NABI SESUDAH YESUS

SEJAHTERA bagi siapapun yang mengikuti petunjuk. Apa yg menghalangi kalian beriman kepada kenabian Muhammad, padahal Yesus sendiri tidak pernah mengingkari kenabian sesudahnya.

P. Baru: Matius: 7
7:15. "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Yesus hanya berpesan agar waspada terhadap nabi-nabi palsu, bukan meniadakan nabi sesudahnya “…Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,… Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” Jikalau bukan kepada Nabi Muhammad kepada siapa hendak kau yakini kenabiannya. Adakah nabi sesudah Yesus selain Muhammad yang hendak kau yakini???

P. Baru: Yohanes: 1
1:19. Dan inilah kesaksian Yohanes ketika orang Yahudi dari Yerusalem mengutus beberapa imam dan orang-orang Lewi kepadanya untuk menanyakan dia: “Siapakah engkau?”
1:20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”
1:21 Lalu mereka bertanya kepadanya: "Kalau begitu, siapakah engkau? Elia?" Dan ia menjawab: “Bukan!” “Engkaukah nabi yang akan datang?” Dan ia menjawab: “Bukan!”
1:22 Maka kata mereka kepadanya: “Siapakah engkau? Sebab kami harus memberi jawab kepada mereka yang mengutus kami. Apakah katamu tentang dirimu sendiri?”
1:23 Jawabnya: “Akulah suara orang yang berseru-seru di padang gurun: Luruskanlah jalan Tuhan! seperti yang telah dikatakan nabi Yesaya.”
1:24 Dan di antara orang-orang yang diutus itu ada beberapa orang Farisi.
1:25 Mereka bertanya kepadanya, katanya: “Mengapakah engkau membaptis, jikalau engkau bukan Mesias, bukan Elia, dan bukan nabi yang akan datang?”

Jika Mesias adalah Yesus (P. Baru: Matius Pasal 16 Ayat 20) dan Elia adalah Yohanes (–menurut Yesus, Elia adalah Yohanes–P. Baru: Matius: 11 Ayat 13-14). Siapa nabi yang akan datang itu ???

Sungguh adakalanya sebutan Roh dalam Al Kitab itu bukanlah Roh dalam arti yang sesungguhnya, namun hal itu menunjuk kepada kenabian yang akan datang.

P. Baru: I Yohanes: 4
4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Demikian itulah yang dimaksud Yesus sebagai Sang Penghibur. Bukanlah sekedar Roh Kudus yang telah diutus (Luk 2:25-28 ; Luk 3:21-22 ; Luk 1:15 ; Luk 1:41 ; Luk 1:67 ) tapi Roh Kudus yang merupakan Roh Kenabian Suci yang akan di utus (I Yoh 4:1). Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia saat itu (zaman Yesus) tidak melihat Dia (belum lahir) dan tidak mengenal Dia. Tetapi para murid Yesus mengenal Dia, sebab Ia menyertai dan akan diam di dalam hati para Murid (oleh sebab iman).

P. Baru: Yohanes: 14
14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,
14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

P. Baru: Yohanes: 14
14:25. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;
14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus (???, Red.), yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

P. Baru: Yohanes: 16
16:7. Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku (Yesus, Red.) pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.

Yesus telah memberikan indikasi tentang kenabiannya. Bagaimana cara kita mengenalnya ?

P. Baru: Yohanes: 16
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

[b]Indikasi kenabian menurut ayat-ayat Yohanes di atas :

  1. –16:8-- Kalau Ia datang, Ia akan menyatakan kepada dunia arti sebenarnya dari dosa, dari apa yang benar, dan dari hukuman Allah. (Meluruskan konsep dosa)
  2. –16:9-- Ia akan menyatakan bahwa siapa yang tidak percaya kepada kenabian Yesus adalah dosa;
  3. –16:10-- Ia akan menyatakan bahwa Allah telah mengangkat Yesus kepada-Nya.
  4. –16:11-- Ia akan menyatakan tentang penghakiman, bahwa penguasa dunia ini (kekaisaran Romawi/kerajaan adidaya masa Yesus) akan segera ditaklukkan.
  5. –16:12-- Banyak lagi yang mau Yesus katakan, namun saat itu para murid Yesus dirasa Yesus belum sanggup menerimanya.
  6. –16:13-- Tetapi kalau Roh (kenabian) itu datang, yaitu Dia yang menyatakan kebenaran tentang Allah, kalian akan dibimbing-Nya untuk mengenal seluruh kebenaran. Ia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri tetapi mengatakan apa yang sudah didengar-Nya, dan Ia akan memberitahukan kepadamu apa yang akan terjadi di kemudian hari (hari kiamat).
  7. –16:14–Ia akan memuliakan Yesus sebagai nabi, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya sebagaimana ajaran-ajaran Yesus (yang sebenarnya).
  8. –16:15-- karena ajaran yang Yesus terima berasal dari Allah (dan ajaran nabi itu juga berasal dari Allah), sebab itu Yesus berkata: “Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.” [/b]

P. Baru: I Yohanes: 4
4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

P. Baru: Matius: 7
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Jikalau bukan kepada Nabi Muhammad kepada siapa hendak kau yakini kenabiannya. Adakah nabi sesudah Yesus selain Muhammad yang hendak kau yakini???

P. Lama: Ulangan: 18
18:15. Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku (Musa), akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.

Musa mengabarkan kepada kita pada ayat ulangan diatas bahwa Tuhan akan membangkitkan seorang nabi seperti dia (Musa). Orang kristen menganggap Nubuat ini ditujukan kepada Yesus. Padahal Yesus tidak seperti Musa. Yesus dianggap Tuhan oleh orang Kristen, sedangkan Musa tidak dianggap Tuhan oleh orang kristen. Jadi Yesus tidak seperti Musa. Padahal yang dinubuatkan adalah nabi seperti Musa. Apalagi tidak akan ada lagi nabi di antara orang Israel seperti Musa sebagaiman Ulangan 34: 10:

P. Lama: Ulangan: 34
34:10 Seperti Musa yang dikenal TUHAN dengan berhadapan muka, tidak ada lagi nabi yang bangkit di antara orang Israel,

Bagaimana cara mengenal nabi seperti Musa itu?

P. Lama: Ulangan: 18
18:18. seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka, seperti engkau ini; Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya.
18:19. Orang yang tidak mendengarkan segala firman-Ku yang akan diucapkan nabi itu demi nama-Ku, dari padanya akan Kutuntut pertanggungjawaban.
18:20. Tetapi seorang nabi, yang terlalu berani untuk mengucapkan demi nama-Ku perkataan yang tidak Kuperintahkan untuk dikatakan olehnya, atau yang berkata demi nama allah lain, nabi itu harus mati.
18:21. Jika sekiranya kamu berkata dalam hatimu: Bagaimanakah kami mengetahui perkataan yang tidak difirmankan TUHAN? –
18:22. apabila seorang nabi berkata demi nama TUHAN dan perkataannya itu tidak terjadi dan tidak sampai, maka itulah perkataan yang tidak difirmankan TUHAN; dengan terlalu berani nabi itu telah mengatakannya, maka janganlah gentar kepadanya."

[b]Indikasi kenabian menurut ayat ulangan 18 di atas:

  1. ia akan bangkit dari antara saudara orang Israel yaitu orang Ismael

P. Lama: Kejadian: 17
17:20 Tentang Ismael, Aku (Allah) telah mendengarkan permintaanmu (hai Abaraham/Ibrahim); ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

  1. ia akan menerima firman Allah melalui lisannya (tidak menulis dan membaca) dan menyampaikan apa yang diperintahkan.
  2. nabi itu mengucapkan firman Tuhan dengan ucapan ”demi nama Allah (arab: bismillah)”
  3. nabi itu berpesan terhadap apa yang diperintahkan dan tidak mengajarkan menyembah Tuhan yang lain selain Alloh (ibrani: Elohim)
  4. jika nabi itu tidak benar (tidak sesuai perintah) maka nabi itu pasti akan mati binasa/tidak akan diberi kemenangan oleh Tuhan
  5. Jika nabi itu benar, apa yang dinyatakannya ”demi nama Allah”, harus terjadi.[/b]

Kembalilah pada agama para nabi yaitu agama shalom/Damai Sejahtera (Arab: Salam/ Islam). Setiap Nabi yang berasal dari Alloh (ibrani: Elohim) haruslah bernubuat tentang Agama Shalom.

P. Lama: Yeremia: 28
28:9 Tetapi mengenai seorang nabi yang bernubuat tentang damai sejahtera, jika nubuat nabi itu digenapi, maka barulah ketahuan, bahwa nabi itu benar-benar diutus oleh TUHAN."

Sebagaimana yesus menyebut agama yang ditinggalkannya demikian:

P. Baru: Yohanes: 14
14:27 Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak seperti yang diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu.

Sebutan Kristen ada hanya setelah sepeninggal Yesus:

Kisah Para Rasul 11
11:26 Setelah bertemu dengan Saulus, ia membawa Saulus ke Antiokhia dan satu tahun penuh mereka berkumpul dengan jemaat di sana sambil mengajar banyak orang. Di Antiokhia itulah orang-orang yang percaya kepada Yesus untuk pertama kali disebut orang-orang Kristen.

Lihatlah sangat liciknya Paulus menutupi ajaran Yesus:

P. Baru: II Korintus: 11
11:12 Tetapi apa yang kulakukan, akan tetap kulakukan untuk mencegah mereka yang mencari kesempatan guna menyatakan, bahwa mereka sama dengan kami dalam hal yang dapat dimegahkan.
11:13 Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja-pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus.

P. Baru: II Korintus: 11
11:4 Sebab kamu sabar saja, jika ada seorang datang memberitakan Yesus yang lain dari pada yang telah kami beritakan, atau memberikan kepada kamu roh yang lain dari pada yang telah kamu terima atau Injil yang lain dari pada yang telah kamu terima.

P. Baru: I Korintus: 15
15:14 Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu.
Ajaran Pokok para nabi adalah sama yaitu Meng-Esa-kan (bahwa satu-satunya Tuhan adalah) Alloh/ ibrani: Elohim. Bagaimana mungkin telah berlalu sekian banyak nabi sebelum Yesus mengajarkan ke-Esa-an Tuhan, kemudian tiba-tiba menjadikan ”Tuhan itu Tiga dalam satu”.

P. Baru: Markus: 12
12:28. Lalu seorang ahli Taurat, yang mendengar Yesus dan orang-orang Saduki bersoal jawab dan tahu, bahwa Yesus memberi jawab yang tepat kepada orang-orang itu, datang kepada-Nya dan bertanya: “Hukum manakah yang paling utama?”
12:29 Jawab Yesus: “Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah “kita”, Tuhan itu esa.
12:30 Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu dan dengan segenap kekuatanmu.
12:31 Dan hukum yang kedua ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri. Tidak ada hukum lain yang lebih utama dari pada kedua hukum ini.”
12:32 Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

P. Lama: Keluaran: 3
3:15 Selanjutnya berfirmanlah Allah kepada Musa: "Beginilah kaukatakan kepada orang Israel: TUHAN, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku kepadamu: itulah nama-Ku untuk selama-lamanya dan itulah sebutan-Ku turun-temurun.

Bertobatlah sebelum datang masa engkau menyeru-nyeru Yesus namun ia tidak mengenalimu sebagai pengikutnya melainkan sebagai pembuat kejahatan.

P. Baru: Matius: 7
7:21. Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku (Yesus): Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.
7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?
7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Maka tidaklah mungkin segala penyimpangan itu berakhir melainkan dengan dengan diutusnya Sang Penghibur. Janganlah engkau seperti Yahudi yang telah menolak kenabian Yesus, dan sekarang engkau hendak menolak kenabian Muhammad.

P. Baru: Yohanes: 16
16:8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
16:9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
16:10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
16:11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku."

P. Baru: I Yohanes: 4
4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

P. Baru: Matius: 7
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Jikalau bukan kepada Nabi Muhammad kepada siapa hendak kau yakini kenabiannya. Adakah nabi sesudah Yesus selain Muhammad yang hendak kau yakini???

Terjemah Qur’an Surat 61. Ash Shaff :
6. Dan (ingatlah) ketika Isa anak Maryam berkata: “Hai Orang Israel, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar penghiburan dengan (datangnya) seorang utusan yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad).” Maka tatkala utusan itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah tipuan yang nyata.”


Mengenai Roh Kudus (Parakletos) :

Mengenai Yohanes Pembaptis dan Elia :

Mengenai Nabi yang akan datang :

Saya tutup dg ayat :

Yoh 1:45
Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”

Kis 3:22-24
Bukankah telah dikatakan Musa: Tuhan Allah akan membangkitkan bagimu seorang nabi dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku: Dengarkanlah dia dalam segala sesuatu yang akan dikatakannya kepadamu.
Dan akan terjadi, bahwa semua orang yang tidak mendengarkan nabi itu, akan dibasmi dari umat kita.
Dan semua nabi yang pernah berbicara, mulai dari Samuel, dan sesudah dia, telah bernubuat tentang zaman ini.

Alkitab telah mbuktikan bhw Tuhan Yesus Kristus adl Dia yg dinubuatkan oleh Musa.


Saran dari saya mngenai catut-mencatut ayat :

Shallom sobat,
Membaca uraian anda, kelihatannya anda beriman bahwa kitab Perjanjian Lama dan ke-4 kitab Matius, Markus, Lukas, Yohanes adalah kebenaran dan menjadi dasar pembenaran Muhammad adalah nabi yang diutus YHWH. Biarpun anda masih belum bisa menerima kitab yang ditulis oleh Paulus.
Dari tulisan anda, saya menangkap pesan dan kesan bahwa sebenarnya isi Alquran adalah mensyiarkan ajaran YHWH dan Yesus itu sendiri.
Kalau saya pribadi, menganggap bahwa Muhammad adalah nabi bagi bangsa Arab, sebagaimana Bileam adalah nabi bagi bangsa Moab.
Di Alkitab, saya tidak mendapatkan penjelasan yang lengkap dan sedetailnya bahwa sesudah Yesus ada nabi yang bernama Muhammad, penjelasan anda diatas belum dapat saya terima.

Sejak kapan ROH di sebut sbg nabi (manusia) ???

Tafsirang yg sangat berantakan sekali.

Sdr Periqlytos,

Sebaiknya anda gak usah bingung masalah nabi sesudah YESUS, yang penting anda sudah percaya YESUS, itu sudah lumayan.
Yohanes 14:6 : Kata YESUS kepadanya : “Akulah Jalan dan Kebenaran dan Hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.”

Bandingkan (43) Az Zukhruf 61 : Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat. Karena itu janganlah kamu ragu-ragu tentang kiamat itu dan ikutilah Aku. Inilah Jalan Yang Lurus.

Sebaiknya anda gak usah bingung-bingung, yang pasti sudah terbukti menurut anda adalah kitab Perjanjian Lama dan 4 kitab Injil yaitu Matius, Markus, Lukas dan Yohanes, sebaiknya anda baca setiap hari dan renungkanlah siang dan malam.
Yang penting adalah Hatimu yang tertuang didalam perbuatanmu.

  1. Kasihilah YHWH Tuhanmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap perbuatanmu
  2. Kasihilah sesamamu manusia seperti engkau mengasihi dirimu sendiri.
    Inilah sebenarnya intisari dari pelajaran agama dan berbagai kitab para nabi.

Tentang Mesias

Psa 118:26 Blessed be he that cometh in the name of the YHWH we have blessed you out of the house of YHWH

Anda yakin, nabi yg lain itu datang dalam nama YHWH ???

P. Baru: Matius: 7
7:15. "Waspadalah terhadap nabi-nabi palsu yang datang kepadamu dengan menyamar seperti domba, tetapi sesungguhnya mereka adalah serigala yang buas.
7:16 Dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka. Dapatkah orang memetik buah anggur dari semak duri atau buah ara dari rumput duri?
7:17 Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik, sedang pohon yang tidak baik menghasilkan buah yang tidak baik.
7:18 Tidak mungkin pohon yang baik itu menghasilkan buah yang tidak baik, ataupun pohon yang tidak baik itu menghasilkan buah yang baik.
7:19 Dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
7:20 Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.

Apakah Yesus mengatakan tidak akan pernah ada nabi sesudahnya???

Yesus hanya berpesan agar waspada terhadap nabi-nabi palsu, bukan meniadakan nabi sesudahnya “…Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,… Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” hal ini menunjukkan Yesus tidak menutup kenabian.

Anda katakan bahwa saya beriman kepada Al Kitab. Maka saya jawab Ya dan Tidak, dalam arti tidak seutuhnya. Karena saya beriman kepada semua yang diturunkan kepada Para Nabi dari Tuhan mereka. sedangkan Al Kitab menurut keyakinan saya, bukanlah seutuhnya kitab yang diturunkan kepada para Nabi. Hanya sebuah kitab manuskrip biografi karangan orang tertentu yang meninggalkan sebagian sisa-sisa ajaran para nabi.

P. Lama: Yeremia: 8
8:8 Bagaimanakah kamu berani berkata: Kami bijaksana, dan kami mempunyai Taurat TUHAN? Sesungguhnya, pena palsu penyurat sudah membuatnya menjadi bohong.

Mengenai PARACLETE itu hanyalah penafsiran dogmatis, memungkinkan adanya penafsiran lain, seperti penelitian Prof. David Benjamin Keldani adalah seorang mantan pastur Katholik Roma sekte Uniate-Chaldean, bahwa yang dimaksud adalah PERIQLYTOS bukan PARACLETE yang dalam bahasa Yunani berarti TERPUJI (Arab: Ahmad/Muhammad).

Nabi seperti Musa adalah Yesus? Syukurlah kalau demikian. Anda harus meyakini Yesus sebagai nabi seutuhnya. karena Yesus seperti Musa. Musa bukan Tuhan maka Yesus-pun bukan.

P. Lama: Ulangan: 18
18:15. Seorang nabi dari tengah-tengahmu, dari antara saudara-saudaramu, sama seperti aku (Musa), akan dibangkitkan bagimu oleh TUHAN, Allahmu; dialah yang harus kamu dengarkan.

Muhammad seperti Musa:

  1. Memiliki Ayah dan Ibu sedangkan Yesus hanya ibu
  2. Lahir secara alamiah yaitu melalui percampuran secara fisik Ayah dan ibu sedangkan Yesus tidak
  3. Menikah dan punya anak sedangkan Yesus tidak
  4. Ajarannya diterima kaumnya pada akhirnya sedangkan Yesus tidak
  5. Sebagai nabi sekaligus sebagai pemimpin negara sedangkan Yesus tidak
  6. membawa hukum baru sedangkan Yesus hanya menggenapi Taurat
  7. Mati dalam keadaan wajar sedangkan Yesus dikejar-kejar untuk disalib
  8. Mati dalam kuburan sedangkan Yesus diangkat kepada Tuhan

Secara lafal tidak akan anda jumpai dalam Al Kitab anda nama Muhammad, karena kitab anda tidak memiliki standar bahasa yang jelas, dari terjemahan ke terjemahan lain. Padahal setiap bahasa memiliki karakter tersendiri.

Sungguh menjadi perhatian kita bukan penafsiran dogmatis melainkan Yesus hanya berpesan agar waspada terhadap nabi-nabi palsu, bukan meniadakan nabi sesudahnya “…Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,… Jadi dari buahnyalah kamu akan mengenal mereka.” hal ini menunjukkan Yesus tidak menutup kenabian.

Bangsa arab keturunan Ismael, Ismael anak Abraham. Bagaimana bisa anda sangat rasial (membeda-bedakan ras). seakan-akan Alloh (ibrani: Elohim) hanya memihak Israel anak Ishak anak Abraham.

P. Lama: Kejadian: 17
17:20 Tentang Ismael, Aku (Allah) telah mendengarkan permintaanmu (hai Abaraham/Ibrahim); ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.

Gen 17:21 But my covenant will I establish with Isaac, which Sarah shall bear unto thee at this set time in the next year.

20 Tentang Ismael, Aku (YHWH) telah mendengarkan permintaanmu; ia akan Kuberkati, Kubuat beranak cucu dan sangat banyak; ia akan memperanakkan dua belas raja, dan Aku akan membuatnya menjadi bangsa yang besar.
21 Tetapi perjanjian-Ku (YHWH) akan Kuadakan dengan Ishak, yang akan dilahirkan Sara bagimu tahun yang akan datang pada waktu seperti ini juga."

P. Baru: I Yohanes: 4
4:1. Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia.

Bagaimana anda menguji ROH? tanpa adanya seorang Nabi.

Beginilah caranya :

1Kor 12:3 Karena itu aku mau meyakinkan kamu, bahwa tidak ada seorangpun yang berkata-kata oleh Roh Elohim, dapat berkata: “Terkutuklah Yesus!” dan tidak ada seorangpun, yang dapat mengaku: “Yesus adalah Tuhan,” selain oleh Roh Kudus.

Damai bagimu qlytos.

Dari kutipan ayat diatas, memang dapat diartikan bahwa Yesus Kristus tidak berbicara tentang kenabian.

Dari kutipan ini, “…Demikianlah setiap pohon yang baik menghasilkan buah yang baik,…" jelas menggambarkan pola uji yang dapat kita terapkan kepada seseorang yang mengaku diri sebagai nabi. DikatakanNya, bahwa pohon yang baik menghasilkan buah yang baik. Artinya, bahwa untuk menyimpulkan apakah suatu pohon itu baik tidak diperlukan mencari dimana pohonnya tumbuh, tetapi cukup dengan memperhatikan buahnya. Jika buahnya baik, itu berarti pohon penghasil buah tersebut adalah baik. Sebaliknya, jika buahnya tidak baik, itu berarti pohon penghasil buah tersebut adalah tidak baik.

Sekarang, mari bersepakat, “buah” dari seseorang adalah perbuatannya, betul? Kalau setuju maka akan saya lanjutkan. Kalau tidak setuju, diskusi sudah selesai, tanpa ada pengulasan atau analisa atas pohon yang baik menghasilkan buah yang baik.

Kalau kita sepakat bahwa “buah” dari seseorang adalah perbuatannya, maka sekarang mari menguji perbuatan orang yang mengaku nabi itu merupakan “buah yang baik atau tidak”. Perbuatan yang baik adalah perbuatan yang menguntungkan banyak orang tanpa kecuali. Perbuatan yang tidak baik adalah perbuatan yang menguntungkan diri sendiri atau kelompok sendiri dengan merugikan diri atau kelompok orang lain, betul?

Nah, kalau engkau setuju, sekarang tanya nuranimu, apakah merancang kebinasaan kepada kafilah lain demi menguntungkan kelompoknya sendiri merupakan perbuatan baik atau tidak? Engkau merdeka menyatakan apakah perbuatan seperti itu tergolong perbuatan baik atau tidak.

Bila engkau menyatakan merancang kebinasaan atas kafilah lain demi menguntungkan kelompoknya sendiri adalah perbuatan (‘buah’) yang baik, maka engkau akan menyatakan bahwa orang yang mengangkat diri sendiri sebagai nabi adalah memang nabi.

Sebaliknya, bila engkau menyatakan bahwa merancang kebinasaan atas kafilah lain demi menguntungkan kelompoknya sendiri adalah perbuatan (‘buah’) yang tidak baik maka engkau akan menyatakan bahwa orang yang mengangkat diri sendiri sebagai nabi adalah bukan nabi, melainkan orang yang menyamar sebagai nabi untuk menyesatkan. Istilahnya, dia adalah serigala yang menyamar sebagai domba.

Bhegityu menurutkyu.

Damai bagi Indonesia.

silakan debat,cape jawab pertanyaan seperti ini trus…

Cerita lama brow… Nanti klo ditunjukin pake ayat Alkitab, dibilang AK udh ga murni. Yang murni AQ karena bahasanya g brubah. Kita membantah pake AQ, katanya tafsiran kita salah. Untunglah di FK kita ga boleh mngutip ayat agama laen. Gbu

ts ts maunya g mana sih?

maunya sama bro exia :slight_smile:

Alasan 1.2.3 tidak bisa dipakai sebagai alasan karena hampir semua manusia memiliki kesamaan seperti itu, apakah anda kalau sudah menikah dan punya anak bisa dikatakan anda sama seperti Muhammad dan Musa.
Alasan 4 tidak benar karena ajaran ini memang ditolak oleh orang-orang Yahudi, namun ajaran Yesus diterima oleh banyak kalangan di Yerusalem, Konstantinopel, masuk ke Arab, Yunani, Mesir, bahkan kaumnya dinamakan Kristen yang berarti pengikut Yesus Kristus.
Alasan 5 anda salah, Yesus juga bisa disebut sebagai Nabi karena Dia menyampaikan Firman dari YHWH, sekaligus Yesus adalah Raja diatas segala Raja.
Alasan 6 Anda salah, Yesus membawa hukum baru, sebagai penggenapan hukum Taurat, yaitu disebut hukum Kasih, memulai era yang disebut sebagai Perjanjian Baru (New Testament).
Alasan 7 memang Yesus mati disalib dan bangkit pada hari ketiga, Musa dan Muhammad tidak mengalaminya.
Alasan 8 memang Musa dan Muhammad tidak mengalaminya, tetapi itulah kelebihan YESUS.

YESUS seperti Musa :

  1. Siapakah yang disebut sebagai dari antara saudara-saudaramu ? Bangsa Israel terdiri dari 12 suku yang dinamakan menurut nama anaknya Yakub, yaitu : Ruben, Simeon, Lewi, Yehuda, Zebulon, Isakhar, Dan, Gad, Asyer, Naftali, Yusuf, dan Benyamin.
    Musa berasal dari suku Lewi.
    Yesus berasal dari suku Yehuda.
    Suku Lewi dan suku Yehuda adalah bersaudara, tetapi Muhammad adalah keturunan dari Ismael ini berarti famili yang sangat jauh dengan Musa yang berasal dari suku Lewi.
  2. Pada waktu kecilnya Musa dan Yesus, terjadi pembunuhan anak-anak kecil.
    Pada zaman Musa kecil terjadi pembunuhan anak-anak atas perintah Raja Firaun di Mesir.
    Pada zaman Yesus kecil terjadi pembunuhan anak-anak atas perintah Raja Herodes di Yerusalem
  3. Berada di Mesir pada waktu kecil.
    Musa kecil tinggal di Mesir dibawah asuhan putri Firaun.
    Yesus kecil tinggal di Mesir dibawah asuhan orangtuanya.

Ini yang disebut persamaan antara YESUS dan MUSA yang berkarakteristik khusus bukan yang bersifat umum.

1:20 Ia mengaku dan tidak berdusta, katanya: “Aku bukan Mesias.”

saya mau tanya sama ts,
kenapa menggarisbawahi kata tersebut?

Maksudnya bahwa Yohanes Pembaptis alias Yahya Pembaptis bukanlah Mesias, tetapi Yesuslah adalah sang Mesias itu.
Ada pertanyaan siapa nabi yang akan datang itu ? Yang jelas bahwa nats Yohanes 1:25 adalah mengarah kepada Yesus karena Dia adalah Mesias dan Yesus sendiri adalah Nabi Besar yang sudah diramalkan kedatangannya sebelumnya.
Jadi tak ada hubungannya dengan Muhammad. Adakah nabi-nabi lain sesudah Yesus ? Ada dan banyak sekali karena YHWH sudah mencurahkan Ruhulqudus kepada barangsiapa yang percaya kepadanya akan diberi karunia untuk bernubuat dan kepenuhan seperti nabi.
Apakah Muhammad beriman kepada YHWH dan menerima pencurahan Ruhulqudus, sehingga menerima karunia kenabian dari YHWH ?
Ingat YHWH berbeda lho dengan Alloh !

[b]saya kurang mengerti sih…

tapi setahu saya, Tuhan Yesus pernah bilang kalau akan ada muncul Nabi-Nabi palsu setelah Dia…[/b]

Thanks.

:coolsmiley:

Kawan, buah-buah kebaikan apakah dari Nabi Muhammad SAW yang dapat aku teladani?

Selain

Merampas harta kafilah Quraish sebagai sumber penghidupan?
Melarang membunuh kecuali terhadap orang-orang yang menghinakan nabi?

Ato

Mungkin cara menolong perempuan dengan menikahinya
mengangkat derajat wanita-wanita yang suaminya dibunuh sebagai budak
Melarang berzinah kecuali terhadap budak-budak wanitanya dan wanita-wanita kafir
Menikahi anak umur 6 tahun dan berhubungan waktu umur 9 tahun
Menikahi istri anak angkatnya
Mengawini budak istrinya

Kawan, buah baik mana lagikah yang harus aku teladani?

Dalam ayat itu, Yesus memang tidak mengatakan tidak ada nabi benar setelahnya
Tapi, Dia juga tidak mengatakan ada nabi benar setelahNya
Yang jelas dinyatakanNya adalah munculnya nabi palsu dan terlihat dari buahnya
Siapakah menurutmu, Kawan?