murtad == unforgiven ?

setau ane, Tuhan Yesus maha pengasih. mintalah maka akan diberikan.

seandainya ada anak manusia yang berpindah agama karena cinta pernikahan. dan setelah sekian lama ia menyesali perbuatannya, dan ingin kembali kepada Yesus, apakah hal ini tidak dapat diampuni olehNya ?

jika ya, apakah ini berarti Tuhan Yesus maha pengasih itu pilih kasih ?

“Dia akan mencari 1 domba yang hilang tersebut, dan memanggulnya dan membawanya kembali berkumpul dengan 99 domba lainnya”

mohon penjelasannya :slight_smile:

Pasti di ampuni selama dosanya bukan menghujat Roh Kudus…, peace n Jesus bless u… :slight_smile:

hmmmm… mari kita pikirkan… bila seseorang itu kemudian menyesali perbuatannya dan kembali pada TUHAN… bukankah berarti ia menjawab panggilan TUHAN di dalam hatinya… TUHAN memanggil lohhh…??? artinya TUHAN tidak pernah meninggalkan kita, hanya kita yang membangun benteng ego untuk mengabaikan TUHAN… dan kemudian bila kita merubuhkan benteng itu berarti kita sudah kembali ke pelukan TUHAN… apakah mungkin TUHAN tidak mengampuni kita yang mau datang padaNYA… bukankah TUHAN datang untuk itu…??? untuk mengerti lebih lanjut cobalah cari tentang dosa yang tak terampuni… dan tentang mencobai TUHAN… bila anda dapat mengambil intinya maka anda akan mengerti tentang KASIH TUHAN…

Kalau murtad memang unforgiven,
silakan baca Ibrani 6:4-6
Pernah juga dibahas dgn panjang lebar disini "HATI-HATI KESELAMATAN BISA HILANG !!!" - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com
GBU

menurut thread sebelah

6:4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam ROH KUDUS,
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,

6:6 namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

nah kasus ane, setelah murtad, dia mendapat panggilan berbalik ke jalan yang beanr

jadinya kristen => non kristen => kristen lagi

Pakai logika sederhana saja, kalau bisa murtad berarti masih belum berbalik secara sungguh-sungguh. Jadi kita anggap saja masih berdosa. Nah seandainya dia sadar mau berbalik, ya patut diterima.

kristen > 6:4 Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam ROH KUDUS,
6:5 dan yang mengecap firman yang baik dari Allah dan karunia-karunia dunia yang akan datang,

menjadi non kristen > murtad

Alkitab katakan > tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat, sebab mereka menyalibkan lagi Anak Allah bagi diri mereka dan menghina-Nya di muka umum.

Kecuali saat menjadi kristen pertama, ybs tdk mengerti betul, hanya kristen2an, simpatisan istilahnya kali, shg belum lahir baru/blm bertobat, blm mengalami apa yg disebutkan dlm Ibrani 6:4-5, kemudian ybs menjadi non kristen, tapi kemudian sadar dan menjadi kristen sejati/bertobat/mengalami kelahiran baru. > dlm kasus spt ini ybs bukan murtad krn belum pernah bertobat/blm mengalami kelahiran baru/blm mengalami apa yg disebutkan dlm Ibrani 6:4-5.
GBU

mungkin bisa ane sebut si murtaders ini “simpatisan” kenapa ? yaa, kalo udah beriman ga mungkin dia tinggalkan dong :smiley:

berarti jika simpatisan, dan ia “menyebrang” ke “pulau” lain. akhirnya ia mendengar panggilan ke “pulau” awal dan mau tinggal disana, dalam hal ini kita semua sepakat bahwa murtaders dapat diterima kembali ?

Kalu itu hanya dia dan Tuhan yg tahu
tapi dgn Tuhan jangan main2, karena sekali murtad tdk ada jalan kembali
itu yg disampaikan FT dlm Ibtani 6:4-6
GBU

Yo kalau seorang murtad lalu menghujat Roh Kudus , bbrp tahun kemudian menyesal … Kembali lagi …

Apakah diterima…?

Bro sebaiknya dipahami dulu apa yang disebut menghujat Roh Kudus…

yang tidak terampuni adalah pertobatan yang pura2… berkata bertobat namun disisi lain memiliki motivasi demi keuntungan pribadi… bukan pasrah pada TUHAN… untuk hal ini hanya orang itu dan TUHAN yang tahu…

Ingatlah sekelam apapun dosa kita TUHAN masih menerima kita selama kita masih hidup dan mau dengan tulus bertobat dan berbalik pada TUHAN…

iya dari awal juga sering disebutkan “menghujat roh kudus” maksudnya itu bagaimana ?

keknya “si korban” ini pindah pulau lantaran dia cinta mati ama cewenya, terus setelah menikah dia ingin kembali menjadi kristen,

apa dia uda menghujat dengan “pindah pulau” itu ?

Menghujat Roh Kudus itu ketika seseorg dgn kuasa Tuhan Yesus dpt mengusir setan, kemudian dikatakan bahwa dia mengusir setan dgn kuasa setan > yg mengatakan ini yg menghujat RK.
Contoh yg jelas spt yg terjadi pd Tuhan Yesus sendiri dlm Injil markus 3 dibawah ini:

Markus 3:22 Dan ahli-ahli Taurat yang datang dari Yerusalem berkata: “Ia kerasukan Beelzebul,” dan: “Dengan penghulu setan Ia mengusir setan.”
3:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan.
3:29 Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal."
3:30 Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat
GBU

Untuk kasus menghujat Roh Kudus, bisa di lihat pada contoh seorang yang terus menerus mengkeraskan hati menentang perkataan Tuhan sendiri, contohnya di sini http://islamexpose.blogspot.com/2008/08/ahmed-dead-mati-mengenaskan.html

Untuk kasus teman harus di perdalam terlebih dahulu, apakah hanya seorang Kristen awam atau bagaimana?

Salam

oh begitu, terima kasih pencerahannya, kalo orangnya hanya sekedar “pindah pulau” tanpa menghujat maksudnya, pindah karena terpaksa atau ikut ikut aja masih dimaafkan ya

yang tidak dimaafkan itu yang “pindah pulau” dan menghujat RK

kalo benar, case close :slight_smile:

Bukan hanya menghujat RK yg tdk dpt diampuni,
tapi kalau semula dia sdh benar2 percaya YESUS dan bertobat,
lalu krn masalah cewe pindah pulau, maka itu sangat menyedihkan Tuhan
biasanya kan kalau pindah itu ada prosesi mengakui bla-bla-bla di muka umum
nah ini yg merupakan penyangkalan kpd Tuhan YESUS (Matius 10:33 Tetapi barangsiapa menyangkal Aku di depan manusia, Aku juga akan menyangkalnya di depan Bapa-Ku yang di sorga.")
Kelihatannya masalah spt ini memenuhi apa yg dikatakan Ibtrani 6:4-6 tt murtad
Tapi tu terserah Tuhan, dan serahkan saja pd Dia, mudah2an masih terbuka pintu anugerah-Nya bg dia.
GBU

penjelasannya :

“Dia akan mencari 1 domba yang hilang tersebut, dan memanggulnya dan membawanya kembali berkumpul dengan 99 domba lainnya”

jadi kalau domba yg murtd (tersesat) itu kembali kepada gembalanya, pasti disambut. kenapa ? sebab Allah itu Kasih, dan kasih itu menutup dosa.

Iya sih Bro…kalau yg HILANG itu masih berbentuk DOMBA…lha kalau udeh jadi SRIGALA…hiiiiiiii DOR aja jidatnya biar TIDAK membahayakan Domba2 !

Domba itu biar masuk habitatnya “KAMBING”…masih kelihatan kok “ke DOMBA annya”…malah sering2 si Domba ngajarin para KAMBING bagaimana sikap seekor DOMBA…kalau ada yg tertarik mau ikutan jadi DOMBA…ya Haleluya Puji Tuhan…
Lukas 15 :
9 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan."

Jadi Tuhan punya BANYAK CARA buat menyampaikan Berita Keselamatan itu :

  • Ada yg kek kasus Bro TS ini
  • Ada yg lahir di Keluarga Non Kristen, biar dia tahu “kehidupan kalangan non Kristen” tsb…setelah dianggap MATENG dan CUKUP WAktunya…ia dijadikan “yang TERPILIH” lalu dikirim kembali ke Habitatnya SEMULA…bukankah itu arti dari GEREJA / Ecklesia yg sebenarnya. Karena dia BESAR dan BERTUMBUH disana, maka dia tahu “dari celah pintu mana ia MULAI mengabarkan Berita Keselamatan” itu…coba kalau “orang asing” yg masuk ke sana…hiiiiii SERAM deh banyak mata yg MELOTOT dan SANGAR2 mukanya…maka Tuhan ngirim kesana Domba berbulu Srigala
  • Ada yg tadinya Ekstrimis dan Radikal suka bangga2 in diri BAKAR2 Gereja ama BUNUH para Hamba Tuhan, eh eh eh malah dia dipilih dan terpilih lalu dikirim balik kesana…

Nah kadang2 CARA TUHAN itu emang kelihatan ANEH buat manusia…

Pertobatan orang2 yg sesat
Yesaya 29 : 24
Orang orang yang sesat pikiran akan mendapat pengertian dan orang orang yang bersungut sungut akan menerima pengajaran

Yesaya 55 : 8 – 9
“Sebab Rancangan-Ku bukanlah rancanganmu dan jalanmu bukanlah Jalan-Ku, demikianlah Firman Tuhan ….Seperti tingginya langit dari bumi demikianlah tingginya Jalan-Ku dari jalanmu dan Rancangan-Ku dari rancanganmu”. ………makna tersiratnya adalah JALAN dan RANCANGAN-Nya sukar dimengerti AKAL manusia tetapi mudah dipahami HATI manusia