NAZARETH

membaca
Matius 21:11
“Dia Nabi Yesus, dari Nazaret di Galilea,” jawab orang banyak yang mengiringi Yesus.

dan beberapa ayat yang menyebut kata “kota nazaret”,ada pertanyaan yang membuat saya penasaran…dimana kah kota nazaret yang dimaksud matius 21:11.

mohon pencerahannya bro2 dan sist2 disini.

salam.

he…he… nyang mo dicermati nabinya?? :cheesy: ato Nazaretnya??

kalo nazarethnya disini:

kalo nabinya … di Alkitab :smiley:

link pertama dari alice adalah nazareth modern…
apakah menurut alice nazareth modern sudah ada pada watu yesus hidup??

arah pertanyaanya mau kemana?

  1. benarkah nazareth itu ada?
  2. bila ada, dimanakah nazareth itu berada?

nazareth memang tidak pernah tercatat didalam kitab PL – namun tidak pernah tercatat bukan berarti daerah ini tidak pernah ada

nazareth memang daerah yang sangat kecil – saking kecilnya sampai tidak dikenal dan diremehkan – Nathanael pun smapai berkata : mungkinkah sesuatu yg baik keluar dari Nazareth? [cf. yoh 1:47]

maka dari thread ini paling tidak ada 2 penulis [matius-yohanes] yg menyaksikan bahwa nazareth itu ada.

terlepas apakah nazareth modern = nazareth kuno [jaman yesus] atau tidak, Yesus datang dari nazareth

salam

nazaret ibarat kota klaten, blora, wonosobo, wonosari di peta dunia kaga ada keliatan :smiley:

Saya juga enggak tahu ama Nazareth.

Saya cuma kenal ame Nazaruddin aja.


kagak keliatan ?? seperti dongeng ya…??
jangan2 nazareth tidak pernah ada pada waktu itu… :ashamed0004:
hanya kota fiksi saja… :happy0025:

Kalau saya sih kenalnya sama Nazar Amir, itu loh, bintang lawas

Bukti keberadaan Nasareth:

  • tahun 70M Starge mencatat saat bait suci sudah dihancurkan, ada pendaftaran para Imam & keluarga lain dipindahkan ke Nasaret dalam bahasa Aram, tercatat dalam bukti arkeologis yg ditemukan.
  • galian2 arkeologis kubur2 abad pertama, dimana kubur merupakan tanda batas desa wilayah daerah tertentu. Arkeolog Jack Finegan menyatakan Nasaret adalah pemukiman Yahudi yg kuat pada periode Roma.
  • Peninggalan2 Pra-Kristen yg ditemukan Ian Wilson tahun 1955 di bawah Church of the Annunciation di Nasaret.

Itu yg saya baca hehehe :smiley:

bukan hanya di PL,Bahkan Paulus pun tidak pernah menyebut sebuah kota bernama kota Nazareth dalam surat2nya yang kini ada di Perjanjian Baru.

sayangnya dalam alkitab bukan dikatakan daerah kecil, tapi KOTA NAZARETH
yesus juga mendapat sebutan yesus dari nazareth ,bagi mana mungkin anda bisa bilang sangking kecilnya sampai tidak dikenal dan diremehkan?? :azn:

salam :happy0025:

dear liel,
YESUS hidup di abad 1 M,Tetapi faktanya adalah bahwa tidak ada bukti sejarah yang mencatat sebuah kota bernama kota Nazareth pernah ada di abad 1 M, artinya tidak ada sebuah kota bernama kota Nazareth di zaman kehidupan YESUS.

salam :happy0025:

Naseret pada masa Yesus atau sebelum Yesus memang ada, hanya saja sebuah desa kecil, dan pada saat Yesus muncul maka tempat itu mulai disebut2 orang dan di kenal orang.
Nazaret tempatnya berada di galilea bagian bawah 25 km barat sea galilea, sekarang kotanya sudah bercampuran penduduknya arab dan jewish, nazaret terbagi 2 bagian atas nazaret mostly jewish dan nazaret mostly arab.

hehehehe dah kesana soalnya

tentang Nazaret

This was a small town, situated in Galilee, west of Capernaum, and not far from Cana. It was built partly in a valley and partly on the declivity of a hill,

a small town in Lower Galilee, lying in the territory of the tribe of Zebulun, and about equally distant from the Mediterranean Sea on the west and the Sea of Galilee on the east.

http://virtualreligion.net/iho/nazareth.html

GBU

bung, saya bantu post kata kota nazareth ya…:
(Matius 2:23 ) “Setibanya di sana iapun tinggal di sebuah kota yang bernama Nazaret.”
(Lukas 1:26 ) “malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret.”
(Lukas 2:39 ) “kembalilah mereka ke kota kediamannya, yaitu kota Nazaret di Galilea.”

matius dan lukas tidak menuliskan “DESA NAZARETH” :azn:

Yaelah… Buat orang yg g prcaya NAZARET ga ada,ya pasti ga bisa dyakinkan kecuali dia liat ndiri. Kalo dtunjukin hasil galian dll, dy akan minta otentifikasinya. Ditunjukan ayat Alkitab,dy akan bilang “karena Alkitab blm tntu benar, maka saya ga prcaya”. Satu2ny cara ialah mbuat mesin waktu supaya dy liat ndiri kota Nazaret. Karena orang KRISTEN prcaya Alkitab pake IMAN, bukan pake mata.

well, bung sebenarnya sepenting apakah sebuah nazaret, itu hanya sebuah tempat dan itu ada, baik itu kota ataupun desa asal DIA…
Contoh: teman saya orang betawi asli dan berasal, lahir di betawi, bukankah “jakarta” adalah “kampung/desa” tempat dulu dia dan orang tuanya lahir? sekarang “Kota” jakarta bukan?

Pada Jaman itu apakah beda antara ‘kota’ dan ‘desa’?
Nasaret itu hanya menunjukkan nama tempat

Adalah lumrah kalo nama sebuah area berubah seiring perkembangan jaman.
Ari gene gak ada yg namanya Babel tp bukan berarti kota itu gak pernah ada.
Perubahan nama bisa dikarenakan hasil perkembangan bahasa/budaya atau sering kali malah krn hasil kolonialisasi atau penjajahan oleh bangsa lain.

Jadi kemungkinan besar kita gak akan nemuin sebuah daerah (dgn memakai nama kunonya) di jaman sekarang krn nama itu pastinya uda diganti dan kemungkinan besar uda diganti berkali2 pula tp bukan berarti daerahnya sendiri gak ada.

Itu yg saya tulis bukti arkeologis yg ditemukan yg membuktikan Nasareth itu ada. Saya cuma ambil point2nya aja, soalnya panjang penjelasannya. Kalau pembuktian ini diragukan ya sudah, mungkin bisa cari nama2 orang tersebut, kalo orangnya masih hidup :smiley:

apakah menurut si bro pada waktu itu matius dan lukas tidak tau beda antara kota dan desa??
sehingga mereka menuliskan nazareth dg KOTA NAZARETH??
aneh ya, kalo tidak ada beda antara kota dan desa pada waktu itu tapi mereka mencatat dengan nama “KOTA”

padahal ada ayat lain dg bunyi:
Matius 9:35
Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan.

jadi, pada waktu itu matius sudah bisa membedakan antara desa dan kota. :smiley:

memang tidak bisa selalu dikatakan kota karena pada zaman itu sebuah desa atau kota berpenduduk kurang dari 1000 orang dan banyak kelompok klelompok kecil.

Dan Saya pun berpendapat pada Zaman yesus lahir di ayat yg anda sebutkan itu sebuah kota kecil (town) yg bisa dimaksud ‘desa’ (bukan kota yg seperti sekarang yg dibuat hampir semua negara karena jmlh penduduk, faktor2 tertentu, dll)
Dan Kota (city) yg dimaksud setelah Dia dewasa.
Dan jangan lupa juga kalo jaman itu mereka hidup berkelompok2 kecil yang bisa disebut desa (dalam artian Villages).

kelompok orang yg berpenduduk 100 orang melihat tempat berpenduduk 1000 oarang pasti menganggapnya kota, dan orang yg berpenduduk 100.000 orang melihat tempat berpenduduk 1000 orang pasti menganggapnya sebuah desa.

pendapat saya mengenai hal Nazaret sebuah kota atau desa tidak akan mengurangi keyakinan hanya karena hal itu, Nasaret hanya sebuah tempat dimana umat kristiani menganggapnya penting karena tempat asalNya, bukan karena kota atau desa.

*banyak bukti bukti perbedaan perkataan desa atau kota disini, dalam arti pendapat teman teman saya disini lo… cuman klo di kasih contoh nanti kepanjangan jadi malas.
:happy0025: