'Ngalap' Berkah Yesus Hitam, Ribuan Orang Rela Tarung Nyawa

Ada berita spt ini di detik.com:
Ratusan ribu umat Katolik di Filipina seperti mengabaikan keselamatan demi berburu berkah dari patung Yesus hitam.
Kain bekas usapan patung asal Meksiko ini dipercaya mampu menyembuhkan sampai menghapus dosa.
http://tv.detik.com/readvideo/2014/01/09/175715/140109048/061009681/ngalap-berkah-yesus-hitam-ribuan-orang-rela-tarung-nyawa?9922022

Video: procession turns to chaos in Philippines as worshippers try to touch famous Jesus statue

Ada berita2 bergambar juga di BBC Indonesia sbb:

Apakah kepercayaan ini juga diyakini oleh umat katolik di negara2 lain?
Apakah kepercayan spt itu tdk menyalahi ajaran kristen? apa yg menjadi acuannya?

Nyatanya banyak yang sembuh koq. Tuh ada kesaksiannya yang sembuh dari cerebral palsy.

Udah jelas dibilang bahwa itu adalah tradisi umat Katolik Filipina, bukan tradisi negara-negara lain.

Kis 19:10 Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.
Kis 19:11 Oleh Paulus Allah mengadakan mujizat-mujizat yang luar biasa,
Kis 19:12 bahkan orang membawa saputangan atau kain yang pernah dipakai oleh Paulus dan meletakkannya atas orang-orang sakit, maka lenyaplah penyakit mereka dan keluarlah roh-roh jahat.

Berapa banyak yg terluka?
kesembuhan bisa saja krn kuasa Iblis yg meniru2,
gak mungkin Tuhan menghendaki seorgpun terluka utk berebut kesembuhan

http://imageshack.com/a/img401/3790/q2jl.jpg

apakah masing2 negra punya tradisi sendiri2?
bukankah ada aturan dari pusatnya shg tdk berdiri sendiri2, kan ktnya terpusat?

Paulus jelas salah seorang rasul, saat itu juga masih hidup
kalau diberita itu cuma kain bekas patung salib hitam? bknkah mengarah kepenyembahan berhala?
kayanya narik benang merahnya terlalu melenceng jauh

http://imageshack.com/a/img841/4548/gegs.jpg

Apa ada member katolik lain yg bisa berikan penjelasan?
biasanya mereka sangat bersemanagat utk hal2 spt di atas

Memang bisa saja Iblis meniru dan menyembuhkan.
Tapi jika Iblis bisa, apakah lantas Tuhan jadi TIDAK bisa?

Ataukah anda mau bilang bahwa kesembuhan dari Yesus hitam tersebut itu adalah dari Iblis?

Apakah ada dasar Alkitabnya?

Ada dasar Alkitabnya?

BTW, yang terluka di gambar itu adalah yang mau mencium patung hitam Kristus, bukan yang cari kesembuhan.

Ya. Di Rusia, saat hari raya epifani, umat disana masuk dalam kolam es.

Berarti anda tidak tahu apa itu Gereja Katolik Roma.
Saya sendiri bukan Katolik Roma, jadi biar rekan-rekan Katolik Roma saja yang menjelaskan.

Jadi menurut anda Yesus kini sudah mati?

Pertama, bahwa itu adalah tradisi lokal umat katolik philipina
kedua, tidak ada salahnya dengan itu… karena berkat Tuhan bisa saja diberikan melalui media apapun…

iblis? kami umat katolik yakin dan eng imani, setelah tanda salib, tidak ada kuasa iblis jenis apapun yang mampu mengganggu… bagaimana dengan iman ada…?

cuma mungkin cara pelaksanaannya dan eksploitasinya bisa di evaluasi.

kalo gitu mending anda gak usah menjawab, krn bukan GRK
Salib itu tdk ada hubungannya dgn salib Yesus :smiley:

Jadi kalau lokal berarti boleh saja salah dan mernyalahi aturan pusat?
Apakah berkat Tuhan bisa & boleh diperebutkan?dan bisa melalui media apapun walaupun sifatnya klenik?
Iblis dpt memakai benda2 spt salib sekalipun agar manusia tertipu, Iblis tdk akan takut hanya dgn salib
krn kuasa Tuhan tdk tergantung pd ada tdknya salib atau brg2 lain
Tuhan adalah Roh, kuasa-Nya dpt terpancar langsung dari Dia tanpa melalui benda2 apapun,
yg diperlukan hanya iman yg sungguh2 kepada Tuhan, bkn kpd yg lain.

Oh, gitu ya?

BTW kamu ngapain tanya-tanya sama umat Katolik?

Mau jadi Katolik Roma?

Atau cuman mau nyesat-nyesatkan aja?
Kamu hakul yakin praktek seperti itu sesat kan?
Ngapain kamu cari tahu lagi?

Trus salibnya siapa dong?
:azn:

anda tidak baca, itu praktek lokal dan Menurut Gereja itu tidak salah. dengan demikian, bisa dilihat bahwa orang-orang begitu cinta dengan TUHANnya, bukan hanya dengan sebatas berkata-kata saja. iya gak?
apa ada aturan pusat yang melarang? apa pusat melarang tradisi-tradisi lokal?

masih ingat orang-orang sakit yang berebutan menyentuh bayangan dari St. Petrus. apa itu kuasa setan juga?

jangankan benda-benda, iblis pun dapat memakai anda untuk menyesatkan. percaya?

red: apakah anda bisa menghakimi iman mereka? apakah anda bisa mengukur bagaimana cinta mereka kepada Tuhan?
dari mana anda tahu kalau dengan melakukan demikian, Iman mereka akan TUHAN tidak sungguh-sungguh?

halah mas…

engga perlu cape-cape menjelaskan gitu…

manusia itu tingkat budaya nya dan tingkat peradabannya emang beda-beda kok…

local wisdom yang merupakan faktor ENRICHMENT terhadap suatu kebudayaan lain…
oleh kelompok yg tingkat peradabannya lebih rendah, malah biasanya dinilai sebagai ANCAMAN terhadap hilangnya identitas Ke-Primitif-an itu…

ehehe…

susah mas…
biarin aja…
ibarat nulis masih pake batu kok di suruh pake laptop, apalagi tablet…
ya susah mas… kan langsung dicap: laptop itu adalah budaya iblis, karena di kitap suci, tuhan aja nulis di batu kok…

hehehe…

hehehehe… bener juga om…

tapi kebangetan… masa gak ada habisnya ngomongin ginian…
yah… ibaratnya Tuhan hanya untuk dia, dia, dia… ahahahaha

menurut pendapat saya…
sikap pem-BERHALA-an ALKITAB itu bisa menimbulkan EFEK SAMPING: POSESIF akan TUHAN…

ehehe…

Sampai-sampai semua orang HARUS MENCERABUT BUDAYA NYA SENDIRI… alias menjadi TAK_BERBUDAYA alias MUNDUR KE JAMAN PRIMITIF, barulah DIKIRANYA itulah yang SEOLAH-OLAH diingini Tuhan…

waduh…
Masa TUHAN disamakan dengan MANUSIA TAK BERBUDAYA??
ehehe…
mentang-mentang Tuhan nulis di dua bongkahan batu, terus semua manusia harus TETEP PRIMITIF TERUS??
ehehe…

ahahahahaha… ngeri juga kalau begitu.

tapi kalau pun pem-BERHALA-an ALKITAB itu benar-benar dinyatakan, maka pernyataan-pernyataan untuk menghakimi Iman orang lain tidak akan ada.

lha yang di BERHALA-kan aja mencatat, jangankan sapu tangan, “bayangan” aja bisa menyembuhkan. Luar biasa!!.
apa kali ini TUHAN mau disamakan dengan “sapu tangan” atau “bayangan”. ahahahahahahaha

Bekas usapan patung bisa nyembuhi penyakit?

Ini jelas2 penipuan belaka. kalaupun sembuh ya dari iblis. Dukun juga bisa menyembuhkan banyak penyakit.

Dulu saya pernah baca di china ada temple dimana terdapat patung2 budha. Lalu ada pimpinan dari desa lain datang ke temple itu, Patung itu diisi dengan kekuatan yang saya yakin adalah kekuatan iblis, sampai disaksikan wartawan2 bahwa patung itu bergetar. Dan setelah itu patung itu bisa punya kekuatan mengisi para murid kungfu disana dengan kekuatan extra.

Ini semua adalah tipu2an iblis,

Menurut pandangan saya kalau kita sakit doa saja pada Tuhan dan kalau ada dosa kita bertobat dan merendahkan diri padaNya mungkin dengan kesakitan dan kekurangan kita itu, kita bisa lebih dekat dan lebih rendah hati.

Dengan hanya mengusap patung bisa sembuh itu kan tidak usah mendekatkan diri pada Tuhan lagi dan tidak perlu mengubah sikap kita dan bertobat dari ksealahan2 kita. cukup mengusap patung saja.

Lho kok bisa pak asdos?
nah kalau orang yang mengharap kena bayangan saja, atau berharap dan menyentuh sapu tangan saja bagaimana?

masa dengan terkena bayangan dan menyentuh sapu tangan bisa sembuh, kenapa mereka tidak mendekatkan diri kepada Tuhan?

kayaknya perlu penelitian deh,

Tapi usapan patung belum pernah ada dialkitab yang ada dilarang buat patung untuk disembah.

Aturan pusat itu mengacunya kemana sih? ajaran2 klenik?

Bukan berebut bayangannya, tapi spy kena bayangannya Petrus kali
Kisah Para Rasul 5:15 bahkan mereka membawa orang-orang sakit ke luar, ke jalan raya, dan membaringkannya di atas balai-balai dan tilam, supaya, apabila Petrus lewat, setidak-tidaknya bayangannya mengenai salah seorang dari mereka.

Benda2 spt salib itu memang paling mudah menyesatkan
kalu saya gak mungkin menyesatkan krn ada Roh Kudus yg selalu menjaga
Tuhan janji ada Roh Kudus di setiap org percaya, itu yg jadi keyakinan saya, gak tahu kalau anda?
apakah janji spt itu diyakini umat spt anda?

karena saya tahu betul apa yg tertulis di Alkitab maka saya berani katakan itu adalah sesat
Rasul paulus juga perintahkan utk menguji segala sesuatu,
Ujinya dgn apa? pasti dgn Alkitab sbg Firman Tuhan, bkn dgn ajaran2 manusia

Kalau menurut saya, ini memiliki potensi sesat. Kenapa?

Karena kecenderungan orang untuk lebih mengandalkan benda-benda itu daripada Tuhan. Jadi benda-bendanya dianggap suci dan berkhasiat.

Sangat berbahaya. Bisa saja yang menyembuhkan itu iblis.

loh?? kok predijudge mas bro??? siapa bilang salah? :smiley: :smiley: