Orang yg Terakhir Menjadi yg Terdahulu & yang Terdahulu Menjadi yg Terakhir

Mat 20: 1-16 » “Perumpamaan tentang orang-orang upahan di kebun anggur”.

» Mat 20:1-7.
Ada seorang tuan rumah yang mencari pekerja-pekerja untuk kebun anggurnya.
Pagi-pagi benar ia mendapati pekerja-pekerja itu dan menyuruh mereka untuk bekerja di kebun anggurnya dengan kesepakatan upah yaitu sedinar sehari.
Tuan itu juga mendapati pekerja-pekerja yang lainnya masing-masing sekitar pukul sembilan pagi, pukul dua belas siang, pukul tiga petang dan pukul lima petang; dan mereka semua disuruh bekerja di kebun anggurnya.

» Mat 20:8-16.
Ketika hari malam tuan itu berkata kepada mandurnya: Panggilah pekerja-pekerja itu dan bayarkan upah mereka, mulai dengan mereka yang masuk terakhir hingga mereka yang masuk terdahulu. Maka datanglah mereka yang mulai bekerja kira-kira pukul lima dan mereka menerima masing-masing satu dinar. Kemudian datanglah mereka yang masuk terdahulu, sangkanya akan mendapat lebih banyak, tetapi merekapun menerima masing-masing satu dinar juga. Ketika mereka menerimanya mereka bersungut-sungut kepada tuan itu; katanya: Mereka yang masuk terakhir ini hanya bekerja satu jam dan engkau menyamakan mereka dengan kami yang sehari suntuk bekerja berat dan menanggung panas terik matahari. Tetapi tuan itu menjawab seorang dari mereka: Saudara, aku tidak berlaku tidak adil terhadap engkau. Bukankah kita telah sepakat sedinar sehari? Ambillah bagianmu dan pergilah; aku mau memberikan kepada orang yang masuk terakhir ini sama seperti kepadamu. Tidakkah aku bebas mempergunakan milikku menurut kehendak hatiku? Atau iri hatikah engkau, karena aku murah hati? Demikianlah orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu dan yang terdahulu akan menjadi yang terakhir".

Arti dari perumpamaan di atas yaitu:

Bersambung…

Bro kalau mau MENYOROT soal Orang yg Terakhir Menjadi yg Terdahulu & yang Terdahulu Menjadi yg Terachir … BUKAN nya pakai Perumpamaan itu Bro … EROR BERAT namanya Bro !
Sebaiknya si Bro ambil dari Perikop di Markus 10 :
17 Pada waktu Yesus berangkat untuk meneruskan perjalanan-Nya, datanglah seorang berlari-lari mendapatkan Dia dan sambil bertelut di hadapan-Nya ia bertanya: "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?"
18 Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah saja.
19 Engkau tentu mengetahui segala perintah Allah: Jangan membunuh, jangan berzinah, jangan mencuri, jangan mengucapkan saksi dusta, jangan mengurangi hak orang, hormatilah ayahmu dan ibumu!” (Hukum2 Kitab Taurat)
20 Lalu kata orang itu kepada-Nya: "Guru, semuanya itu telah kuturuti sejak masa mudaku."
21 Tetapi Yesus memandang dia dan menaruh kasih kepadanya, lalu berkata kepadanya: “Hanya satu lagi kekuranganmu: pergilah, juallah apa yang kaumiliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku.” 22 Mendengar perkataan itu ia menjadi kecewa, lalu pergi dengan sedih, sebab banyak hartanya.

Lalau Anda lanjuti dengan Pembacaan ke ayat2 28 - 31 :
28 Berkatalah Petrus kepada Yesus: “Kami ini telah meninggalkan segala sesuatu dan mengikut Engkau!”
29 Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya setiap orang yang karena Aku dan karena Injil meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, ibunya atau bapanya, anak-anaknya atau ladangnya,
30 orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.
31 Tetapi banyak orang yang terdahulu akan menjadi yang terakhir dan yang terakhir akan menjadi yang terdahulu."
Silahkan anda renungkan … Orang Muda yg Kaya itu melambangkan Suku Bangsa manakah itu (yg Pertama DIPILIH sebagai Umat Pilihan tetapi yg terachir diselamatkan, itupun hanya Sisa2 nya saja !)
Dan bangsa manakah yg dianggap segagai yg yang terakhir akan menjadi yang terdahulu ?
Ya sekedar SARAN bila si Bro ingin menguraikan Topic yg anda pilih itu Bro !
Silahkan LANJUT, saya hanya akan mendampingi si Bro …! :coolsmiley: :happy0062: