Non-Katolik, Beranikah Anda Membela Katolik ?

Dialog antara Katolik & pengkritisnya disini memang masih sangat sengit. Untunglah masih ada non-Katolik disini yg masih rukun terhadap Katolik & tak ikut mengkritisinya seperti CalvinFabian, Imbagi, Rinjani, dll. Didalam dialog seakan mereka adalah golongan netral & hanya komen normal2 saja. Namun ketika kerukunan antar golongan tersebut tiba2 ingin di pecah belah kan dgn hujatan para pengkritis tersebut, meski bukan urusannya, apakah Anda juga bakal berniat ikut membela Katolik bagaikan orang Samaria yang murah hati sebab kerukunan antar golongan tersebut mulai terancam & terkikis ? Tentu siapapun tak ingin kekurangan teman, bukan ?

MOD: Dimohon keadilannya utk menjaga trit ini dr para penghujat agar trit terlihat lebih nyaman dilihat

Mudah-mudahan treat anda ini tidak juga bermaksud untuk mengadu domba sob.
karena setahu saya semua yang diungkapkan pastinya punya alasan tersendiri, ntah itu mendukung atau tidak mendukung katolik. sudah jelas sekali bahwa interdenom sungguh dikedepankan dalam hal ini.

Konfilik tidak diatasi dengan bela membela yang identik dengan perang yang dipanjangkan.

Saling memahami dan saling mengerti adalah bagian dari kehidupan umat Kristiani. Memang tidak dipungkiri disini banyak remaja dan pemuda yang masih labil, mengedepankan emosi dan mood sehingga sering memberi komentar OOT dan bahkan mencopas beberapa artikel dan ulasan yang dibuat oleh orang-orang yang pernah disakiti (barisan sakit hati) oleh aliran-aliran tertentu atau bahkan artikel dan ulasan dari agama seberang yang memang dari kitab sucinya sudah menista dan menyerang iman Kristiani apapun denomnya asal bisa diserang.

Jadi bukan ide baik menjadi “pahlawan kesiangan” seakan menawarkan cuka sebagai obat penawar luka. Seperti menawarkan kayu untuk memadamkan api.

Lebih baik menjadi seorang yang belajar memahami dan mengerti orang lain, belajar apa yang diajarkan Kristus yaitu mencintai walau diejek, dihina dan dinista (belum sampai dianiaya tentunya) disini.

Tubuh Kristus terdiri dari banyak anggota, bukan saja sesama jemaat gereja, tetapi juga satu sinode dan bukan saja sampai disana, antar aliran adalah satu Tubuh Kristus yang berbeda-beda fungsi dan tugasnya. Apakah semua mata? Apakah semua telinga? Apakah semua mulut? Tidak bukan? Ada mulut, ada mata, ada telinga demikian apakah semua Katholik? Apakah semua Protestan? Apakah semua Kharismatik? Tidak juga, masing-masing pada tempatnya untuk membentuk Tubuh Kristus yang aim.

Penutup saya copas Ayub 13:8-10

Apakah kamu mau memihak Allah, berbantah untuk membela Dia?
Apakah baik, kalau Ia memeriksa kamu? Dapatkah kamu menipu Dia seperti menipu manusia?
Kamu akan dihukum-Nya dengan keras, jikalau kamu diam-diam memihak.

gw ga akan bela

krn gw akan netral ga bela pihak mana pun… hehe

saya rasa penkritik Katolik tdk bisa disebut penghujat Katolik. Dalam forum diskusi setiap orang berhak menyampaikan pandangannya, juga berhak membela pandangannya secara obyektif, jika yang terjadi adalah bela membela, yang ada adl pikiran subyektif. masalahnya kitabnya saja udah beda…

Re: Non-Katolik, Beranikah Anda Membela Katolik ?

Yesuslah yang menjadi PEMBELA YANG BENAR :afro:
napa harus berharap pada manusia ??

Yup…berarti gada bela membela donk… :happy0062:

Mengkritisi itu salah ya worldpeace??tolong tunjukan pada saya apakah alkitab mengatakan demikian?
Jika anda melihat bahwa ada yg salah pada orang lain, apakah anda diam aja demi kerukunan?asal tidak ribut?

mungkin perlu anda melihat kebelakang…
karena anda terbilang baru… sehingga pukulannya anda lihat dari protestan saja…

Katolik itu menurut saya pribadi yang keras dan angkuh (menurut saya pribadi) ditiap2 postnya…

cenderung MERASA HEBAT DARI DENOM LAIN… shingga semata bisa merendah kan denom lain…

DAN ITU SANGAT SANGAT TIDAK MEMBUAT NYAMAN…

katolik yang tersisa hanya beberapa member saja, mantan peninggalan member lama…
coba lihat member lama nya yang udah keluar atau di banned…

jadi santai aja…

berikan tolak ukur yang pas bagi pengadilan yang hendak situ berikan …

salam…

Roma 8 : 33 Siapakah yang akan menggugat orang-orang pilihan Allah? Allah, yang membenarkan mereka? Siapakah yang akan menghukum mereka?
34 Kristus Yesus, yang telah mati? Bahkan lebih lagi: yang telah bangkit, yang juga duduk di sebelah kanan Allah, yang malah menjadi Pembela bagi kita?

setuju bro, bisa dilihat dari cara diskusinya dan kesopanan bahasanya.

ingat dulu, ada member yg selalu membanggakan grjnya sebagai satu satunya yang apostolik dan yg lainnya hanya sempalan ???

betapa sombongnya itu

pendapat saya sih tidak berdasarkan pd Alkitab
kl masalah melihat org salah sih harusnya cmn sekedar memperlihatkan utk menanyakan atw plg tidak menyampaikan saran agar tak terulang atw diperbaiki
habis itu udh deh selesai

tp kl sampe dilawan ya itu berarti udh keluar batas alias cmn mau ngalahin org & gak ada bedanya ama org berantem
kenapa pula pas gereja diserang FPI tp jemaatnya gak ngelawan ?

tp kok sampe pd resah disini ya: Dialog Protestant - katolik : GAGAL.. - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

ga perlu ngeliat ke belakang, tapi cukup ngeliat denom, yang se-denom ga pernah salah :cheesy:

Toleransi dalam bermasyarakat/beragama berbeda dengan toleransi dalam soal pengajaran . Janganlah mencampuadukkan kedua hal ini seolah2 kalau mengkritisi ajaran katolik dianggap menghujat ataupun tidak memiliki toleransi/kasih

Protestan dan katolik sebenarnya adalah dua agama yang berbeda sama halnya seperti halnya buddha dengan islam , ataupun hindu dengan islam

Saya pun menghargai umat islam dalam hal menjalankan ibadahnya namun apakah saya harus berkompromi ajaran mereka dan mengakui bahwa muhammad adalah seorang nabi ? tentu tidak demikian

Sama halnya saya hanya bertoleransi dengan agama katolik dalam hal hubungan bermasyarakat dimana saya tidak sampai menghancurkan tempat ibadah mereka dan juga saya tidak membenci orang-orang katolik . Namun dalam soal pengajaran tentu saya tidak mau berkompromi dengan ajaran-ajaran yang katolik yang sangat menyimpang seperti maria ratu sorga , api penyucian,indulgesia ,scapular , dan segala macam tradisi/ajaran2 menyimpang lainnya

Saya hanya prihatin dengan beberapa pemimpin gereja protestan yang berkompromi ajaran dengan katolik sehingga mereka tidak segan2 membiarkan jemaatnya melaksanakan ibadah oikumene bersama katolik . Sangat disayangkan bahwa seharusnya menjaga domba gembalaan mereka dengan sebaik-baiknya tetapi mereka malah membiarkan jemaat2 mereka malah ikut nyemplung masuk ke dalam

Bertoleransi dalam bermasyarakat berbeda dengan bertoleransi dalam soal doktrin/pengajaran . Setiap orang yang betul-betul membaca alkitab dengan hati yang murni dan betul2 netral pasti akan menyimpulkan bahwa katolik menyimpang

Btw , katolik sendiri sebenarnya sangat angkuh dan sombong . Mereka tidak menganggap gereja protestan sebagai ‘gereja’ , mereka hanya menganggap protestan sebagai ‘semacam persekutuan’ . Mereka bangga bahwa gereja mereka langsung didirikan oleh TUHAN YESUS , sedangkan ‘persekutuan2 protestan’ tidak didirikan oleh TUHAN YESUS

Tentu gereja yang langsung didirikan oleh TUHAN YESUS wajib membuktikan apakah mereka betul2 didirikan oleh TUHAN YESUS atau hanya sebatas klaim-klaimk . Dan tampaknya itu barulah sebuah klaim yang jelas-jelas tidak bisa dibuktikan kebenarannya karena tidak mungkin dan tidak ada dasar alkitabnya bahwa TUHAN YESUS dan para rasul mengajari untuk membuat patung dan sujud di bawahnya

Salam :slight_smile:

yah wajarlah FRUSTATING… DEBAT KUSIR ITU MELELAHKAN DAN SANGAT MEMBUAT FRUSTASI…
ATAU MALAH MENAMBAH PENYAKIT FISIK…

hanya sebagai bahan pertimbangan saja… bilapun situ hendak memberlakukan takaran…

lihat kadar2 yang telah terjadi…

baru saya juga menganggap anda penuh dengan ketelitian…

namun… bila hendak melihatnya dari apa yang terjadi semenjak situ jadi member sini…

saya rasa itu tidak baik…

namun liat dari keseluruhan…

BIASAKAN DISKUSI SESUAI JUDUL TOPIK… hayolah bangsa indonesia tercinta…

mari sportif dengan mengikuti Topik…

jika hendak membahas sedenom juga… bikin tret lagi dengan judul…“denom anu, beranikan anda membela denom itu?”

“Non-Katolik, Beranikah Anda Membela Katolik ?”

Yg dibela apanya; ajaran2nya ?
Bukan ga berani, melainkan GA MAU… OGAH… kecuali yg sesuai alkitab (bukan scripture lain)

Wah trit ini judulnya ‘membela’ dan pada saat yang sama isinya adalah hujatan di sisi yang lain. :smiley:
Musang berbulu domba :tongue:

GBU

itulah misterinya broo… ^^