[mohon tanggapan] Meski Diancam Tetap Kibarkan Bendera Israel

INILAH.COM, Jakarta - Komunitas Yahudi di Jakarta, Sabtu (14/5/2011) akan menggelar Hari Ulang Tahun (HUT) ke 63 negara Israel. Siapa saja yang mengikuti? Apa motivasi penyelenggaraan acara tersebut?

Inisiator perayaan HUT Kemerdekaan ke 63 Israel, Unggun Dahana, menyebutkan tujuan penyelenggaran perayaan kemerdekaan Israel merupakan gerakan umat Kristiani untuk mendukung Israel dan Yahudi secara terbuka.

“Di samping juga kami mendukung dibukanya jalur perdagangan antara Indonesia dan Israel,” katanya kepada INILAH.COM melalui pesan elektronik di Jakarta, Rabu (11/5/2011). Berikut wawancara lengkapnya:

Apa motivasi Anda dan teman-teman menggelar perayaan HUT Kemerdekaan Israel di Jakarta?

Pengibaran bendera Israel ini adalah awal gerakan umat Kristen dukung Israel dan Yahudi secara terbuka. Selama ini umat Kristen takut-takut. Dengan cara ini saya menghimbau untuk mendukung Yahudi dan Israel secara terbuka. Mendukung perdagangan Israel dan Indonesia.

Pelaksanaan selajutnya menggalang kerjasama Indonesia dan Israel untuk kepentingan bisnis. Selama ini ada penganut Yahudi tapi diam-diam, ke depannya dengan cara ini supaya terbuka. Seperti Taiwan, meski tidak punya hubungan, bisnis kita besar.

Berapa jumlah komunitas Yahudi di Indonesia?

Ada ribuan di Jakarta, tapi mereka tidak berani terbuka untuk membuka identitas mereka. Kita tidak tahu mereka itu Yahudi karena membaur dengan pribumi cukup kental. Nah untuk acara besok, kami membatasi hanya 10 orang saja, karena kalau melibatkan banyak orang maka itu butuh izin keramaian dari kepolisian sehingga agak repot.

Kalau besar-besarapan juga agak mepet. Seminggu setelah acara tersebut, kita akan menggelar acara serupa di Bandung, Surabaya, Semarang, dan kota-kota besar di Jawa. Mereka berasal dari Muslim, Kristen, China, dan Jawa, semuanya membaur. Nanti juga akan hadir media dari Israel untuk meliput acara kita.

Bagainana dengan rencana penggerebekan oleh kelompok FPI dalam acara tersebut?

Saya tidak khawatir dengan ancaman itu. Ada ancaman atau tidak, kami akan mengibarkan bendera Israel di Jakarta. Kami tidak takut dengan ancaman mereka.

DPR menyarankan agar acara tersebut tidak digelar karena akan kontraproduktif bagi kehidupan berbangsa dan bernegara?

[b]Umat kristen harus mengungkapkan imannya secara terbuka. Saya sangat menghargai imbauan DPR. Tapai bagaimanapun umat Kristen mengibarkan bendera Israel. Pengibaran bendera Israel ini bagaian dari iman Kristen.

Kita dilindungi oleh UUD 1945 mengenai kebebasan berendapat. Mendukung Isarel bagian iman Kristen. Karena umat Kristen ini tidak dipisahkan dari iman Kristen. Kita bukan asal mendukung saja bukan dengan tujuan yang jelas.[/b]

kok saya baru dengar kalau pengibaran bendera israel adalah bagian dari iman kristen, ataukah memang ada sekte yg doktrinnya seperti itu…?? :huh:

Ada-ada saja :tongue:

wah, kok jadinya gini… ada2 saja…

mendukung kemerdekaan boleh saja karena itu hak sebuah bangsa untuk merdeka dan berdaulat
tapi klo seperti ini tidak ada dalam Alkitab

gak perlu terlalu segitunya kaleeee
tapi salut juga ^^

Hmm… nekat juga…

hidup israel aja deh ^^

[quote]
jelas harus nekat dong hehehe :slight_smile:

baru denger tuh ayat

kok saya baru dengar kalau pengibaran bendera israel adalah bagian dari iman Kristen, ataukah memang ada sekte yg doktrinnya seperti itu..?? huh
yg saya tau ybs mengaku dari GKJ. setau saya GKJ tidak mengajarkan yg seperti itu.

dan di negara ini, maksud dari suatu pernyataan membingungkan di media bisa diketahui di h+n. kita lihat saja besok2 hasil dari pernyataan2 dan kegiatan ybs ini apa.

Mengaku Dari GKJ ??? GKJ Mana Nehh… Saya Jemaat GKJ Aktif Nga Ada Dengar seperti Itu… Kalau HUT GKJ ada. HUT Israel Jelas Mengada ada ??
Yang ada HUT Kemerdekaan RI 17 agustus… Nga ada Perayaan Untuk Negara Lain…