Orang Afrika itu...

Beberapa waktu yg lalu salah seorang pendeta yg kukenal berkotbah. Dalam kotbahnya ak gak tau itu memang sudah direncanakan utk dikotbahkan atau nyerempet secara tidak sengaja: beliau mengatakan secara tidak langsung bahwa orang2 Afrika itu hidupnya susaaah sekali, semua berawal dari keturunan Ham dan Kanaan yg dianggap terkutuk.

Bagaimana komentar Anda? Apakah beliau salah atau benar? Backing dari ayat2 Alkitab jangan cuma bilang salah/benar. Thanks.

NB: kalau aku sih gak percaya atau masih meragukan soal kutukan itu… Kadang2 aku merasa ada pendeta yg kadang omongannya kayak dibuat2 aja, kayak mengarang gitu. Tapi kalo pendeta yg benar2 menguasai kotbah dan ilmu/wawasannya luas aku benar2 salut.

Menurut saran saya, bila ada hal2 yg kamu rasa ganjil dan timbul pertanyaan didirimu dari khotbah yang sifatnya satu arah tersebut, setelah selesai khotbah lebih baik kamu tanyakan langsung kepada yang khotbah tersebut. Daripada terus kamu ngedumel dibelakang.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

nanti dikira menggurui… gimana?? padahal kan aku bukan pendeta… cuma mungkin cara berpikirku itu sering kritis.

memang di benua Afrika itu dipercaya keturunan dari Ham

di Alkitab ada tertulis

Kejadian 10
6. Keturunan Ham ialah Kush, Misraim, Put dan Kanaan.
7. Keturunan Kush ialah Seba, Hawila, Sabta, Raema dan Sabtekha; anak-anak Raema ialah Syeba dan Dedan.
8. Kush memperanakkan Nimrod; dialah yang mula-mula sekali orang yang berkuasa di bumi;
9. ia seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN, sebab itu dikatakan orang: “Seperti Nimrod, seorang pemburu yang gagah perkasa di hadapan TUHAN.”
10. Mula-mula kerajaannya terdiri dari Babel, Erekh, dan Akad, semuanya di tanah Sinear.
11. Dari negeri itu ia pergi ke Asyur, lalu mendirikan Niniwe, Rehobot-Ir, Kalah
12. dan Resen di antara Niniwe dan Kalah; itulah kota besar itu.
13. Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim,
14. orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin.
15. Kanaan memperanakkan Sidon, anak sulungnya, dan Het,
16. serta orang Yebusi, orang Amori dan orang Girgasi;
17. orang Hewi, orang Arki, orang Sini,
18. orang Arwadi, orang Semari dan orang Hamati; kemudian berseraklah kaum-kaum orang Kanaan itu.
19. Daerah orang Kanaan adalah dari Sidon ke arah Gerar sampai ke Gaza, ke arah Sodom, Gomora, Adma dan Zeboim sampai ke Lasa.
20. Itulah keturunan Ham menurut kaum mereka, menurut bahasa mereka, menurut tanah mereka, menurut bangsa mereka.

emang ini terkait kutukan ato tidak, nyatanya keturunan Ham itu banyak yang jadi “musuh” Tuhan

Sinear itu ntarnya jadi Babel
Filistin itu salah satu bangsa yang konsisten sekali menentang Israel
Sodom Gomora akhirnya dihancurkan oleh Tuhan
Kanaan itu bangsa yang pada akhirnya diperangi oleh Yosua demi Israel mendudukinya

nah dipercaya keturunan Ham ini berlanjut terus dan pada akhirnya menguasai benua Afrika (ada artikelnya cari2 aja di internet)

Saya kira bertanya langsung bukan berarti menggurui bukan? Kita dapat perhatikan para murid juga sering bertanya langsung kepada Yesus. apalagi ini kepada pendeta atau lulusan sth,mth yang masih manusia (non infailible).daripada ngedumel di belakang.

TUHAN YESUS MEMBERKATI
ZheZhu

Nggak tau mengenai bener ato salahnya. Namun kalo menurut saya, yang pendeta tsb bilang perlu dia dukung dasar2nya apa/begimana, karena…

[b]Backing dari ayat2 Alkitab[/b] jangan cuma bilang salah/benar.
karena justru nggak bisa diketemukan informasi2 di Alkitab yang bisa menuntun ke kesimpulan "dengan demikian, orang2 Afrika adalah keturunan si Kanaan".

IMO, perhitungan mengenai sikon bangsa-bangsa yang ada diketika Musa menulis (pada asumsi Musa yang menulis kitab Genesis) adalah : “saat Musa menulis kitab Genesis, bangsa Kanaan sudah eksis”.

Berangkat dari patokan ungu inipun masih sulit/lemah/gak-bisa jadinya ke
saat itu, bangsa Kanaan = orang2 Afrika

IMO, ada kemungkinan sikon saat penulisan kitab Gensis - sudah eksis di pov Israel thdp bangsanya sendiri sebagai bangsa superior … (berangkat dari kemungkinan ini) —> akibatnya kalimat ayat yang meng-indikasi-kan [Kanaan sebagai budak] itu ya berdasarkan dari situasi yang ada di saat itu, lalu dibikin cerita/kisah-nya asal usulnya mengenai begimana itu asal-usulnya shg [bangsa Kanaan itu bangsa “dibawah”] —> yakni spt yang terbaca bahwa "asal-usul"nya adalah dikarenakan Kanaan, anak ke empat dari Ham itu dikutuk kakeknya, Nuh.

PADAHAL,
dari internet - sepertinya dari pihak para Yahudi itu sendiri (sbg para pembaca kitab Genesis), mereka masih belon punya satu teori dimana semua orang sepakat mengenai “KENAPA yang dikutuk itu si cucu, sementara padahal yang ngliat pestol-nya si Nuh tsb adalah si anak, Ham”.

Dan masih gag jelas apakah disaat Ham ngliat pestol bokapnya tsb, Ham sudah punya 4 anak ato belon.

Musa bilang spt sbb :
Anak-anak Nuh yang keluar dari bahtera ialah Sem, Ham dan Yafet; Ham adalah bapa Kanaan

"gak jelas"nya … kalimat merah diatas pada kosakata [kanaan] —> ini bisa ngerujuk ke bangsa, bukan ke individu, yakni salah seorang anak Ham yang bernama Kanaan.

However, kayaknya bisa dikatakan bahwa disaat penulisan kalimat tsb, bangsa Kanaan sudah eksis di pov Israel dimana bangsa Kanaan ini di pov Israel ada “dibawah” bangsa Israel.

NB: kalau aku sih gak percaya atau masih meragukan soal [b]kutukan [/b]itu
Taroh kata penulisan kisah mengenai kutukan thdp anak si Ham yg bernama Kanaan itu emang bener terjadi historis, "problem"nya tetep ... tidak bisa diketahui (karena tidak terbaca informasi yang cukup di Alkitab) apakah orang2 Afrika adalah keturunan dari anak ke-4 si Ham tsb, Kanaan.

Since the 17th century a number of suggestions have been made that relate the name Ham to a Hebrew word for “burnt”, “black” or “hot”, to the Egyptian word ḥm for “servant” or the word ḥm for “majesty” or the Egyptian word Kmt for “Egypt”.

The Persian historian Muhammad ibn Jarir al-Tabari (c. 915) recounted a tradition that the wife of Canaan was named Arsal, a daughter of Batawil son of Tiras, and that she bore him the "Blacks, Nubians, Fezzan, Zanj, Zaghawah, and all the peoples of the Sudan."Likewise, Abd al Hakam tells that “Canaan is the father of the Sudan (Sub Saharan Africans) and the Abyssinians”.

Canaan (son of Ham) - Wikipedia
Ham (son of Noah) - Wikipedia

Secara dari mulut ke mulut, informasi di internet bilang emang iya ada bilang bhw di sekitaran abad ke 17 - orang mulai nggosip yg seperti oranye. Tetapi kalo menurut saya, gossip oranye itu sendiri "mulai"nya secara general … yakni orang2 yang berkulit hitam. Berangkat dari yang general ini, karena orang2 Afrika berkulit hitam ya jadinya gosipnya mengrucut ke orang2 Afrika.

Anyway, ada kemungkinan pendeta tsb berkata demikian ya karena berangkat dari perihal kopasan diatas dimana gosipnya yang menyusul setelahnya itu adalah spt yang oranye.

:slight_smile:
salam.

Untuk bikin nambah “komplikasi” …

Canaan was the father
of Sidon his firstborn,
and of the Hittites,
Jebusites,
Amorites,
Girgashites
Arvadites,
Zemarites and
Hamathites.

