ORANG FASIK.

Dalam Alkitab banyak tertulis istilah “orang fasik”

Sebenarnya apa sih definisi dari “orang fasik” ?

Apa juga yang disebut “kefasikan” ?

Jangan-jangan kita sendiri termasuk orang fasik.

Arti kata fasik dalam bahasa Indonesia menurut KBBI,

fa·sik Isl 1 a tidak peduli thd perintah Tuhan (berarti: buruk kelakukan, jahat, berdosa besar); 2 n orang yg percaya kpd Allah Swt., tetapi tidak mengamalkan perintah-Nya, bahkan melakukan perbuatan dosa;
ke·fa·sik·an n perihal fasik: kemelaratan menjadi salah satu sebab timbulnya ~

Jadi kalau seorang kristen tidak mempedulikan Firman Tuhan dan hidup seenaknya sendiri, walau ia tahu kebenaran, ia termasuk orang yang disebut fasik oleh TUHAN.

Kata asal Ibrani רשׁע rasha‘ dan Yunani ασεβης asebes sama artinya, orang yang tidak mempedulikan atau menentang peraturan dan hukum-hukum Allah (atau secara umum)

Fasik (Ibrani RASYA’, Yunani ‘parakoê’, harfiah, tidak taat secara aktif). Fasik adalah kata serapan Arab yang maknanya sinonim dengan “jahat”. Dalam Alkitab Indonesia kata ‘fasik’ dan ‘jahat’ dapat dipertukarkan. Perbuatan menentang Allah adalah suatu ciri perbuatan orang fasik.

Lihat artikel: JAHAT, KEJAHATAN, di http://www.sarapanpagi.org/jahat-kejahatan-vt535.html#p986

Aku sampai sekarang kagak ngerti Kebenaran yg mana anda maksud???

klo ente tahu kebenaran mana yg anda maksud — sini jabarkan (biar) saya tahu kebenaran tersebut . oke :happy0025: :happy0025: :happy0025:

Dalam Alkitab, lawan orang benar adalah orang orang fasik.

Dari definisi yang diberikan mas Krispus, sebagai orang Kristen kita masih bisa menjadi orang fasik.

Jika terkadang kita berlaku fasik, tetapi di sisi lain kita juga orang percaya, bagaimanakah kita bisa dikatakan sebagai orang benar atau mungkin ada di sisi lawannya, orang fasik ? Apa yang secara dominan menentukan hal ini ?

Pertobatan orang fasik dikehendaki Tuhan, umat percaya tidak lagi disebut fasik, kalau masih fasik gimana bs disebut anak Tuhan?

Salam… :slight_smile:

TB(i)
Mzr.1:1. Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

Indonesian(i)
Mzr 1:1 Berbahagialah orang yang tidak mengikuti nasihat orang jahat, tidak mencontoh orang berdosa dan tidak bergaul dengan orang yang menghina Allah,

HOT(i) 1
:אשׁרי האישׁ אשׁר לא הלך בעצת רשׁעים ובדרך חטאים לא עמד ובמושׁב לצים לא ישׁב

IHOT(i) (In English order)
1
H835
אשׁרי
Blessed

H376
האישׁ
the man

H834
אשׁר
that

H3808
לא
not

H1980
הלך
walketh

H6098
בעצת
in the counsel

H7563
רשׁעים
of the ungodly, = orang yang tidak beriman

H1870
ובדרך
in the way

H2400
חטאים
of sinners, = orang-orang pendosa

H3808
לא
nor

H5975
עמד
standeth

H4186
ובמושׁב
in the seat

H3887
לצים
of the scornful. = orang yang suka menghina

H3808
לא
nor

H3427
ישׁב׃
sitteth

LXX_WH(i)

1 μακαριος ανηρ ος ουκ επορευθη εν βουλη ασεβων και εν αμαρτωλων ουκ εστη και επι καθεδραν λοιμων ουκ εκαθισεν

1
G3107
A-NSM
μακαριος

G435
N-NSM
ανηρ

G3739
R-NSM
ος

G3364
ADV
ουκ

G4198
V-API-3S
επορευθη παρακοη = ketidaktaatan,ketidaksetiaan, kedurhakaan

G1722
PREP
εν

G1012
N-DSF
βουλη = maksud, rencana, kehendak; keputusan

G765
A-GPM
ασεβων ασεβεω = hidup tidak menghormati Allah

G2532
CONJ
και

G1722
PREP
εν

G3598
N-DSF
οδω

G268
A-GPM
αμαρτωλων

G3364
ADV
ουκ

G2476
V-AAI-3S
εστη

G2532
CONJ
και

G1909
PREP
επι

G2515
N-ASF
καθεδραν

G3061
N-GPM
λοιμων

G3364
ADV
ουκ

G2523
V-AAI-3S
εκαθισεν

orang fasik = orang jahat = רשׁעים = of the ungodly, = orang yang tidak beriman = ασεβων = orang yang hidup tidak menghormati Allah

επορευθη παρακοη = ketidaktaatan,ketidaksetiaan, kedurhakaan adalah kata kerja aoris indikatif pasif orang ke 3 tunggal (V-API-3S) tidak bisa berlaku sebagai obyek, sedangkan yang menunjuk pada obyek harus kata benda, yaitu: ασεβων dari ασεβεω = hidup tidak menghormati Allah; kata benda maskulin bentuk genetif jamak (A-GPM)

Yang dimaksud “ORANG FASIK” adalah orang yang tidak beriman, dan yang hidup dengan tidak menaruh hormat kepada Tuhan (tidak beragama). Ia juga adalah orang yang hidup dalam dosa, dan suka mencemooh orang-orang beriman yang hidup menurut Firman Tuhan.

Saya setuju, orang yang sungguh-sungguh memuliakan Tuhan pasti bukan orang fasik.
Tetapi ternyata “orang Kristen” pun ada yang fasik.
Fakta, perbuatan saya sendiri pun sering tidak memuliakan Tuhan.

Roma 1
(18) Sebab murka Allah nyata dari sorga atas segala kefasikan dan kelaliman manusia, yang menindas kebenaran dengan kelaliman.
(19) Karena apa yang dapat mereka ketahui tentang Allah nyata bagi mereka, sebab Allah telah menyatakannya kepada mereka.
(20) Sebab apa yang tidak nampak dari pada-Nya, yaitu kekuatan-Nya yang kekal dan keilahian-Nya, dapat nampak kepada pikiran dari karya-Nya sejak dunia diciptakan, sehingga mereka tidak dapat berdalih.
(21) Sebab sekalipun mereka mengenal Allah, mereka tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau mengucap syukur kepada-Nya. Sebaliknya pikiran mereka menjadi sia-sia dan hati mereka yang bodoh menjadi gelap.
(22) Mereka berbuat seolah-olah mereka penuh hikmat, tetapi mereka telah menjadi bodoh.
(23) Mereka menggantikan kemuliaan Allah yang tidak fana dengan gambaran yang mirip dengan manusia yang fana, burung-burung, binatang-binatang yang berkaki empat atau binatang-binatang yang menjalar.
(24) Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.
(25) Sebab mereka menggantikan kebenaran Allah dengan dusta dan memuja dan menyembah makhluk dengan melupakan Penciptanya yang harus dipuji selama-lamanya, amin.

Dari bagian ini, ternyata orang fasik bisa mengenal Allah. ==== ayat 21
Tidak memuliakan Dia sebagai Allah atau tidak mengucap syukur. ==== sering kita lakukan, seperti menggerutu.
Berbuat seolah-olah penuh hikmat…==== banyak orang Kristen (termasuk saya) lebih memakai hikmat sendiri.
Mengganti kemuliaan Allah yang tidak fana ==== mengandalkan uang.
Allah menyerahkan mereka pada keinginan hati ===== kita pun sering berbuat “bukan kehendak-Mu yang jadi, tapi kehendakku”.
Mengganti kebenaran Allah dengan dusta. ===== melakukan pembenaran diri.

Ternyata, orang fasik itu tidak jauh dari kita.
Jangan-jangan saya sendiri pun adalah orang fasik.
Bagaimana pendapat teman-temin ? (kalau teman-teman kan cowok semua, jadi harus teman-temin).

Sekalian juga dengan ini…

Anak Allah itu adalah gelar yang didapat didalam Kristus, sedangkan gelar itu bersifat rohani, yang artinya terjadi didalam roh, dan apa yang ada didalam roh tidak dapat kita lihat wujudnya sampai segala sesuatunya dinyatakan pada saatnya, barulah kita benar-benar melihat secara jelas (1 Yohanes 3:2)

Jadi tidak semua orang Krsiten itu adalah anak-anak Allah, Yohanes 1:12 disebutkan “diberi kuasa untuk” artinya ada proses untuk menjadi anak Allah, bukan sekedar percaya, tetapi percaya yang menghasilan perbuatan iman, dan perbuatan iman itulah yang membenarkan kita. Saat seorang yang kelihatannya alim dan Kristen pula, tetapi ia tidak tinggal didalam Kristus, artinya FirmanNya tidak memerintah didalam hidupnya dan hidupanya ada didalam jalan-jalan Firman Allah, maka ia tidak layak disebut anak-anak Allah.

1 Yohanes 3:10 Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.

Sedangkan orang fasik, adalah orang yang tidak memperhatikan hukum Allah, yang tidak hidup sesuai dengan apa yang TUHAN kehendaki. Fasik memang kerap kali diartikan jahat, tetapi kata jahat itu sendiri berasal dari pelanggaran akan hukum, bukan perasaan hati. Hukum yang dimaksudkan adalah hukum Allah, sehingga kembali kepada arti dasar dari kata Fasik baik Ibrani maupun Yunani, adalah mereka yang hidup tidak memperhatikan hukum-hukum Allah dan itu bisa jadi orang-orang Kristen juga (ingat tidak semuanya layak disebut anak-anak Allah walau pendeta sering membesarkan hati dengan menyebut mereka anak-anak Allah).

Yohanes 17:17 Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran.

Kebanaran itu adalah FIRMAN TUHAN.

Walau seorang tahu FirmanNya, mendengar kotbah dan membaca buku-buku, memahami kehendak Allah, tetapi jika ia tidak melakukan atau melakukan hanya yang menurutnya cocok dan baik saja, maka ia tidak hidup dalam KEBENARAN walau ia mengetahuai KEBENARAN.

Roma 1:32 Sebab walaupun mereka mengetahui tuntutan-tuntutan hukum Allah, yaitu bahwa setiap orang yang melakukan hal-hal demikian, patut dihukum mati, mereka bukan saja melakukannya sendiri, tetapi mereka juga setuju dengan mereka yang melakukannya.

Banyak orang Kristen yang tahu Firman Tuhan tetapi meragukanNya, membuat lebih masuk akal dan lebih enak, mengcompare dengan nikmat dunia dan sebagainya sehingga beberapa orang Kristen merasa sebenarnya boleh saja gereja mengawinkan homo seksual, atau sebaiknya cerai saja dari pada ribut melulu, atau sekali-kali berdosa itu wajar saja dan sebagainya. Itulah mereka yang dimaksud kristen yang fasik.

orang jahat yang tidak percaya Tuhan

orang jahat yang percaya Tuhan pun juga termasuk fasik deh rasanya(misalnya sudah tahu itu dosa tp masih dilakukan juga dengan kesengajaan).

Hi Pa Sandi, saya terberkati dgn post terkait karunia hikmat, makrifat, rahasia kerajaan Surga. Oleh karena itu, saya masukan Pa Sandi ke buddylist saya. Tapi sejak 2013 spt nya sudah tidak aktif lagi. Saya harap Pa Sandi dalam keadaan sempurna dan baik adanya. Karena saya ingin berdiskusi lebih banyak lagi. Terima kasih atas inspirasi post2 nya. Saya berdoa agar pelayanan dan kehidupan Pa Sandi semakin berbuah banyak yang berkenan bagi Tuhan. Amin :happy0025: :happy0062: :slight_smile: