Nafas dari Hidung TUHAN ??

Dalam beberapa ayat dalam Alkitab kita menemukan beberapa ayat yang menyebutkan tentang Nafas yang keluar dari mulut atau hidung TUHAN :coolsmiley: Padahal kita tahu TUHAN itu ROH :happy0025: bagaimana Dia bisa dikatakan "keluar dari Hidung atau Mulut ?? atau ada maksud lain ??

:slight_smile: Tuk semua, maksud saya bertanya ini untuk mengetahui pendapat & pandangan dari teman-teman di FK ini

Dasar ayat atau firman kita bisa simak misalnya dari :
Mazmur 33:6
Oleh Firman Tuhan langit telah dijadikan, oleh nafas (‘RÛAKH’, ‘PNEUMA’) dari mulut-Nya segala tentaranya.
Keluaran 15:8
Karena nafas hidung-Mu segala air naik bertimbun-timbun; segala aliran berdiri tegak seperti bendungan; air bah membeku di tengah-tengah laut.
2 Samuel 22:16
Lalu kelihatanlah dasar-dasar laut, alas-alas dunia tersingkap karena hardikan TUHAN karena hembusan nafas dari hidung-Nya.

:happy0062: Selamat berdiskusi dengan kasih dan damai :smiley:

kan roh juga memiliki bentuk… kecuali bagi anda roh itu hanya gumpalan ajah… ^^

Alkitab adalah pernyataan Allah secara ‘anthropomorph’ (dengan bentuk manusiawi).

Pribadi Allah tidak dapat dikenal oleh manusia karena Dia sama sekali berbeda dengan manusia. Tetapi Allah berkenan untuk menciptakan manusia menurut gambar dan rupa-Nya. Gambar dan rupa yang diciptakan-Nya inilah yang dipakai Allah untuk menyatakan diri-Nya kepada manusia.

Dalam Alkitab Allah dikatakan mempunyai mata, telinga, mulut, tangan, bahkan Alkitab-pun menulis “wajah” Allah. Alkitab menulis pula sikap emosional Allah secara anthropomorf, misalnya Allah bersorak-sorak, dan bergirang, jemu, menyesal, dan seterusnya. Dengan demikian manusia dapat menangkap pernyataan Allah. Dengan sendirinya pula harus diingat bahwa ini semua dalam bentuk manusia dan “tidak tepat dengan keadaan Allah yang sebenarnya”.

‘anthropomorf’ inilah yang memungkinkan kita manusia mengenal Pribadi Allah secara pribadi dimana pribadi Allah sebenarnya secara tepat tidak akan kita mengerti.

Sering kali Kitab Suci mengambarkan keagunan TUHAN dengan bahasa sastra yang puitis banget…

Jika kita mengharafiahkan semua teks-teks Alkitab, kita sudah sejengkal dari tersesat. Dua jengkal dari penyangkal TUHAN dan tiga jengkal dari anti TUHAN/Kristus.

:slight_smile:

:smiley: Sepertinya bukan sekedar seperti yang biru di atas :coolsmiley: simak pandangan @SP

:rolleye0014: Simak yang biru di atas, dan saya pribadi menyimak ada makna khusus :happy0025:
Dan jika ini terjawab dengan tepat maka menurut saya pribadi perdebatan antara “Unitarian” dan “Tritunggal” terselesaikan atau menemukan jawaban yang semestinya, makanya saya ingin menyimak pandangan dan pendapat dari saudara-saudara semua :coolsmiley:
Salam… JBU

Roh itu butuh raga supaya bisa kelihatan oleh mata manusia

kalau tidak ada raga yang pas maka terpaksa melakukan “PENAMPAKAN”

GBU

GBU

Maksud Anda bagaimana dan apanya yg “terselesaikan”?

Saya gak melihat ada relevansinya antara penggambaran Allah secara anthropomorphically dengan persoalan Unitarian Vs Trinitarian.

====

Salam,

:smiley: Hallo @Granits lama tak jumpa :slight_smile:
Bahasa sederhananya “terselesaikan” adalah pada iman bahwa Yesus Kristus adalah TUHAN dan Jurus Selamat semua orang yang percaya kepadaNya yang telah datang sebagai Manusia :happy0025: meski ada “konflik” yang belum “terselesaikan” atau melupakan “konflik” dengan pandangan Iman dalam Kasih

Tetapi kita memang perlu berdiskusi, termasuk topic di atas dengan pemikiran sederhana yang kadang dipikirkan dan menimbulkan pertanyaan seperti “Kalau TUHAN itu ROH bagaimana ROH itu bisa ber-Nafas” atau “bagaimana ELOHIM yang adalah Roh (Roh ELOHIM) menghembuskan Nafas Hidup”

Salam…JBU