Need Help..."Bagaimana Mengampuni Istri yg Pernah Selingkuh"

Syalom…
Mohon saya diberi pencerahan ttg bagaimana mengampuni serta menghadapi hari-hari saya dengan seorang istri yg pernah 2 kali menghianati saya…
saya sdh 13 thn berkeluarga, memiliki 3 orang anak… di Des 2010 saya mendapati pengakuan serta mendapati bukti-bukti yang otentik ada perselingkuhan disertai perzinahan antara istri saya, dengan mantan atasan serta koleganya…

Tidak perlu saya bahas apa alasan dia disini…
Rasanya saya sdh tidak kuat dan ingin cerai…cuma anak2 yang membuat saya dapat bertahan…

Pertanyaannya : apakah boleh saya menceraikan dia ? apa langkah saya selanjutnya ?

Trims

Bro gunawan4983,
Apakah istri anda itu mengaku dan mau bertobat dan tdk akan mengulangi perbuatannya?
Apakah dia sdh tdk bergaul dgn org2 yg pernah berselingkuh dgn dia?
kalau dua hal di atas diatas dijawab YA, maka tdk ada alasan utk menceraikan dia.
Bro gunawan4983, Kiranya Tuhan Yesus memberikan hikmat & kekuatan, GBU

bro pa_ul…trims responsnya…dia memang sdh mengaku , berjanji utk bertobat dan saat ini dia sdh tdk berhubungan dengan mantan boss nya dan koleganya…

Gbu

puasa dab doa supaya Tuhan mencurahkan Roh mengampuni buat anda.

Menurut Matius 5:32 dan 19:9 anda boleh menceraikan dia:

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang menceraikan isterinya kecuali karena zinah, ia menjadikan isterinya berzinah; dan siapa yang kawin dengan perempuan yang diceraikan, ia berbuat zinah.” (Matius 5:32)

“Tetapi Aku berkata kepadamu: Barangsiapa menceraikan isterinya, kecuali karena zinah, lalu kawin dengan perempuan lain, ia berbuat zinah.” (Matius 19:9)

Dalam Luka 17:4 ada tertulis:

Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia." (Luka 17:4)

Saya pikir ayat Luka 17:4 itu tidak sesuai dengan masalah dosa zinah. Kalau menurut ayat itu seorang istri berbuat dosa zinah dan tujuh kali sehari kembali dan berkata “aku menyesal”, itu tidak berarti. Itu bukan lagi masalah pengampunan. Siapa yang mau / dapat hidup dengan seorang istri sebegitu?

Maka saudara bebas untuk mengambil keputusan yang sesuai. Kalau saudara mau menerima lagi istrinya boleh, tetapi itu sangat susah, hubungan suami-istri tidak akan seperti dahulu. Tetapi kalau mau mencerai, bisa juga, menurut Matius 5:32 dan 19:9, itu bukan dosa ketidak-ampunan. Berdoalah agar diberikan damai dalam keputusan…

Tuhan memberkati

@gunawan

Jujur, secara manusiawi, dan sebagai pria, anda pasti sangat tersakiti dengan penghianatan istri seperti itu, bro.
Tetapi, seperti yang anda katakan, anak anak adalah faktor pengikat, yang harus sangat anda pertimbangkan.

Istri anda sudah mengakui, sudah bertobat, dan menjauhi atasan dan koleganya, sepertinya sebagai orang Kristen, anda wajib mengampuni dan memaafkannya. Karena kitapun tidak luput dari kesalahan. Dan kalau kita ingin dosa kita diampuni, maka adalah wajib kita mengampuni dosa orang lain, terlebih lagi jika kesalahan itu sudah diakui dan disesali.

Cuma ada satu pesan saya, jka anda memang memaafkan dan tetap menjaga keutuhan keluarga anda, bro. Maafkan istri anda dan lupakan kesalahannya. Jangan lagi ungkit ungkit masalah itu kelak.

Bawa persoalan ini dalam doa, serahkan pada Tuhan, dan biar Ia yang menuntun keluarga anda dalam mengatasi masalah ini, dan memelihara keluarga anda selanjutnya.

Syalom

OK kalau gitu gak ada salahnya utk mengampuni & menerima dia apa adanya kan?
masih ingat waktu Yesus mengampuni seorg perempuan yg berzinah?
Yohanes 8:10 Lalu Yesus bangkit berdiri dan berkata kepadanya: “Hai perempuan, di manakah mereka? Tidak adakah seorang yang menghukum engkau?”
8:11 Jawabnya: “Tidak ada, Tuhan.” Lalu kata Yesus: “Aku pun tidak menghukum engkau. Pergilah, dan jangan berbuat dosa lagi mulai dari sekarang.”
Anda juga harus mengampuni istri anda kalau dia sdh bertobat, anda masih mengasihi dia kan? GBU Bro gunawan4983.

caranya, anda harus percaya kepadaNYA bahwa DIA membimbingnya untuk menjadi baik. Tapi itu memang susah, tapi percayalah dengan berjalannya usia (menopause) maka istri anda akan berhenti melakukan perselingkuhan.

Saya pun mengalami hal yg sama istriku selingkuh.dengan duda tetangga saya.karna saya lamban saya mengetahuiya setelah 3 tahun .saya akhirya tau setelah istri saya sering minta cerai padahal tak ada masalah.akhirya saya cek di internet teryata ada perselingkuhan akhirya saya cek sim hp teryata bayak sms cinta akhiya saya taya istriku siapa pengirim sms itu semua …dan dia pun minta maaf .tapi tak tau apa yg di minta i maaf ya.tak mau mengaku .tapi akhirya saya akhirya tau si pengirim sms itu adalah duda tetangga saya …tapi membuat istriku mengakua bukan lah mudah .ku coba memaaf kan ya 1 bulan .tapi karna dia cinta ama duda itu dia mencoba berbohong terus dan menghubungiya dg berbagai macam cara.akhirya saya mulai marah dan selalu menggunakan kekerasan.kadang saya kasihan melihat istriku yg hari hari terakhirya selalu ku marah salah sedikit aku marah besar ku coba untuk memaafkanya dengan asumsi kalau lah dia sakit jiwa kenapa harus ku siksa karna selama ini dia melakukan dosa tidak sadar iblis yg meyesatkanya tetapi gagal .karna stiap saya berdoa jadi lemah karna dia tak mau mengaku.padahal dulu sering tertangkap basah sama saya.saya bilang ngapa kau pulang dari rumah dia tak pakai pakaian dalam dia bilang ngak ada.padahal waktu itu saya marah dia gemetar tak sanggup berdiri.besokya si duda bilang sama saya dari pada ribut terus tinggalkan aja.mengingat itu saya memang sakit hati tapi meyalahkan si duda bukan mudah karna istriku yg bolak balik ke rumah dia bukan dia yg ke rumah ku.semua rumah ku habis tergadai karna istriku mengasi uang sama duda itu tak sdikit.memang selama ini saya percaya betul sama istriku.tetapi karna sudah puluhan fakta perselingkuhan ya dia tetapi dia tak mau mengaku.maka suatu ketika saya mengalami hal yg aneh.istri ku baru selesai mandi jarak 1 meter sangat wangi sekali bau parfumya maka ku peluk dia teryata dia bau mayat.keesokan hariya pun begitu dia bau mayat.ke esokan haiya lagi dia membuat kesalahan saya marah besar dan dia mengajak saya berkelahi.akhirya saya taya anak anak kalian ikut bapak atau ikut mamak semua jawab ikut mamak .dan saya pun pergi ke medan dari batam.karna saya pikir biarlah tuhan menghukum dia atas segala perbuatan di tambah kedegilan ya.sebenarya dia terus menghubungi saya dan menangis,minta maaf tetapi dia tak mau mengatakan maaf saya selingkuh maka saya mau memaaf kan apa.saya sebenarya kasian juga dengar dia nangis tapi perasaan saya bagaikan mati sepeti bau mayat tadi.dan saya saran kan sama dia aku tau kau sakit jiwa itu mu gata maka kalau kau tak bisa ku larang siapa tau karna permintaan jiwa mu seperti itu pergilah sekali sekali refresing ke bar pilih di sana yg kau suka di bar itu nanti kau dapat uang.yg penting sama aku kau jujur atau sama pacarmu pun jadi tapi jangan kau kasi lagi duit sama cook mu itu karna yg cari uang saya bukan kau.semua harta ini peninggalan orang tua ku satu sen tak ada hartamu di sini.2 pintu rumah ku teancam di sita bang sudah lah ku bilang tapi dia tak mau sedangkan dia mencoba terus menghubungi pacarya kadng melalui emai jadi begitu lah pak ke adaan ku aku minggat dari rumah karna kalau istriku marah galak juga aku tak brani.kasi saya saran pak

http://www.facebook.com/profile.php?id=100003750660498 pitersiahaan potoku di petronas twin tower

Bro Gunawan,

Keadaan bro memang berat, kalau cerai kasian anak2 kalau diterusin juga beban bagi mental bro.
Tuhan tahu apa terbaik bagi bro, Jadi saran saya doa puasa saja bro minta petunjukNya. Pasti bro akan mendapat jawaban yang paling tepat.

Manusia bisa berubah bro, kalau perlu pindah rumah yang jauh dari tegangga bro.

shalom buat Pak Gunawan, salam kenal ya, baru baca, kebetulan kayanya aku cewek pertama yang ngasih koment ya, kalau menurut aku sich dari sudut pandang seorang wanita, Pasti waktu Pak Gunawan pacaran and akhirnya menikah di dasari oleh cinta benar gak? Trus seiring berjalannya waktu apalagi sampai udah punya anak 3 pasti banyak yang berubah dari sifat dan tingkah laku kita , Mungkin waktu pacaran jatuh sedikit aja udah langsung di peluk atau di cium sayang, tapi sekarang mungkin pura2 gak liat, (Sory ya cuma perumpamaan).Hati cewek itu lembut banget dan selalu haus akan perhatiaan and kasih sayang. ada lho teman kakakku, masak waktu istrinya ultah pulang kantor bukan di bawain bunga atau yang dia suka eh malah suaminya lebih ingat oli buat mobilnya. Hal2 kecil itu yang mungkin mengikis rasa cinta di hati seorang wanita. KECUALI Pak Gunawan selalu memperhatikan dan menyayangi istri yah minimal 70% dech sama seperti waktu pacaran, tapi istri tetap selingkuh, 100% itu pasti kesalahan dia. Salut banget Pak Gunawan masih ingat sama anak Tuhan pasti senang banget. Sory ya bukannya aku setuju istri selingkuh, ( WADUH DOSA BERAT DECH) cuma pasti ada sebab yang membuat Selingkuh terjadi. Kalau memang masih ada setitik cinta di hati kalian berdua jangan lupa berdoa ya, mohon petunjuk tuhan Pasti di berikan yang terbaik. GBU always… :ashamed0002:

Ya … Ya…

Bisa jadi sperti itu…

Kesalahan yg terjadi pasti krn ada faktor keteledoran juga…

Sgala perubahan psikologis sesudah dan sebleumnya musti diperhatikan…

Banyak komunikasi dan punya sikap yg siap menerima keluhan tentu membuat istri anda berpikir anda adlh suami nya yg tak pantas utk dihianati…

God bless

Bro gun,

ampuni dia dengan sepenuh hati, dan sebaiknya pernihakah anda dikuduskan kembali, datang pada pendeta / pastor anda… minta diteguhkan kembali, dan dilepakan dari segala jeart perzinahan.

Lepaskan pengampunan sepenuh hati bro, agar jangan jadi celah iblis untuk mengacak2 rumah tangga anda. EPrceraian adalah sesuatu yg sangat diidam2kan sijahalt

Bagi saya istri yg telah melakukan zinah berkali2 lebih baik dilepaskan saja, buat apa hidup serumah seranjang dng pasangan hidup yg telah berkhianat berkali2…Kalo khilaf masak lebih dari sekali, itu mah doyan.