Orang Islam Masuk Gereja

Hi,

Saya muslimah.
Saya ingin bertanya.
Bolehkah orang bukan kristen ( atau katolik atau sebagainya) masuk ke gereja?

Terus pas mereka berdoa,kita gak ikut ikutan bolehkah?
Sebatas penasaran isi dan jemaah gereja bagai mana?
Trus pakaian yg sopan menurut orng untuk ke gereja bagaimana?
Nanti juga adab saya di gereja harus bagaimana?

Thanks

Shalom Aleichem Ibu,

Gak papa kok, masuk gereja bebas gak pake ijin gak ada yg nanya2 agama.

Pakaian yg sopan : Biasa, jangan memakai bikini, nanti pendeta dan jemaat jadi gak konsen.

Adab : datang, duduk2 dengar saja terus pulang gak papa gak ada yg ngatur harus ikut2an menyanyi atau menyumbang.

Tidak ada sumbangan wajib ato perpuluhan, kalau ada jangan mau.

Mengikut Yesus adalah bukannya ikut2an KTP jadi Kristen masuk gereja tetapi tidak punya kerajaan surga.

Halo, Maem.
Selamat bergabung di forum ini.

Kalo datang ke gedung Gereja dengan niat baek-baek, bukan untuk merusuh, silahkan saja. Gedung Gereja itu tempat berkumpulnya orang-orang berniat baek dari kelompok mana-mana. Sayang, pada masa mewabahnya covid19 ini, konon demi membatasi persebaran virus, pertemuan di komplek Gereja, termasuk dalam gedung Gereja, dibatasi. Di beberapa Gereja Katolik, sudah mulai mengadakan pertemuan tatap muka, dengan jumlah peserta yang dibatasi dengan cara mendaftar lebih dahulu melalui website.

Kalo Maem berhasil datang bergabung pada masa-masa sekarang ini, silahkan ikut berdoa, jangan sekedar ikut-ikutan. Berdoa menurut ajaran Kristus tidak harus dengan posisi tertentu ato rumusan-rumusan kata tertentu. Pake hati saja, apakah dengan posisi wajar ato tidak. Sikap seperti sedang menghadapi dan ngomong-ngomong dengan orang tua sendiri, sangat cocok.

Tentang jemaah Gereja ya macam-macam. Ada yang kurus, gemuk, tinggi, pendek, tua, muda, rambut keriting, gekombang, kejur, dan lain-lain. Tentang yang suka usil ato nyinyir, relatif tidak ada di dalam gedung Gereja. Penyakit usil dan nyinyir (kalo ada) akan kambuh di luar gedung Gereja.

Pakaian yang sopan, biasa-biasa saja, tidak pamer ketek apalagi dengan bulunya, tidak yang ketat memperlihatkan lekuk liku bodi, bawahan menutup lutut. Itu wajarnya. Namun kalo mau nekat, bisa saja berpakaian yang bagaimana saja, tapi siap-siap dipandang aneh.

Tentang adab, kupikir, sepanjang beradap sebagai manusia beradab, cukup.

Salam damai.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

Jika untuk taqiyah mending gak usah masuk gereja tapi kalau untuk lebih mengenal Tuhan Yesus dipersilahkan akan tetapi akan membingungkan apabila anda belum mengenal siapa TUHAN, Allah dan siapa Tuhan Yesus sebab di gereja sudah bercampur baur penyebutannya.

Dengan penyebutan yang campur baur itu mengikbatkan orang islam tidak dapat mengetahui kebenaran yang ada dalam alkitab sebab mereka sendiri jarang menerima tentang ajaran Tuhan Yesus yang disebut dengan nama Isa AS dalam buku mereka.

akan tetapi yang mebingungkan saya dari buku mereka yakni ibu dari Isa AS adalah saudari perempuan harun yang merupakan saudari musa dan harun jadi kemungkinan ada kesalahan dalam hal itu karna maryam adik musa dan harun hidup berbeda jaman dengan Maria/Maryam ibu Yesus

Menjawab pertanyaan anda :

  • Bolehkah orang bukan Kristen ( atau katolik atau sebagainya) masuk ke gereja? = Boleh
  • Terus pas mereka berdoa,kita gak ikut ikutan bolehkah? = Boleh
  • Sebatas penasaran isi dan jemaah gereja bagai mana? = campur baur, tidak pakai jilbab dan kopiyah
  • Trus pakaian yg sopan menurut orng untuk ke gereja bagaimana? = Bebas sopan
  • Nanti juga adab saya di gereja harus bagaimana? = Duduk paling depan, santai dan tidak buat keributan

Salam

Sisi lain:

Jika di kelompok @L.O.T ada ketercampurbauran penyebutan TUHAN yang adalah Bapa, Anak (Firman), dan Roh Kudus, jangan @L.O.T samakan dengan yang dilakukan oleh kelompok lain, kecuali @L.O.T memberikan contoh.

Bertobatlah, Kerajaan Sorga sudah dekat, jangan terlambat.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.

Jadilah pembawa berita yang baik bro jangan bawa doktrin gereja apapun

ke gereja itu untuk niat dan beribadah bukan hanya sekedar datang terus pulang melakukan hal negatif

Yang TS tanya-in, di pov orang2 Gereja - pakaian yang sopan itu yang kayak gimana ?

Taroh kata misal, orang ke gereja pakai krudung/jilbab …
nah yg kayak gitu di pov orang2 Gereja, orang ybs itu berpakaian sopan ato kagak ?

Kalo saya pribadi (secara nonK) sih bilang “sopan2 aja orang ke gereja pakai jilbab” :D.

jadinya gereja orthodox wkwkkwkwkwkw

:smiley:

apakah anda tahu siapa TUHAN dan siapa Tuhan?

sebagai contoh :

dari 2 ayat dibawah menulis kata Tuhan, yang manakah yang merujuk kepada TUHAN, Allah Israel?

3:20 agar Tuhan mendatangkan waktu kelegaan, dan mengutus Yesus, yang dari semula diuntukkan bagimu sebagai Kristus.

2:36 Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus."

btw silahkan anda sanggah menggunakan ayat alkitab atau jika tidak silahkan gunakan kitab dari yang anda anggap penerus rasul!

Salam

:smiley: jika dianggap sopan silahkan tapi akan menjadi pusat perhatian apalagi jika tahu ada yang nonk masuk gereja … entar di kira ada potensi bahaya dan perhatian jemaat bukan mendengarkan firman lagi.

maaf saya katakan potensi bahaya karna sudah banyak kejadiannya :slight_smile:

kalau dulu sebelum kerusuhan maluku di tempatku sering saling undang antara kristen dan islam untuk datang ke tempat ibadah masing-masing dan semua terasa damai, waktu itu dari islam datang ke gereja kami dengan menggunakan jilbab.

tetapi setelah itu sudah jarang dan sekalipun untuk setiap acara natalan mereka di undang juga dan menggunakan jilbab saat menghadiri acara natalan.

tapi jika ibadah minggu biasa, saya rasa kurang pas karna akan menjadi pusat perhatian jemaat, untuk itu pada post sebelumnya saya tulis :

  • Sebatas penasaran isi dan jemaah gereja bagai mana? = campur baur, tidak pakai jilbab dan kopiyah

demikian bro, kiranya berkenan

Indahnya ya LOT. :afro:

Saya juga pernah denger (saya lupa tepatnya dimana) ada di suatu daerah yang kalo ada acara perayaan2 hari raya Kristen, maka pihak orang2 Muslim ikut partisipasi, misal ikut masak, ngedekor, dlsb. Demikian pula sebaliknya. Jadi saling ikut merayakan seperti sebuah keluarga yang anggota2nya ada yg beda2 agama aja.

jaman dulu mah banyak yang toleran wkkwkwkw sekarang apa boleh buat banyak bangsa arab kw2 datang buat ngacau bahkan ngata2in segala lucu pula itu tingkahnya :tongue:

dari teman diskusi di sini, yang saya khawatir si sotar jadi mualaf, pasti bakalan rame ngototnya … bisa langsung terkenal dia :ashamed0004:

iya bro :afro:

Kangenkah?
Banyak hal yang @L.O.T tulis, belum @L.O.T klarifikasi. Sudah kutanyakan, apa arti mualaf yang @L.O.T tulis, belum terklarifikasi. :smiley:

Bertobatlah, Kerajaan Sorga sudah dekat. Jangan terlambat.
Amalkan Pancasila.
Kita adil, bangsa sejahtera.