakan-Nya SENDIRI … bila kamu didalam Aku (Pokok Anggur yg Benar) maka engkau akan BERBUAH BANYAK.
Tetapi siapa yg diluar Aku, maka ia tidak dapat berbuat apa2 !
Bro mana ada Buah Anggur langsung NONGOL dan NONGTOT keluar dari Pokok Batangnya , selain melalui ranting2 nya ?! :coolsmiley: :happy0062:

Liliput, jangan lupa ayat2 yang paling penting : :char11:

1 Yohanes 5:14
Dan inilah keberanian percaya kita kepada-Nya, yaitu bahwa Ia mengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepada-Nya menurut kehendak-Nya.

Fil 2 : 13
2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

Gal 2
2:20 namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diri-Nya untuk aku.

Didalam Kristus, kita baru mampu berbuah menurut kehendak Allah, diluar Kristus kita tidak mampu berbuat apa apa.

Manusia itu seluruh hidupnya tergantung pada Allah Penciptanya, tanpa kekuatan dari Allah, dan pertolongan Roh Kudus, kita tidak mampu berbuah menurut standard Allah.

Roma 8 : 28
8:28 Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.