Mohon bantuan doa atau saran

salam sejahtera buat teman-teman dalam Yesus kristus…

saya sedang mengalami sedikit goncangan dalam rumah tangga. istri saya menggugat cerai. dia minggat 5 bulan yang lalu dengan meninggalkan 2 orang anak. dan sampai kini tidak mau memberitahukan keberadaannya. saya sedikit ragu apakah saya harus menerima gugatan cerai darinya. dalam beberapa hari kedepan, saya harus menghadapi sidang jawaban dalam perkara gugatan cerai tersebut. mohon bantuan doa atau saran bagaimana saya harus menghadapi semua ini…

Terima kasih
Gbu…

Kenapa isteri anda minta cerai? Kalau dari “minggat 5 bulan yang lalu dengan meninggalkan 2 orang anak,” apakah benar berarti dia kabur bersama laki-laki lain? (Walau tidak tertutup kemungkinan dengan wanita lain ya, bro – alias isteri anda berubah lesbi)

Saya termasuk orang yang memegang keyakinan bahwa YHWH melarang perceraian kecuali karena pasangan kita berzinah. Tapi, lebih dari itu juga saya tidak tahu apakah dalam kondisi anda, anda kelak boleh menikah lagi dengan wanita lain atau tidak.

Satu hal yang jelas, anda harus mengesampingkan diri anda sendiri dulu. Semua kebingungan, kesedihan, kemarahan, kekecewaan, dengan berat hati harus anda kesamipngkan dulu karena ada yang lebih penting yang harus anda pikirkan yaitu anak-anak anda.

Bro, bercerai atau tidak, anak-anak anda dalam kondisi tertekan karena kepergian ibunya. Ada banyak pertanyaan yang tidak ada jawabannya bagi mereka. Kalau anda memusingkan perasaan anda sendiri, anda membuat mereka merasa bukan saja ditinggalkan ibu mereka tapi ayahnya juga.

Saran saya, sebaiknya anda minta bantuan pengacara untuk menangani sisi legal masalah anda, dengan begitu anda mengurangi beban dan bisa punya energi tambahan untuk memperhatikan anak-anak anda. Juga termasuk pekerjaan dan yang lainnya, bro. Mungkin dengan bantuan pengacara anda bisa mendapat kejelasan mengenai apa dan kenapanya tanpa emosi anda terpancing.

Mungkin ada baiknya juga anda minta bantuan priskolog dalam hal menghadapi anak-anak anda (bukan meminta psikolognya yang menangani anak-anak anda tapi meminta sarannya secara lebih spesifik – daripada yang bisas diberikan di forum seperti ini – bagaimana sebaiknya anda menangani anak-anak anda hari ini.

Tolong anda perhatikan, jangan terburu membawa kerabat anda untuk membantu mengurus anak-anak sekali pun orangtua anda sendiri. Anda harus tahu bagaimana pandangan mereka terhadap masalah anda. Lepas dari salah-benarnya kelakuan isteri anda, menjelek-jelekkan isteri anda di depan anak-anak anda akan sangat merusak anak-anak anda. Bagaimana pun juga, isteri anda adalah ibu mereka. Berhati-hatilah terutama dalam hal ini, bro.

saya juga bingung apa masalahnya… saat sidang mediasi dia tidak mau hadir dan memberikan kuasa khusus ke pengacaranya. setelah saya keberatan karena menyalahi prosedur, hakim mediasi menyatakan akan menyarankan gugatan ditolak, baru dia hadir. dalam mediasi, hakim menyarankan untuk berdoa agar Tuhan membimbingnya. seminggu kemudian dengan mudahnya dia bilang, Tuhan menyarankan dia untuk tetap bercerai dan anak ikut dengan saya namun dia diberi hak untuk melihat anak sekali tiap minggunya. seperti yang dia ungkapkan dalam mediasi bahwa dia merasa seperti babu tak bergaji dalam merawat anak2nya… mungkin ini ada pengaruh dari keluarganya… saya bahkan siap kehilangan harga diri demi mempertahankan rumah tangga saya, semua karena demi anak-anak dan karena komitmen dalam pernikahan seperti saat janji nikah waktu pemberkatan pernikahan kami. saya minta Tuhan beri petunjuk buat saya, tapi sampai saat ini saya tidak tahu apakah harus saya ceraikan atau tetap saya perjuangkan agar gugatannya ditolak, karena tidak ada alasan yang didapati sebagai alasan untuk bercerai sesuai dengan UU perkawinan tahun 1974. saya mohon agar teman-teman mau membantu dalam doa agar kuasa iblis yang mempengaruhi istri saya bisa dipatahkan dan dia bisa sadar dan kembali ke jalan Tuhan… secara sembunyi2 dia ada mengikuti aliran saksi yehuwa…

Saya turut mendukung dalam doa, kiranya Tuhan membukakan pintu hati istri anda dan sayapun mendukung penuh usaha anda untuk sedapatnya menggagalkan perceraian, karena memang perceraian dibenci Tuhan. Semoga bung chr1st diberikan ketabahan yah serta kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi persoalan rumah tangga.

Salam

Dlm persidangan tsb apa alasan yg dipakai dia utk menggugat cerai anda?
Apa kesalahan yg anda lakukan kpd istri anda?
Thx, GBU

Satu hal yang terpaksa saya ingatkan sebelumnya, bro, dan saya sangat berharap anda mengingatnya baik-baik: apa pun pilihan anda (menyetujui cerai secepatnya atau mengulur waktu) kedua-duanya memiliki konsekwensi masing-masing yang sama tidak enaknya walau pun spesifikasinya berbeda terhadap anda dan anak-anak.

Kalau diibaratkan, anda seperti berjalan menyeberangi tali di atas lautan api. jatuh ke kiri atau ke kanan akibatnya sama.

Dengan mengingat hal itu, kembali saya sarankan sebaiknya anda meminta bantuan pengacara agar bisa mendapatkan kejelasan mengenai pokok persoalan dan untung-ruginya kalau anda mengikuti atau menolak tuntutan isteri anda. Bagaimana pun juga, sebagai orang awam, anda kalah total dalam hal-hal yang berkaitan dengan hukum dibandingkan pengacara isteri anda. Jadi sebaiknya anda menyamakan posisi dengan meminta bantuan pengacara.

Dari cerita anda di atas, saya sangat meragukan kalau “pengaruh keluarga” merupakan satu-satunya alasan, bro. Saya lebih yakin kalau “pengaruh keluarga” hanyalah salah satu alasan di antara sejumlah alasan, di mana salah satu alasan lain adalah kehadiran orang ketiga dalam rumah tangga anda.

Kesimpulan di atas saya dapat dari komentar isteri anda, “seperti babu tak bergaji dalam merawat anak-anaknya.” Bro, sejak jaman Hawa melahirkan Kain, semua ibu adalah “babu tak bergaji dalam merawat anak-anaknya.” Adalah ibu sinting kalau dia menuntut gaji untuk merawat anak-anaknya sendiri. Saya kira bahkan kalau mertua anda tidak menyukai anda sekali pun mereka pasti mengerti hal ini juga.

Kalau anda ingin lebih memahami kebenaran dari tuntutan isteri anda, anda bisa meminta bantuan pengacara untuk menekan pengacara isteri anda bahwa kalau pun anda bersedia menceraikan isteri anda, isteri anda akan kehilangan hak menemui anak-anak sepenuhnya kalau dia tidak bersedia menjelaskan alasan tuntutan perceraiannya dengan jelas.

Anda bisa menanyakan kepada pengacara, bahwa dalam hal ini anda bisa mengajukan tuntutan seperti (mencabut hak isteri untuk bertemu dengan anak-anaknya sepenuhnya) berdasarkan “minggatnya” dia selama lima bulan yang menunjukkan kalau dia bukan seorang ibu yang baik dan bertanggung jawab.

Maaf, bro, saya bukan meramal atau bernubuat atau apa. Dalam masalah seperti ini, sebaiknya anda pertimbangkan kemungkinan paling buruk bahwa isteri anda main gila dengan laki-laki lain dan selama 5 bulan ini dia sibuk bermesraan dengan kekasih gelapnya.

Apa pun yang sebenarnya terjadi dan implikasinya, saran saya sebaiknya anda hadapi satu per satu seiring dengan terungkapnya inti permasalahan. Tolong anda pertimbangkan dulu saran saya sejauh ini.

terima kasih untuk dukungan dari teman-teman… saya cuma tidak mau mengeluarakan uang untuk membayar pengacara, prinsip saya lebih bagus uang untuk membayar pengacara tersebut saya sumbangkan ke panti asuhan atau panti jompo… saya memang bukan org hukum, tapi sedikit banyak tahu tentang hukum. saat ini saya hanya ingin mengalahkan gugatan tersebut dan bilamana gugatan tersebut ditolak maka mau ditaruh dimana “muka” pengacara tersbut. saya hanya ingin memberi sedikit pelajaran agar dikemudian hari, para pengacara tdk sesuka hatinya, tanpa mengetahui masalah, mewakili kliennya untuk urusan gugatan cerai. saya akan buat team pengacara tersebut kerja keras atas uang haram yang dia terima. saya hanya percaya bahwa jika Tuhan yang berkehendak, tiada satupun manusia/pengacara yang sanggup memisahkan apa yang telah dipersatukan Tuhan. Tapi saya juga bingung dan selalu meminta agar Tuhan memberikan petunjuk atas masalah yang saya hadapi saat ini. cuma sampai saat ini saya belum berani ambil keputusan.

saya sangat berharap teman-teman, yang sempat mengetahui masalah yang saya hadapi saat ini, mau membantu saya saat teman-teman berdoa dengan memohon agar Tuhan memberikan saya hikmad agar saya bisa tahu jalan mana yang harus saya ambil. saya percaya, doa orang banyak akan didengar Tuhan…

Bilamana saya bukan seorang kristen yang percaya Yesus adalah juru selamat yang hidup, mungkin saat ini saya sudah biarkan perceraian itu terjadi…

terima kasih atas bantuan doa dari teman-teman semua. kiranya Tuhan akan membalas kebaikan tersebut dan senantiasa memberkati teman-teman semuanya…

Pasti Ombro,
God Bless You and keep Spiritttt…Say No to Cerai…
Haleluiya

Maaf, bro, tolong anda sadari niatan anda untuk “mempermalukan” pengacara isteri anda itu sama saja dengan membuka “medan tempur” baru. Dan pada saat ini anda tidak membutuhkan tambahan “medan tempur.”

Bukan saya bermaksud merendahkan pengetahuan anda mengenai hukum, tapi harap anda ingat bahwa kondisi mental anda saat ini tidak memungkinkan anda untuk berpikir jernih seratus persen. Tolong anda pikirkan keadaan anak-anak anda dan lebih memprioritaskan kepentingan mereka daripada emosi anda. Daripada anda membuang tambahan waktu dan energi untuk “membuka medan tempur baru,” lebih baik kalau anda gunakan waktu dan energi anda untuk membantu anak-anak anda mengatasi kebingungan mereka, bro. Ingatlah bahwa bukan hanya anda yang ditinggal isteri 5 bulan, tapi anak-anak anda juga ditinggalkan ibunya. Kalau anda yang sudah dewasa saja masih mendapat goncangan emosi akibat perbuatan isteri anda, apakah anak-anak anda tidak lebih lagi?

Membantu yatim piatu itu baik, bro. Tapi membantu anak-anak sendiri merupakan tanggung jawab yang harus anda dulukan.

yup… terima kasih bro… anak-anak dalam keadaan sehat dan bahagia…dan mereka adalah hal utama dalam hidup saya. bagi saya, mereka adalah titipan dari Tuhan untuk saya didik menjadi anak-anak kerajaan Allah. maksud saya daripada uang saya pakai buat bayar pengacara, lebih bagus uang tersebut buat bantuin orang yang kekurangan. artinya saya tidak bakalan pernah pakai jasa pengacara. saya dan anak-anak dalam keadaan yang baik, semua karena Tuhan begitu baik menjaga kami. saya cuma gak habis pikir, kenapa orang yang mengaku orang kristen bisa melakukan hal tersebut. dan saya bukan membuka medan tempur baru dengan pengacara, cuma sekedar kasih sedikit pelajaran bahwa untuk urusan cerai bukanlah suatu perkara yang bisa dengan mudah mereka menangkan. tiada yang mustahil bagi Tuhan… apalagi didukung oleh doa tulus dari teman-teman, saya yakin, rumah tangga yang saya bangun dan telah diberkati oleh Tuhan, tidak segampang ini dihancurkan oleh manusia/iblis… jika saat ini saya pakai “ego” saya, maka yang akan terjadi adalah perceraian…saya masih yakin akan janji janji Tuhan… sekali lagi, saya mohon agar teman-teman berkenan untuk membantu dalam doa agar rumah tangga saya dipulihkan, agar istri saya bisa takut akan Tuhan, serta segala kuasa kegelapan atau kuasa iblis yang sedang mengganggu perjalanan rumah tangga kami bisa Tuhan hilangkan…

semoga Tuhan senantiasa memberkati teman-teman semuanya…

ada sebab ada akibat
jujur kata apa adanya
tahu sebab tahu atasi

Joh 15:7 “Jikalau kamu tinggal di dalam AKU dan Firman-KU tinggal di dalam kamu,
mintalah apa saja yang kamu kehendaki, dan kamu akan menerimanya.”

doa untuk Chr1st :
TUHAN YESUS ENGKAU tahu masalah nya
TUHAN YESUS kasihani ampuni dia dan keluarga nya
TUHAN YESUS tolong perbaiki dia dan keluarga nya
TUHAN YESUS tolong berkati dia dan keluarga nya
TUHAN YESUS tolong lindungi dia dan keluarga nya
TUHAN YESUS tolong selamatkan dia dan keluarga nya
Dalam Nama TUHAN YESUS !!! Amin !!!

Ini respon anda yang paling saya takuti, bro.

Di mana ada anak yang ditinggal ibunya 5 bulan tanpa pesan bisa merasa bahagia? Mereka tidak mengatakan apa yang sebenarnya mereka rasakan karena mereka tidak tahu bagaimana cara mengungkapkannya, bro.

Sadarilah kalau anak-anak anda sedang menderita. Mereka dipenuhi pertanyaan tentang ibunya, dipenuhi tuduhan bahwa kelakuan ibunya disebabkan oleh kesalahan mereka. Mengganggap mereka bahagia karena tidak pernah menyatakan sebaliknya adalah kesalahan yang harus mereka (bukan anda) bayar dengan sangat mahal, bro.

:mad0261: :cheesy: :’( :’( :’( saya ivana. mohon bantuan doa agar pengurusan surat2 nikah saya cepat selesai, lancar, tidak ada halangan apapun, tidak dipersuli di catatan sipil… makasih… gbu

berdoa…Tuhan sanggup pulihkan keluargamu

:afro: saya akan selalu mendukung dalam doa :smiley: