Orang miskin dibenci oleh semua saudaranya.

Amsal 19 (7) Orang miskin dibenci oleh semua saudaranya, apalagi sahabat-sahabatnya, mereka menjauhi dia. Ia mengejar mereka, memanggil mereka tetapi mereka tidak ada lagi.

Gambar ilustrasi :

Dia adalah seorang kakek tua yg tinggal di pinggiran kampung dekat kota Bogor, berumur 60 an tahun yg sudah tdk bekerja lagi, punya seorang anak perempuan dan isterinya bekerja berdagang kue.

Sungguh malang nasib sang kakek yg sarat dengan kekurangan karena isterinya kerap menistanya yg sdh tdk punya penghasilan lagi sehingga membuatnya merasa sedih tinggal di rumah bersama isterinya.

Suatu hari ia pergi ke rumah adiknya yg berkecukupan di Jakarta dekat sekali dengan kawasan Glodok, untuk sekedar curhat dan menumpang makan. Adiknya kelihatan berbaik hati menerimanya dan mempersilahkannya makan, disitulah terjadi yg tdk pernah diduga, ketika ia sedang makan ia disiram air panas oleh isteri adiknya dan adiknya hanya berpura2 marah.

Dengan menahan kepedihan dan kesakitan si kakek pergi dari rumah adiknya, ia mencoba mencari sekedar sesuap nasi ke rumah keponakannya yg tinggal di kelapa gading, yg kerjanya hanya mengurus rumah kost dan JJS dengan mobil sportnya.

Malang tak dapat ditolak mujur tak dapat diraih, berhari2 ia tinggal disana ia tidak diberi makan dan hanya tidur di gudang kecil tanpa alas. Keponakannya dan isterinya yg mengurus kost an tsb. tidak pernah perduli melihat kondisi si kakek, kompak sikap mereka semua kpd si kakek ini. Suatu hari ketika aku mengunjungi temanku di kost an ini disitulah aku memergoki si kakek sedang makan dari tempat sampah sisa2 makanan dari orang2 kost an, aku terkejut dan disanalah aku mengenal kakek ini. Karena begitu laparnya ia memakan tulang2 sisa orang makan di tempat sampah.

ORANG SERING BERKATA BAHWA SODOM DIHANCURKAN KRN DOSA2 LGBT BETULKAH ITU PENYEBAB UTAMANYA MEREKA DIBAKAR API ? BUKAN ITU PENYEBAB UTAMANYA TAPI KELIMPAHAN.
Yehezkiel 16:49 Lihat, inilah kesalahan Sodom, kakakmu yang termuda itu: kecongkakan, makanan yang berlimpah-limpah dan kesenangan hidup ada padanya dan pada anak-anaknya perempuan, tetapi IA TIDAK MENOLONG ORANG-ORANG SENGSARA DAN MISKIN.

Ini benar2 menyedihkan, kemana anda akan pergi mencari pertolongan jika anda bernasib demikian ?
Dimana2 orang membangun tempat2 ibadah, Tuhan dipuja setinggi langit sambil melolong2 bersujud ke bumi, tetapi orang2 ini, Lazarus2 ini Tuhan katakan ia mati didepan rumah orang kaya yg tidak perduli,
orang2 kaya inipun bisa berarti tempat2 ibadah yg dibangun dengan uang puluhan bahkan ratusan M-ber
dengan tiang2 gaya istana kerajaan, ada yg model Roma atau model Arab, tetapi sungguh menyedihkan krn tidak ada Lazarus2 miskin dipangkuan Abraham2 disana.

Sejogjanya gereja itu spt ini yg perduli dan menampung orang2 miskin spt gereja yg mula2 hidup bersama2 sepenanggungan (hal ini tdk mungkin lagi tetapi minimal yg spt ini sudah memenuhi amanat Tuhan merawat Lazarus2 yg miskin). Jika satu gereja tampung 5 orang ada ribuan gereja yang bisa menjadi tumpuan harapan untuk mencari pertolongan bagi mereka yg tersingkir dari persaingan hidup ini.

Kitab Jasher menceritakan bagaimana bapak Abraham mempersilahkan orang2 asing yg lewat untuk tinggal di rumahnya dan menjamunya sebelum melanjutkan perjalanannya. Juga orang2 lapar dan telanjang.

Jasher 22 11 And Abraham planted a large grove in Beersheba, and he made to it four gates facing the four sides of the earth, and he planted a vineyard in it, so that if a traveler came to Abraham he entered any gate which was in his road, and remained there and ate and drank and satisfied himself and then departed.

12 For the house of Abraham was always open to the sons of men that passed and repassed, who came daily to eat and drink in the house of Abraham.

13 And any man who had hunger and came to Abraham’s house, Abraham would give him bread that he might eat and drink and be satisfied, and any one that came naked to his house he would clothe with garments as he might choose, and give him silver and gold and make known to him the Lord who had created him in the earth; this did Abraham all his life.
https://www.sacred-texts.com/chr/apo/jasher/22.htm

ITULAH SEBABNYA TUHAN YESUS KATAKAN BAHWA LAZARUS YG MISKIN DIHIBURKAN DI PANGKUAN BAPAK ABRAHAM BUKAN DI PANGKUAN BAPAK2 IMAM2 BAIT ALLAH BUKAN JUGA DI PANGKUAN PELAYAN2 SUKU LEWI YG TDK PERDULI LIHAT ORANG TDK BERDAYA DI JALANAN DLM CERITA ORANG SAMARIA, BUKAN JUGA DI PANGKUAN BAPAK2 PENDETA ATAU BAPAK2 GEMBALA ATAU BAPAK2 PASTUR ATAU PENATUA DAN MOHON MAAF PASTINYA JUGA BUKAN DI PANGKUAN BAPAK/BABE GUE (mohon dimaafkan)

Aku bertanya kpd kakek itu apakah tidak ada saudara2 yg lain utk mencari pertolongan ?

Menurutnya saudara2 nya cukup banyak, setiap bulan mereka berkumpul bergantian rumah sambil mengadakan doa syukuran dan makan2, dia sering menelpon mereka ingin diajak berkumpul tetapi kakekku ini tidak pernah diajak. Mereka adalah orang2 gereja, dan inilah realita kenyataan dari kemunafikan dimana orang hanya mengagung2kan Tuhan di tempat2 ibadah belaka.

Doa syukuran dan makan2 ? tidakkah mereka ingat apa kata Tuhan ini :
Yakobus 2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan 4 ? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? 2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu?

Aku teringat mengapa Tuhan Yesus mengajarkan kisah orang Samaria yg baik hati, inilah kenyataan hidup yg penuh kemunafikan, dimana banyak imam2 dan pelayan2 Tuhan/umat Kristen cuma pintar mem beo kan Firman Tuhan di tempat2 ibadah,

Mungkinkah kita semua cuma jago goyang dombret di gereja, bisa jadi demikian :cheesy: :cheesy: :cheesy:

Jika kita lihat cerita sedih yang lain, yakni tentang kakek Samirin yg gambarnya sbg ilustrasi diatas, yg cuma mengambil sisa2 panen getah karet seharga 17.500 rupiah (anda makan siang di food court perkantoran jalan Sudirman mungkin menunya Rp 60.000) cuma untuk mengisi perut yang lapar, namun dengan tega masyarakat meng GANG BANG si kakek ini, mulai dari security paling bawah yg merasa menemukan KASUS BESAR utk dilaporkan kpd supervisor, lalu dilaporkan lagi kpd HRD, lalu dilaporkan lagi kpd MANAJEMEN, kpd DIREKTUR UTAMA, kpd DIREKSI, kpd KOMISARIS, YG SEMUA SEPAKAT meng GANG BANG si kakek miskin ini agar dia dipenjarakan.

Bukannya orang miskin ini dilupakan dari kesalahannya mengambil sisa2 panen yg tumbuh sendiri krn Tuhan yg menciptakannya demikian, tdk ada secuil empati dan keinginan agar si kakek bisa juga mencicipi sesuap nasi sekedar pengganjal perut, benar2 syaiton bertubuh manusia !!!

Maka jangan salahkan Tuhan jika waktunya tiba krn bumi ini begitu dikutuknya oleh Tuhan sebagaimana kitab Wahyu ceritakan, ketika kesabaran Tuhan sdh habis, Tuhan akan binasakan ber milyar2 umat manusia secara sistimatis tanpa ampun lagi, agar manusia2 yg sombong dibersihkan dari bumi sebelum Millennium Kristus dimulai !

Dan Tuhan akan mengganti dunia yang sudah usang dgn segala kekejaman dan kejahatan ini dgn bumi yg baru.

Wahyu 21:1 Lalu aku melihat langit yang baru dan bumi yang baru sebab langit yang pertama dan bumi yang pertama telah berlalu,

Kita semua ini ibaratnya cuma anjing gembel yang menumpang di muka bumi, bumi ini punya Tuhan, kita cuma seonggok tanah kuburan, tetapi tengoklah betapa sombongnya debu tanah ini, apalagi jika kebetulan punya kekuasaan yang dititipkan Tuhan di dunia.

sungguh sangat kasihan sekali si kakek ini… andai aku berjumpa dengan dia, mungkin uang tak mampu kuberikan, namun aku punya Yesus yang mengasihi kakek tersebut, aku akan memperkenalkan Yesus padanya… Tuhan kiranya menolong kakek tersebut. :’( :’(

Yesus berkata :

  1. Sembuhkanlah dahulu
  2. Barulah bicara kerajaan surga

Lukas 10:9 …dan sembuhkanlah orang-orang sakit yang ada di situ dan katakanlah kepada mereka: Kerajaan Allah sudah dekat padamu.

Jika kita tdk dipakai mukjizat2 kesembuhan kita bisa membawa BANSOS MEDIK aTAU SEMBAKO sebab zaman sekarang dunia kedokteran sdh modern bukan spt jaman jadul orang tdk tahu apa itu bakteri dan orang yang lapar bagaimana mungkin mendengar ?

Yakobus 2:14 Apakah gunanya, saudara-saudaraku, jika seorang mengatakan, bahwa ia mempunyai iman, padahal ia tidak mempunyai perbuatan 14 ? Dapatkah iman itu menyelamatkan dia? 2:15 Jika seorang saudara atau saudari tidak mempunyai pakaian dan kekurangan makanan sehari-hari, 2:16 dan seorang dari antara kamu berkata: “Selamat jalan, kenakanlah kain panas dan makanlah sampai kenyang!”, tetapi ia tidak memberikan kepadanya apa yang perlu bagi tubuhnya, apakah gunanya itu? 2:17 Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

Apakah masyarakat yg tdk seiman tdk dipandang sbg saudara2 sehingga tdk layak disediakan tempat untuk dijamu dan dirawat spt ini ?

Yakobus 1:9 Demikian jugalah halnya dengan orang kaya; di tengah-tengah segala usahanya ia akan lenyap.

Sejogjanya gereja Jangan cuma sekedar mem beo kan ayat2 apalagi mengoplos perpuluhan.
Masyarakat tidak butuh panggung pertunjukan dgn layar LED besar dan disco lightning spt ini :

Masyarakat membutuhkan tangan2 kasih spt ini (orang2 Samaria):

https://lh3.googleusercontent.com/proxy/kgXPm-QuaPxDFiray4MblKylzzHKgmwgRXNH00925px-c_XTqq70vQlr40Jj9Q3MkWp0XKvvSHBWnFZcQyJhFNAynKp6SSzu0E_5YYQTwK4

Tuhan bercerita ttg kisah orang Samaria yg baik hati dan imam2 serta pelayan2 suku Lewi yg cuma pintar mem beo kan ayat2 di tempat2 ibadah sinagog2 yg merupakan fenomena yg ada sekarang ini :

LIhatlah gereja yg di design sedemikian indah spt ruang cinema, tdk ada designernya merancang ruangan kecil sedikitpun utk menampung saudara2 ku yang kumal dan kelaparan. Kerajaan surga tdk ada di tempat2 ibadah tetapi di hati yg mengampuni dan berbagi kebahagiaan. Tidak ada Lazarus2 yg dihiburkan di pangkuan Abraham di tempat orang suka koar2 kasih Tuhan ini.

Mat 7:22 Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan 2 , bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat g demi nama-Mu juga? 7:23 Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu 3 ! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan

Seorang nenek2 yg melihat fenomena ini berupaya berjuang memakai semua aset2 nya utk menolong, tetapi denom2 yg berbeda cuma menyerang dan gagal paham bahwa kasih itu tdk dibatasi oleh denom (padahal cuma koar2 kasih Tuhan dan mem beo kan ayat2 belaka).