Nama Tuhan Yahveh

Saat Teduh
Sabtu, 28 Februari 2009
Jam 08.06

Bacaan: Keluaran 3:1-22

Yang dibaca:
Tuhan memperkenalkan diri-Nya scr pribadi kepada Musa, Ia menyatakan kepada Musa Nama-Nya sendiri yaitu “Aku Adalah Aku”Yahveh
Tuhan berkata pada Musa, jika ia ditanya orang Israel Tuhan mana yang mengutusnya, ia haruslah mengatakan Tuhan yang disembah oleh Abraham, Ishak dan Yakub, Nama-Nya adalah YAHUVEH, tanda pengutusannya adalah setelah membawa orang Israel keluar dari Mesir ia dan bangsa Israel akan beribadah di gunung Sinai ini. Tuhan akan membawa orang Israel keluar dari Mesir dengan paksa karena Firaun tidak akan membiarkan Israel pergi. Ia akan menghukum Mesir karena tidak membiarkan orang Israel pergi.

Yang didapat:
1.Nama pribadi Tuhan adalah ??..?? yang berarti Aku adalah Aku; Aku selalu ada dan Aku pasti ada. Tuhan berkata bahwa YAHUVEH adalah Nama-Nya untuk selama-lamanya dan sebutan-Nya turun-menurun. “Aku adalah Aku” yang menunjukkan karakter-Nya sebagai Tuhan yang dapat diandalkan dan yang setia yang menginginkan kepercayaan penuh dari umat-Nya. Yahshua mengidentifikasikan diri-Nya dengan “Aku ada”, menyatakan diri-Nya setara dengan YAHVEH, Tuhan Israel (Yohanes 8:58)
[NIV]
Nama YAHVEH berarti “He is” atau “He will be” (Ia ada atau Ia akan ada), merupakan bentuk orang ketiga dari kata “Aku adalah Aku”; saat Tuhan berbicara tentang diri-Nya sendiri Dia berkata “I AM” (Aku adalah Aku) namun jika kita berbicara tentang Dia kita berkata “He is”(Dia adaYAHVEH) [NIV]

2.Pemanggilan Musa (org2 lain yang dipakai Tuhan) berasal dari inisiatif Tuhan sendiri (semak yang terbakar), namun memerlukan respon Musa untuk mendekat supaya tugas “panggilan” itu dinyatakan kepada Musa.

Yang kulakukan:
Bertanya pada Tuhan apakah panggilanku.
Sejauh ini yang saya tangkap, saya haruslah di dalam kota,
Saya tak ingin pergi kemana-mana,”siapa yang akan melayani gereja di Karanganyar, saudara2 dari keluarga besar???”

Catatan: LAI indo: gunung Horeb, LAI Jawa:gunung Sinai, horeb = sinai