nubuat tentang bangkit pada hari ke tiga

:rolleye0014: di kitab manakah di PL yg menjelaskan bhw Yesus akan bangkit pada hari ke tiga? :rolleye0014:

THANK’S

mualaf lahir baru 666, itu mah bukan lahir baru… namamu itu lucu… lahir baru pasti ga pake 666…

  1. KEMATIAN YESUS TELAH DINUBUATKAN

Dalam Perjanjian Lama, banyak nubuat yang menceritakan tentang kematian Yesus, yang tidak bisa dipelajari semuanya dalam pelajaran singkat ini. Kita akan memperhatikan beberapa dari nubuatan-nubuatan itu. Pertama, bacalah tentang kematian Yesus di atas kayu salib dalam Matius 27:27-50. Sekarang mari kita lihat beberapa ayat dalam Perjanjian Lama yang menubuatkan peristiwa-peristiwa yang benar terjadi dalam kematian Yesus.

Yesus berseru kepada Allah. Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan aku? Aku berseru, tetapi Engkau tetap jauh dan tidak menolong aku Mazmur 22:2. Kira-Kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli lama sabakhtani?” Artinya: AllahKu AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku? Matius 27:46.

Manusia mengolok-olokan Dia dan membenci Dia. Tetapi aku ini ulat dan bukan orang, cela bagi manusia, dihina oleh orang banyak. Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya. “Ia menyerahkan kepada Tuhan; biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?” Mazmur 22:7-9 Bacalah Matius 27:39- 43.

Paku-paku dipakukan ke dalam tangan dan kaki-Nya. Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku Mazmur 22:17. Maka kata murid-murid yang lain itu kepadanya: “Kami telah melihat Tuhan!” Tetapi Tomas berkata kepada mereka “Sebelum aku melihat bekas paku pada tangan-Nya dan sebelum aku mencucukkan jariku ke dalam bekas paku itu dan mencucukkan tanganku ke dalam lambung-Nya sekali-kali aku tidak akan percaya.” Yohanes 20:25(Bila seseorang dibunuh di atas kayu salib pada jaman Yesus, tangan dan kakinya dipakukan pada kayu salib dan dia tergantung.)

Mereka bertaruh untuk pakaian Yesus. Mereka mambagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubah-Ku Mazmur 22:19. Sesudah menyalibkan Dia mereka membagi-bagikan pakaian-Nya dengan membuang undi. Matius 27:35.

Kematian-Nya di atas kayu salib adalah karena dosa-dosa kita. Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita: ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh. Kita sekalian sesat seperti ombak, masing-masing kita mengambil jalannya sendiri, tetapi TUHAN telah menimpakan kepadanya kejahatan kita sekalian Yesaya 53:5-6. Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah.2Korintus 5:21.

Dia tetap diam dalam pengadilan. Dia dianiaya, tetapi dia membiarkan diri ditindas dan tidak membuka mulutnya seperti anak domba yang dibawa ke pembantaian. Yesaya 53:7. Tetapi atas tuduhan yang diajukan imam-imam kepala dan tua-tua terhadap Dia Ia tidak memberi jawab apapun. Maka kata Pilatus kepada-Nya: “Tidakkah Engkau dengar betapa banyaknya tuduhan saksi-saksi ini terhadap Engkau?” Tetapi Ia tidak menjawab satu katapun, sehingga wali negeri itu sangat heran. Matius 27:12-14.

Dia dipandang sebagai seorang berdosa. Sebab itu Aku akan membagikan kepadanya orang-orang besar sebagai rampasan, dan ia akan memperoleh orang-orang kuat sebagai jarahan, yaitu sebagai ganti karena ia telah menyerahkan nyawanya ke dalam maut dan karena ia terhitung di antara pemberontak-pemberontak, sekalipun ia menanggung dosa banyak orang dan berdoa untuk pemberontak-pemberontak. Yesaya 53:12. Bersama dengan Dia disalibkan dua orang penyamun, seorang di sebelah kanan-Nya dan seorang di sebelah kiri- Nya. Markus 15:27.

  1. KEBANGKITAN YESUS TELAH DINUBUATKAN: MAZMUR 16:10

Sekarang baca Kisah Para Rasul 2:22-27. Ketika Petrus berkhotbah pada hari Pentakosta, dia gunakan ayat-ayat ini dari Mazmur sebagai bukti bahwa Allah telah menubuatkan kebangkitan (dibangkitkan dari mati) Yesus. Ketika Petrus selesai menyampaikan pesannya, banyak orang insaf, bahwa Yesus telah memenuhi nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama. Mereka kemudian percaya bahwa Yesus pasti Juruselamat yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Hari itu ada sekitar 3,000 orang berpaling dari dosa-dosa mereka dan menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat mereka. Ketika mereka melakukan hal ini, mereka menerima pengampunan dosa dan hidup yang kekal.

sumber: http://www.sabda.org/learning/baca.php?b=yesus_jalan&isi=pel1 dan ALKITAB

soal hari dan kenapa harus tiga, aq blm dapat. tetapi yg pasti, kebangkitanNya sudah dinubuatkan…

saya hanya bisa memberi penjelasan ttg kebangkitan… misteri kenapa harus 3 hari, biar tmn2 sj yg mnjelaskan, berhubung pengetahuan sy masih minim…

salam

Sebenarnya ini pertanyaan yang sudah lama dan sudah terjawab, coba cari di board Terjawab
https://forumkristen.com/index.php?board=77.0

Itu merupakan pertanyaan kesebelas dari buku karya Insan L Mokoginta
Jawabannya sudah ada di
http://www.sarapanpagi.org/mustahil-Kristen-bisa-menjawab-vt2704.html?sid=9961095e56ae296df1441c5da9c5667c#p15413

Topik saya kunci. Terima kasih untuk member yang sudah berpartisipasi. Sampai jumpa di topik menarik lainnya.

Tuhan YESUS memberkati.