Minyak Urapan: Alkitabiah nggak ya???

Akhir2 ini beberapa Gereja mulai mempopulerkan minyak urapan dalam Perjamuan Kudus. Setiap jemaat dapat satu botol kecil “minyak urapan” yang gunanya dioleskan kebagian yang sakit, bagian tubuh itu bisa sembuh. Kalau dioleskan di etalase/pintu toko, sambil didoakan, tokonya bisa laris, dst, dst…
Apakah hal ini Alkitabiah? Kalau nggak, kenapa banyak gereja yang menjalankan ritual ini?
Kenyataan : Ada jemaat yang jualan soto, trus satu panci soto ditetesin beberapa tetes minyak urapan. Tanpa disangka2, hari itu sotonya laris luar biasa sampai habis tak tersisa. Ini cuma salah satu kesaksian aja diantara banyak kesaksian yang lainnya.

memang ada ayat yg berbicara ttg mengoleskan minyak

markus 6:12
Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat,
13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

sampi di sini, maksud saya, mengoleskan orang sakit dgn minyak, masih alkitabiah

Tapi, lebih dari itu, saya kurang jelas.

menurut saya kayak tukang obat!

Pemakaian minyak urapan adalah Alkitabiah.
Asalkan jangan ekstrim.

Batasan ekstrim adalah :
‘Jika tidak ada minyak urapan, maka tidak akan bisa’ atau ‘Saya ngga yakin kalo ngga pake minyak urapan’ atau ‘Pokoknya saya harus pakai minyak urapan’ atau ‘Ini tjd karna ngga pake minyak urapan’.

Nah, kl ada org yg udah mulai bsikap spt itu, maka pandangannya sudah ekstrim.

Kadang kala minyak urapan lebih dipercaya daripada nama Yesus sendiri.
Nah, ini yg salah.
Saia setuju apa yg disampaikan oleh Siip.

Minyak urapan hanya sebuah sarana / alat yang digunakan untuk penyembuhan (spt obat dari dokter, dll) tapi percaya tentang kesembuhan hanya kepada Yesus saja karena Yesus adalah dokter dari segala dokter…saya pribadi sih kurang yakin akan minyak urapan, ngapain pake minyak urapan - langsung aja minta sama Tuhan Yesus :afro:

Benar Bro,
Tp kita juga tidak bisa mbatasi Allah.

Jika kita baca di Alkitab, tidak smua ksembuhan terjadi hanya lewat doa dan iman.
Ada kalanya ksembuhan terjadi mlalui sbuah sarana dimana sarana tsb mjd syarat.

Misalnya,
Elisa mnggunakan garam utk mtahirkan air, Musa mnggunakan tiang ular utk mdatangkan ksembuhan, Naaman sembuh stelah brendam di sungai Yordan, dsb.

Sangat mungkin minyak urapan digunakan Tuhan utk mngalirkan berkat ksembuhan, plindungan maupun klimpahan. Kita tdk bs mbatasi Dia.

Lagipula tidak semua anak Tuhan punya kadar iman yg sama.
Ada orang yg sedang dlm proses pertumbuhan rohani shg ia masih butuh didukung oleh sarana.

Asalkan jangan ekstrim saja.
Jangan bergantung pd sarana itu.
Jangan mbentuk sbuah ‘doktrin mutlak’ bdsk sarana jasmaniah.

Elisa tidak selalu bawa-bawa garam utk mnahirkan air, Musa tidak bawa tiang ularnya kmana-mana utk mbawa ksembuhan, org sakit kusta juga tidak cari-cari sungai Yordan utk tahir.

Sarana hanya bsifat smentara sesuai kgerakan Tuhan yg dinamis.

Alkitabiah asal jangan disembah dan dijadikan jimat

Nih Minyak urapan yang asil menurut alkitab:

Keluaran 30:22. Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: 30:23 "Ambillah rempah-rempah pilihan, mur tetesan lima ratus syikal, dan kayu manis yang harum setengah dari itu, yakni dua ratus lima puluh syikal, dan tebu yang baik dua ratus lima puluh syikal, 30:24 dan kayu teja lima ratus syikal, ditimbang menurut syikal kudus, dan minyak zaitun satu hin. 30:25 Haruslah kaubuat semuanya itu menjadi minyak urapan yang kudus, suatu campuran rempah-rempah yang dicampur dengan cermat seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah; itulah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus.

Tentang penggunannya:
Keluaran 30:31 Dan kepada orang Israel haruslah kaukatakan demikian: Inilah yang harus menjadi minyak urapan yang kudus bagi-Ku di antara kamu turun-temurun. 30:32 Kepada badan orang biasa janganlah minyak itu dicurahkan, dan janganlah kaubuat minyak yang semacam itu dengan memakai campuran itu juga: itulah minyak yang kudus, dan haruslah itu kudus bagimu. 30:33 Orang yang mencampur rempah-rempah menjadi minyak yang semacam itu atau yang membubuhnya pada badan orang awam, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."

Keluaran 30:38 Orang yang akan membuat minyak yang semacam itu dengan maksud untuk menghirup baunya, haruslah dilenyapkan dari antara bangsanya."

Salam.

Minyak urapan juga digunakan umtuk mentahbiskan seorang raja seperti saul , Daud dll, juga imam-imam…
di perjanjian baru… dipakai dalam mendoakan orang sakit…tapi bukan berarti kalau tidak ada minyak urapan nggak bisa mendoakan orang sakit…
lebih dari itu nggak boleh dipakai sembarangan…jangan seperti jimat…kalau nggak bawa minyak urapan(jimat) nggak mempunyai Kuasa Tuhan.

aku juga masih ragu dengan minyak urapan utk penglaris

kalo buat penglaris itu namanya berhala

sebenarnya penamaan minyak urapan saat ini kurang tepat. Karena minyak urapan, hanya dipakai untuk upacara di bait suci. Dan itupun ada formulanya sendiri.

lebih tepat disebut minyak saja, tanpa embel embel lainnya. Minyak yg dipakai saat ini, hanyalah minyak zaitun saja, tanpa pemakai formula apapun.

Yakobus 5:14 Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan.

Markus 6:12 Lalu pergilah mereka memberitakan bahwa orang harus bertobat, 6:13 dan mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak dan menyembuhkan mereka.

Hanya dua kutipan ayat ini yang menyatakan mengunakan minyak untuk penyembuhan.
Sekali lagi untuk “penyembuhan” bukan untuk buat “penglaris”.

Kl penglaris mah… Gunung Kawi sono lebih manjur.

Salam.

Kalau di PL seorang Imam ditahbisan dengan minyak Urapan, di PL lebih menunjukan minyak urapan Roh Kudus

he…he…kalo jadi media penglaris apa ngga jadi kristen klenik :onion-head33:

@ALL FRENDss

Sebetulnya Kalau kita sudah Baca Alkitab dari Kitab KEJADIAN s/d Wahyu…
Kita semua nantinya bisa faham dan memaklumi…akhirnya jatuh mengerti.
Apasih makna di balik minyak urapan itu…??
Kalau kita hanya melihat buntuk zatnya saja dalam minyak urapan itu, pasti kita juga berpikir…kenapa sih bukan jenis minyak yang lain…???
Jika berpikiran seperti itu …maka orang tsb belum memahami dan mengerti isi ALKITAB SECARA BENAR…!!!

Jadi mnurut saya, kalau kita sadar dan cerdas…knapa dikatakan sebagai minyak urapan…? sudah tentu Alkitab yang mengajarkannya.dan .bukan diajarkan dari ikitab kitab yang lain ( di luar Alikitab) mengenai istilah minyak urapan tsb…!!!

Kenapa bisa hanya di Alkitab…?? YA KARENA ITU SUDAH TRADISI ADAT
Bangsa Israel.menggunakan Minyak Urapan tsb untuk aktifitas tertentu ( berkaitan masalh spiritualitas ).!! Lantas kenapa bisa begitu…?? Ya karena minyak urapan itu hanya bisa di hasilkan atau diproduksi dari daerah alam Israel sana. Dari mana asalnya…Produk minyak uraopan tsb.?? Sudah tentu dari Puhon Zaitun yang banyak tumbuh subur di sana.
Tepatnya buah Zaitun tsb jika di proses destilasi ( secara teknisnya) yang menghasilkan minyak urapan tsb…bukan berasal dari buah korma atau kelapa sawit…broo…!!

Sekarang dunia yang sdah moderen ini dalam segala sesuatunya menjadi serba produk yang mempunyai sebutan serba wah.(bermerek mahal)…!!! jika dikaitkan berbicara masalah minyak yaitu ada minyak untuk polesan, untk penyedap masakan, untk sembuhkan sakit…dll faedah/ kegunaan lah pokoknya…

Tetapi kalau bicara Minyak urapan ( sebagaimana informasi yang tertulis jelas dalam Alkitab ), maka konotasi kita ( jika kita umat Kristen) adalah
masalah Penyembuhan orang sakit dan berkaitan permasalahannya persekutuan dengan Tuhan.

Pada dasarnya, manusia selalu berpikir ( sesuai dengan kodratnya ) dan memiliki keterbatasan dalam menggapai harapan dalam setiap pergumulan Hidupnya. Dengan demikian manusia selalu membutuhkan sarana untuk sampai pada harapannya dan menuntaskan harapannya.
Jika bergumul dengan masalah duniawi ( pekerjaan, cari mafkah, dll), maka sarananya pasti sudah ada, misalnya harapannya mau pergi ke kantaor biar cepat sampai maka sarana yang dipakai adalah mobil/motor.
/kreta api.
Kemudian harapannya mau cepat sembuh dari sakit, maka pergi ke dokter
atau rumah sakit.
Kemudian lagi harapannya untuk dapat menyapa teman lama/sodara familinya, maka menggunakan sarana telepon ( pstn atau hand phone)

Jadi secara sadar ,manusia itu memerlukan sarana(.apapun bentuknya).dan tidak boleh tidak dalam setiap tujuan harapan terindahnya. Suatu Hal yang mustahil bagi manusia tsb, jika masalah sarana menjadi diabaikannya sama sekali.
Kecuali Tuhan…tiada yang mustahil Bagi Nya.

Nahh…sekarang , orientasi kita masuk dalam hal kerohanian/ spiritualitas kita…jika kita bergumul dalam kehidupan kita hari lepas hari… Sudah tentu segalanya berpusat pada Allah Bapa yang ada SoRGA di dalam nama Tuhan Kita Yesus Kristus.

Saat kita sakit maka kita berdoa minta kesembuhan Dan Mohon CampurTangan Dari Tuhan Yesus Kristus kan…?? Dan bagaimana supaya kita menjadi lebih yakin bahwa Tuhan akan datang menjamah…??? Yaaa…Makanya kita menggunakan Minyak Urapan ( sebagai sarana ) yang
kita harapkan sebagai manifestasi dari Kebesaran dan Kuasa…Allah yang akan bekerja pada penyembuhan masalah penyakit kita .
Jadi sifatnya sangat…sangat Alkitabiyah sekali…dari pada diolesi air dari dukun atau sejenis orang pintar ( yang non_kristen).
Dengan demikian mukjizat Tuhan Yesus dapat bekerja pada diri kita manusia. Sarana tsb menjadikan jalan Tuhan lebih nyata dipernyatakan.

Jadi maknanya "sarana "yang digunakan ( apapun bentuknya), dimana yang penting sesuai tujuannya MAKA Sudah diajarkan dan di buktikan dengan jelas dalam Alkitab, dan ini sebetulnya sudah menjadi Prinsip kerja Allah untuk mempernyatakan Mukjizat NYA dengan nyata dan sempurna.
Sebagai contoh pengunaan sarana ya…:
1). Waktu Nabi MUSA mau membelah Laut mati ( saat dikejar tentara
mesir), Maka Beliau mengunakan Tongkat Kayu KAN…sbg sarananya.??
2). Waktu Tuhan Yesus membuat Anggur ( dalam pesta kawin di KAnaan)’
Maka Tuhan menggunakaan air biasa + tempayan sebagai sarananya.?
3). Waktu TYK mau memberi makan 4 ribu s/d 5 ribu orang, Maka Tuhan
menggunakan 3 ekor ikan+ 2 kerat roti kan…sbg sarananya…???
4). DLL contoh

Kesimpulannya : Sarana adalah Memberi Jalan bagi Tuhan ALLAH dapat
bekerja dengan Kuasanya yang Maha Dahsyat…yang
di siapkan oleh kita manusia yang percaya kepadaNYA.
Jika kita sudah juga menyiapkan sarana tapi 100% kita
manusia tidak yakin dan percaya Kepada Tuhan.maka
sia sia lah bagi manusia itu…dan bisa dikatakan manusia
tas munafik th kepercayaan/keyakinannnya.
Demikian halnya Kalau kita mengunakan sarana Minyak urapan, Bukan Minyak urapannya yang sakti mandra guna bisa mennyembuhkan segala macam penyakit…!!! Tapi Kuasa Tuhan ALLAH YANG ADA DI BALIK MINYAK URAPAN TSB…yang bekerja melalui Sarana Minak Urapan tsb.

*Gereja manapun atau Denominasi manapun, diperbolehkan menggunakan minyak urapan…ga ada tuhh…larangan yang macam macam yang tertulis dalam Alkitab…bebas siapapun boleh gunakan itu …yang penting prinsipnya seperti penjelasan diatas tadi.( tidak menyimpang)

Salam GBU

( tidak menyimpang)

seringkali definisi “tidak menyimpang” yang bisa jadi debat dan polemik yg berkepanjangan :slight_smile:

kayaknya bukan Yesus, tapi minyak urapan yang diagung-agungkan…