Nubuat perpecahan gereja di abad ke 16.

Kita semua tahu bahwa perpecahan gereja di abad ke 16, bukan masalah kecil.

Ternyata peperangan antar gereja kristen di Europa, membawa pengaruh keseluruh dunia.

Peristiwa yang begitu besar, tentunya Tuhan sudah mengetahui sebelumnya.

Pertanyaan: Adakah nubuat di Alkitab yang menyebutkan akan terjadinya perpecahan tsb. ?

Mohon anda berikan ayat-ayatnya bagi yang mengetahuinya !

SKISMA BESAR tahun 1054 M dihitung juga donk…, namanya juga SKISMA-BESAR :slight_smile:

Anda membuat Topik baru saja, supaya tidak campur aduk.

kurang puas ya mbah bro sama SANGGAHAN sy :coolsmiley:

ohh, maap sudah mengganggu TOPIK anda :angel:

om SP, yuk kita pindah sj,
soalnya Mbah ini gak suka kalo ada member lain yg post di topik yg dibuatnya :onion-head2:

lihat sj disini kalo gak percaya :

sy juga gak di ijinin sama TS untuk post di situ :mad0261:

Buat saya sih sama… sama-sama merupakan “perpecahan”, bahkan “skisma” itu isyu yang lebih besar :slight_smile:
Apalagi sejarah menyebut peristiwa itu dengan istilah: “SKISMA BESAR”!

Maka “Skisma Besar” pada abad 11 ini buat saya ini adalah suatu hal yang lebih besar daripada yang terjadi pada abad 16. Terlebih lagi Alkitab melarang “SKISMA”:

* 1 Korintus 12:25
LAI TB, supaya jangan terjadi perpecahan (SKHISMA) dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
TR, ινα μη η σχισμα εν τω σωματι αλλα το αυτο υπερ αλληλων μεριμνωσιν τα μελη
Translit, hina mê hê skhisma en tô sômati alla to auto huper allêlôn merimnôsin ta melê

‘SKHISMA’ ibarat mencabik suatu bagian menjadi beberapa potongan.

saya sependapat dengan mas Sarapan…

Bahkan juga tidak boleh mengabaikan Skisma yang lebih fundamental lagi…
yaitu Ketika Yesus dkk memutuskan untuk melepaskan diri dari Yudaism, dan membentuk Aliran sendiri, tetapi dengan tetap meminjam Kitab Suci-nya untuk dipakai dan ditambahi lagi…

Buat saja topik baru “Nubuat perpecahan gereja di abad 11”

Topik diatas sudah tertulis, abad 16, TITIK, jadi jangan dipaksakan menurut keinginan anda.

Kecuali kalau topiknya; " Nubuat perpecahan gereja", dalam hal ini tidak tergantung abadnya lagi.
Jadi bisa abad 11, atau abad yang lain.

tuh kan ,

jangan diganggu bro-bro topik ini, ini khusus tempat nya si Mbah bro ngeluarin UNEG-UNEG ;D

Memangnya perpecahan Gereja di abad 16 apa sih bro? Martin Luther lagi nih ceritanya? Setau saya sebelum reformasi Gereja, sebenanrya umat Katholik juga sudah ada bibit perpecahan. Atau lagi mau bahas John Calvin?

Salam… :slight_smile:

Saya rasa perpecahan organisasi bukan dianggap sebagai perpecahan Gereja Tuhan oleh Allah.

1 Korintus 3:4
Karena jika yang seorang berkata: “Aku dari golongan Paulus,” dan yang lain berkata: “Aku dari golongan Apolos,” bukankah hal itu menunjukkan, bahwa kamu manusia duniawi yang bukan rohani?

Perpecahan organisasi gereja adalah perpecahan duniawi, didasari atas hal-hal jasmani yang tidak dapat dikompromikan lagi. Sehingga masing-masing mendirikan aliran dan golongannya sendiri-sendiri. Kelihatannya dari depan seakan perpecahan sebab perbedaan tafsir Alkitab, tetapi sebenarnya tidak juga demikian, setiap perpecahan selalu dipicu oleh masalah-masalah duniawi. Seperti yang dikatakan “roh memang penurut, tetapi daging lemah”, maka jika mereka tidak desak oleh dagingnya, maka tidak ada perpecahan dan “pemberontakan” dalam organisasi gereja. Tetapi Allah mengijinkan hal itu terjadi agar masing-masing dapat bertumbuh dan tidak terhalang oleh birokrasi dan politik gereja. Lagi pula organisasi gereja sama halnya seperti gedung gereja, adalah dari dunia dan tidak kekal dan juga tidak ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah, melainkan hanya manusia-manusia didalamnya yang menjadi bagian dari Tubuh Kristus, yang harus tetap bersatu.

Kita menjadi satu bukan karena persamaan organisasi atau persamaan sinode atau persamaan gedung gereja, tetapi kita bersatu didalam Kristus secara rohani, yaitu melalui roh kita. Seperti kata Efesus 4:3-6, “Dan berusahalah memelihara kesatuan Roh oleh ikatan damai sejahtera: satu tubuh, dan satu Roh, sebagaimana kamu telah dipanggil kepada satu pengharapan yang terkandung dalam panggilanmu, satu Tuhan, satu iman, satu baptisan, satu Allah dan Bapa dari semua, Allah yang di atas semua dan oleh semua dan di dalam semua.” Dimana kesatuan tersebut berdiri diatas golongan-golongan yang ada pada masa itu, tanpa memberi arti kepada organsiasi dan yayasan, kita mulai membangun Tubuh Kristus yang sesungguhnya pada jalan masing-masing yang telah ditetapkan Allah kepada kita, ditempat dimana kita digembalakan, dimuridkan dan ditumbuhkan. Mungkin ada yang berasal dari gereja Katholik, dari Advent, dari gereja Babtis, dari gereja Protestan, ataupun Pentakosta dan lain-lainnya, juga berasal dari berbagai sinode gereja yang berbeda-beda mungkin dari cabang-cabang dari sinode tersebut, tidak ada yang menghalangi kita untuk disebut satu didalam Kristus.

Dan Ialah yang memberikan baik rasul-rasul maupun nabi-nabi, baik pemberita-pemberita Injil maupun gembala-gembala dan pengajar-pengajar, untuk memperlengkapi orang-orang kudus bagi pekerjaan pelayanan, bagi pembangunan tubuh Kristus, sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak, yang diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran, oleh permainan palsu manusia dalam kelicikan mereka yang menyesatkan, tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala. Dari pada-Nyalah seluruh tubuh, --yang rapih tersusun dan diikat menjadi satu oleh pelayanan semua bagiannya, sesuai dengan kadar pekerjaan tiap-tiap anggota–menerima pertumbuhannya dan membangun dirinya dalam kasih.

Jadi menurut saya apa yang terjadi pada Abad-16 bukan sesuatu yang “besar” dan harus ditulis dalam Alkitab untuk dinubuatkan, sebab menurut saya Alkitab bukan buku ramalan dunia atau ramalan akan organisasi gereja, tetapi menjelaskan apa yang akan Allah lakukan terhadap kita didunia ini dan dunia akan datang. Pada saat Yesus datang kelak, bukan saja gelar kita tidak berlaku, bukan saja pangkat kita tidak ada lagi, bukan saja tidak ada lagi disebut orang jawa, orang sunda, orang china, orang arab, orang barat, tetapi juga tidak ada identitas orang GKI, orang Katholik Roma, orang Bethany, orang gereja anu dan aliran anu.

Saat ini keberadaan tiap organisasi membantu kita untuk hidup bermasyarakat dan menata segala sesuatu secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing orang.

Lupakan perpecahan, kita sejatinya dihadapan Allah tidak pernah terpecah, kita tetap satu didalam Kristus, saya ada didalam Dia, anda juga ada didalam Dia dan semua orang yang mengasihiNya ada didalam Dia dan Dia ada didalam kita apapun casing kita.

Organisasi gereja yang paling banyak mengalami perpecahan adalah organisasi katolik :slight_smile:
Kagak ada yang bisa lawan :tongue:

GBU

Apa yang telah dilakukan oleh gereja Katholik terhadap kamu sehingga kamu sangat membencinya??? Apakah Allah tidak mengasihi mereka? Apakah Yesus datang hanya untuk menyelamatkan golongan kristen kamu saja tetapi tidak umat Katholik???

Baca dan tanggapi Nubuat perpecahan gereja di abad ke 16. - Diskusi Umum Kristen - ForumKristen.com

Dya,

Secara LOGIKA, pernyataan kamu memang BENAR!!!

Syalom

Re: Nubuat perpecahan gereja di abad ke 16.

nubuat dari siapa ?

Postingan gw gak ada hubungan dengan benci apa gak benci, cuma berdasar logika aja , coba lihat postingan sis Dita juga mengiyakan. Kagak usah dibawa-bawa ke wilayah emosional :slight_smile:

Sedangkan organisasi gereja yang paling sedikit mengalami perpecahan adalah organisasi yang baru berdiri kemarin atau baru berdiri hari ini :tongue:

GBU

Tentu saja yang ada di Alkitab,
baik yang ada perjanjian lama, maupun yang ada di perjanjian baru.

Misalnya:

  • Pemasangan Chip untuk pemerintahan yang akan datang.
  • Nyawa makhluk berada didalam darahnya,
  • dsb.

masa Kasih Karunia, tidak pernah di nubuatkan dalam PL,
bahkan Daniel yg diberikan wahyu akan masa depan, tidak pernah menubuatkan tentang masa Kasih Karunia dalam 70 x 7,

wah, coba ayat alkitab mengenai topik ini :

Re: Nubuat perpecahan gereja di abad ke 16.

nu-buat atau lu-buat ??

Peristiwa yang terjadi di abad 16, yaitu bentrok antara dua orang pimpinan gereja, telah dinubuatkan, yaitu dengan kejadian Yesus waktu dicobai oleh iblis dipadang gurun.

Kejadian Yesus dicobai oleh iblis, Tuhan ingin bicara, memberitahu dan memperingatkan bahwa nanti pencobaan ini akan terjadi pada jemaatnya.
Jadi pencobaan itu sebenarnya bukan untuk Yesus, kita tahu bahwa iblis sangat takut berhadapan dengan Tuhan.

Luk.4: 9 & 13.
9. Kemudian ia membawa Yesus ke Yerusalem dan menempatkan Dia di bubungan Bait Allah, lalu berkata kepada Nya: …
13. Sesudah iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari padaNya dan menunggu waktu yang baik.

Yerusalem artinya: Perjalanan umat ke Yerusalem baru.
Bait Allah artinya: Jemaat yaitu gereja yang telah dibangun oleh Yesus, berlandaskan para Rasul.
Bubungan artinya: Pimpinan jemaat, bentrokan antara paus Leo X dan pastor Martin Luther.
Iblis menunggu waktu yang baik artinya: Pada waktu jaman Rainassance di Europa pada abad pertengahan.

wah keliru sekali…
waktu Yesus di cobai oleh iblis, itu bukan nubuat. … he he he
itu kenyataan yang terjadi…
iblis ingin mencoba Yesus ketika Yesus selesai berpuasa 40 hari 40 malam. . . .
tetapi iblis gagal. . . .
sebab semua cobaan / tawaran iblis, walaupun iblis pake ayat ayat alkitab, Yesuspun membalas, sesuai dengan yang tertulis. . . . yaitu dalam alkitab juga.

jenis yang sama juga yang pernah ditawarkan iblis / ular kepada hawa dan ternyata hawa mengikuti penawaran iblis.

tawaran yang sama juga yang dihadapi oleh setiap individu yaitu :

1Yoh 2:16 Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia.

jadi bukan nubuatan. . . . he he he :cheesy: