Musuh Israel = Musuh Tuhan

[b]
Dan lahirnya negara Israel adalah penggenapan nubuat nabi Yehezkiel di Yehezkiel 37 dan Zakharia 8:13. Mereka menjadi sebuah negara merdeka di tengah-tengah bangsa yang membenci mereka, yaitu: Mesir, Jordania, Palestine, Syria, Lebanon, Iraq dan Iran. Mereka sangat membenci Israel, yang artinya membuat mereka menjadi musuh Tuhan.

Dan inilah hukuman Tuhan untuk bangsa-bangsa di sekitar Israel.

  • Untuk Mesir Yehezkiel 30.
  • Untuk Jordania Yehezkiel 25 dan Yeremia 48-49.
  • Untuk Palestine Yehezkiel 25 dan Yeremia 47.
  • Untuk Syria Yeremia 47.
  • Untuk Lebanon Yehezkiel 26 dan Yeremia 49:23-27.
  • Untuk Iraq Yeremia 50-51.
  • Untuk Iran Yeremia 49:34-39.[/b]

tidak selamanya musuh Israel = musuh Tuhan

Musuh Tuhan yang sebenarnya

  1. Orang Congkak

Yakobus 4:6
4:6 Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

I Petrus 5:5
5:5 Demikian jugalah kamu, hai orang-orang muda, tunduklah kepada orang-orang yang tua. Dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: “Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.”

  1. orang yang tidak taat kepada kebenaran-Nya

Roma 2:8
2:8 tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri, yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

  1. orang sombong

Amsal 6:17
6:17 mata sombong, lidah dusta, tangan yang menumpahkan darah orang yang tidak bersalah,

Amsal 8:13
8:13 Takut akan TUHAN ialah membenci kejahatan; aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat.

dsb…

Betul Bro labbats19xx.
Kalau pake prinsip gitu kan sama aja orang Kristen di negara2 itu juga musuh Tuhan yak…ksian amatt :slight_smile:

Kok ngambil ayat dari Perjanjian Lama, kan seluruh nubuat / perkataan yang dikatakan di Perjanjian Lama telah berakhir pada saat tampilnya Yohanes (mat 11:13), makanya hadir Perjanjian Baru - penggenapan dari Perjanjian Lama.

jadi untuk apa ada Perjanjian Lama didalam Alkitab?

Seluruh Alkitab adalah saling melengkapi dan bertautan maksudnya. sebab Alkitab adalah Firman Allah.

Tuhan Yesus memberitahukan kita bahwa Alkitab adalah Firman Allah dan satu iota atau titik pun tidak akan ditiadakan (Mat 5:18 ; Mrk 7:8-9 ; Yoh 10:35)

Alkitab tidak boleh tambahi, dikurangi atau diubah (Ul 12:32 ; Why 22:18-19 ; Yer 26:2)

Topic dipindahkan dari Bible study

alamakkk.

TS yang terhormat, sedangkal itukah pikiran anda? hehehe :happy0025:

gw rasa bro2 yang laen udah cukup ngejelasin kalo musuh sesungguhnya itu ya keangkuhan, sombong, pokoknya yang bertentangan dengan buah-buah roh deh…

Kalau baca posingan Labath, musuh Tuhan sebenarnya bukan orang atau manusia, melainkan perbuatan, sifat, perilaku yang negatif, karena itulah kenapa Yesus datang untuk menyelamatkan orang berdosa, bukan menyelamatkan dosanya (maksudnya dosa dari manusia berdosa).

JLU

ISRAEL memang hingga kini masih UMAT PILIHAN TUHAN tapi itu kan memang tergantung dari pribadinya masing", buktinya di kitab Wahyu psl. 7 dikatakan ga semua ORANG ISAREL akan diselamatkan dalam pengangkatan, cuma dipilih 12.000 orang dari tiap suku

tapi bisa jadi TOPIC musuh israel = musuh Tuhan ini dijadikan pegangan oleh Amerika, cs. yang selalu pro ISRAEL kaleeee???

Umat TUHAN sebagai suatu bangsa (Israel) sudah musnah sejak kehancurannya dinubuatkan oleh Kristus sendiri.
Matius 23:37-39
37 “Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 38 Lihatlah rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. 39 Dan Aku berkata kepadamu: Mulai sekarang kamu tidak akan melihat Aku lagi, hingga kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!”
lanjut ke
Matius 24:1-2
1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah. 2 Ia berkata kepada mereka: /“Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan.”
Ketika para murid mengajukan pertanyaan pertama:
Matius 24:3
Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: “Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi …?”
Maka yang dimaksudkan adalah gambaran runtuhnya Yerusalem dan ratanya Bait Allah itu. Dan Tuhan Yesus memberitahukan semua yang akan terjadi sebelum runtuhnya Yerusalem.
Matius 24:4-8
4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat.
Gambaran di atas tepat sesuai dengan keadaan Israel pada tahun 66-70. Waktu itu orang Yahudi bukan hanya berperang melawan Romawi, tetapi juga ada banyak kelompok dan partai yang kesemuanya itu mempunyai kepentingan dan pemimpinnya sendiri. Setiap pemimpin akan datang dengan nama Kristus dan berkata:“Akulah Mesias, raja yang diurapi Allah”; dan mereka ini saling memerangi. Selesai sudah nasib Israel sebagai suatu bangsa umat TUHAN.

Setelah itu Tuhan Yesus berkata dalam kesempatan terakhir, demikian:
Matius 28:19
Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,

Demikianlah pembangunan Israel sejati dimulai, yaitu Gereja TUHAN di seluruh dunia. Dengan penjelasan ini, saya sependapat dengan bro labbats mengenai siapa israel dan musuh israel secara rohani itu. Jangan lagi mengaitkan keadaan Israel sebagai suatu negara dengan hal-hal rohaniah, terutama menyangkut pengertian akhir zaman, tetapi mulailah memperhatikan diri Anda sendiri sebagai satuan terkecil dari Gereja TUHAN, yaitu Israel sejati.

Demikian, semoga melengkapi
GBUs :smiley:

koq Tuhan punya musuh ya ?

ngeri banget bermusuhan sama Tuhan… hehehe… gag ada artinya . .

itu mah kayaknya interpretasi bahasa sang TS topik ini aja
pada dasarnya Tuhan itu kasih

yapz. lagian mikir 100 kali sang musuh tuk memusuhi Tuhan… haha…

Iblis dan para anteknya sudah gak bisa mikir lagi bro …, dan inilah musuh kita sejak akhir zaman PL digenapi keseluruhan dalam keruntuhan Yerusalem (Israel) di th. 70 M. Bukan lagi terbatas oleh batas-batas teritorial negara, tetapi meluas kepada kegerakan seluruh dunia. Sama seperti perintah TUHAN yang beralih dari pemberitaan kepada orang Yahudi menjadi pemberitaan kepada bangsa-bangsa sedunia, demikian juga musuh kita tidak terbatas lagi pada teritorial suatu negara tertentu, tetapi perhatikan ayat berikut ini:
Ef. 6:12
karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

Demikian & GBUs

setuju.
ngeri bgt bermusuhan dengan Tuhan.
wah gak bgt deh.
gw walaupun mungkin belum org yg benar tp gw selalu berusaha menjadi sahabat Allah,walaupun skrg mungkin hanya dihati saja belum dlm tindakan sehari-hari.
karena lemahnya imanku maka terkadang sering menyakiti Tuhan. tp…
I Always Love Jesus Christ my Lord and still in my heart.
God bless.