Nabi di ulangan 18 : 18

Mau tanya yang di maksud nabi di Ulangan 18 : 18 itu siapa ? tks GBU :smiley:

* Ulangan 18:18
LAI TB, seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
King James Version, I will raise them up a Prophet from among their brethren, like unto thee, and will put my words in his mouth; and he shall speak unto them all that I shall command him.
Hebrew,
谞指讘执讬讗 讗指拽执讬诐 诇指讛侄诐 诪执拽侄旨专侄讘 讗植讞值讬讛侄诐 讻指旨诪止讜讱指 讜职谞指转址转执旨讬 讚职讘指专址讬 讘职旨驻执讬讜 讜职讚执讘侄旨专 讗植诇值讬讛侄诐 讗值转 讻指旨诇志讗植砖侄讈专 讗植爪址讜侄旨纸谞旨讜旨變
Interlinear, NAVI {seorang nabi} AQIM {Aku akan membangkitkan} LAHEM {bagi mereka} MIQEREV {dari tengah-tengah} 'AKHEIHEM {saudara mereka} KAMOKHA {seperti engkau} VENATATI {dan Aku akan meletakkan} DEVARAI {firman-Ku} BEFIV {pada mulutnya} VEDIBER {dan ia akan berkata} 'ALEIHEM {kepada mereka} 'ET KOL-'ASYER {seluruh yang} 'ATSAVENU {Aku akan memerintahkan kepadanya}

Anda mau tanya apa arti nabi-nya?
Ataukah mau tanya 鈥渘ubuat鈥 sosok nabi itu untuk siapa?

Teman Muslim biasanya menganggap sosok 鈥渘abi鈥 yang dimaksud adalah 鈥淢uhammad鈥, Apakah Anda juga berpendapat demikian?

yang ke 2 pak, Ya saya pernah mendengar nabi yang dimaksud itu adalah M . tapi saya tidak setuju dengan itu .
Menurut bapak Nabi yang dibangkitkan itu siapa ? Dan apakah ada 1 ayatpun dari alkitab (PL dan PB) itu yang menunjuk ke sosok M ? menurut saya tidak ada . ;D

Okey, pembahasannya di http://www.sarapanpagi.org/nabi-seperti-musa-vt556.html#p1103

Ok bro :afro: 鈥erimakasih .GBU

Coba cari di situs pencari ayat Alkitab, cari 鈥榥abi yang akan datang鈥.

Disitu kita akan tau bhw para rasul menyadari bhw Yesus Kristus-lah Nabi yang akan datang itu.
Hebatnya, Sang Nabi ini adalah juga Immanuel.

coba baca Kisah Para Rasul 3:18-22; Itulah maksud dari nubuatan ini.

Semoga dengan masuknya berbagai usulan kepada @felicesolagracia dari para parisipan forum yang baik hatinya, semakin memantapkan pemahaman @felicesolagracia mengenai nabi di Ula 18:18.

Salam olahraga,

udah gak pake logika macam2 lagi opung chibi

Situ pengen tahu aja.

Salam olahraga.

Sebelumnya kita lihat dulu Ulangan 18:15-19, kalimat yang diucapkan Musa kepada bani Israel

Ulangan 18:15-19
18:15. Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku, akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.
18:16 Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;
18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19 Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.

Untuk memahami Ulangan 18:18 ini kita harus melihat ayat sebelumnya yaitu Ulangan 18:16-17
Ulangan 18:18 seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.

Siapakah yang dimaksud dengan mereka ini di Ulangan 18:18 ?
Jawabannya ada di Ulangan 18:16-17

Ulangan 18:16-17
18:16 Tepat seperti yang kamu minta dahulu kepada TUHAN, Allahmu, di gunung Horeb, pada hari perkumpulan, dengan berkata: Tidak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati.
18:17 Lalu berkatalah TUHAN kepadaku: Apa yang dikatakan mereka itu baik;

Disini terlihat sangat jelas bahwa yang dimaksud mereka ini adalah orang- orang yang berkata di gunung Horeb 鈥淭idak mau aku mendengar lagi suara TUHAN, Allahku, dan api yang besar ini tidak mau aku melihatnya lagi, supaya jangan aku mati鈥 yang tidak lain adalah bani Israel itu sendiri

Jadi kalimat 鈥渟eorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka鈥 pada Ulangan 18:!8 berarti 鈥渟eorang nabi akan Kubangkitkan bagi bani Israel dari antara saudara mereka鈥

Kemudian kita lanjut pada kalimat 鈥渄ari antara saudara mereka鈥.
Kita tahu bahwa Musa adalah keturunan Lewi. Kalimat 鈥渄ari antara saudara mereka鈥 mengindikasikan bahwa nabi yang akan datang ini berasal dari bani Israel yang bukan keturunan Lewi. Hal ini digenapi dengan kedatangan Yesus Kristus ke dunia yang berasal dari bani Israel keturunan Yehuda saudara Lewi.

Hal ini dikuatkan dengan pernyataan Petrus kepada orang Israel setelah meyembuhkan orang yang lumpuh sejak lahirnya dengan kuasa Allah dipintu gerbang Bait Allah, yang bernama Gerbang Indah dengan mengutip Ulangan 18:18-19.

Kisah Para Rasul 3:19-24
3:19 Karena itu sadarlah dan bertobatlah, supaya dosamu dihapuskan,
3:20 agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.
3:21 Kristus itu harus tinggal di sorga sampai waktu pemulihan segala sesuatu, seperti yang difirmankan Allah dengan perantaraan nabi-nabi-Nya yang kudus di zaman dahulu.
3:22 Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
3:23 Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita.
3:24 Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.

Semoga bisa membantu.