Later the Canaanite clans scattered

Orang2 Yebusi adalah orang2 Kanaan, keturunanan dari Kanaan cucunya Noah.

Then it ran up the Valley of Ben Hinnom along the southern slope of the Jebusite city (that is, Jerusalem)

Sebelum bernama Yerusalem, kotanya bernama Yebusi.

But the tribe of Judah could not drive out the Jebusites, who lived in the city of Jerusalem, so the Jebusites live there among the people of Judah to this day

And the king and his men went to Jerusalem against the Jebusites, the inhabitants of the land

Sebelum Israel, penduduk Yerusalem itu orang2 Yebusi, orang2 Kanaan.

blakangan ada klaim kayak begini dari Yasser Arafat :
Our forefathers, the Canaanites and Jebusites, built the cities and planted the land; they built the monumental city of Bir Salim [Jerusalem] - Land Day speech, March 30, 2000, in Al-Quds

Nah…
pada asumsi yang Yesser Arafat bilang = bener, dikoneksikan dgn apa si kata pendeta - jadinya timbul pertanyaan : Yasser Arafat itu orang Afrika ? :smiley:

terlepas dari orang afrika dikutuk atau tidak, menurut saya sukses atau susah adalah pilihan masing-masing manusia.

semua manusia pasti ingin sukses tapi apakah tindakan sejalan dengan keinginan? belum tentu. contoh:

ingin sehat tapi makan makanan yang tidak sehat dan tidak pernah olahraga
ingin pintar tapi tidak pernah belajar
ingin kaya tapi tidak pernah bekerja

orang afrika yang sukses juga banyak, sebut saja pemain sepak bola didier drogba, samuel eto’o, michael essien dsb

jadi orang Afrika (ras kulit hitam) = keturunan dari Kanaan? dan mereka adalah keturunan dari orang terkutuk?

yg dikutuk kalo mau lebih spesifik itu bukan Ham (kayaknya). ntar y kopas dl:
Kejadian
9:24 Setelah Nuh sadar dari mabuknya dan mendengar apa yang dilakukan anak bungsunya kepadanya,
9:25 berkatalah ia: “Terkutuklah Kanaan, hendaklah ia menjadi hamba yang paling hina bagi saudara-saudaranya.”
9:26 Lagi katanya: “Terpujilah TUHAN, Allah Sem, tetapi hendaklah Kanaan menjadi hamba baginya.
9:27 Allah meluaskan kiranya tempat kediaman Yafet, dan hendaklah ia tinggal dalam kemah-kemah Sem, tetapi hendaklah Kanaan menjadi hamba baginya.”
9:28 Nuh masih hidup tiga ratus lima puluh tahun sesudah air bah.
9:29 Jadi Nuh mencapai umur sembilan ratus lima puluh tahun, lalu ia mati.

bukan Ham melainkan Kanaan.

Trus juga kan gak jelas juga apa benar semua orang kulit hitam Afrika itu kakek moyangnya adalah Kanaan??

ok lah anggap aja benar orang kulit hitam itu = anak cucu dari Kanaan. Lantas apakah kutukan itu masih berlaku. Aku rasa kejam sekali kalo Tuhan tetap memberikan status terkutuk seperti itu.

Mungkin2 aja kutukan itu uda berakhir. sejak dua atau tiga generasi sejak dikutuk. Namun berhubung dulu lagi ngetrend jaman penjajahan oleh orang2 kulit putih (Eropa dan Amerika) maka anggapan ini kembali dipopulerkan orang2 kulit putih agar penjajahan terhadap orang2 kulit hitam itu “memenuhi ramalan/nubuat/” Alkitab.

jadi intinya sih aku gak setuju kalo kita masih mengatakan bahwa orang ras hitam itu masih menyandang status keturunan orang terkutuk.

ITU GAK RELEVAN LAGI dengan sikon sekarang!

analisa yg bagus haha… aku gak percaya kakek moyang orang2 ras hitam afrika adalah Kanaan. Feeling aja sih sebenarnya haha. ini harus suruh ahli antropoligi utk menelusuri silsilah dari Kanaan sampai kepada orang2 Afrika.

ya memang kalo jaman sekarang (perjanjian baru), Yesus datang untuk memerdekakan semua orang, termasuk dari kutukan masa lalu

so andaikata benar skalipun, Yesus sanggup memulihkan segala sesuatu, ngga ada yang perlu ditakutkan disini