mohon masukan

rekan2 sekalian saya mohon masukannya.
saya mau tanya tentang kasih karunia Allah

begini saya baca :

[i]Yohanes 3:16

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
[/i]

di Yoh 3:16 ini di jelaskan betapa besarnya kasih Allah kepada umat manusia ciptaannya, sampai2 Allah mengaruniakan anak-Nya yang tunggal untuk keselamatan umat manusia.

namun

[i]Efesus 2:8-9

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
[/i]

[i]Yohanes 17:12

Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
[/i]

nah ini berarti bahwa keselamatan itu adalah anugerah dari Allah, bukan usaha dan kesadaran sendiri. mereka yang selamat telah ditentukan sebelumnya, begitu juga mereka yang binasa juga telah di takdirkan sebelumnya.

sebahagian orang di karuniakan keselamatan, sedang sebahagian lain di takdirkan binasa. kalau begitu apa Allah itu adil? kenapa pilih kasih mengkaruniakan keselamatan kepada sebahagian orang, dan mengabaikan ciptaan lainnya?

mohon masukannya rekan2 kristiani di forum ini.
dan mohon maaf jika kata2 saya menyinggung, karena saya tidak bermaksud ngeflame, ini murni pertanyaan.

terima kasih.

Syalom… :slight_smile:

Opini pribadi:
setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, jika tak percaya akan binasa(Hell)

[i]Efesus 2:8-9 [b]Sebab karena kasih karunia[/b] [i]kamu diselamatkan oleh iman[/i]; itu bukan hasil usahamu, tetapi [b][b]pemberian Allah[/b][/b], itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. [/i]
Kasih Karunia = Pemberian Allah = KRISTUS YESUS = Jalan Keselamatan. [b]Sebab karena kasih karunia (KRISTUS YESUS)[/b] [color=purple][i]kamu diselamatkan oleh iman[/i] (jika kita tak beriman pada Allah dan KRISTUS, kita tidak diselamatkan).. itu bukan hasil usahamu, tetapi [b][b]pemberian Allah[/b][/b], itu(Jalan Keselamatan) bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. [/i]
[i]Yohanes 17:12 Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada [i]dia yang telah ditentukan untuk binasa[/i], [b]supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.[/b][/i]

nah ini berarti bahwa keselamatan itu adalah anugerah dari Allah, bukan usaha dan kesadaran sendiri. mereka yang selamat telah ditentukan sebelumnya, begitu juga mereka yang binasa juga telah di takdirkan sebelumnya.

sebahagian orang di karuniakan keselamatan, sedang sebahagian lain di takdirkan binasa. kalau begitu apa Allah itu adil? kenapa pilih kasih mengkaruniakan keselamatan kepada sebahagian orang, dan mengabaikan ciptaan lainnya?

dia yang telah ditentukan untuk binasa = artinya bukan Allah menjadikan manusia utk binasa… melainkan >> Allah Sudah Tahu apa yg akan terjadi, dan itu semua tertulis dalam Kitab Allah (nubuat para nabi ttg messiah) = supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
(Mzr 139:16) mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

Point: Bukan Allah menjadikan hidup kita tanpa choice… seperti robot, segala yg kita lakukan adalah sia2… toh sudah diatur begini begitu…
Melainkan, bahkan jauuuh sebelum kita terlahir, Allah sudah tahu apa yg akan kita lakukan selama hidup… yg menentukan jalan hidup, iman adalah kita sendiri… namun Allah sudah mengetahuinya… dan Allah mencatat itu dalam Kitab Allah.

hmmm… mungkin ini bisa menjadi masukkan buat anda… begini… betul keselamatan itu adalah karunia yang diberikan oleh TUHAN… bukan karena kita berusaha sendiri untuk selamat… betul pula bahwa TUHAN akan selalu menjaga kita yang dimana TUHAN berkenan bersama kita… dan selain itu ditentukan binasa…

Nah yang menjadi masalah adalah cara pandang kita yang berbeda2 dari ayat ini :

Yohanes 17:12

Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

Banyak yang salah kaprah dan salah menafsirkan… menjadi bahwa semua orang sudah ditentukan sebelum ia ada di bumi untuk selamat atau tidak… Ingatlah pada kata2 “Selama AKU bersama mereka” ini adalah kunci penting yang harus dipegang… yaitu bagaimana agar kita mendapat karunia keselamatan dari TUHAN… Karunia keselamatan adalah pemberian dari TUHAN… lalu apakah bro TS pernah bertanya lagi atau mendapatkan jawaban dari pertanyaan selanjutnya yaitu… orang yang bagaimanakah atau siapakah yang bisa beroleh atau yang ditentukan oleh TUHAN untuk selamat…??? atau anda berhenti pada kata ditakdirkan…???

bukan ditakdirkan untuk binasa. tetapi ayat dari Yohanes 17:12 adalah doa untuk murid-muridnya,.

Yohanes 17:12

Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

dan ayat ini menunjukan orang tunggal dan bukan jamak. dan yang berwarna red itu, ingat bahwa YESUS mati di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

kutipan Lukas 24 : 44
…yakni bahwa harus digenapi semua ada yang tertulis tentang aku dalam kitab taurat musa dan kitab nabi- nabi dan kitab mazmur.

salam damai :happy0025:

Tuhan TIDAK menentukan sebagian manusia untuk selamat dan sebagian manusia untuk binasa, pengertian predestinasi/takdir seperti yg mengatakan tuhan menentukan sebagian manusia untuk binasa adalah doktrin yg salah kaprah.

Orang fasik/jahat adalah di tentukan untuk binasa.

Salam

anda daftar masuk sekolah, nanti dipanggil untuk ujian tes…
kalo lulus nanti di pilih untuk masuk sekolah :smiley:

selamat berjuang :slight_smile:

Wahyu 20
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

jangan baca ayat lainnya , ini sudah cukup ,

artinya keselamatan terserah pada diri sendiri , kalau perbuatan kamu tidak sesuai dengan Injil masuk Neraka .

Itu saja .

Tuh wahyu adalah Firman Tuhan di dunia akan datang.

Pendapat nonK :

Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah [b]ditentukan [/b]untuk binasa
Kalo nggak "dipersulit" utk mengambil makna ayat diatas... sebenernya mudah saja .... :)

Maksud dari kata “ditentukan” pada yg merah adalah :

supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
—>ketentuannya adl :
KALO percaya MAKA tidak binasa.

itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: [b][u]JANGAN ADA orang [/u]yang memegahkan diri.[/b]
IMO, ayat ini cuma lagi ngajarin orang agar [u]jangan sombong[/u] atas "keberhasilannya" dalam segala hal (baik rohani maupun jasmani).
nah ini berarti bahwa keselamatan itu adalah anugerah dari Allah, bukan usaha dan kesadaran sendiri.
Sependapat. Sebab KARENA kasih karunia (maka) kamu diselamatkan
mereka yang selamat telah ditentukan sebelumnya, begitu juga mereka yang binasa juga telah di takdirkan sebelumnya.
beda pendapat...:)

IMO, bukan yang selamat yang telah ditentukan, atopun yg binasa yg telah ditentukan —>BUKAN ttg moli ditentukan surga, susi ditentukan neraka (moli mendapat KasihKarunia, susi nggak dapet) ----- Melainkan : yang percaya ditentukan selamat, yang tidak percaya ditentukan binasa.

[b]kenapa pilih kasih [/b]mengkaruniakan keselamatan kepada sebahagian orang, dan mengabaikan ciptaan lainnya? [b]apa Allah itu adil [/b]?
Karena dimengertikan ibarat moli surga - susi neraka.... maka gak heran ampe "terlintas" untuk mengeluarkan pertanyaan seperti yang merah... :)

Q : Seperi apakah KasihKarunia Allah pada Adam ?
A : mengeluarkan FirmanNYA.

Q : Apakah AdamHawa ditentukan utk makan buah ?
A : nggak, yang ditentukan adl : Kalo makan Maka mati.

Q : Allah pilih kasih ?
A : nggak ada hal yg bisa diambil contoh utk menyimpulkan “pilih kasih”
(wong adanya cuma AdamHawa … :char11: lagian kan KasihNYA sudah dinyatakan dgn mengeluarkan FirmanNYA:))

ibarat kasarnya … kalo Allah nggak sayang kepada Adam,
maka Dia akan diem aja ke Adam…
Dia gak akan mengaruniakan FirmanNYA :
"jangan dimakan yaaa…, kalo dimakan nanti mati loooh… " :smiley:

Jangan lupa… ini pendapat saya nonK… jadi mohon jangan diambil ati yaaa… :char11:

salam.

He he he he si Bro ini NGACO sih menafsirkan Firman-Nya dalam Alkitab…nih dimana NGACO nya ya Bro :

  1. …selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa,…
    Yang MENENTUKAN untuk BINASA mah bukannya Tuhan Allah-ku yg Maha Pengasih tetapi adalah yg disebut FREE WILL (Kehendak Bebasnya) si Manusia nya aja atuh Bro !
    Kalau udehan masuk Area Free Will nya manusia, Tuhan Allahku itu mah gak mau USILAN melanggar Hak Privasinya si Manusia …artinya Allahku itu menghormati Area FREEDOM nya si manusia nya . Allahku itu cuma Pasang2 RAMBU2 berupa PERINTAH dan LARANGAN2Nya…kalau si Manusia nya dengan Free Will nya melanggar RAMBU2 itu…yah ITU sih salah si manusianya sendiri menentukan nasibnya sendiri buat DIBINASAKAN !

  2. …mereka yang selamat telah ditentukan sebelumnya, begitu juga mereka yang binasa juga telah di takdirkan sebelumnya.

Nah si Bro kalau CERDAS CERMAT KUDU tahu ya bahwa “menentukan” itu urusannya manusia tetapi "me NAKDIR kan " baru urusannya Tuhan Allahku.
Makanya dalam Firman-Nya itu yg dipakai adalah kata “ditentukan” bukan “ditakdirkan”…makanya si Bro kudu HATI2 dan minta bimbingan ROH KUDUS kalau lagi “iseng2 berhadiah” menafsirkan Firman-Nya itu ya Bro !

2 Petrus 1 :
20 Yang terutama harus kamu ketahui, ialah bahwa nubuat-nubuat dalam Kitab Suci tidak boleh ditafsirkan menurut kehendak sendiri,
21 sebab tidak pernah nubuat dihasilkan oleh kehendak manusia, tetapi oleh dorongan ROH KUDUS orang-orang berbicara atas nama Allah.

Jadi Tuhan Allahku Yang Maha Adil dan Maha Pengasih serta Penyayang itu mah gak suka lho PILIH KASIH ama yg namanya Manusia ! Buktinya manusia yg jahat2 aja sama2 kok dikasih sinar matahari, oksigen buat dia pada hidup bersama sama manusia yg BAIK2 itu juga ! Iya 'kan ?

Gimana Bro ada yg mau ditanyakan lagi ?

Ini maksudnya bercerita tentang Yudas Iskariot. dikatakan telah ditentukan untuk binasa karena Yudas Iskariot mengambil keputusan itu berdasarkan keputusannya. Dia telah di peringatkan sebelumnya

Matius 26:23 Ia menjawab: “Dia yang bersama-sama dengan Aku mencelupkan tangannya ke dalam pinggan ini, dialah yang akan menyerahkan Aku.”

Jelas-jelas maksudnya salah seorang dari mereka, tetapi Yudas tidak mau mendengar.

Memangnya ada yang tidak binasa ketika Allah telah berencana?

Yunus 3:10 Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, yakni bagaimana mereka berbalik dari tingkah lakunya yang jahat, maka menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Ia pun tidak jadi melakukannya.

Ternyata Allah sudah merencanakan Malapetaka untuk kota Niniwe, tetapi karena mereka bertobat ketika di tegur, maka rencana Allah batal, bahkan Allah menyesal telah membuat rencana bencana itu. :smiley: Tuhan itu sungguh baik.

Tuh lihat suguihan Santapan Rohani diatas yg sangat LEZAT itu :afro: :happy0062:…dimana dapat disimpulkan :

Pengadilan manusia berdasarkan BUKTI2 tetapi Pengadilan Allah berdasarkan METANOIA ( kesadaran untuk berbalik arah 180 Derajad) dari perbuatan2nya yg jahat !"

Yohanes 17:12
Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.

ayat ini untuk masa sebelum YESUS.

Maka sejak YESUS adalah Tuhan ayat yang dipakai adalah :

Wahyu
20:12 Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan takhta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu.

Jelas …khan ?

kalo mengabaikan tentu Yesus ngga turun ke bumi menjadi sama dg manusia- wafat disalib-dibangkitkan untuk menebus dosa manusia :smiley:

YESUS adalah Anak Allah yang terlahir menjadi manusia dan untuk mati menebus dosa manusia, sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya, akan diselamatkan oleh imannya kepada YESUS.

Ini adalah jalan yang disiapkan Allah agar manusia tidak binasa di neraka menanggung dosanya sendiri, tetapi telah disiapkan Allah penggantinya, yaitu YESUS yang mengenapkan hukum Taurat tentang korban penghapus dosa, penghapus salah, keselamatan dan lain-lainnya. Kita berterima kasih kepada Abraham yang telah rela menyerahkan anak tunggalnya tanpa membantah, demikian juga Allah membalas perbuatan Abraham kepada keturunannya dengan memberikan YESUS, Anak Tunggal Allah sebagai korban tebusan dosa. Abraham dibenarkan dihadapan Allah karena ia percaya, maka dengan jalan itu pula semua orang yang percaya seperti Abraham diperhitungkan sebagai anak-anak Abraham oleh Allah, dan juga mereka berhak menerima keselamatan didalam Yesus, Anak Tunggal Allah.

Ini adalah jalan keselamatan yang diberikan Allah kepada manusia melalui iman Abraham.

namun

[i]Efesus 2:8-9

Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.
[/i]

Ini adalah penjelasan bahwa kita dibenarkan bukan karena perbuatan kita, tetapi karena iman. Sebab ada orang yang dibenarkan karena ia telah berjasa atau telah menyelesaikan suatu perkara, tetapi keselamatan diberikan tanpa memperhitungkan apa jasa dan perbuatan baik kita untuk layak menerimanya, tetapi diberikan sebagai anugrah karena kita diperhitungkan Allah sebagai anak-anak Abraham, berdasarkan iman kita.

Jadi pemahaman dari bacaan diatas bukan artinya keselamatan itu diberikan sekehendak hati Allah, tetapi diperhitungkan Allah sebagai anugrah (pemberian) karena imannya bukan karena perbuatannya. Tanpa meneladani iman Abraham, kita bukan anak Abraham dan kita tidak menerima janji itu.

[i]Yohanes 17:12

Selama Aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam nama-Mu, yaitu nama-Mu yang telah Engkau berikan kepada-Ku; Aku telah menjaga mereka dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam Kitab Suci.
[/i]

nah ini berarti bahwa keselamatan itu adalah anugerah dari Allah, bukan usaha dan kesadaran sendiri. mereka yang selamat telah ditentukan sebelumnya, begitu juga mereka yang binasa juga telah di takdirkan sebelumnya.

sebahagian orang di karuniakan keselamatan, sedang sebahagian lain di takdirkan binasa. kalau begitu apa Allah itu adil? kenapa pilih kasih mengkaruniakan keselamatan kepada sebahagian orang, dan mengabaikan ciptaan lainnya?

Anda menyimpulkan salah sejak awal sehingga sampai akhir anda salah memahaminya. Lagi pula ayat-ayat dalam kitab suci tidak dapat kita cuplik satu demi satu dan digabungkan sendiri-sendiri secara terpisah. Satu ayat memahaminya adalah atas seluruh perikop dan atas seluruh bab dan didalam satu kitab tersirat masing-masing kebenaran, jadi tidak berdiri sendiri tetapi seluruh ayat saling mengikat satu dengan yang lain.

Ayat yang anda petik memiliki pengertian bahwa seorang yang diselamatkan itu karena Allah mendapati iman Abraham didalam dirinya dan selanjutnya mereka adalah orang-orang yang berhak menggunakan nama YESUS dan memperoleh keselamatan didalam namaNya. Mereka yang kedapatan tidak memiliki iman Abraham, adalah mereka yang akan dibinasakan menanggung dosanya sendiri di neraka, sedangkan yang memiliki iman Abraham mereka yang akan dibebaskan dari neraka sebab hukuman yang harus diterimanya telah ditanggung oleh YESUS dikayu salib sampai mati dan dipenjara dalam neraka untuk mengantikan kita (dimana pada hari ketiga, Ia dibangkitkan karena kebenaranNya sendiri, yaitu kebenaran sebagai Anak Manusia yang tanpa cacat dan dosa).

Demikian bahwa ketiga ayat diatas bukan menceritakan bahwa Allah semena-mena menentukan satu binasa dan satu diselamatkan, sebab semua tergantung iman kita. Jika Allah mendapati kita memiliki iman Abraham, menetapkan hati untuk percaya seperti Abraham, maka Allah menemukan kita layak untuk menerima keselamatan didalam nama Anak Tunggal Allah, YESUS KRISTUS.

mohon masukannya rekan2 kristiani di forum ini. dan mohon maaf jika kata2 saya menyinggung, karena saya tidak bermaksud ngeflame, ini murni pertanyaan.

terima kasih.

Semoga terjawab…

testing… ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D ;D

Kenape’ Prul ? Kemasukan kecoa diketiak ya , kok sampai geli ter bahak2 ? Elo mah ada2 aja deh, semua pada SERIUS malah elo ketawa geli sendirian, jangan2…?

Coba baca dengan teliti yohanes 3:16…supaya setiap orang yang percaya…artinya: anugerah keselamatan itu, diberikan Tuhan, berdasarkan keputusan kamu untuk percaya, jadi BUKAN TAKDIR, karena Alkitab tidak mengenal TAKDIR., karena ajaran TAKDIR adalah ajaran dari orang2 yang TIDAK mengenal Tuhan, Ajaran TAKDIR mengajarkan Tuhan itu TIDAK ADIL atau Tuhan itu pilih Kasih.

Salam …

Allah memeng menetapkan seseorang untuk dipanggil bukan berdasarkan pada kebaikan kita melainkan menurut kehendak Allah (menurut kerelaananNYA)

stlh orang yang ditetapkan ini dipilih Allah )orang yang dibenarkan )
Orang pilihan yang di tetapkan(orang yang dibenarkan) ini dipakai sbg alat Allah untuk menyampaikan Kasih Allah :
Caranya :

  • mendoakan
  • menginjil
  • memintakan belas kasih Allah dan kasih karunia kepada mereka yang belum diselamatkan
sebahagian orang di karuniakan keselamatan, sedang sebahagian lain di takdirkan binasa. kalau begitu apa Allah itu adil? kenapa pilih kasih mengkaruniakan keselamatan kepada sebahagian orang, dan mengabaikan ciptaan lainnya?

Dari doa2 orang yang dibenarkan ini maka Allah akan menjangkau jiwa2 yang blm selamat.

Krn itu saat berdoa pentingnya menyebut [email protected] orang yang dikenal yang belum diselamtkan…spy mereka mendapat kasih karunia Allah …

Ini berjalan terus…ketika ada orang yang diselamatkan , orang ini juga akan mendoakan untuk sodaranya, rekan2 nya yang lain yang belum selamat dimintakan anugerah keselamatan …

krn nya jangan [email protected] berdoa untuk orang lain, umat yang lain yang belum percaya Tuhan YESUS smp tuhan datang ke dua kalinya :smiley:

Spy yang belum selamat … bisa mendapatkan kasih karunia Bapa mll YESUS KRISTUS

jadi saya selamat… krn ada yang berdoa untuk roh dan jiwa saya (pendoa2 syafaat yang tidak saya kenal )