mohon nasehat

Salam Sejahtera untuk semua,

saya mempunyain masalah. saya seorang kristen umur 25 tahun, 2 tahun lalu saya merantau di Jkt, sebelumnya kehidupan saya dekat dengan Tuhan, tetapi ketika di Jkarta saya menjadi jauh, ibdah dan pelayanan terlihat sebagi kewajiban, dan sering melakukan dosa. awalnya saya berkenalan dengan sorang wanita di tempat hiburan. awal-nya hanya isenk, tapi kemudian menjadi sayang dan mulai berpacaran. masalahnya dia muslim, dan saya kenal di tempat hiburan malam yg notabene-nya bnyak wanita malam, tetapi sejak january dia tidak menerima Tamu lagi. kemarin ternyata dia hamil, selama ini dia mengaku hanya berhubungan dengan saya tnapa caps. kemarin diketaui dia hamil. saya bingung apa yang harus saya lakukan, saya sadar semua kesalahhan kami. saya tidak ingin menambah dosa lagi dengan menggugurkan dan sebagainya. saya ingin bertanggung jawab, tetapi dia malah menyuruh saya pergi, untuk melupakan dia, biar dia sendiri yang menanggung ini. apa yang harus saya lakukan? saya sadar saya punya bnyak dosa dan kesalahan, saya tidak mau menyia2kan karunia Tuhan yang sudah memberikan anak, sementara pasangan lain sulit mendapatkannya, hanya yang saya ragu apa dia mau mengikuti saya masuk Kristen? lalu apakah kedua keluarga bisa menerima? apa yang harus saya lakukan jika semua keluarga tidak ada yg bisa menerima? thanks

saudara tenang aja
lebih besar kemungkinan wanita itu memang sengaja menjauh
kenapa?
karena mungkin dia sejak awal cuma bermain2
coba anda cari tahu lagi,
karena kalau memang wanita tersebut baik dan serius dengan kata2nya dia justru menahan anda bukan menyuruh anda pergi

alasan dia menjauh, karena dia ga mau merusak masa depan saya, di bilang masa depan saya masih cerah. jika saya benar menjauh dan itu anak saya, saya merasa tidak bertanggung jawab dengan apa yang saya perbuat, sudah cukup dosa yang saya lakukan, saya ingin memperbaiki-nya mulai saat ini,

maksudnya tnapa caps tu apa yah???

boleh tanya?? apa bro yakin itu emang anak bro??

tapi dicek dulu, rata 2 cuma kamuflase saudara apalagi wanita malam, coba aja renungkan kalau mau berubah dia pasti dengan senang hati akan ikut anda

tanpa pengaman (kondom)
jujur saya juga nggak yakin, tapi kalau itu benar anak saya, saya akan menyesal.

runyam yah klo sudah begini :mad0218:

Saya punya beberapa kenalan yang sama seperti bro terjebak dengan “wanita malam” hal seperti ini sering terjadi kok percintaan pelanggan sama si wanita

pertanyaanya itu dia hamil apa benar2 anak bro dizzy? soalnya wanita malam sudah berkelut dengan dunia seperti itu begitu dalam jadi kata2 macam apapun bisa dikeluarkan dan hamil itu adalah resiko dari pekerjaan dia bro jangan ikut2an masalah aborsi2 itu dosa besar! baguslah kalau dia suruh bro pergi karena masalahnya bisa sangat runyam kalau mau diteruskan bukan cuma dari status dan agama bahkan dari segi kesehatan bisa berbahaya secara psikologis maupun fisik
kalo saya pribadi sih saranya Tinggalkan dia secepatnya :slight_smile:

tapi lebih bagus lagi kalau bro banyak2 berdoa sama Tuhan Yesus minta petunjuk dan benar2 jujur dengan hati nuranimu akan langkah selanjutnya

bagaimana jika itu benar anak saya?
sampai saat ini juga saya masih terus berdoa kepada Tuhan.

Jangan hanya berdoa … ttp bertobat
minta ampun sama Tuhan… spy doa sodara di dengar Tuhan

iya pasti, peristiwa ini menyadarkan saya seberapa jauh saya terjerumus…thanks…
maka dari itu saya meminta nasehat bagaimana saya harus berbuat agar tidak menambah dosa lagi.

yup… spt yang pernah saya tuliskan dlm topik yang lain
manusia disadarkan oleh masalah yang tidak ada jalan keluarnya.

Jalan keluarnya : hanya mll Tuhan Yesus… ketika bertobat, mengaku dosa di hadapan Tuhan … dan biarkan Tuhan memegang kendali atas hidup sodara …
Saat itu juga … Dia sanggup pimpin sodara untuk menemukan jalan yang terbaik. :slight_smile:

Jangan ambil jalan sendiri, misal dengan menggugurkan kandungan…
Biarkan jabang bayi itu lahir… jika wajah dan ciri2 yang lain… menunjukkan itu anak sodara
sodara harus tanggung jawab (tidak mesti menikahi wanita tersebut) ttp memelihara hidup anak itu.

Tuhan Yesus memberkati :slight_smile:

hm…mungkin saran sis alice paling bisa di jalankan…karena alasan2 dan komen2 dari sodara2 di atas sudah menunjukkan semua…sekarang tinggal berpulang ke bro dizzy aja…

iya, mungkin ini jalan menurut saya baik…terima kasih sis, atas masukan dan nasehatnya…

iya, mungkin ini jalan menurut saya baik..terima kasih sis, atas masukan dan nasehatnya..

Yup …semoga sodara menemukan yang terbaik
sama minta advice juga dr ortu sodara.
smoga orang tua juga bijak bisa menerima sodara itu apa adanya

saya kurang yakin kalau keluarga bisa menerima, kalau keluarga bisa menerima, saya pasti langsung nikahin…justru yg jadi masalah adalah keluarga…

DNA tes pada bayinya yang lahir

penyesalan selalu datangnya terlambat yah

dulunya berani bermain api …
sekarang apinya yang memainkan manusia …

iya…begitulah, manusia selalu menyadari salah ketika udah ada akibat,…