Nasib sesorang setelah meninggal

Sesuai topic diatas apabila seseorang meninggal namun dia belum sempat bertobat dan menerima Tuhan sebagai Kristus apakah dia dapat mengubah nasibnya dalam arti masihkah ada kesempatan yang kedua?

bila kemungkinan jiwanya masih bisa diperbaiki mungkin masih diberi kesempatan kedua… ^^

Broo… Ibmagi,
Saya tidak sependapat, sebab kematian seseorang atau setelah orang meninggal, tidak ada yang dapat merubah nasib orang itu dan menurut saya tidak ada kesempatan kedua lagi, yang terhilang tidak dapat lagi kesurga, hanya ada dua tempat tujuan orang setelah mati: surga atau neraka…

Ajaran darimana tuh? Ayatnya?

Orang yang sudah masuk Neraka TIDAK DAPAT beralih kesurga, bagaimanapun caranya tetap TIDAK DAPAT…!

===

Orang yang Percaya kepada YESUS akan beroleh surga SAMPAI Orang tsb benar2 KUDUS; sebab Allah adalah kudus (Is 6:3) “Tidak akan masuk ke dalamnya [surga] sesuatu yang najis” (Why 21:27)…!

Gereja mengajarkan Indulgensi utk Orang2 yang Belum Kudus sepenuhnya tersebut;
Sama seperti Rasul Paulus mendoakan Onesiphorus sudah meninggal (2 Tim 1:18)…!

saya hanya bingun mendefinisikan orang yang belum kudus sepenuhnya
dan bagaimana menjadi kudus sepenuhnya

karena yang saya tahu untuk masuk ke dalam kerajaan sorga kita harus kudus sepenuhnya dan tidak bercacat celah
dan kekudusan itu sendiri hanya oleh darah YESUS yang menyucikan kita

jadi bingun bro dengan belum kudus sepenuhnya itu
…mohon pencerahannya

peace…

Hahahahah… rame juga nih jadinya… Memang bila ingin mencari di alkitab tidak akan menemukannya… pikiran ini juga baru kemungkinan… namanya juga rahasia TUHAN …

Ada suatu pemikiran bahwa belum mengenal TUHAN juga belum tentu memiliki jiwa yang sudah rusak sama sekali sehingga tidak bisa diperbaiki… misalnya seseorang yang memiliki hati yang baik, tapi belum mengenal TUHAN … Kembali ke pertanyaan awal, akankah TUHAN memberikan kesempatan kedua bagi jiwa tersebut untuk hidup dan akhirnya mengenal TUHAN…???

.

Ng’ Ada lagi Broo…Tidak ada api penyucian, tidak ada kesempatan kedua, tidak ada jaminan untuk baik dan tidak ada kelulusan…Jiwa tetap hidup kekal, dan juga tidak ada pemusnahan jiwa permanen oleh Tuhan, semua jiwa benar-benar setelah kematian adalah kehidupan kekal dan anugerah keabadian…NERAKAH atau SORGA.“abadi selamnya”…

seperti yang kita ketahui bahwa Dosa dibedakan menjadi Dosa Berat dan Dosa Ringan…!

  1. Dosa Ringan dapat dihapus dengan Penyesalan/Petobatan Pribadi dalam Doa dan Ekaristi…
    Contoh Dosa Ringan : Bercumbu dalam Hanyalan dengan Istri Orang

  2. Dosa Berat HANYA DAPAT dihapus oleh Penyesalan/Petobatan melalui Sakramen Tobat
    Contoh Dosa Berat : Membunuh, Berjinah

Dasar Sakramen Tobat :
Yoh 20:23
“Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.”

=====
Jika, TONO meninggal dengan Dosa Ringan maka dapat dibantu utk memperoleh Kasih Tuhan melalui Doa2 oleh Gereja di dunia Melalui Indulgensi dalam Ekaristi, Doa, Puasa, Misa Arwah.

Tetapi

Jika, TONO meninggal dengan Dosa BERAT maka TIDAK DAPAT dibantu dengan cara apapun.

saya hanya masih bingun dengan dosa ringan dan dosa berat itu bro

karena baik ringan atau berat tetap dosa namanya, dan apakah pernyataan bro tersebut yaitu tentang defenisi dosa itu ada di alkitab kita…

jika memang indulgensi itu bisa, kenapa mesti dosa ringan saja darimana methode ini diperoleh
kenapa ngak sekalian dosa besar bisa juga, dengan begitu kan enak bro…semua orang Kristen masuk sorga

Betul namanya tetap sama yaitu DOSA…!

tetapi, Allah tidak mungkin menyama-ratakan dosa siPembunuh Berantai dengan si Pencuri Permen, Jika demikian maka Allah adalah Pendosa…! dan Allah tidak mungkin menyama-ratakan Dosa si Penjinah dengan 50 Selir, dengan Pemuda yang pernah menonton Film Porno, Jika demikan Allah adalah Pendosa…!

====

Apakah ada dalam alkitab…?
Rasul Paulus mendoakan Onesiforus yang sudah meninggal, “Kiranya Tuhan menunjukkan rahmat-Nya kepadanya [Onesiorus] pada hari-Nya.” (2 Tim 1:18)

Onesiforus adalah murid Rasul Paulus dan tentunya Pengikut Yesus sampai akhirhayatnya, didoakan oleh Paulus supaya beliau menjadi kudus sepenuhnya…!

Jika si Almarhum meninggal dengan Dosa Berat maka hal tidak mungkin diampuni [Matt 7:23]…
Mat 7:23 “Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!”

dosa adalah pelanggaran atas perintah Allah,…dan Allah tidak pernah membeda2kan dosa bro…
penertian dosa yang bro buat itu yang kupertanyakan apakah ada sumbernya dari alkitab…

masalah onesiforus juga masih debatable bro… :rolleye0014:
dan klo lah itu kita ok kan, yang menjadi pertanyaan awal saya apakah Tuhan Allah kita memang membedakan dosa besar dan dosa kecil,…

hah ajaran dari mana lagi ada dosa berat dan dosa ringan

dosa ya dosa ,

ajaran dari tetangga pastinya ;D ;D ;D ;D ;D

1 Yoh 5:16-17 “Kalau ada seorang melihat saudaranya berbuat dosa, yaitu dosa yang tidak mendatangkan maut, hendaklah ia berdoa kepada Allah dan Dia akan memberikan hidup kepadanya, yaitu mereka, yang berbuat dosa yang tidak mendatangkan maut. Ada dosa yang mendatangkan maut: tentang itu tidak kukatakan, bahwa ia harus berdoa. Semua kejahatan adalah dosa, tetapi ada dosa yang tidak mendatangkan maut.

=====

Masalah Onesiforus, silakan kalo kamu ragukan…!
Silakan…

dosa yang tidak mendatangkan maut itu apa bro, apakah juga termasuk pelanggaran akan perintah Tuhan

menurut saya dosa yang tidak mendatangkan maut itu adalah suatu kebiasaan yang tidak melanggar perintah Allah, tetapi membuat kita terlena dan lupa bahwa kita telah ditebus
contohnya : terlalu lama online sehingga lupa bahkan tidak beribadah…

hmmm…malas juga bro diskusi onesiforus…coz hasilnya sama sj…debatable…hehehe

peace… :slight_smile:

Terserah definisinya seperti apa, tetapi Surga adalah Kudus… sehingga tidak ada tempat utk pendosa (i.e yang malas beribadah)…

tetapi dosa tsb tidak mendatangkan maut (ie. malas beribadah), bagaimana diampuninya…?

Waduhhh… sepertinya bro dah kenal banget yah sama TUHAN sehingga tahu semua rahasia TUHAN…??? apa yang saya sampaikan adalah kemungkinan… mengapa saya sampaikan kemungkinan… sebab yang disajikan di dalam alkitab memang tidak lengkap karena itu adalah wilayah kekuasaan TUHAN… akan tetapi dari kasus TUHAN membangkitkan orang mati dapat dilihat bahwa seseorang bisa diberi kesempatan kedua… why not untuk jiwa yang masih bisa diperbaiki…dan TUHAN menghendaki…???

Gimana Bro murukh murhing…?

@ Bro Limited

Mantap penjelasan-penjelasannya. :afro:

Thanks Bro…

Semoga netter2 Protestan yang mau belajar dapat menemukan kebenaran dalam Gereja-Nya…