Mo tau Tips & Tricks IT, HP...

3 Langkah Mengaktifkan Webcam di Skype

Menelepon lewat internet dengan memanfaatkan media PC saat ini menjadi salah satu alternatif komunikasi yang murah meriah. Skype adalah salah satu solusi populer yang banyak digunakan untuk bertelepon via internet.

Skype adalah sebuah program komunikasi VoIP (Voice Over Internet Protocol) dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini dapat di-download secara bebas di internet secara gratis.

Bagi Anda yang suka ngobrol (chatting) sambil liat-liatan alias melihat langsung lawan bicara layaknya video call, Anda bisa memanfaatkan fitur webcam yang ada di Skype. Bagaimana mengaktifkan webcam di Skype? Simak tipsnya, pastikan Anda login terlebih dahulu sebelum melakukan konfigurasi.

1. Klik menu Tools pada Skype, lalu pilih Options.
2. Pada window Options, klik button “Video Settings” yang ada di sebelah kiri window. Atur settingan webcam sesuai keinginan Anda. Pastikan Anda telah mengaktifkan menu Enable Skype Video.
3. Jika ingin mengubah setingan kamera, seperti brigtness, contrast, klik tab Webcam Settings setelah itu klik Apply.

Semua artikelnya ini, aku dapat dari www.Detik.com:smiley:


2 Jurus Jitu Membuka Tab Firefox yang Tertutup

Pada browser FireFox terdapat fitur bernama tab browsing di mana user bisa menjelajahi internet dan membuka halaman web pada tab yang terpisah dalam satu window. Jadi tidak perlu membuka banyak window jika ingin membuka banyak situs sehingga taskbar terlihat penuh.

Namun seringkali user tanpa sengaja menutup tab browser yang sebenarnya masih ingin dijelajahi karena ada informasi penting di dalamnya yang belum dibaca, bahkan berencana untuk mem-bookmark situs tersebut.

Jangan khawatir, para pengembang web browser sebenarnya sudah memikirkan skenario ini dan mengimplementasi sebuah fitur di mana tab yang tak sengaja ditutup dapat dibuka lagi. [b]Caranya sangat mudah:

  1. Klik menu History pada browser Firefox.
  2. Pilih Recently Closed Tabs, lalu carilah situs yang tak sengaja Anda tutup tadi.[/b]

Cara lainnya yang lebih singkat lagi adalah tekan tombol Ctrl+Shift+T pada keyboard, tab browser yang baru saja Anda tutup bisa dibuka lagi.

Selamat mencoba!


3 Jurus Singkat Membuat Shortcut Situs di Desktop

Agar lebih menghemat waktu berinternet, Anda bisa membuat sebuah shortcut situs yang sering Anda kunjungi pada desktop komputer.

Cara tradisional yang biasanya digunakan di browser Internet Explorer 7 (IE7) untuk membuat shortcut adalah dengan mengklik menu File pada browser, lalu pilih Send To, kemudian Shortcut to Desktop. Namun di browser Firefox tidak ada pilihan menu seperti itu.

Ada cara lain dan juga cepat untuk membuat shortcut situs di desktop, dan, seperti dikutip dari Techdreams, Rabu (15/10/2008), bekerja di browser IE maupun Firefox. [b]Ini dia caranya:

  1. Buka browser (IE/Firefox), lalu buka halaman situs yang ingin dibuat shortcut-nya.
  2. Ubah ukuran browser sampai Anda bisa melihat desktop dan browser secara bersamaan.
  3. Drag and drop icon kecil yang ada di sebelah kiri address bar browser ke desktop Anda.[/b]

Kini situs-situs favorit Anda bisa dikunjungi hanya dengan mengklik dua kali (double click) icon situs terkait pada desktop. Selamat browsing!


4 Tools Gratis Mengembalikan File yang Terhapus

Pernah menghapus file-file penting di komputer tanpa disengaja? Kasus seperti ini mungkin pernah menimpa Anda, terkadang terjadi karena kita tengah terburu-buru atau dikejar waktu.

Namun jangan khawatir, Anda bisa menggunakan tools khusus untuk mengembalikan file-file tadi. Berikut ini ada 4 tools yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Tools ini dapat di-download secara gratis di internet.
[b]

  1. Undelete Plus[/b]
    Di antara aplikasi-aplikasi gratis yang beredar di luaran untuk mengembalikan file yang terhapus, Undelete Plus salah satu yang dapat digunakan. User interface-nya (antar muka) tergolong sangat simpel. Anda dapat mengembalikan file-file yang terhapus dengan mudah sesuai dengan tipe file, misalnya Application, GIF graphics, HTML Documents, PDF.

Tools ini beroperasi pada sistem operasi Windows 95, Windows 98, Windows Me, Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows 2003 dan Windows Vista. Anda dapat men-download Undelete Plus di: http://www.undelete-plus.com/

2. Restoration

Restoration adalah salah satu aplikasi untuk mengembalikan file yang terhapus. Tools ini juga sangat mudah digunakan dan tidak perlu diinstal di komputer. Cukup download toolsnya di: http://www.snapfiles.com/get/restoration.html, lalu jalankan file executable-nya untuk mengembalikan file yang terhapus.

3. PC Inspector File Recovery
Meski user interface PC inspector File Recovery tidak begitu user friendly, aplikasi ini tergolong sangat ampuh untuk mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus. Sesudah dilakukan proses scanning, akan tersaji file-file yang terhapus dalam folder dengan struktur pohon (tree structure) untuk mempermudah pencarian. Dengan begitu, Anda dengan mudah dapat mencari dan memilih file/folder yang terhapus, lalu klik icon “save” untuk mengembalikan file. Tools ini dapat di-download di: http://www.pcinspector.de/Sites/file_recovery/info.htm?language=1

4. Recuva
Recuva sering disebut juga sebagai “Recover”. User interface-nya sangat sederhana. Pada mode basic, tools ini akan menampilkan daftar file-file yang terhapus yang bisa dikembalikan. Jika Anda menggantinya ke mode advanced, maka proses scanning ulang akan dilakukan dan muncul pilihan untuk menampilkan informasi berisi daftar file-file yang terhapus. Tools ini dapat di-download di: http://www.recuva.com/


4 Tahap Cara Mengusir Antivirus Gadungan

Saat ini ada 304 antivirus gadungan yang terdeteksi beredar dan menginfeksi ribuan komputer di Indonesia. Selain lewat flashdisk, virus ini dapat menyebar melalui e-mail dengan mengirim pesan palsu berisi attachment.

Virus beraksi dengan memberikan sebuah pesan palsu yang menyerupai program Windows, yang seolah-olah memberitahu bahwa di komputer Anda terdapat spyware/virus, lalu menginstal program antispyware palsu yaitu ‘XP AntiSpyware 2009’.

Untuk membersihkannya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Ini dia caranya:

1. Putuskan hubungan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan.
2. Scan komputer Anda dengan menggunakan removal tool. Anda dapat menggunakan removal tool dari Norman untuk membersihkannya (dapat anda download di sini http://download.norman.no/public/Norman_Malware_Cleaner.exe

3.
Hapus string registry yang telah dibuat oleh virus. Untuk mempermudah dapat menggunakan script registry dibawah ini.

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,“regedit.exe “”%1"”"
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,"""%1"" %*"
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Bar, 0
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Page, 0
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Start Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Default_Search_URL, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Search Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Main, Start Page, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Internet Explorer\Search, SearchAssistant, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, AntiVirusDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, FirewallDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Security Center, UpdateDisableNotify, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Windows, AppInit_DLLs, 0
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”

[del]
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, braviax
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, braviax
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, brastk
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\MountPoints2, {706ab86c-937e-11dd-a04c-000c290bc510}
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Executions Options, Explorer.exe

Gunakan notepad,
kemudian simpan dengan nama “Repair.inf” (gunakan pilihan Save As Type menjadi All Files agar tidak terjadi kesalahan). Jalankan repair.inf dengan klik kanan, kemudian pilih install. Sebaiknya membuat file repair.inf di komputer yang clean, agar virus tidak aktif kembali.

4. Untuk pembersihan yang optimal dan mencegah infeksi ulang, sebaiknya gunakan antivirus yang terupdate dan mengenali seluruh file instalasi virus ini dengan baik.


5 Fitur Paling Populer di Google

Ada banyak fitur spesial di mesin cari Google yang dapat membantu kita menemukan apa yang kita cari. Di antara Anda mungkin sudah mengetahuinya. Beberapa fitur yang populer di Google adalah:

1. Perhitungan matematika sederhana.
Mesin cari Google bisa melakukan perhitungan matematika sederhana seperti penjumlahan, perkalian, pembagian atau pengurangan, karena memiliki kemampuan fungsi sebagai kalkulator. Ketikkan angka yang ingin dihitung beserta tanda perhitungannya ke dalam kotak mesin cari, misalnya: 5+3*5, lalu tekan tombol Enter atau klik tombol Search di Google.

2. Konversi mata uang.
Fasilitas konversi mata uang juga tersedia di mesin cari Google. Cukup ketikkan angkanya diikuti tanda mata uangnya yang ingin dikonversi dari mata uang tertentu ke mata uang yang diinginkan di kotak mesin cari, misalnya: 100 USD in INR, lalu tekan Enter.

3. Melihat waktu di berbagai kota di seluruh dunia.
Anda bisa mencari tahu waktu lokal di sebuah kota atau negara lain. Cukup ketikkan time in [nama kota/negara] di kotak pencarian untuk mencari tahu dengan mudah waktu lokal di sebuah kota/negara. Misal: time in Barcelona.

4. Konversi unit.
Selain berfungsi sebagai kalkulator, mesin cari Google juga bisa mengkonversi ukuran. Misalnya: 100 inch in meter.

5. Cek ejaan.
Google juga punya fasilitas mengecek ejaan, baik ejaan biasa untuk kata benda seperti nama dan tempat, yang mungkin tidak muncul di program spell check atau kamus standar.

selamat mencoba…!!!


8 Cara Jitu Menangkal Penipuan Situs Aspal

Peredaran situs aspal (asli tapi palsu) untuk mencari mangsa di internet sudah jamak terjadi. Pelaku seakan tak mau berhenti dengan kerap melakukan penjiplakan terhadap situs-situs yang penggunanya memiliki data sensitif.

Pihak institusi semisal bank tempat pengguna itu bernaung tentunya kerap memberikan peringatan akan hal ini. Pun demikian, dibutuhkan juga kewaspadaan dari pengguna agar aksi penipuan ini bisa ditangkal.

[b]Berikut adalah 8 cara jitu untuk mencegah aksi tipu-tipu yang biasa dilakukan lewat situs palsu :

  1. Selalu ketikkan URL yang lengkap untuk alamat situs yang Anda tuju di browser. Telitilah, meskipun hanya berbeda satu huruf, namun bisa jadi Anda malah akan dikirim ke situs jiplakannya.

  2. Jangan pernah memberi tahu User ID atau PIN Anda pada orang lain. Bahkan pada staf bank tempat Anda bernaung sekalipun. Sebab, seharusnya pihak bank tidak pernah menanyakan nomor PIN untuk alasan apapun.

  3. Jangan mudah percaya jika mendapatkan e-mail yang berisi pemberitahuan bahwa pihak bank akan menutup rekening atau ID Anda jika tidak melakukan konfirmasi ulang dengan data-data pribadi Anda. Pastikan lebih dulu dengan menghubungi bank yang bersangkutan dan jangan me-reply atau mengklik link yang ada pada e-mail tersebut.

  4. Jangan terpancing untuk mengikuti anjuran melakukan transfer ke rekening tertentu, dengan tujuan mendapatkan hadiah undian. Sebaiknya cari keterangan lengkap dengan cara langsung menghubungi pihak bank langsung.

  5. Sekilas, halaman situs aspal nyaris sama dengan situs resmi milik institusi/lembaga yang resmi. Bahkan tampilannya pun terkadang terlihat kembar. Namun, jika Anda lebih teliti lagi ada perbedaan mendasar, yaitu dari alamat URL ataupun domainnya. Bedakan dengan URL dari alamat situs resmi institusi tersebut, mempunyai subdomain yang sama atau tidak.

  6. Pembeda lainnya adalah pada kata depan ‘http’ dan ‘https’ di URL. Akhiran ‘s’ pada ‘http’ tersebut menandakan bahwa situs ini adalah benar-benar telah ‘secure’, karena dilindungi oleh teknologi enkripsi data berupa Verisign SSL.

  7. Meskipun pada halaman situs aspal tercantum pula logo ‘Verisign Secured’. Bagi orang awam, tentu sulit membedakannya. Yang dapat menjadi patokan kesahihan sebuah situs e-banking selain tertulis ‘https’, di bagian kanan bawah browser juga ada gambar gembok yang terkunci.

  8. Lebih baik memastikan segala sesuatunya ke institusi terkait secara langsung. Tinggal menghubungi customer service-nya, daripada malu bertanya malah menjadi korban penjahat cyber.
    [/b]

Keterangan gambar lihat di bawah (dilingkari tanda merah): Pembeda di situs aspal dan situs resmi.


7 Langkah Membersihkan Virus Donal Bebek

Virus Donal Bebek dibuat menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic dan terdeteksi sebagai VbWorm.QXE. Salah satu ciri khas virus ini adalah mengandung kata “Bulu Bebek”.

Bulu Bebek menyembunyikan folder/subfolder pada flash disk dan membut file duplikat sesuai dengan nama folder/subfolder tersebut untuk mengelabui user. Untuk membersihkannya, simak langkah berikut ini:

1.
Sebaiknya putuskan komputer yang akan dibersihkan dari jaringan (jika terhubung ke Local Are Network/LAN).

2. Disable “System Restore” untuk sementara selama proses pembersihan berlangsung (jika menggunakan Windows ME/XP).

3. Matikan proses virus yang sedang aktif di memori, untuk mematikan proses virus ini gunakan tools pengganti taks manager seperti procexp, kemudian matikan proses virus yang mempunyai icon “Folder”.

4. Repair registry Windows yang sudah diubah oleh virus. Untuk mempercepat proses tersebut salin script dibawah ini pada program notepad kemudian simpan dengan nama repair.inf. Jalankan file tersebut dengan cara:

  • Klik kanan repair.inf
  • Klik Install

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,“regedit.exe “%1"”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,”""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\SuperHidden, UncheckedValue,0x00010001,1
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Command Processor, AutoRun,0,
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL, CheckedValue, 0x00010001,1
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SHOWALL, DefaultValue, 0x00010001,2
HKCU, Software\Microsoft\Command Processor, AutoRun,0,

[del]

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableRegistryTools
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableTaskMgr
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoFolderOptions
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NOFind
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NORun
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\WinOldApp
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Image File Execution Options\PAYXX.exe
HKCU, Software\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\HideFileExt
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\ShowFullPath
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\ShowFullPathAddress
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced\Folder\Hidden\SuperHidden
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, NoFolderOptions
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableRegistryTools


5.
Cari dan hapus file duplikat yang dibuat oleh virus. Untuk mempercepat proses pencarian sebaiknya gunakan fungsi “Search Windows” dengan terlebih dahulu menampilkan file yang disembunyikan.

Jika Folder Option belum muncul, sebaiknya LogOff komputer terlebih dahulu kemudian tampilkan file yang tersembunyi. Setelah file duplikat ditemukan, hapus file yang mempunyai ciri-ciri:

* Menggunakan icon Folder
* Ukuran file 53 KB
* Ekstensi EXE
* Type File "Application"


6.
Tampilkan kembali file/folder pada Flash Disk yang sudah disembunyikan. Untuk menampilkan file yang disembunyikan, Anda dapat menggunakan bebarapa tools alternatif seperti Batch File Utility atau dengan menggunakan perintah ATTRIB.

Berikut cara menampilkan file/folder yang disembunyikan dengan menggunakan ATTRIB:

* Klik "Start"
* Klik "Run"
* Ketik "CMD", kemudian tekan tombol "Enter"
* Pindahkan posisi kursor ke drive Flash Disk
* Kemudian ketik perintah ATTRIB –s –h –r /s /d kemudian tekan tombol "enter"


7.
Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang scan, dengan antivirus yang up-to-date dan sudah dapat mendeteksi virus ini.


7 Langkah Menghilangkan Virus Rieysha

Virus rieysha adalah virus lokal yang diduga berasal dari Yogyakarta. Terdeteksi sebagai W32/Autorun.FCN, virus ini dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0 dan menggunakan icon TXT (text document).

Rieysha akan memunculkan pesan setiap kali komputer dinyalakan atau pada saat user membuka file berekstensi .TXT, .BAT, .DOC atau .INI, yang salah satu isi pesannya: “Sayang Kapan Kamu Balik Ke Indonesia? Apa Kamu Kembali Dengan Hatimu Yang Dulu?”

Untuk membersihkannya, simak langkah-langkah berikut ini:

1. Matikan System Restore selama proses pembersihan.

2. Matikan proses virus yang sedang aktif dimemori. Untuk mematikan proses ini anda dapat menggunakan tools pengganti task manager seperti “Curr Process”, kemudian matikan proses yang mempunyai icon “txt”.

3. Perbaiki registry Windows dengan membuat script berikut pada program notepad, kemudian simpan dengan nama repair.inif. Jalankan file tersebut dengan cara: klik kanan repair.inf, lalu klik Install.

Sebaiknya buat file repair.inf di komputer lain yang tidak terinfeksi virus agar virus tidak kembali aktif atau pada program wordpad.

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del

[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,“regedit.exe “%1"”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,”""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Control\SafeBoot, AlternateShell,0, “cmd.exe”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion, RegisteredOrganization,0, “Organization”
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion, RegisteredOwner ,0, “Owner”
HKCU, Control Panel\International, s1159,0, “AM”
HKCU, Control Panel\International, s2359,0, “PM”
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Main, Start Page,0, “about:blank”
HKLM, SOFTWARE\Classes.sys,“sysfile”
HKLM, SOFTWARE\Classes.doc,“word.document.8”
HKLM, SOFTWARE\Classes.bat,“batfile”
HKLM, SOFTWARE\Classes.ini,“inifile”
HKLM, SOFTWARE\Classes.dll,“dllfile”
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoDriveTypeAutoRun,0x00010001,255

[del]

HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\run, RunDll
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\RunServices, Windll
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies, NoClose
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoClose
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoDrives
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoFind
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoFolderOptions
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoRun
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\explorer, NoViewOnDrive
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableCMD
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableRegistryTools
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, DisableTaskMgr
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced, ShowSuperHiden
HKCU, SOFTWARE\Classes\exefile, Default

Catatan:

Pada saat menyimpan file repair.inf pada program wordpad, pada kolom “save as type” pilih “Text Document”.

4. Hapus file virus dengan terlebih dahulu menampilkan file yang tersebunyi agar proses pencarian file lebih optimal. Jika folder option atau drive master (c:) belum tampil, logoff komputer terlebih dahulu.

C:\Program Files

* RunDll.exe
* KenanganJogja.exe

C\WINDOWS\rieysha.exe
C:\Jadwal_Manggung.exe
C:\PesanBuatKekasih.bat
C:\rieysha.exe
C:\Windows

* pesan.txt
* rieysha.exe

C:\Windows\system32

* Rahasiaku_Pacarku.exe
* DaftarHacker_Blacklist.exe
* Cerita_Panas_Mendebarkan.exe
* Pesanku.doc
* SuratCinta.exe
* Autorun.inf
* RieyshaAnakJogja.exe
* Sampah.txt
* notepad.exe

C\WINDOWS\system32\Restore\pesan1.txt
C\WINDOWS\system

* psene_seng_gawe.rtf
* rieysha.exe
* Jogja_virus_maker.exe

D\DiaryRieysha.exe
D:\Puisi.txt
E\CatatanTugas.exe
H:\CeritaDewasa.exe
G:\CatatanML.exe
K\CeritaML.exe

5.
Cari file rieysha_anak_jogja.txt, kemudian rename menjadi MSVBVM60.DLL, setelah itu copy file tersebut ke direktori “C:\Windows\system32”.

6. Ubah nama file “C:\Windows\bacaan_anak_tk.txt” atau “C:\Windows\ bacaanHot.txt” (pilih salah satu) menjadi C:\Windows\notepad.exe. Kemudian ubah juga nama file “C:\Windows\ReadMe.txt” menjadi “C:\Windows\cmd.exe”

7. Untuk pembersihan optimal, gunakan antivirus yang sudah mampu mendeteksi dan membasmi virus ini dengan baik.


5 Langkah Jitu Membasmi Virus ‘Gadis Desa’

Virus W32/Wayrip.A menyebar dengan menyamar sebagai file multimedia. Komputer yang terinfeksi virus ini salah satunya ditandai dengan munculnya pesan dari sang pembuat virus yang akan ditampilkan secara acak dalam bentuk pesan pop up.

Salah satu aksi yang dilakukan virus ini adalah mengubah nama penunjuk jam pada pojok kanan bawah komputer, dari AM dan PM menjadi rieysha. Bagaimana cara membersihkannya? Simak tips di bawah ini.

1.
Matikan “System Restore” selama proses pembersihan (Windows ME/XP).

2. Matikan proses virus. Untuk mematikan proses virus anda dapat menggunakan tools KillVB. Silahkan download tools tersebut di alamat ini: http://www.compactbyte.com.

3.
Hapus registri yang sudah dibuat/diubah oleh virus. Untuk menghapus registri silahkan download tools FixRegistry berikut: http://www.4shared.com/file/58560496/cad010c5/FixRegistry.html?dirPwdVerified=feea1d94

4.
Hapus file induk virus dengan ciri-ciri:

* Ukuran 148 KB
* Icon multimedia
* Ekstensi EXE
* Type file Application

Untuk mempermudah proses penghapusan, sebaiknya gunakan “search” dengan terlebih dahulu menampilkan file yang tersembunyi.

Setelah file berhasil ditemukan, hapus file dengan ciri-ciri seperti di atas. Hapus juga file berikut pada root drive (c:\ atau d:):

* pesene_seng_gawe.htm (ukuran 22 KB)
* xx pesene_seng_gawe.htm (ukuran 1 KB), xx menunjukan karakter acak
* Autorun.inf
* C:\Puisi.txt
* C:\Windows\Taskman.com


5.
Untuk pembesihan optimal dan mencegah infeksi ulang, silahkan scan dengan antivirus yang sudah dapat mendeteksi dan membasmi virus ini.


6 Langkah Membersihkan Virus ‘CNN’

W32/DLoader.ITOA mencoba memanipulasi isi berita CNN dengan cara mengirimkan e-mail yang seolah-olah dikirim dari kantor berita internasional tersebut. Di e-mail disertakan link-link berita palsu dengan subyek berjudul CNN.com Daily Top 10.

Virus ini akan membuat komputer seolah-olah error dengan cara menampilkan layar blue screen palsu. Bagaimana cara membasminya? Simak tips berikut ini:

1.
Lakukan proses pembersihan pada mode “safe mode”.
2. Matikan service virus yang aktif. Untuk mematikan service virus lakukan langkah berikut

* Klik [start]
* Klik [Run]
* Ketik [Services.msc]
* Klik kanan service CbEvtSvc.exe kemudian pilih Properties
* Pastikan pada menu "Services status" = Started
* Pada kolom [startup type] pilih "Disable"
* Klik "Ok"


3.
Perbaiki registry windows yang telah diubah oleh virus. Silahkan salin script di bawah ini pada program notepad kemudian simpan dengan nama repair.inf, jalankan file tersebut dengan cara:

* Klik kanan repair.inf
* Klik Install

[Version]
Signature="$Chicago$"
Provider=Vaksincom Oyee

[DefaultInstall]
AddReg=UnhookRegKey
DelReg=del
[UnhookRegKey]
HKLM, Software\CLASSES\batfile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\comfile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\exefile\shell\open\command,"""%1"" %"
HKLM, Software\CLASSES\piffile\shell\open\command,"""%1"" %
"
HKLM, Software\CLASSES\regfile\shell\open\command,“regedit.exe “%1"”
HKLM, Software\CLASSES\scrfile\shell\open\command,”""%1"" %*"
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion\Winlogon, Shell,0, “Explorer.exe”
HKCU, Control Panel\Desktop, ConvertedWallpaper,0, “”
HKCU, Control Panel\Desktop, OriginalWallpaper,0, “”
HKCU, Control Panel\Desktop, SCRNSAVE.EXE,0, “”
HKCU, Control Panel\Desktop, Wallpaper,0, “”
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Desktop\General, BackupWallpaper,0, “”
HKCU, Software\Microsoft\Internet Explorer\Desktop\General, Wallpaper,0, “”

[del]
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, lphc7nvj0e52e
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, services
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, SMrhc3nvj0e52e
HKLM, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run, rhc3nvj0e52e.exe
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, NoDispBackgroundPage
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System, NoDispScrSavPage
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\6127a5e3
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Services\6127a5e3
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Services\6127a5e3
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Services\CbEvtSvc
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Services\CbEvtSvc
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\CbEvtSvc
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Services\CbEvtSvc
HKLM, SYSTEM\CControlSet002\Services\CbEvtSvc
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\software notifier
HKLM, software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Uninstall\rhc3nvj0e52e
HKLM, software\rhc3nvj0e52e
HKLM, software\Microsoft\Windows\CurrentVersion, rhc3nvj0e52e
HKLM, software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Internet Settings\User Agent\Post Platform
HKLM, SOFTWARE\Microsoft\Software Notifier
HKLM, SYSTEM\ControlSet001\Services\125c1fb5
HKLM, SYSTEM\ControlSet002\Services\125c1fb5
HKLM, SYSTEM\CurrentControlSet\Services\125c1fb5


4.
Hapus file virus berikut ini:

* C:\WINDOWS\system32\CbEvtSvc.exe
* C:\Documents and Settings\Elvina\Local Settings\Temp\lfq0kzgs.exe
* C:\Documents and Settings\Elvina\Local Settings\Temp\.xx1.tmp.vbs (xx menunjukan karakter acak).
* C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Startup\smss.exe
* C:\WINDOWS\system32\lphc7nvj0e52e.exe
* C:\WINDOWS\system32\phc7nvj0e52e.bmp
* C:\WINDOWS\system32\phc7nvj0e52e.bmp
* C:\WINDOWS\system32\blphc7nvj0e52e.scr
* C:\WINDOWS\system32\phc7nvj0e52e.bmp
* C:\windows\system32\drivers\xxx.sys (xxx menunjukan karakter acak dengan ukuran 108 KB, contohnya 6127a5e3.sys atau 125c1fb5.sys)
* C:\Documents and Settings\LocalService\Application Data\584289103.exe
* C:\Program Files\rhc3nvj0e52e
* C:\Windows\system32\pphc7nvj0e52e.exe
* C:\Documents and Settings\LocalService\Application Data\rhc3nvj0e52e
* C:\Documents and Settings\Elvina\Application Data\rhc3nvj0e52e.exe
* C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Antivirus XP 2008
* C:\Documents and Settings\Elvina\Application Data\Microsoft\Internet Explorer\Quick Launch\Antivirus XP 2008.lnk
* C:\Documents and Settings\All Users\Start Menu\Programs\Antivirus XP 2008.lnk
* C:\Documents and Settings\All Users\Desktop\Antivirus XP 2008.lnk


5.
Hapus file temporary dengan menggunakan tools ATF Cleaner untuk Windows XP, silahkan download tools berikut di alamat: http://www.majorgeeks.com/ATF_Cleaner_d4949.html

6. Untuk pembersihan optimal dan mencegah infeksi ulang silahkan gunakan antivirus yang up-to-date dan dapat mengenali virus ini dengan baik.


7 Tips Aksesoris Ponsel ‘Anti Tilang’

Kepolisian sedang mempertimbangkan aturan tilang bagi pengemudi berponsel. Untuk itu ada baiknya pengguna ponsel mulai beralih ke handsfree (menelepon tanpa menggunakan tangan). Apa saja pilihan aksesoris ponsel untuk handsfree?

Berikut ini tips memilih aksesoris ponsel untuk berbicara tanpa memegang ponsel :

1.
Anda dapat memilih menggunakan headset kabel atau tanpa kabel. Harga headset Bluetooth bervariasi mulai dari sekitar $10 atau sekitar Rp 100 ribu dan yang paling mahal $150 sekitar Rp. 1,5 juta untuk model yang paling bagus seperti Aliph Jawbone atau Plantronik Discovery 925.
2. Jika anda tidak menyukai headset, maka anda dapat menggantinya dengan speaker yang dihubungkan lewat Bluetooth yang ada di telepon. Contohnya, BlueAnt Superbluetooth 3 Handsfree Speakerphone yang bahkan bisa membacakan nama penelepon panggilan masuk dengan membaca buku alamat.
3. Ada juga aksesoris dari Parrot yang menghubungkan ponsel ke speaker pada sistem audio/radio mobil. Namun, meski mudah saat penggunaannya, pemasangan aksesoris semacam ini mungkin agak rumit.
4. Banyak perangkat Global Positioning System (GPS) yang juga bisa terhubung lewat Bluetooth. Jika Anda sudah punya perangkat seperti buatan Garmin atau Tom Tom, perangkat GPS itu bisa berfungsi sebagai pengeras suara juga. Bahkan ada yang menyediakan kemampuan membaca pesan SMS yang masuk.
5. Untuk ponsel ‘jadul’ tanpa kemampuan Bluetooth, gunakan headset berkabel.
6. Di sisi lain, pengguna ponsel yang lebih canggih (alias Smartphone) bisa men-download piranti lunak Nuance Voice Control untuk menjalankan fungsi ponsel dengan perintah suara.
7. Situs FreeHeadset.org menyediakan headset ‘gratis’ bagi ponsel tipe tertentu. Pengguna cukup mengganti biaya kirim sebesar USD 3,5. Situs itu melayani pengiriman internasional.

Semoga tips itu bisa membantu Anda memilih aksesoris yang tepat guna mengemudi lebih aman. Apalagi jika aturan tilang jadi diberlakukan, handsfree agaknya menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari lagi.


9 Shortcut di IE7 untuk Percepat Browsing

Dengan tombol shortcut di browser Internet Explorer 7 (IE7), yakni dengan menekan kombinasi tombol yang ada di keyboard, waktu dalam menjelajahi internet semakin efektif. Shortcut memungkinkan kita lebih cepat memanggil fungsi-fungsi yang ada di IE7.

Berikut ini beberapa shortcut yang berhubungan dengan tabs di IE7 untuk mempercepat browsing :
1. Ctrl+click: membuka link dalam sebuah tab baru.
2. Ctrl+t: membuka sebuah tab kosong.
3. Ctrl+tab: untuk berpindah dari satu tab ke tab lain.
4. Ctrl+shift+tab: berpindah dari satu tab ke tab lain dengan arah kebalikan dari Ctrl+tab.
5.
Ctrl+w: menutup tab yang sedang dibuka.
6. Ctrl+q: membuka tab dalam tampilan thumbnail
7. Ctrl+n: membuka window browser baru
8. Klik link dengan scroll mouse: membuka link dalam sebuah tab baru.
9. Klik tab dengan scroll mouse: menutup tab yang sedang dibuka.

Selamat Mencoba… :afro:


5 Aplikasi Internet untuk Memudahkan Hidup

Pening mengatur aktivitas Anda? Mengapa tidak memanfaatkan aplikasi internet gratisan? berikut beberapa aplikasi online yang berguna untuk mengorganisir hidup Anda :

1. Atur Tugas dengan ‘Remember the Milk’

Kegiatan sehari-hari bisa berantakan jika jadwal tidak diatur dengan baik menurut prioritas. Gunakan aplikasi ‘Remember the Milk’. Meski namanya terkesan lucu, aplikasi yang satu ini akan membantu Anda menyusun jadwal harian dengan baik.

2. Simpan Catatan Penting di ‘Backpack’

Simpan tulisan-tulisan dalam ‘Backpack’, semacam buku tulis berbasis web. Bermacam ide bisa disimpan secara pribadi di sini. Backpack juga punya alamat e-mail sehingga Anda bisa langsung memasukkan tulisan via e-mail di manapun berada.

3. Manfaatkan ‘Sandy’ sebagai Asisten Virtual

Mengapa tidak memanfaatkan asisten virtual yang cantik untuk mengingatkan jadwal acara Anda? Pakailah ‘Sandy’ yang akan memberitahu acara-acara penting sehari-hari.

4. Atur Keuangan via ‘Wesabe’

Bingung dengan alur transaksi keuangan yang amburadul? Manfaatkan aplikasi online ‘Wesabe’ untuk mengatur keuangan Anda dengan baik.

  1. Rancang Liburan dengan ‘Tripit’

Mengatur liburan agar berjalan lancar bisa menyita waktu. Pertimbangkan untuk memakai ‘Tripit’. Aplikasi gratis ini bakal mengorganisir rencana perjalanan Anda dengan peta, situasi tempat wisata sampai pemesanan hotel.

Selamat Mencoba… :afro:


6 Tips Teknologi agar Liburan Asyik

Sedang merancang liburan untuk mengusir stres?, berikut berbagai tips teknologi agar acara wisata bisa berjalan lancar :
[b]

  1. Rencanakan Perjalanan Wisata via Situs Terpercaya[/b]

Beberapa situs menyediakan panduan perjalanan wisata. Kunjungi situs semacam oneworld.com untuk mengetahui paket wisata yang menarik. Namun tentu Anda tetap perlu menghubungi agen perjalanan yang handal di wilayah Anda.

2. Scan dan Simpan Dokumen di USB Drive

Sebelum bepergian, scan dan simpan dokumen penting seperti paspor ke dalam USB Drive. Jika dokumen asli hilang, setidaknya masih ada kopi digitalnya. Tentu saja USB Drive ini perlu dijaga baik-baik. Jika perlu, bawa pula cadangannya dan juga simpan dalam e-mail.

3. Tinggalkan Laptop di Rumah

Kegiatan jalan-jalan punya risiko kriminalitas. Laptop bisa dicuri kapan saja dan di mana saja. Karena itu jika tak benar-benar perlu, tinggalkan laptop di rumah dan bawa perangkat yang lebih kecil misalnya PDA. Anda juga bisa mengandalkan warnet untuk koneksi internet.

4. Ngeblog dengan Copy Paste

Bagi blogger, perjalanan wisata tentu bukan alasan untuk berhenti ngeblog. Hanya saja, direkomendasikan untuk menulis blog di pengolah kata dan disimpan dalam USB, kemudian baru di-copy paste ke blog. Alasannya adalah bisa saja sering terjadi mati listrik di tempat wisata yang bisa membuyarkan tulisan Anda.

5. Hati Hati Saat Mengirim E-mail

Sering ada laporan e-mail yang dikirimkan antar negara menghilang begitu saja sebelum sampai pada penerimanya. Untuk itu dalam perjalanan jauh, pastikan kiriman e-mail tersampaikan dengan jalan menghubungi penerima via ponsel atau instant messaging.

6. Selesaikan Transaksi Online yang Mendesak

Bagi yang senang membayar tagihan secara online, pastikan semua tagihan mendesak telah terbayar sebelum jalan-jalan. Hal ini karena di berbagai
tempat, bisa jadi sulit bagi Anda melakukan transaksi online.

Selamat mencoba… :afro:


5 Kiat Membentengi Ponsel dari Hantaman Virus

Ancaman virus yang melanda ponsel dan perangkat bergerak lainnya makin melonjak. Akibatnya pun kadang sangat merisaukan, misalnya hilangnya data atau pengiriman layanan pesan singkat (short message service/SMS) massal yang tak dikehendaki sehingga pulsa pun jebol.

Berikut beberapa tips untuk mencegah datangnya virus ke ponsel Anda :

1. Pastikan Bluetooth dalam Kondisi Hidden Mode

Jika ponsel Anda dilengkapi Bluetooth, pastikan fitur ini berada dalam kondisi hidden mode atau invisible untuk mencegah perangkat Bluetooth orang lain mendeteksi perangkat Anda kecuali memang Anda menghendakinya. Selain itu, matikan Bluetooth jika tidak terpakai. Langkah ini akan cukup melindungi ponsel dari serangan virus yang menyebar melalui Bluetooth.

2. Hati-hati Saat Menerima Kiriman Asing

Ketika menerima aplikasi yang dikirim via Bluetooth atau membuka attachment MMS, berhati-hatilah dari kemungkinan adanya program jahat. Pastikan kiriman itu berasal dari sumber terpercaya. Bahkan jikalaupun kiriman itu berasal dari teman, lebih baik Anda tak membukanya dan menghapusnya jika terdapat konten yang tidak familiar.

3. Download dari Sumber Terpercaya

Pastikan juga selalu men-download konten dari sumber resmi yang terpercaya sehingga ancaman virus bisa tereliminir. Namun hati-hatilah karena bisa jadi kaum kriminal mampu mengkreasi sumber download yang kelihatan terpercaya meskipun sejatinya adalah gudang virus.

4. Pakai Anti Virus

Beberapa software khusus telah ditawarkan untuk menjaga ponsel Anda dari ancaman virus. Pakailah jika Anda merasa memerlukannya.

5. Hubungi Produsen Ponsel Anda

Jika Anda menduga ponsel Anda telah terinfeksi virus, segera kontak produsen ponsel Anda untuk mengambil langkah yang tepat dalam menghindari kerusakan.

Selamat mencoba … :afro:


3 Solusi Ketika USB Flash Drive Ngadat

Media penyimpanan USB Flash Drive seringkali ngadat tak mau dilepas secara aman dari komputer. Berikut beberapa tips praktis untuk mengatasinya.

1. Manfaatkan ‘Task Manager’

Seringkali ketika akan dilepas dari komputer, terdapat pernyataan USB Flash Drive tak aman dicopot. Jika Anda sudah menutup semua program dan USB Flash Drive tetap ngadat tak mau dilepaskan, cobalah memakai aplikasi ‘Task Manager’.

Tekan ‘Ctrl-Alt-Delete’ secara bersamaan untuk memunculkan ‘Task Manager’ di Windows XP. Kemudian klik tab ‘Processes’. Setelah itu, periksalah detail proses-proses komputasi yang sedang terjadi di sini.

Jika terdapat proses yang kira-kira berasal dari USB Flash Drive, pilihlah proses tersebut kemudian tekan ‘end process’. Kemudian, cobalah untuk kembali melepaskan USB Flash Drive.

2. Alternatif Lain

Namun jika dengan cara di atas USB Flash Drive tetap dinyatakan tak aman dilepas, ada 2 pilihan yang bisa diambil yaitu:

  • Matikan komputer kemudian cabut USB Flash Drive tersebut.

  • Atau Anda bisa menempuh risiko dengan langsung saja mencabut USB Flash Drive. Langkah ini dinilai tak menimbulkan masalah jika USB Flash Drive dicopot saat seluruh programnya telah ditutup. Namun tiada jaminan Flash Drive Anda aman dengan cara ini.
    [b]

  1. Pakai Software ‘USB Safely Remove’[/b]

Anda juga bisa mencoba versi trial software bernama USB Safely Remove. Software ini gunanya untuk menganalisis penyebab USB Flash Drive tak mau dilepas, kemudian menunjukkan solusinya. Hanya saja jika Anda ingin memiliki software ini secara permanen, Anda harus membayar sejumlah uang.

Selamat Mencoba… :afro:


10 Ekstensi Firefox Pencegah Phishing

Semua pengguna internet pasti tak ingin kegiatannya di dunia maya dimata-matai. Karena itulah, mencegah phishing dianggap sebagai hal yang sangat penting.

Phishing merupakan upaya seseorang untuk mencuri identitas atau informasi penting pengguna internet dengan membuat situs palsu yang mirip dengan aslinya. Data-data yang dicuri biasanya berupa e-mail, username, password, nomor rekening bank, dan lain-lain.

Cara yang paling populer untuk melawan serangan phishing adalah dengan mengikuti perkembangan situs-situs yang dianggap sebagai situs phishing. Berikut ini adalah beberapa extensions Firefox yang bisa digunakan untuk melawan serangan phishing.

1. PhishTank SiteChecker
SiteChecker memblokir semua situs phishing berdasarkan data dari Komunitas PhishTank. Ketika Anda mengunjungi situs yang dianggap situs phishing oleh PhishTank, maka akan muncul halaman blocking.

2. Google Safe Browsing
Google Safe Browsing memberikan peringatan kepada Anda jika suatu halaman situs mencoba untuk mengambil data pribadi atau informasi rekening Anda. Dengan menggabungkan kombinasi algoritma dengan data-data tentang situs-situs palsu dari berbagai sumber, maka Google Safe Browsing dapat secara otomatis mengenali jika Anda mengunjungi situs phishing yang mencoba mengelabui seperti layaknya situs asli.

3. WOT

WOT membantu Anda mengenali situs-situs phishing dengan memperlihatkan reputasi situs tersebut pada browser Anda. Dengan mengetahui reputasi suatu situs, diharapkan Anda akan semakin mudah menghindari situs-situs phishing. Reputasi suatu situs diambil berdasarkan testimoni dari komunitas WOT.

4. Verisign EV Green Bar

Ekstensi ini menambahkan validitasi certificate pada browser Anda. Ketika Anda mengakses situs ’secure’, maka address bar akan berubah warna menjadi hijau dan menampilkan pemilik dan otoritas sertifikat. Ekstensi ini berguna untuk mengenali situs-situs palsu.

5. iTrustPage

iTrustPage mencegah pengguna internet mengisi form pada suatu situs palsu. Ketika mengunjungi situs yang terdapat halaman form, iTrustPage menghitung nilai dari TrustScore halaman form tersebut, untuk mengetahui apakah situs tersebut dapat dipercaya atau tidak.

6. Finjan SecureBrowsing
Finjan SecureBrowsing meneliti link pada hasil pencarian Anda dan memberi peringatan kepada Anda mengenai link-link yang berpotensi sebagai link phishing. Finjan akan mencoba mendeteksi kode berbahaya dan script-script berbahaya. Setelah itu akan diberi tanda hijau untuk yang aman dan merah untuk link yang berbahaya.

7. FirePhish
FirePhish memperingatkan Anda ketika Anda mengunjungi situs yang dianggap situs phishing atau yang terdapat script dan kode yang mencurigakan.

8. CallingID Link Advisor

CallingID Link Advisor memverifikasi apakah suatu link yang Anda lihat aman atau tidak sebelum Anda membukanya. Ketika mouse Anda berada pada link tersebut maka akan muncul keterangan mengenai detil link tersebut sehingga memudahkan Anda untuk mengenali apakah situs tersebut layak untuk dipercaya.

9. SpoofStick
SpoofStick memudahkan Anda mengetahui apakah situs tersebut situs palsu dengan memperlihatkan hanya informasi domain yang valid dan relevan.

10.TrustBar
TrustBar memberikan kemudahan kepada user untuk memberi nama atau logo pada suatu situs. Sehingga memudahkan untuk mengetahui apakah situs tersebut palsu, atau situs kloning.

Selamat Mencoba… :afro:


6 Langkah Darurat Saat Ponsel Basah Kuyup

Selalu ada kemungkinan ponsel terjatuh ke dalam air tanpa disengaja, atau basah kuyup ketika Anda menerjang hujan. Padahal barang elektronik sangat rentan rusak jika terkena air.

Sebelum Anda buru-buru memperbaikinya ke teknisi, ada baiknya Anda berusaha terlebih dahulu menyelamatkan ponsel itu. Siapa tahu ponsel Anda pulih tanpa perlu ke ‘bengkel’. Simak tips berikut ini :


1.
Jika ponsel Anda terendam, keluarkan ponsel dari air secepatnya untuk mencegah komponen bagian dalam terkontaminasi air. Dalam beberapa kasus, casing ponsel memang cukup rapat untuk mencegah rembesan air. Namun hal ini hanya akan bertahan selama beberapa puluh detik.
2.
Segera keluarkan baterai dari dalam ponsel. Memutus aliran sumber daya sangatlah penting untuk meminimalisir kemungkinan kerusakan ponsel. Beberapa sirkuit elektronik dinyatakan bisa tetap bertahan dalam keadaan basah, jika tidak terhubung dengan sumber daya.
3. Segera keluarkan juga kartu SIM Anda untuk mencegah kemungkinan kerusakan atau kehilangan data. Anda tentu tak ingin phonebook atau SMS penting Anda lenyap. Biarkan kartu SIM Anda sampai benar-benar kering sebelum Anda mengecek kondisinya.
4. Keringkan ponsel sampai benar-benar kering. Gunakan kain yang bisa menyerap air. Jika ada, gunakan juga pengering rambut alias hair dryer. Namun pastikan ponsel Anda jangan sampai terlalu panas. Jangan pula meletakkannya di microwave. Ponsel yang terlalu panas dilaporkan bisa meledak.
5. Uji coba kondisi ponsel Anda setelah benar-benar kering. Jika ponsel ngadat, periksalah apakah ponsel atau baterai Anda yang rusak, dengan memakai baterai cadangan. Jika hanya baterainya yang rusak, Anda tinggal membeli yang baru.
6. Jika seluruh langkah tersebut telah Anda lakukan namun ponsel tetap mengalami kerusakan, apa boleh buat, Anda tampaknya harus mengandalkan jasa teknisi ponsel. Namun ingat, Anda harus mencari teknisi ponsel yang terpercaya.

Selamat mencoba… :afro:


Tangkal Bahaya Radiasi Ponsel

Radiasi yang timbul karena pemakaian ponsel kerapkali dituding sebagai penyebab berbagai masalah kesehatan. Bahkan beberapa penelitian menyatakan, radiasi ponsel bisa mengakibatkan penyakit serius semacam kanker atau gangguan otak tertentu. Meskipun ada juga penelitian yang membantah hal tersebut.

Untuk meminimalisir bahaya yang mungkin terjadi karena pengaruh radiasi ponsel, berikut tips jitunya :


1.
Batasi pemakaian ponsel hanya pada panggilan yang penting-penting saja dan bicaralah dengan singkat. Ingatlah bahwa pembicaraan via ponsel yang terlalu lama, apalagi sampai berjam-jam disinyalir mempunyai beberapa dampak buruk terhadap kesehatan. Namun jika Anda memang harus melakukan panggilan yang lama, disarankan untuk memakai handsfree untuk keamanan.
2. Anak-anak di bawah umur seharusnya hanya diperbolehkan memakai ponsel dalam keadaan darurat saja. Mengingat mereka masih dalam tahap perkembangan, bahaya radiasi bisa bertambah parah.
3. Jika memakai ponsel tanpa handsfree, tunggulah sampai panggilan benar-benar terkoneksi sebelum menaruh ponsel di telinga untuk melakukan pembicaraan.
4. Minimalisir pemakaian ponsel di ruang tertutup dengan bahan logam atau baja, misalnya di dalam mobil. Dalam ruangan seperti ini, ponsel harus bekerja keras menstabilkan koneksi sehingga radiasi meninggi. Selain itu, ada kemungkinan radiasi memantul kembali ke pengguna di ruangan yang didominasi bahan baja.
5. Minimalisir penggunaan ponsel ketika kekuatan sinyal hanya satu bar atau kurang. Dalam kondisi ini, ponsel juga harus bekerja keras untuk menstabilkan koneksi sehingga radiasi bertambah besar.
6. Belilah ponsel dengan level SAR (Specific Absorption Rate) yang rendah. Level SAR adalah ukuran kuantitas frekuensi radio yang diserap tubuh manusia. Semakin rendah levelnya, semakin baik untuk meminimalisir radiasi. Anda bisa mendapat informasi mengenai SAR ini di buku panduan atau surfing di internet.

Selamat mencoba… :afro: