Mungkinkah Tuhan berdosa?

Alkitab menceritakan bahwa pada masa penciptaan manusia, maka manusia diciptakan dalam keadaan tidak berdosa. Namun bukan berarti manusia kebal atau tidak mungkin membuat kesalahan dan berdosa.

Cerita selanjutnya menunjukan ternyata manusia bisa berbuat dosa dan dosa dimulai dari pengaruh lingkungan dimana Hawa berkongko2 dengan ular tua dan terpengaruh.

Ternyata manusia yang suci tidak berdosa itu menjadi berdosa dan tidak kebal terhadap pengaruh lingkunan yang dalam hal ini ular tua itu.

Dengan kata lain Manusia yang suci sekalipun punya kesempatan untuk jatuh dalam dosa.

Itulah bedanya antara manusia dan Tuhan. Tuhan tidak mungkin berbuat dosa atau jatuh dalam dosa karena difinisi dosa itu melanggar kehendak Tuhan. Mungkinkah Tuhan melanggar kehendaknya sendiri?

Yesus adala Tuhan. Mungkinkan Tuhan Yesus berdosa?

Bagaimana kalau ditempatkan dalam lingkungan dosa, misal dilahirkan dari orang berdosa?

Mungkinkah Dia menjadi berdosa?

Tuhan bisa menanggung dosa umat manusia, tapi bisakah dia berdosa?

Dalam hal menanggung dosa umat manusiapun Dia tetap melakukan kehendak Tuhan atau tidak melawang kehendak Tuhan.

Ingat dosa adalah melawan kehendak Tuhan.

Kalau Adam dan Hawa berada dalam kondisi bisa berdosa, kenapa kamu sebut mereka suci?

Saya pribadi tidak akan menyebut mereka suci karena menurut saya suci itu berarti tidak mungkin bisa berdosa. Lagipula, alkitab tidak mengatakan bahwa Adam dan Hawa itu suci. Alkitab hanya mengatakan bahwa Adam diciptakan menurut gambar dan rupaNya.

Tapi saya setuju dengan pernyataanmu bahwa dosa adalah melawan kehendak Allah dan Allah tidak mungkin melawan kehendakNya sendiri (karena Allah adalah Allah). Manusia diciptakan menurut gambar dan rupaNya. Mungkin salah satu aspek dari “gambar dan rupaNya” itu adalah tidak mungkin melawan kehendaknya sendiri dan oleh sebab itu Adam dan Hawa kemudian jatuh dalam dosa.

Adam dan Hawa jatuh dalam dosa karena mereka tidak bisa melawan kehendak mereka sendiri, yaitu kehendak untuk menjadi seperti Allah. Mereka tahu bahwa diri mereka bukan Allah.

Kej 1
1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

Adam diciptakan Allah dalam keadaan SUNGGUH AMAT BAIK.

Allah memberi kebebasan kehendak / free will kepada manusia.

2:15 TUHAN Allah mengambil manusia itu dan menempatkannya dalam taman Eden untuk mengusahakan dan memelihara taman itu.

2:16 Lalu TUHAN Allah memberi perintah ini kepada manusia: "Semua pohon dalam taman ini boleh kaumakan buahnya dengan bebas,

2:20 Manusia itu memberi nama kepada segala ternak, kepada burung-burung di udara dan kepada segala binatang hutan, tetapi baginya sendiri ia tidak menjumpai penolong yang sepadan dengan dia.

Manusia memang diciptakan dalam keadaan :
Dapat tidak berbuat dosa dan dapat berbuat dosa.

Kebebasan yang diberikan Allah kepada Adam, mengharuskan Adam mempunyai tanggung jawab atas kebebasan itu.

Peringatan Allah atas pohon kehidupan dan pengetahuan, merupakan peringatan kebebasan dan tanggung jawab yang diberikan Allah.

Pada saat Adam jatuh kedalam dosa, Adam telah menyalah gunakan kebebasan kehendaknya / free will.

Disamping itu, manusia juga tidak tahan dengan godaan lingkungan yaitu godaan iblis melalui ular.

Tuhan YESUS mampu menghadapi godaan iblis di padang gurun.

Ibrani 4
4:15 Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Kejatuhan Adam menulari seluruh umata manusia dengan dosa, karena Adam adalah representatif manusia.

Roma 5
5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

5:14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.

1 Yoh 1
1:8 Jika kita berkata, bahwa kita tidak berdosa, maka kita menipu diri kita sendiri dan kebenaran tidak ada di dalam kita.

1:10 Jika kita berkata, bahwa kita tidak ada berbuat dosa, maka kita membuat Dia menjadi pendusta dan firman-Nya tidak ada di dalam kita.

Itulah perbedaan antara Tuhan YESUS dengan Adam dan kita.

Saya terpengaruh pengertian dunia bro, innocent before prove guilty.

Artinya walaupun dia bisa berbuat dosa tapi sebelum dia melakukan dosa masih dikatakan suci.

Walaupun demikian bro juga punya point tersendiri untuk membedakan Tuhan dan manusia. Karena benar2 suci kalau memang tidak mungkin jatuh dosa itu hanya Tuhan.

T5uhan tidak mungkin berbuat dosa , sebab penetapan sesuatu adalah dosa , ditentukan oleh tuhan baik dari dalilnya maupun kadarnya semua ditentukan tuhan.

GBU

Sebenarnya topik ini pernah dibahas tidak lama ini, tentang YESUS dan dosa asal. Dari perbincangan disana satu pihak menyatakan bahwa YESUS itu kudus sejak dari lahirnya (tidak membawa dosa asal) sebab Ia dilahirkan dari benih ilahi yang ditaruh dalam rahim Maria, bukan melalui proses pembuahan manusia yang membawa daging ayah atau ibunya. Sedangka dipihak lainnya menyatakan bahwa YESUS itu tidak berdosa sejak lahir sebab Ia adalah Allah dimana ada Allah maka semuanya menjadi kudus, sehingga saat sel telur Maria oleh kuasa ROH KUDUS melahirkan YESUS, Maria menjadi kudus karena benih ilahi tersebut. Sehingga YESUS yang terlahir adalah kudus.

Jadi tentang YESUS dan dosa asal, tidak ada seorangpun yang saya tahu (dari berbagai aliran yang ada) yang menyatakan bahwa YESUS terlahir dengan membawa dosa asal, tetapi Ia kudus sejak dari kandungan.

Selanjutnya…

Selama YESUS hidup di dunia sebagai Anak Manusia, ia sama seperti kita dicobai oleh daging dan hawa nafsu, tetapi Alkitab menyatakan Ia tidak berdosa, karena Ia harus menggenapkan apa yang disebut Anak Domba Allah yang tidak bercacat cela.

Ibr 4:15
Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.

Saya kira pernyataan Firman Tuhan ini sudah cukup untuk kita percaya sebagai kebenaran bahwa YESUS tidak berbuat dosa selama hidupnya sebagai manusia, sampai Ia menanggung dosa yang tidak diperbuatNya yaitu dosa-dosa kita.

tanyanya satu2
jwbny binung heh3

Terlahir sebagai manusia, YESUS merasakan totalitas kelemahan manusia. Itulah sebabnya YESUS harus berdoa sungguh-sungguh, harus puasa hingga 40 hari, supaya tetap melakukan kehendak Bapa. Sebagaimana orang percya juga bertumbuh dalam kesempurnaan, demikian juga YESUS :

Heb_2:10 Sebab memang sesuai dengan keadaan Allah–yang bagi-Nya dan oleh-Nya segala sesuatu dijadikan–,yaitu Allah yang membawa banyak orang kepada kemuliaan, juga menyempurnakan YESUS, yang memimpin mereka kepada keselamatan, dengan penderitaan.

Jadi secara free-will menjadi manusia, kemungkinan YESUS berbuat dosa ada, tetapi Dia memilih untuk melakukan kehendak Bapa.

drpd km mikirin yesus pernah dosa pa engga mending mikirin dosa pribadi anda aja gmn hehe.
Yesus aja penebus dosa manusia bro jd ga usa terlalu bingung. Percaya aja dia jauh dr yg nm ny dosa. Amin.

Kalau ternyata maria ibu Yesus itu manusia biasa yang berdosa apakah Yesus juga tetap tidak berdosa?

Yesus bisa berdosa, tapi Dia tidak berdosa. :slight_smile:

ibu maria tu emang manusia biasa. Tp
diakan dtakdirkn utk dpilih mengandung putra allah
krn dia wanita yg terpilih, jdnya luar biasa gan.
Kalaupun maria wanita biasa yg brdosa kalo yg nama putra allah apalagi orgnya kayak yesus pasti jauh dari dosa.

Pertanyaan topik ini menarik. Saya menyimak dulu saja ah :slight_smile:

Jadi bro menyimpulkan kesucian Yesus tidak dipengaruhi oleh apakah Maria manusia berdosa atau tidak.

Menyimak.
Menunggu tanggapan Front Pemuja Maria… apakah Tuhan bakalan berdosa apabila Maria berdosa :onion-head48:

Ada buah manggis didalam kantung plastik.
Pertanyaannya :
Apakah buah manggis = kantung plastik ?

Ada bibit sorgawi didalam rahim Bunda Maria
Pertanyaannya :
Apakah bibit sorgawi = Bunda Maria ?

Aye jadi bingung deh kalau pertanyaan I gak bisa dijawab :mad0261:
Kalau pertanyaan I bisa dijawab…aye’ lebih bingung lagi kalau pertanyaan II dia gak bisa jawab :mad0261: :ashamed0004:

Ada persamaan akronim (FPM) antara :
FRONT PEMUJA MARIA dengan FRONT PENGHUJAT MARIA karena seyogyanya mereka adalah “Saudara sekandung” yang berbeda paham :slight_smile:

GBU

Betul, mereka saudara kembar alias orangnya sama :afro:
Penghujat Maria adalah pemuja Maria. Mereka menukar sosok Maria yang asli, yang bersahaja, dengan sosok ilah romawi kuno yaitu Ratu Sorga.

ga lah. Gada pengaruh. Malasahny ente kaga bs ubah2 takdir dgn ganti2 isi crita hehe

Kerinduan sis untuk hidup rukun memang perlu di acungi jempol, jangan bunuh2an saling mengasihi.

Namun harus juga dengan jujur kita memberi evaluasi bahwa antara protestan dan katolik itu beda sampai ke akarnya. Fondasinya sudah beda, perbedaan dimulai dari pedomannya atau text booknya,

Diantara protestan sendiri ada perbedaan tapi text booknya sama, hanya ada perbedaan penafsiran, mereka sama2 mengakui alkitab sebagai the main text book. Tanpa ada magesterium, walaupun tiap gereja mengeluarkan aturan2 sendiri misal kebaktian jam berapa, pemahaman alkitab seminggu berapa kali dll, tapi mereka semua mengakui tidak boleh keluar dari aturan yang ditetapkan dalam alkitab.

Kenyataan ini harus diakui sis, tapi memang harus tetap rukun walaupun tahu bahwa kita beda agama. Itu kalau protestan dikatakan agama.

Sama seperti hindu dan budha itu beda agama, totally different system of believe.

Sekali lagi is a matter of fact that Jesus commission us to love and that is very true.

Jalankan tugas kita untuk mengasihi sesama kita dengan mengatakan apa adanya bukan membohongi dan berani menunjukan jalan surga yang benar

Tell the truth in love even when we know we will be cursed as soon as we show the truth for the sake of those who curse us.

Menyampaikan kebenaran dengan tujuan keselamatan yang mendengar sering mendapat respon negatif berupa makian. Tapi kita tahu Tuhan Yesus datang untuk menyelamatkan manusia dan manusia malah menyalibkan dan menyiksanya.

Mau mengikuti jalan Kristus harus pikul salib or He’ll tell you are not worthy to follow Me.