natal

Oh begitu. Baik, kalau pemikiran Anda seperti itu, coba sampaikan pada atasan Anda bahwa “Hari Gajian” tidak penting, sehingga ia boleh mengundur-undur waktunya, bahkan menghapuskannya sama sekali. Berani? :slight_smile:

Salam

Oh begitu. Baik, kalau pemikiran Anda seperti itu, coba sampaikan pada atasan Anda bahwa "Hari Gajian" tidak penting, sehingga ia boleh mengundur-undur waktunya, bahkan menghapuskannya sama sekali. Berani? :)

Hari gajian itu berbeda sifatnya dengan hari raya yg dilakukan untuk memperingati sesuatu,

Mat_10:16 "Lihat, Aku mengutus kamu seperti domba ke tengah-tengah serigala, sebab itu hendaklah kamu cerdik seperti ular dan tulus seperti merpati.

kita diberikan akal oleh Tuhan yg bisa digunakan, cerdik memanfaatkan sesuatu tetapi tdk tercampur dgn hal2 jahat, jd tidak bisa menganggap hari gajian itu td penting

Nah itu dia. Anda tadi sudah menjelaskan konteks Gal 4:10 dan adat-istiadat, tapi belum menyampaikan mata rantainya dengan Natal. Jadi penerapan Gal 4:10 ke perayaan Natal itu hanya penafsiran Anda, belum tentu yang dimaksud Paulus.
Yang Anda tekankan tadi ialah “budaya buatan manusia”, makanya saya menghubungkannya ke hari-hari buatan manusia yang saya sebutkan tadi, termasuk hari gajian.

Sekarang kembali ke Natal, apakah orang-orang yang merayakan Natal itu menganggap hari Natal lebih penting daripada hari lain? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab oleh mereka yang merayakan Natal. Mungkin ada member lain yang mau menjawab?

Salam

kalo saya, yg saya peringati bukan hari nya, tetapi Natal nya

gak peduli mo di raya-in hari apa saja tetap sama, mo dipindah bulan Februari/Maret/Agustus juga it’s OK bagi saya, gak ada masalah,
makna Natal saya peringati tiap hari kok. jadi perayaannya kapan terserah saja. kalo perayaannya serentak kan enak, biar rame gitu :D, jadi bisa makan kue :tongue0022: ;D

kesimpulan saya :
kalo memperingati Natal harus setiap hari (baca : setiap saat),
kalo mo dirayakan harus serentak biar enak agar sekaligus bisa ngirit biaya kalo bikin kue :tongue0022: ;D

NB : coba saja dirayakan setiap hari, bisa bangkrut :tongue:

Salam

Jadi, hari Natal itu lebih penting daripada hari lain atau tidak?

Salam

Tidak

Salam

Terima kasih atas jawabannya :slight_smile:

@bryan0967: Menurut manweljs, Natal tidak lebih penting daripada hari yang lain. Jadi Gal 4:10 tidak relevan dengan perayaan Natal.

Mungkin ada member lain yang mau memberi pendapat juga: Apakah Natal lebih penting daripada hari lain?

Salam

We’ll see ?

Biasa... pertamanya memang "nanya-nanya" .....lalu "menanamkan doktrin" ..... :)

si TS ini adalah orang denominasi yang menuntut ini itu berdasarkan alkitab(smua harus seperti di alkitab),walaupun golongan ini tidak menganggap mreka denominasi(lihat denominasinya dikiri)
jadi kl ga ada tanggal di alkitab,mreka ga mau merayakan.

Apa artinya orang Kristen tidak boleh mengikuti segala adat istiadat yang tidak diperintahkan dalam Alkitab? (Saya katakan “tidak diperintahkan” bukan “dilarang”)

Saya sebagai warga negara Indonesia menjadikan tanggal 17 Agustus sebagai momen untuk memperingati kemerdekaan negara saya. Bagi saya tanggal 17 Agustus bukanlah tanggal mistis yang harus dirayakan supaya mendapat berkat atau menolak bala. Apa yang salah dengan memperingati kemerdekaan setiap tanggal 17 Agustus?

Begitu juga dengan Natal, saya tidak menganggap tanggal 25 Desember sebagai sesuatu yang mistis. Tidak ada apa-apa dengan tanggal itu, sehingga kalau tidak merayakan Natal pada tanggal itu akan timbul kekacauan atau kutukan. Apa yang salah dengan menjadikan tanggal 25 Desember sebagai momen mengingat kedatangan Yesus ke dunia? Memang, sepertinya bukan tanggal 25 Desember kelahiran-Nya. Injil pun tidak mencatat tanggal berapa persisnya Dia lahir.

orang ini pnya ajaran yang seluruh hal harus sesuai alkitab…namun sayangnya,pandangannya tentang alkitab “HANYA” dari penafsiran sendiri…yang saya maksud penafsiran sendiri adalah penafsiran pemimpin greja mreka…apa yag ditafsirkan sesuai dengan logika saja langsung diterima…dlm konteks natal,krn dulu org2 di alkitab tidak pnya tanggal khusus untuk memperingati kelahiran Yesus,maka ajaran grj org ini tidak akan memperingatinya,dan menganggap hal ini adalah ajaran sesat…
spt yang pada post pertama orang ini,mau bilang memperingati natal sesat tapi dengan berlagak bertanya…

simpel aja…kl gitu anda tidak usah merayakan hari ulang tahun anda,atau ulang tahun apapun itu…beress… :afro:
GSJK dasarnya kurang kuat…sangat mudah untuk dipatahkan ajarannya…:slight_smile:

Kalau semua harus sesuai yang ada di Alkitab, maka kita pun tidak boleh sekolah, karena dalam Alkitab tidak diperintahkan untuk sekolah. Lebih konsisten lagi, jangan menggunakan internet sekalipun untuk berdiskusi di forumkristen.com, karena dalam Alkitab tidak diajarkan berdiskusi dengan internet. ;D ;D ;D :char11:

iya seperti post saya di trit TS yg lain…gak usah pake AC,krn greja d alkitab jg g pake AC,jangan pake piano,di alkitab memuji Tuhan tidak pakai piano… ;D ;D :cheesy:
jangan nginget2 hari jadian,pernikahan,dll…di alkitab tidak boleh(kata penafsiran grj org ini ;D :cheesy:)
kalo ada yg masih boleh,brrt ada kebobrokan teologi/ajaran dalam grj anda…

Soal perayaan Natal, apakah merayakannya pada tanggal 25 Desember atau tanggal lain, bahkan tidak merayakannya sama sekali, bukan merupakan masalah besar. Mau merayakannya silakan, tidak juga tidak apa-apa, selama mengakui bahwa Yesus datang ke dunia, lahir dari seorang anak dara bernama Maria. Dan juga jangan mengagungkan hari atau tanggal tertentu, seolah-olah hari keramat, sehingga akhirnya bukannya menyembah Tuhan tapi mengeramatkan hari (ini yang tidak sesuai Alkitab). Demikian juga praktik-praktik penyembahan berhala atau pesta pora dalam perayaan Natal harus dihindari.

Yang penting lagi, kalau kita merayakan Natal (tanggal berapapun itu) silakan saja, tapi jangan memaksakan orang lain untuk mengikutinya/menghakimi yang tidak sepaham sebagai sesat. Sebaliknya juga bagi mereka yang tidak mau merayakannya, silakan saja, tidak ada keharusan merayakannya, tapi juga tidak ada larangannya. Jadi jangan saling menghakimi.

Roma 14
5 Yang seorang menganggap hari yang satu lebih penting dari pada hari yang lain, tetapi yang lain menganggap semua hari sama saja. Hendaklah setiap orang benar-benar yakin dalam hatinya sendiri.
6 Siapa yang berpegang pada suatu hari yang tertentu, ia melakukannya untuk Tuhan. Dan siapa makan, ia melakukannya untuk Tuhan, sebab ia mengucap syukur kepada Allah. Dan siapa tidak makan, ia melakukannya untuk Tuhan, dan ia juga mengucap syukur kepada Allah.

jadi Hari Natal itu lebih penting dari pada hari lain atau tidak ?

Salam

Ayat Roma itu berkaitan dengan sebagian orang Kristen yang merayakan hari Sabat dan hari-hari raya bangsa Israel sebagai hari peribadatan. Akan tetapi tidak semua orang Kristen di Roma mengikutinya. Jadi Paulus memberi kebebasan orang Kristen di sana untuk merayakan atau tidak merayakannya, selama pilihan itu dilakukan untuk Tuhan.

Prinsip kebebasan di dalam Tuhan ini bisa diterapkan untuk soal perayaan Natal. Memang ada orang-orang Kristen yang menganggap 25 Desember sebagai hari yang penting, karena saat itulah mereka memperingati kelahiran Yesus. Saya pribadi berpandangan bahwa peringatan kelahiran Yesus setiap 25 Desember tidak terlalu penting, karena pertama, peristiwa kelahiran itu tidak menjadi tema sentral dalam Injil, justru Paskah lah yang lebih penting. Kedua, tanggal 25 Desember (musim dingin di belahan bumimutara) bukan tanggal yang cocok dengan keterangan Alkitab, karena ada gembala di padang yang menjaga ternak di malam hari, gambaran yang tidak cocok dengan Musim dingin. Ketiga, Yesus tidak pernah memerintahkan murid2nya untuk merayakan kelahiran-Nya.

Jadi bagi anda tidak lebih penting :).

untuk TS sampai saat ini ayat Galatia 4:10 tidak relevan dengan perayaan Natal

mengenai yg saya Bold Merah bisa anda simak disini bro MAKNA NATAL dan HISTORISNYA

Salam

[email protected]

Kalau segala sesuatu yag berasal dari Luar Alkitab dipertentangkan / diperhadapkan dng isi Alkitab…?? Maka setiap
orang yang bukan beriman KRISTEN…begitu senangnya, jika menemukan ketidak sesuainnya.
Contohya megenai kata " NATAL" tsb bukan…?? Lah apalagi mengenai tanggalnya…ga ada tuh di Alkitab tertulis.

Jadi apa sebetulnya yag tertulis dalam Alkitab,…?? Ya …yang jelas dan gamblangnya yaitu YESUS LAHIR KE DUNIA INI, Itulah sebetulnya ARTINYA : Natal , YNG DIMAKSUD.

Tapi jika dikaitkan dng tgl hari perayaan dewa matahari ( menurut kepercayaan pagan di roma tempo dulu )…?? Nah
itulah hebatnya Kaisar Romawi saat itu yang sudah masuk Kristen dan percaya Tuhan YESUS, bAHWA MOMENTUM PERAYAAN TGL 25 DESEMBERLAH ITULAH DIA GUNAKAN UNTUK MENGKRISTENKAN SELURUH KEKAISARAN ROMA DAN DAERAH JAJAHANNYA UNTUK MENJADI PEMELUK KRISTEN.

Artiya disini, bahwa kaisar Romawi tsb seyogiyanya MENDAPAT HIKMAT TERBESAR DARI TUHAN YESUS KRISTUS, Untuk memutuskan bahwa tgl 25 Des tsb adalah dikatakan “HARI KELAHIRAN TUHAN YESUS” didalam HATI SETIAP ORANG di Roma dan di wilayah jajahan Kekaisaran Roma, dizaman itu.

Jadi jika ada yang melecehkan permasalahan tanggal tsb, ya sebetulnya mereka tidak tau duduk perkara kerohanian yng sebenarnya yang digelar saat zaman itu, oleh kaisar romawi yang sudah masuk kristen tsb.

Salam GBU…

Woii…mana nih TS?? :smiley: :smiley:
uda sadar kah??
kq ngambang gini ga ada klarifikasi… :azn: