NON DEBATE --- PAULUS, KABBALAH, DAN ......RAMBUT PANJANG..

PAULUS, KABBALAH, DAN …RAMBUT PANJANG…

“Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.” 1 Korintus 11:6, TB.

“Sebab laki-laki tidak perlu menudungi kepalanya: ia menyinarkan gambaran dan kemuliaan Allah. Tetapi perempuan menyinarkan kemuliaan laki-laki.” 1 Korintus 11:7, TB.

“Bukankah alam sendiri menyatakan kepadamu, bahwa adalah kehinaan bagi laki-laki, jika ia berambut panjang,” 1 Korintus 11:14, TB.

Mungkin banyak yang heran, kenapa Paulus bicara mengenai rambut dan tudung kepala? Bahkan Yesus-pun tidak pernah menyinggung masalah rambut. Lalu dapat ide dari mana Paulus?

Lagi-lagi ini adalah dari tradisi Kabbalah. Dalam Kabbalah, rambut memiliki arti mistis yg penting dan ada aturannya yg cukup rumit. Dalam hukum Yahudi, wanita di perbolehkan mencukur rambut wajah dan samping kepalanya. Wanita tidak di perbolehkan mencukur brewok laki2. Pria harus menjaga rambut kepalanya tetap pendek, kecuali brewok dan cambangnya.

MISTICAL PERSPECTIVE

Rambut terasosiasi dengan dunia mistik sebagai saluran yg memungkinkan “sinar/cahaya/divine light” terserap, jadi tidak pantas bagi wanita untuk memotongnya, karena ia akan kehilangan fungsi ini. Lain halnya dgn pria, yg harus memotong pendek rambutnya, agar cahaya itu tidak terserap bagi dirinya sendiri, tapi di salurkan kepada istri dan anak2nya.

Wanita di sebut sebagai “malchut”, yaitu sephirot ke 10 dalam “Kabalistic Tree of life”. Tidak seperti ke 9 sephirot lainnya, malchut merupakan salah satu attribut dari Tuhan (Supernal Light) yg TIDAK memancar langsung dariNya, tapi melalui ciptaanNya (Pria) yang kemudian akan merefleksikan kemuliaan cahaya Tuhan itu dari dalam dirinya.

Pria di sebut sebagai “Zeir Unpin”, atau “The drawer of light”. Ketika pria dan wanita menikah, jiwa (soul) mereka terintegrasi dan menjadi satu sistem yang lengkap (complete). Secara umum di katakan bahwa pria “drawing light” dari atas (universe), lalu perempuan adalah “wadah/tempat” cahaya itu, sehingga “cahaya” itu menjadi tersedia baginya, suaminya, dan juga anak2nya (sepertinya ini bukan bicara mengenai cahaya/sinar secara literal).

Jadi ibaratnya seperti pria yg memancing ikan, lalu melemparkannya kpd istrinya yang akan menyimpannya dalam wadah, untuk keperluan keluarga.

Bagaimana perempuan mengatur cahaya ini? Yaitu dgn rambutnya !. Rambut kepala perempuan berfungsi seperti saluran cahaya/energy. Dengan menutup rambutnya dengan tudung, seorang wanita menjaga cahaya yg di terimanya itu, menyimpannya untuk keluarganya. Namun jika ia tidak menutup rambutnya, maka cahaya/energy itu menjadi tidak teratur dan akan membawa kesulitan baginya dan keluarganya.

Menurut kabbalah, fungsi menjaga “cahaya” (yg terefleksi dari suaminya) dalam rambut wanita menjadi lebih penting dari pada sekedar fungsi menutupi keindahan mahkota wanita.

Jadi menjadi jelas (I hope) dari mana pengertian Paulus bicara mengenai rambut dan tudung rambut segala, sekali lagi ini membuktikan bahwa Paulus adalah berlatar belakang kabbalah (kabbalist).

Saya sendiri ga ngerti knp Paulus membahas itu, walaupun Paulus sendiri tidak mengadopsi tradisi itu.

“Tetapi jika ada orang yang mau membantah, kami maupun Jemaat-jemaat Allah [b]tidak mempunyai kebiasaan yang demikian[/b].” 1 Korintus 11:16, TB.

Salam

Masukan yang menarik.
Makasih Simon.

:slight_smile:
salam.

Betul, seru juga :cheesy: jadi ingat kisah Simson, kira-kira sperti gambar berikut ;D


@EVATA : Hehehe…jadi mau ke salon neh… :angel:

@Odading : hehe…lagi males debat…jadinya kemana-mana deh…

Salam…

simon,

ngomong ngomong soal “hairstyle” … :
apakah ayat berikut ada menyangkut juga dgn kabbalah ?

(10) Sebab itu, perempuan harus memakai tanda wibawa di kepalanya oleh karena para malaikat.

Therefore ought the woman to have a power over her head, because of the angels.

Yang merah itu loh…
tak cari di gugel… wew… simpang-siur,
bahkan di biblecc “jujur” ngaku bingung… :char11:

salam.

Rambut wanita jika tidak di cover juga akan berpotensi menyerap energi negatif, bahkan ada yg mengatakan bisa di buat hamil oleh malaikat, mungkin yg di maksud malaikat jablay dan galau :angel: .

Why? Because, the man that has Christ Jesus is the cover that is covering the spiritual woman that's doing the gift of prophesy, and Christ Jesus in the spiritual man is protecting that spiritual woman against the angel known as the carnal mind, the Dragon's angels.

Saya juga belum paham bro…kalau ketemu kasih tau gw ya… :tongue:

Salam